filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Apply Cartoon Effects to Photos & Videos Easily
  • A large collection of filters, overlays and effects
  • Hundreds of video effects and royalty free music
  • Upload edited video to YouTube directly

Aplikasi menggambar gratis dan berbayar terbaik di Windows

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Melukis digital dapat menjadi seni yang mendominasi masa depan karena semakin banyak seniman yang memproduksi gambarnya dalam format digital. Penyebaran dan kemudahan akses aplikasi menggambar bagi Windows juga berkontribusi besar dalam popularitas melukis digital.

Namun, keberagaman produk software yang dapat digunakan untuk menggambar maupun melukis dapat membingungkan terutama bagi para pemula. Terlebih lagi, alat-alat yang ditawarkan tiap aplikasi dapat melimitasi cakupan pilihan Anda dan tentunya bisa menurunkan kualitas dari pekerjaan seni Anda.

Kami telah menyisir Internet dalam pencarian aplikasi terbaik yang gratis serta berbayar untuk Windows dan kami telah menyaringnya agar dapat digunakan oleh pemula serta yang sudah mahir.

10 Aplikasi Menggambar Terbaik untuk Windows

Tujuan menggunakan aplikasi menggambar seringnya menjadi panduan terbaik yang harus diikuti saat sedang memilih software yang ingin digunakan untuk melukis serta menggambar secara digital karena menghabiskan banyak uang untuk produk software yang mahal akan menjadi sia-sia saat Anda membeli aplikasi yang fitur-fitur canggih yang malah tidak Anda gunakan.

Berikut adalah aplikasi menggambar untuk Windows yang ditawarkan.

1. Microsoft Paint 3D

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows 10

Cocok untuk: Peminat Seni Digital

Seluruh pengguna PC dapat membuat gambar digital secara gratis, dan mereka bahkan tidak perlu memasang aplikasi pihak ke tiga. Microsoft Paint 3D adalah aplikasi bawaan dari Windows 10 yang akan memberikan Anda akses untuk alat-alat yang Anda butuhkan untuk menggambar serta melukis digital.

Selain koleksi kuas yang banyak, Anda juga mendapatkan akses ke berbaga bentuk 2D dan 3D, stiker serta pilihan teks. Tambahannya, Anda juga dapat memilih pencahayaan dari jangkauan yang luas, Anda juga dapat memutuskan jika anda ingin menambah efek kilap, tanpa kilap atau beberapa tipe lain saat menyelesaikan gambar Anda. Microsoft Paint 3D adalah pilihan terbaik jika Anda baru memulai untuk menggambar digital, namun juga menginkan aplikasi yang menawarkan beberapa pilihan canggih.

2. Microsoft Fresh Paint

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows 8.1, Windows 8.0, Windows 10

Cocok untuk: Seniman berpengalaman atau bercita-cita tinggi

Semua orang yang memiliki komputer dan memasang Windows 8.1, 8.0, atau 10 dapat men-download Microsoft Fresh Paint dari Microsoft Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat gambar serta lukisan digital dari coretan atau menggunakan foto sebagai dasar dari karya seni Anda.

Mengganti kuas berbeda, menggunakan sketsa, atau memanipulasi banyak lapisan hanyalah beberapa pilihan dari sekian banyak alat yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Terlebih lagi, Fresh Paint memberikan Anda kontrol terhadap intensitas warna, saat Anda juga dapat membersihkan kuas sebelum menggunakan warna baru ataupun campuran dari beberapa warna. Aplikasi menggambar ini memiliki tawaran yang banyak kepada seniman digital musiman serta pengguna yang ingin mempelajari dasar gambar dan lukisan digital.

3. MyPaint

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows 10 atau sebelumnya, macOS, Linux

Cocok untuk: Pelukis Digital Berpengalaman

Setelah 15 tahun rilis, MyPaint masih menjadi aplikasi menggambar dan melukis digital terbaik bagi Windows. Sketsa dari aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat sketsa dengan cepat yang bisa diubah menjadi lukisan secara mudah.

Selain itu, Anda juga dapat memilih bagian lukisan yang besar dan menggambarnya sehingga gambar yang dihasilkan akan memiliki gambar berkualitas tinggi. Mempelajari cara kerja aplikasi ini mungkin akan sedikit susah, walaupun Anda adalah seseorang yang berpengalaman sebagai pelukis digital, hal ini lah yang menjadi alasan mengapa MyPaint dapat menjadi kesulitan sendiri bagi para seniman digital pemula. Aplikasi ini menyediakan dukungan untuk tablet dengan grafik tekanan sensitif dan juga dilengkapi dengan fitur perpustakaan kuas dinamis yang dapat diperpanjang melalui integrasi aplikasi pihak ketiga.

