filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Aplikasi Menggambar Terbaik GRATIS untuk Chromebook

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Download Win VersionDownload Mac Version

Mengekspresikan kreativitas Anda di media digital tidak pernah semudah ini karena ada begitu banyak aplikasi yang memungkinkan kita untuk mengedit foto, membuat video, atau membuat lukisan digital yang indah. Meskipun Chromebook mungkin bukan pilihan yang jelas dalam hal menggambar digital, ada begitu banyak aplikasi berbeda yang kompatibel dengan Chromebook yang memberi Anda akses ke alat yang Anda butuhkan untuk membuat sketsa cepat atau membuat gambar detail yang memukau.

Kami memilih beberapa aplikasi menggambar terbaik untuk Chromebook dengan tujuan membantu Anda mempersempit pilihan dan menemukan aplikasi yang memungkinkan Anda mengeluarkan potensi penuh kreativitas Anda.

10 Aplikasi Menggambar Terbaik untuk Chromebook

Chromebook mendukung berbagai aplikasi menggambar yang dirancang untuk profesional yang berpengalaman atau orang biasa yang suka menghabiskan waktu dengan menggambar. Setiap aplikasi yang kami tampilkan dalam artikel ini dapat digunakan untuk membuat sketsa, gambar, atau lukisan digital, meskipun cakupan alatnya berbeda-beda. Mari kita lihat apa yang ditawarkan oleh sepuluhaplikasi menggambar terbaikuntuk Chromebook.

1. Limnu

Harga:Uji coba gratis, opsi harga mulai dari $5,00 per bulan

Kompatibilitas:berbasis web

Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet untuk mulai membuat sketsa baru dengan alat kolaboratif berbasis web ini. Limnu tidak membatasi jumlah whiteboard yang dapat Anda gunakan per hari atau per bulan, sementara setiap whiteboard juga tidak memiliki batasan. Ini memastikan Anda memiliki cukup ruang, untuk ide yang paling menuntut sekalipun.

Koleksi pena dan kuas yang mengesankan memungkinkan Anda menggambar tanpa batasan apa pun, dan semua kreasi Anda dapat dengan mudah dibagikan dengan anggota tim Slack Anda atau siapa pun. Selain itu, Limnu adalah alat kolaborasi yang kuat dan memungkinkan beberapa orang bekerja di whiteboard yang sama secara bersamaan. Namun, jumlah fitur yang tersedia bergantung pada paket langganan yang Anda miliki, karena versi gratis dari aplikasi menggambar online ini hanya tersedia untuk waktu yang terbatas.

2. Sumo Paint

Harga:Gratis

Kompatibilitas:berbasis web

Dengan pilihan 300 kuas, pilihan efek layer yang kaya, dan editor teks yang hebat, Sumo Paint dengan mudah menjadi salah satu aplikasi menggambar terbaik untuk Chromebook yang dapat Anda temukan secara online. Anda harus membuat akun sebelum dapat mulai membuat lukisan atau gambar digital dengan platform ini. Terlebih lagi, Sumo Paint juga dilengkapi dengan animasi dan kuas 3D yang memperluas cakupan pilihan menggambar dan melukis Anda.

Setiap kuas dapat dengan mudah disesuaikan dengan kebutuhan project Anda karena Anda dapat memilih gaya kuas, menyesuaikan nilai rotasi dan jarak, atau mengubah tingkat gravitasi. Alat Gradient Fill dan Color Picker mempercepat proses pengecatan dan membuatnya lebih mudah untuk beralih di antara warna yang berbeda. Semua gambar yang Anda buat dengan Sumo Paint dapat disimpan di cloud di komputer Anda, meskipun Anda hanya dapat memilih di antara tiga format file yang berbeda.

3. Sketch.io

Harga:Gratis

Kompatibilitas:berbasis web

Sketch.io adalah aplikasi menyenangkan yang memberi Anda akses ke berbagai alat menggambar langsung dari Chromebook. Anda dapat menggunakan 18 kuas yang berbeda, sedangkan alat garis dan jalur memungkinkan Anda untuk melacak gambar Anda dan membuat gambar yang sangat realistis.

Platform ini juga memiliki koleksi clipart yang berisi lebih dari 5000 gambar vektor yang dapat Anda gunakan dalam project Anda secara gratis. Ada lebih dari 800 font untuk dipilih, dan Anda hanya perlu membuat kotak teks dan mengetik teks yang ingin Anda sertakan pada gambar yang Anda buat. Setelah itu, Anda dapat memilih Blend Mode, memilih perataan atau mengatur nilai Letter dan Word Spacing baru. Setelah selesai, Anda dapat menyimpan gambar ke Chromebook atau mencetaknya langsung dari aplikasi.

