Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

How to Capture Motion Blur Photos with iPhone

author avatar

Dec 08, 2023• Proven solutions

Menangkap objek bergerak adalah salah satu tantangan terbesar yang pernah dihadapi dalam bidang fotografi. Fotografer seperti Eadweard Muybridge telah mendedikasikan seluruh kariernya untuk menyempurnakan teknik fotografi yang memungkinkan mereka membekukan gerakan. Satu abad kemudian, fotografer iPhone menghadapi tantangan lain karena menangkap motion blur sambil menjaga sisa foto tetap fokus membutuhkan persiapan dan keterampilan.

Sumber gambar: Contrastly

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode untuk menangkapmotion blur pada foto yang Anda ambil dengan iPhone Anda.

Dua Cara Mengambil Motion Blur Dengan iPhone

Terlepas dari metode yang Anda gunakan untuk menggambarkan motion blur, kecepatan objek atau orang yang bergerak menentukan seberapa banyak gerakan kabur yang dapat Anda gambarkan. Jika subjek foto bergerak terlalu lambat, Anda tidak akan dapat menangkap efek ini pada gambar, jadi sebaiknya pilih objek yang bergerak cepat sebagai subjek foto motion blur Anda.

Metode 1: Bidik foto di bawah cahaya yang lebih gelap

Kelangkaan cahaya adalah salah satu prasyarat terpenting untuk membuat gambar motion blur. Pemandangan dengan pencahayaan yang baik memberikan jumlah cahaya yang cukup ke kamera, memungkinkannya untuk mengambil foto dalam hitungan sepersekian detik.

Foto motion blur memerlukan eksposur panjang yang bertahan hingga tiga puluh detik atau lebih, itulah sebabnya kondisi cahaya rendah diperlukan jika Anda ingin membuat efek ini pada foto Anda. Oleh sebab itu Anda harus menemukan cara untuk menjaga iPhone tetap stabil selama eksposur karena jika Anda gagal mengendalikan perangkat, gambar yang akan Anda dapatkan akan terlalu buram.

Sumber gambar: Contrastly

Cara terbaik untuk menjaga kamera iPhone tidak goyah adalah dengan memasangnya pada sebuah tripod dan menggunakan remot shutter untuk mengambil foto. Jika foto Anda tampak terlalu buram meskipun Anda telah mengatur iPhone agar tetap stabil, coba tambahkan lebih banyak cahaya ke tempat objek berada. Anda dapat menggunakan senter, lampu mobil, atau sumber cahaya lain yang tersedia untuk Anda.

Lokasi Anda mengambil foto juga memainkan peran besar dalam proses pembuatan foto motion blur, jadi Anda dapat mencoba memotret di dalam ruangan di mana Anda dapat mengontrol seberapa terang pemandangannya, atau Anda dapat pergi ke hutan atau pergi ke lokasi dimana hampir tidak ada cahaya di sana.

Metode 2: Gunakan aplikasi slow shutter

Fotografer iPhone yang merasa fitur bawaan kamera mereka tidak mencukupi untuk menangkap motion blur harus mencoba menggunakan aplikasi sepertiSlow Shutter CamatauLongExpo. Aplikasi ini dapat membuat efek motion blur pada gambar di lokasi yang memiliki banyak cahaya.

Memotret pemandangan dimana lampu belakang mobil meninggalkan jejak yang panjang atau di mana sungai tampak mulus dan halus menjadi mudah dengan aplikasi iPhone yang memungkinkan Anda mengatur kecepatan shutter lambat. Selain itu, jika Anda berhasil mendekati subjek foto Anda dengan sangat dekat, aplikasi ini akan memungkinkan Anda untuk menangkap efek motion blur yang hampir sempurna.

Kesimpulan

Bersikap gigih adalah hal yang penting jika Anda ingin membuat foto yang menggambarkan motion blur karena Anda harus mengambil banyak gambar sebelum mendapatkan gambar yang Anda inginkan. Fotografi Long exposure menuntut kesabaran dan latihan karena setiap subjek berbeda-beda, dan setiap lokasi yang memiliki tantangannya masing-masing.

Namun, iPhone Anda menawarkan alat canggih yang memungkinkan Anda menangkap motion blur pada foto Anda. Namun, Anda mungkin memerlukan beberapa peralatan fotografi tambahan jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik.

author avatar
Ollie Mattison
Ollie Mattison adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
5 game Samsung Gear VR terbaik

Di sini kami akan memberi tahu Anda tentang 5 game Samsung Gear VR terbaik yang harus Anda coba. Di bawah ini adalah gambaran umum tentang game tersebut.

by Ollie Mattison Dec 11, 2023 15:30 PM

5 Konverter Video Terbaik untuk macOS Sierra

Kami telah mencantumkan 6 konverter video terbaik untuk macOS Sierra, dilengkapi dengan pengenalan singkat untuk setiap aplikasi tersebut.

by Ollie Mattison Dec 11, 2023 15:30 PM

Apa Itu Video Realitas Virtual?

Video realitas virtual adalah konten video imersif yang dapat diakses melalui penggunaan headset realitas virtual.

by Ollie Mattison Dec 11, 2023 15:30 PM

author avatar

Ollie Mattison

staff Editor