4. PAINT.NET

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows 7 atau sesudahnya

Cocok untuk: Editor Foto Pemula dan Seniman Digital

PAINT. NET adalah aplikasi pengeditan foto utama yang juga dilengkapi dengan fitur kuas serta pulpen yang dapat digunakan untuk membuat gambar dan lukisan digital. Terlebih lagi, aplikasi ini mengizinkan Anda untuk mengganti warna dengan mudah dan memperbolehkan Anda untuk memilih ukuran serta ketajaman kuas dan pulpen yang anda gunakan.

Menggunakan PAINT. NET untuk mengedit foto dasar atau membuat gambar digital tidaklah susah, namun aplikasi ini tidak memiliki fitur-fitur canggih yang membuatnya tidak cocok untuk digunakan oleh para profesional. Meskipun hampir mirip dengan aplikasi edit foto seperti Gimp atau Adobe Photoshop, PAINT. NET hanya dilengkapi dengan sedikit alat edit gambar dan foto profesional.

5. SKETCHABLE

Harga: Gratis, namun ada penawaran berbayar dalam aplikasi

Kompatibilitas: Windows 10

Cocok untuk: Peminat seni digital, siswa desain

Jika Anda ingin memiliki buku harian dengan visual serta ingin membuat sketsa cepat, membuat catatan, mengedit foto atau membuat lukisan digital, maka SKETCHABLE adalah satu dari sekian banyak pilihan yang Anda miliki. Memulai sebuah proyek itu mudah, Anda hanya harus memilih alat dan mulai menggambar atau melukis. Stabilisasi kuas, Contoh Warna, atau Titik Mengambang yang presisi untuk operasi melukis adalah beberapa fitur yang SKETCHABLE miliki.

Aplikasi ini mempersilahkan Anda untuk mengkustomisasi pulpen dan kuas sesuai dengan kebutuhan Anda saat Anda juga dapat mengganti warna dengan satu klik saja. Meskipun aplikasi dengan versi gratis tersedia untuk semua pengguna PC, membuat pembelian dalam aplikasi juga dibutuhkan jika Anda ingin membuat gambar atau lukisan yang lebih kompleks.

6. Autodesk SketchBook

Harga: Coba gratis, $85.00 per tahun

Kompatibilitas: Windows 10

Cocok untuk: Seniman digital profesional

Autodesk SketchBook menyediakan jumlah kemungkinan yang begitu banyak sehingga susah untuk membayangkan tugas yang tidak bisa dilakukan oleh aplikasi menggambar ini. Sebagai tambahan pada koleksi kuasnya, aplikasi ini juga mempersilahkan Anda untuk menambahkan tekstur pada kuas untuk membuat efek visual tertentu. Terlebih lagi, Anda juga dapat membuat dan menyimpan kuas Anda dan menggunakannya pada tiap proyek yang Anda kerjakan di aplikasi ini.

Lebih jauhnya, Anda dapat membuat animasi buku flip dengan Autodesk SketchBook, saat ukuran kanvas dapat diperluas hingga 64 MPX. Pilihan Bimbingan Perspektif Canggih dan Transformasi Memutarbalikkan memungkinkan Anda untuk membuat gambar realistis yang membuatnya terlihat seperti dilukis dengan tangan. Satu-satunya sisi negatifnya adalah Anda harus membeli dan berlangganan aplikasi ini untuk membuat gambar serta lukisan digital dengan Autodesk SketchBook secara reguler.

7. Adobe Photoshop CC

Harga: $20.99 untuk satu aplikasi tunggal

Kompatibilitas: Windows 10 atau sebelumnya

Cocok untuk: Seniman digital profesional

Selain menjadi aplikasi menggambar terbaik yang pernah dibuat oleh Windows, Adobe Photoshop juga merupakan produk software aplikasi menggambar dan melukis tertua di pasar. Sebagai tambahan alat edit foto, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang Anda butuhkan untuk membuat gambar dan lukisan profesional.

Menyesuaikan ukuran atau ketajaman dari kuas, bekerja dengan beberapa lapisan atau kemampuan untuk mengembalikan masalah apapun yang Anda buat hanyalah beberapa keuntungan dari menggunakan Adobe Photoshop CC untuk membuat gambar dan lukisan. Aplikasi ini juga kompatibel dengan tablet XP-Pen yang dapat memberikan Anda presisi lebih saat sedang membuat gambar dengan detail tinggi. Menguasai Adobe Photoshop CC mungkin membutuhkan kerja keras tahunan, dan seniman digital yang bercita-cita tinggi seharusnya tidak mudah menyerah jika mereka tidak memperoleh hasil yang baik pada diawal.