4. Infinite Painter

Harga:Gratis, menawarkan pembelian dalam aplikasi

Kompatibilitas:Android 4.2 dan lebih tinggi

Seperti namanya, kemungkinan yang ditawarkan Infinite Painter memang tidak terbatas. Selain mendapatkan akses ke koleksi kuas yang berisi lebih dari 160 preset, memasang aplikasi ini di Chromebook akan memungkinkan Anda membuat kuas sendiri. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan pengaturan untuk setiap kuas sehingga cocok dengan visi artistik Anda.

Aplikasi ini memungkinkan Anda menambahkan layer sebanyak yang Anda inginkan ke kreasi Anda, dan memungkinkan Anda memilih dari empat jenis simetri yang berbeda. Panduan garis untuk membuat Garis, Elips, Pena, garis Lazy dan Busur Derajat memastikan bahwa setiap garis yang Anda gambar sempurna. Selain itu, Infinite Painter dilengkapi dengan lima panduan perspektif yang sangat cocok untuk lukisan 3D. Terlebih lagi, alat Clone aplikasi memungkinkan Anda mengubah foto apa pun menjadi lukisan dengan mudah. Namun, Anda harus melakukan pembelian dalam aplikasi jika ingin menggunakan semua fitur aplikasi.

5. ArtFlow: Paint Draw Sketchbook

Harga:Gratis, menawarkan pembelian dalam aplikasi

Kompatibilitas:Android 4.4 dan lebih tinggi

Anda dapat dengan mudah membuat lukisan digital dari foto atau goresan dengan aplikasi ArtFlow karena aplikasi ini menyediakan semua alat yang Anda perlukan selama proses ini. Anda dapat memilih dari lebih dari seratus kuas dan menggunakan Smudge Tool atau Gradient Fill untuk membuat gambar Anda. Selanjutnya, ukuran maksimal kanvas adalah 6144x6144, yang berarti setiap gambar atau lukisan yang Anda buat dapat disimpan dalam resolusi tinggi.

Jumlah maksimum layer yang dapat Anda tambahkan ke kanvas dibatasi hingga 50, tetapi Anda harus ingat bahwa ukuran kanvas dapat memengaruhi jumlah layer yang dapat Anda buat. Gambar yang Anda hasilkan dengan ArtFlow dapat diekspor sebagai file JPEG, PNG, atau PSD. Anda harus membeli aplikasi versi Pro jika Anda ingin mendapatkan akses ke semua fiturnya.

6. Gravit Designer

Harga:Gratis, $49,00 per tahun

Kompatibilitas:berbasis web, ChromeOS

Desainer profesional yang membutuhkan aplikasi yang memungkinkan mereka membuat gambar vektor dari Chromebook akan senang menggunakan aplikasi Gravit Designer. Anda dapat menggunakan titik jangkar untuk membuat bentuk, menyisipkan gambar ke dalam desain yang ada, atau menerapkan spektrum efek yang luas pada gambar yang Anda buat dengan aplikasi ini.

Gravit Designer bekerja secara online maupun offline, yang memungkinkan Anda mengerjakan project baru di mana pun Anda berada saat ini. Namun, Anda akan memerlukan setidaknya keterampilan desain mendasar untuk mulai bekerja dengan aplikasi ini, karena alat yang ditawarkannya tidak ditujukan untuk pendatang baru di dunia desain. Selain itu, versi gratis Gravit Design hanya menawarkan serangkaian opsi terbatas, dan Anda harus mengupgrade ke versi Pro aplikasi jika Anda ingin menggunakannya secara rutin.

7. Chrome Canvas

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Berbasis web

Jika Anda mencari aplikasi menggambar yang dapat Anda gunakan dari browser Chrome untuk membuat sketsa cepat, Chrome Canvas mungkin menjadi pilihan tepat untuk Anda. Aplikasi ini hanya dilengkapi dengan alat menggambar dasar karena Anda hanya dapat memilih antara opsi Pensil, Pena, Penanda, Kapur, dan Penghapus.

Anda dapat memilih warna dari palet atau menggunakan pemilih warna kustom yang memberi Anda akses ke semua warna pada spektrum. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan Anda mengatur Ukuran dan Opasitas semua alat menggambar, sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan gambar yang sedang Anda kerjakan. Namun, Anda tidak dapat menggunakan pena stylus, membuat beberapa layer, atau membuat lukisan digital dari foto. Inilah yang membuat Chrome Canvas tidak cocok untuk tugas desain profesional.

