filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Apply Cartoon Effects to Photos & Videos Easily
  • A large collection of filters, overlays and effects
  • Hundreds of video effects and royalty free music
  • Upload edited video to YouTube directly

10+ Software Pengubah Foto ke Kartun Terbaik

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Selain menyempurnakan foto yang Anda ambil dengan Smartphone atau kamera DSLR, Anda dapat menggunakan software pengedit foto untuk menghasilkan gambar yang tidak terlihat realistis. Membuat foto kartun adalah salah satu dari banyak pilihan yang ditawarkan hampir semua aplikasi pengedit foto berbasis desktop, meskipun dalam banyak kasus, Anda harus menggabungkan beberapa efek untuk membuat foto Anda menjadi kartun.

Namun, produk software pengubah foto ke kartun menuntut Anda untuk memiliki pengalaman dalam mengedit foto, karena Anda harus melakukan lebih dari sekadar menerapkan efek pada foto untuk membuat foto terlihat seperti kartun. Kami telah memilih beberapa produk software pengubah foto ke kartun terbaik yang dapat membantu Anda membuat kartun yang menakjubkan dari foto Anda.

10 Produk Pengubah Software Foto ke Kartun Terbaik untuk Windows & Mac

Meskipun Anda dapat membuat foto kartun dengan setiap foto ke software kartun yang kami sertakan dalam artikel ini, efek mana yang harus Anda gunakan bergantung pada software dan gaya kartun yang Anda ingin coba buat. Jadi, mari kita lihat apa yang ditawarkan oleh produk software pengubah foto ke kartun ini.

2. Adobe Photoshop

Harga: $20.99 per bulan untuk aplikasi tunggalnya

Kompatibilitas: macOS, Windows

Adobe Photoshop adalah salah satu software pengedit foto terbaik yang pernah dibuat, itulah sebabnya tidak heran jika aplikasi ini dapat membantu Anda membuat foto menjadi kartun. Pilihan efek di Photoshop yang kaya mencakup sejumlah efek yang dapat Anda gunakan untuk mengubah foto menjadi kartun.

Namun, Anda juga harus membuat beberapa lapisan gambar, mengubah mode campuran, dan membuat beberapa mask. Efek seperti Sketch, Ink Outlines, atau Cutout semuanya dapat digunakan selama proses ini, dan Anda juga dapat menggabungkan beberapa efek saat mengubah foto menjadi kartun. Tentunya, editor foto yang tidak berpengalaman akan merasa tugas ini rumit, karena membutuhkan banyak kesabaran dan pengetahuan yang sangat baik tentang fitur dari software ini.

3. Paint.net

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows

Pemilik PC yang membutuhkan software pengedit foto sederhana yang dapat membantu mereka mengubah foto menjadi kartun akan senang menggunakan Paint.net. Ini adalah aplikasi pengedit foto sederhana yang menawarkan lebih dari Microsoft Paint, dan mudah digunakan.

Untuk membuat foto kartun dengan Paint.net, Anda hanya perlu mengimpornya ke editor dan kemudian menuju ke menu Efek. Setelah Anda menemukan sub-menu Artistik, Anda harus memilih opsi Sketsa Tinta dan kemudian menyesuaikan opsi Mewarnai dan Garis Tinta. Secara opsional, Anda juga dapat menambahkan Noise ke foto yang sedang Anda buat menjadi kartun jika sesuai dengan gaya yang ingin Anda capai. Namun, memilih gambar yang tepat bisa menjadi sangat penting untuk keberhasilan proses membuat gambar kartun di Paint.net.

4. iToon

Harga: 14-hari uji coba gratis, $29.95

Kompatibilitas: Windows, iOS

iToon membuat proses mengubah foto menjadi kartun terlihat mudah karena semua orang dapat membuat foto mereka menjadi kartun dengan software pengubah foto ke kartun ini. Setelah Anda menginstal iToon di PC Anda, Anda hanya perlu membukanya dan mengimpor foto yang ingin Anda kartunkan dan kemudian memilih efek yang ingin Anda terapkan.

Ada lebih dari 50 efek kartun untuk dipilih dan Anda hanya perlu mengklik salah satu efek yang Anda suka dan menerapkannya. Setiap efek dapat diedit sehingga dapat lebih sesuai dengan foto Anda, dan jika Anda tidak suka dengan efeknya, Anda dapat selalu menekan tombol undo dan mencoba efek yang lain. Klik ikon Terapkan untuk mengonfirmasi perubahan yang Anda buat dan lanjutkan untuk menyimpan gambar kartun yang Anda buat ke hard drive Anda.