8. Clip Studio Paint

Harga: Coba gratis, $49.99 untuk sekali pembelian

Kompatibilitas: Windows 10

Cocok untuk: Seniman manga dan komik

Aplikasi serbaguna ini dilengkapi dengan banyak fitur yang memungkinkan pengguna untuk memvisualisasikan ide mereka tidak peduli seberapa kompleks ide tersebut. Selain komik dan manga, Clip Studio Paint juga dapat digunakan untuk membuat konsep seni, lukisan digital, karakter untuk tipe berbeda, animasi atau ilustrasi desain.

Setiap garis yang Anda gambar akan dikonversikan menjadi vektor yang dapat disesuaikan dengan mudah bahkan setelah dipindah atau ditransformasikan. Penggaris perspektif memungkinkan Anda untuk membuat latar realistis dengan beberapa titik di dalam kanvas yang sama. Terlebih lagi, Clip Studio Paint memberikan Anda akses ke beragam alat yang dapat membuat proses melukis menjadi cepat dan lebih mudah. Anda dapat memilih antara Clip Studio Paint yang murah dan Clip Studio Paint EX sebagai aplikasi dengan versi yang lebih mahal.

9. Leonardo

Harga: 14 hari coba gratis, $39.99 untuk sekali pembelian

Kompatibilitas: Windows 10

Cocok untuk: Seniman digital ahli dan bercita-cita tinggi

Apabila Anda membutuhkan aplikasi menggambar untuk Windows yang memiliki sketsa, menggambar, papan tulis, fitur pelacak dan melukis yang kuat, maka Leonardo adalah satu dari sekian pilihan terbaik yang bisa Anda temukan di pasaran. Meskipun masih dalam tahap beta, software ini memastikan proyek Anda berjalan dan memiliki alur kerja yang halus serta memiliki performa yang cepat. Selain itu, fitur pada aplikasi ini yaitu kanvas tanpa ujung yang membuat Anda tidak akan pernah kehabisan tempat.

Banyaknya pilihan kuas serta alat perspektif yang efektif menjadikan Leonardo sebagai pilihan yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar memukau secara visual hingga memenuhi standar profesional. Kompatibilitas aplikasi ini dengan Surface Pro, Wacom, dan tablet lain menjadikannya pilihan terbaik untuk seniman digital yang lebih suka membuat gambarnya menggunakan pulpen stylus.

10. MediBang Paint

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows 10

Cocok untuk: Seniman komik dan manga pemula

Penggemar kartun dengan gaya manga akan mencintai MediBang Paint karena aplikasi ini menawarkan ratusan latar berbeda juga lebih dari 50 kuas. Sebagai tambahannya, Anda dapat memilih lebih dari 20 gaya tulisan atau membuat kuas baru dalam beberapa klik.

Beralih dari satu lapisan ke lapisan lain begitu muda, saat Anda juga dapat menghasilkan panel komik baru hanya dengan menyeret tetikus dari arah mana saja. Panduan untuk menjepret mempersilahkan Anda untuk menggambar garis lurus dan lengkung dengan sempurna, saat aplikasi ini mempermudah Anda untuk melacak halaman komik yang sedang Anda buat. Kolaborasi dari alat-alat MediBang Paint membuatnya cocok untuk para seniman yang sedang mengerjakan proyek sebagai satu tim.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang Aplikasi Menggambar untuk Windows

1. Apakah Windows 10 memiliki program menggambar?

Ya, Paint 3D dan Paint tersedia pada semua versi Windows 10, yang mana berarti anda dapat membuat gambar pada PC tanpa harus memasang aplikasi pihak ketiga.

2. Apakah ada software menggambar gratis di Windows 10?

Begitu banyak aplikasi menggambar untuk Windows 10 yang dapat Anda gunakan secara gratis. MediBang Paint, PAINT. NET, atau Microsoft Fresh Paint hanyalah beberapa dari sekian banyak aplikasi menggambar yang bisa Anda gunakan tanpa harus membeli, berlangganan atau sekali bayar.

Kesimpulan

Semua aplikasi menggambar gratis untuk Windows yang kami sediakan pada artikel ini memungkinkan Anda untuk membuat karya seni digital, namun alat yang ditawarkan akan bervariasi. Seniman pemula boleh mencoba PAINT. NET atau Microsoft Paint 3D, meskipun ada banyak pilihan yang lebih kompleks seperti Adobe Photoshop CC mungkin menjadi pilihan yang bagus jika Anda ingin mengembangkan kemampuan menggambar Anda.

Autodesk SketchBook atau Clip Studio Paint yang cocok untuk seniman digital yang membutuhkan aplikasi yang memungkinkan mereka untuk menghasilkan gambar yang lebih kompleks dengan mudah. Aplikasi menggambar untuk Windows mana yang akan Anda pilih? Tinggalkan komentar Anda dan beri tahu kami.

page_title:

Aplikasi menggambar terbaik gratis dan berbayar bagi Windows
author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.