8. Boxy-SVG

Harga:Gratis

Kompatibilitas:berbasis web

Meskipun memiliki antarmuka yang agak ketinggalan zaman, Boxy-SVG tetap merupakan aplikasi menggambar yang hebat dan dilengkapi dengan semua alat yang mungkin Anda perlukan untuk membuat gambar digital. Aplikasi berbasis web ini memungkinkan Anda membuat semua jenis bentuk dan objek dengan mudah, karena fitur Quad Brazier, Cubic Brazier, dan Arc sangat mudah digunakan.

Selain itu, Anda dapat menggunakan opsi Kotak, Lingkaran, Elips, Cincin, Pai, Bulan Sabit, atau Segitiga di desain Anda yang manapun. Aplikasi ini memungkinkan Anda memilih dari ribuan font yang berbeda dan memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran dan warnanya. Meskipun pilihan kuas di aplikasi ini terbatas, Anda masih dapat menyesuaikan opasitas atau lebar setiap garis yang Anda gambar. Untuk menyimpan kreasi Anda ke cloud atau hard drive di komputer Anda, Anda harus membuat akun di platform Boxy-SVG.

9. SketchBook by Autodesk

Harga:Gratis

Kompatibilitas:Android

Anda tidak harus menjadi seorang desainer yang handal untuk membuat gambar dengan SkectchBook. Namun, kompatibilitas aplikasi ini dengan pena stylus menjadikannya pilihan yang tepat bagi para profesional dalam industri kreatif yang ingin menggambar dari Chromebook mereka. Banyaknya pilihan pena dan kuas yang mencakup lebih dari 190 kuas yang sepenuhnya dapat disesuaikan, kanvas besar, atau dukungan untuk desain multi-layer hanyalah beberapa di antara banyak alasan mengapa SketchBook adalah salah satu aplikasi menggambar terbaik untuk Chromebook saat ini.

Selain itu, aplikasi ini dapat memindai gambar kertas menggunakan kamera perangkat, yang memungkinkan Anda untuk mendigitalkan semua kreasi Anda dan terus mengerjakannya di SkectchBook. Bagian terbaiknya adalah teknologi Predictive Stroke di aplikasi ini mengoreksi semua garis atau bentuk gambar Anda secara freehand sehingga Anda tidak perlu memperbaiki kesalahan secara manual.

10. Concepts

Harga:Gratis, tetapi menawarkan pembelian dalam aplikasi

Kompatibilitas:Android 7.0 dan yang lebih baru, Chrome OS

Para profesional yang berpengalaman dalam industri kreatif tidak memerlukan perkenalan khusus dengan Concepts, karena aplikasi lintas platform ini diterima secara luas sebagai salah satu aplikasi menggambar digital terbaik di pasaran. Selain kompatibilitas dengan berbagai jenis pena stylus, aplikasi ini memiliki fitur kuas, pensil, dan pena yang merespons kecepatan, kemiringan, dan tekanan.

Aplikasi ini memiliki kanvas tanpa batas dan memungkinkan Anda memilih dari berbagai jenis kertas yang berbeda. Selain itu, opsi menggambar berbasis vektor memungkinkan Anda untuk mengubah posisi, skala, penghalusan, atau warna gambar. Selain itu, Concepts dilengkapi dengan sistem layering tak terbatas yang menawarkan spektrum luas opsi pencampuran, yang memungkinkan Anda membuat komposit gambar hanya dalam beberapa ketukan. Jika Anda ingin menggunakan Concepts untuk membuat lukisan dan gambar digital, Anda harus membeli langganan yang memungkinkan Anda menggunakan semua fitur aplikasi.

Kesimpulan

Menggunakan Chromebook untuk tujuan kreatif tidaklah terlalu sulit, karena ada begitu banyak aplikasi berbeda yang menyediakan alat yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar dan lukisan digital yang memukau secara visual.

Para seniman visual yang belum berpengalaman yang masih mempelajari bidang ini harus memilih aplikasi menggambar yang tidak terlalu menuntut seperti Sumo Paint atau Infinite Painter karena dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang kuat.

Di sisi lain, aplikasi seperti Concepts atau SketchBook lebih cocok untuk desainer profesional yang membutuhkan aplikasi menggambar yang dapat mereka gunakan di Chromebook. Manakah dari sepuluh aplikasi menggambar terbaik untuk Chromebook yang akan Anda pilih? Tinggalkan komentar di bawah ini dan beri tahu kami.

Download Win VersionDownload Mac Version

author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.