5. XnSketch

Harga: Gratis

Kompatibilitas: macOS, Windows, Linux

Software ini sangat sederhana dan tidak menawarkan terlalu banyak efek visual yang dapat Anda gunakan untuk membuat foto kartun. Selain itu, Anda tidak perlu terlalu banyak waktu untuk membiasakan diri dengan XnSketch karena software ini intuitif dan mudah digunakan. Selain itu, software ini mendukung berbagai file gambar, yang memungkinkan Anda untuk mengedit foto Anda terlepas dari format penyimpanannya.

Jadi, setelah Anda membuka foto yang ingin Anda edit di XnSketch, Anda harus mengklik opsi Kartun 1 atau Kartun 2 dan kemudian melanjutkan untuk menyesuaikan Warna, Saturasi, Kecerahan, dan Kontras. Setelah selesai, Anda dapat dengan mudah menyimpan kreasi Anda dan membagikannya di jejaring sosial, tetapi Anda tidak dapat mengunggah foto ke akun di media sosial langsung dari XnSketch.

6. FotoSketcher

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows, macOS

Menerapkan atau menggabungkan dua atau lebih efek dengan FotoSkecther adalah proses yang sederhana dan menyenangkan dan hanya membutuhkan beberapa klik. Terlebih lagi, ada lebih dari satu cara untuk mengubah foto menjadi kartun dengan FotoSketcher.

Efek Kartun 1 dan Kartun 2 dapat diakses dengan mengklik menu parameter Menggambar dan kemudian memilih sub-menu Efek Gaya. Anda kemudian dapat memilih salah satu efek Kartun yang tersedia dan menyesuaikan pencampuran warna, intensitas tepi, dan pengaturan lainnya. FotoSketcher memungkinkan Anda untuk melihat foto asli selama proses pembuatan gambar kartun dan memungkinkan Anda untuk membatalkan semua kesalahan yang telah Anda buat. Ingatlah bahwa Anda hanya dapat menyimpan gambar dalam format file JPEG, PNG, atau BMP.

7. Gimp

Harga: Gratis

Kompatibilitas: macOS, Windows, Linux

Gimp adalah aplikasi pengedit foto open-source ikonik yang menawarkan spektrum luas dalam opsi pengeditan fotonya. Salah satu dari koleksi luas efek fotonya adalah efek Kartun, jadi yang perlu Anda lakukan untuk membuat foto kartun di Gimp adalah membuka efek Filter, memperluas sub-menu Artistik, dan memilih opsi Kartun.

Anda kemudian dapat menyesuaikan pengaturan Mask Radius dan Percent Black dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda Gimp juga memberi Anda akses ke efek lain seperti Fotokopi, Kubisme, atau Clothify yang dapat digunakan untuk membuat foto kartun. Editor foto ini mendukung hampir semua format foto pada umumnya dan memungkinkan Anda menyimpan gambar kartun dalam berbagai format file sehingga Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Sketch Me!

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows

Pemilik PC yang menginstal Windows 10 di komputer mereka dapat mengubah foto mereka menjadi kartun secara gratis dengan software Microsoft Sketch Me. Software pengubah foto ke kartun ini dilengkapi dengan semua alat yang Anda perlukan untuk membuat kartun yang mengesankan secara visual dari foto Anda.

Hanya ada dua efek berlabel Kartun di Sketch Me, meskipun software ini memiliki efek lain seperti Comic, Dull Pastel, atau Neon yang juga dapat membantu Anda membuat kartun dari foto. Anda dapat menyesuaikan intensitas efek Kartun atau bermain-main dengan pengaturan Kontras dan Kecerahan untuk mencapai hasil visual terbaik. Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat mengedit atau menyimpan foto JPEG dengan Sketch Me.

9. Image Cartoonizer

Harga: $19.95

Kompatibilitas: Windows

Seperti namanya, software produk ini dirancang untuk membantu pengguna PC membuat gambar kartun mereka dengan mudah. Ada lebih dari seratus efek untuk dipilih yang memberikan Anda sedikit ruang untuk bereksperimen dengan berbagai kombinasi efek.

Terlebih lagi, Image Cartoonizer memungkinkan Anda untuk menyesuaikan setiap efek, sehingga semua gambar yang Anda edit dengan software pengubah foto ke kartun ini dapat terlihat unik. Hasil dari perubahan yang Anda lakukan akan langsung terlihat, yang berarti Anda tidak perlu menunggu untuk melihat bagaimana foto Anda akan terlihat setelah Anda mengubahnya menjadi kartun. Terlebih lagi, Image Cartoonizer juga menyediakan alat penghapus Mata Merah yang dapat membantu Anda memperbaiki kesalahan pada foto ini.

10. Pixelmator Pro

Harga: $39.99

Kompatibilitas: macOS

Tidak ada cara yang cepat atau sederhana untuk membuat foto kartun dengan Pixelmator Pro karena aplikasi pengedit gambar ini tidak menawarkan efek kartun apa pun yang dapat dengan mudah diterapkan pada foto. Jadi, untuk membuat foto kartun dengan Pixelmator Pro, Anda harus meletakkan foto yang akan Anda ubah menjadi kartun ke dalam layer kosong, lalu memberi garis tepi gambar di foto.

Proses ini bisa jadi sangat lama, terutama jika orang yang Anda ingin buat jadi kartun memiliki rambut panjang atau mengenakan sweter yang lengannya berkerut-kerut. Setelah Anda selesai dengan langkah ini, Anda dapat lanjut melukis gambar menggunakan alat Color Fill. Penting untuk bersabar dalam menjalani tahap proses ini secara perlahan untuk menghindari kesalahan.

11. Software Adobe 2D Animation

Harga: Uji coba gratis, $20.99 untuk aplikasi tunggalnya

Kompatibilitas: macOS, Windows

Meskipun Software Adobe 2D Animation ini memiliki tampilan antarmuka intuitif yang membuat penggunanya tidak membutuhkan banyak waktu agar bisa menggunakannya, membuat kartun dari foto dengan aplikasi animasi yang sangat dipuji oleh Adobe ini bisa menjadi tugas yang berat bagi Anda jika Anda tidak memiliki pengalaman sebelumnya.

Terlebih lagi, Anda harus mengubah foto Anda menjadi gambar vektor sebelum Anda dapat mengimpornya ke Software Adobe 2D Animation dan menggunakannya untuk membuat kartun. Setelah Anda mengatur semua gambar dalam urutan yang sama persis seperti yang Anda inginkan untuk muncul di video akhir, Anda dapat lanjut menggunakan fitur sinkronisasi bibir, menyinkronkan suara dengan gerakan karakter Anda, atau menggunakan alat Bone untuk membuat gerakannya lebih mulus. Semua animasi yang Anda buat dapat diekspor dan digunakan dalam HTML5, Canvas, atau WebGL sementara Anda juga dapat mengekspornya sebagai file GIF atau MOV.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Software Pengubah Foto ke Kartun

1. Bagaimana Cara Membuat Foto Menjadi Kartun?

Ada lebih dari satu cara untuk membuat foto menjadi kartun, tetapi hanya sebagian besar produk software pengedit foto menampilkan efek yang dapat Anda terapkan pada foto agar terlihat seperti kartun. Langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk membuat foto kartun tergantung pada software yang Anda gunakan.

2. Apakah ada aplikasi yang dapat mengubah foto menjadi karikatur?

Ya, ada ratusan aplikasi yang memungkinkan Anda membuat karikatur dari foto Anda. Anda dapat menggunakannya dari Smartphone atau menginstalnya di Mac atau PC Anda.

3. Apa itu software pengubah foto ke kartun?

Software pengubah foto ke kartun dapat berupa aplikasi pengedit gambar apa pun yang menawarkan alat yang dibutuhkan pengguna untuk membuat foto terlihat seperti kartun. Beberapa produk software pengedit foto menawarkan efek yang membuat gambar kartun secara instan sementara yang lain hanya menawarkan beberapa alat menggambar dan melukis dan Anda harus menyelesaikan proses ini secara manual.

Kesimpulan

Mengubah foto menjadi kartun di Mac atau PC tidak harus dilakukan melalui proses yang lama, karena sebagian besar produk software pengubah foto ke kartun menawarkan berbagai efek yang memungkinkan Anda membuat foto menjadi kartun dengan satu klik.

Namun software pengedit foto dan animasi profesional bisa jadi sedikit lebih sulit digunakan, dan Anda mungkin perlu sedikit latihan sebelum Anda dapat mulai menggunakannya untuk membuat foto Anda menjadi kartun. Produk software pengubah foto ke kartun terbaik yang mana yang akan Anda pilih? Tinggalkan komentar di bawah sini dan beri tahu kami.

author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.