filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Record Screen Activity and Edit As You Need
  • Record and edit the Screen Activities with Ease
  • Various Cursor Effects, Annotations, and Overlays
  • Cut, split, trim, speed change, blending mode and opacity adjustment

Cara Mengambil Screenshot Game PC [6 Metode]

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Saat bermain game yang menarik di PC, sebagian besar gamer suka mengabadikan momen menarik yang sedang terjadi di layar mereka dan membaginya dengan teman dan pesaing mereka secara online. Tetapi, di dunia yang kaya akan teknologi ini, kini tidak perlu lagi menjeda game anda lalu mengambil foto dengan menggunakan kamera. Namun sekarang, sudah dimungkinkan untuk menangkap layar secara instan dengan menekan beberapa tombol pada keyboard anda.

Para pengembang software kini telah merancang banyak alat yang kaya akan fitur untuk membantu para gamer dengan kebutuhan untuk pengambilan layar mereka. Jika anda menggunakannya di Windows 10 dan ingin memamerkan permainan anda yang hebat kepada dunia; ada baiknya untuk mempelajari trik-trik teratas untuk mengambil screenshot dari game anda. Ini adalah cara terbaik untuk menampilkan semua pencapaian anda dalam game.

[没有发现file]

Di bawah ini, kami sudah menyoroti beberapa detail tentang cara menangkap screenshot menggunakan beberapa software untuk screenshot berperingkat teratas; Semoga! Informasi ini akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah:

1. Mengambil Screenshot Game menggunakan Game Bar di Windows 10

Jika anda tidak tertarik untuk menginstal alat tambahan apa pun di PC gaming milik anda, anda masih bisa menangkap screenshot game berkualitas tinggi menggunakan Game Bar. Saat memainkan game petualangan, anda harus membuka game bar-nya terlebih dahulu; tetapi hal itu mudah untuk dilakukan dengan pintasan berbasis keyboard. Cukup tekan Windows + Alt + Print Screen atau bisa juga dengan menekan tombol Windows + G. Setelah Game Bar sudah terbuka di layar anda, tekan tombol berbentuk kamera yang tersedia di bilah yang ada; tombol itu disebut "Screenshot."

Jika Anda merasa kesulitan untuk membuka game bar milik anda menggunakan tombol-tombol tadi di tengah-tengah permainan; Windows 10 juga memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan tombolnya sesuai dengan kenyamanan mereka. Anda bisa mengubah tombol pintasan dengan beralih ke Settings, lalu ke Gaming, dan terakhir ke Game Bar. Setelah anda sudah mengambil screenshot menggunakan Game Bar, sistem akan menampilkan notifikasi instan “Screenshot saved”, yang akan muncul di sudut kanan bawah layar. Semua screenshot ini secara otomatis disimpan di bagian Captures/ Videos bersama dengan semua video lain yang sudah anda rekam hingga sekarang menggunakan fitur Game Bar di Windows 10.

2. Mengambil Screenshot Menggunakan Shortcut dari Dalam Game

Jika Anda tidak bermain game di Steam, masih dimungkinkan untuk menangkap screenshot dengan banyak pintasan bawaan dan fungsi screenshot. Di sebagian besar game, screenshot dapat diambil secara instan menggunakan tombol "Print Screen"; namun, beberapa game mungkin memiliki pengaturan lain untuk menangkap layar. Segera setelah Anda mengetuk kunci yang dimaksud, game akan langsung menyimpan hasil screenshot di lokasi tertentu di disk. Misalnya, di semua game Battle.net Blizzard, tombol Print Screen selalu membantu untuk mengambil screenshot, dan hasilnya dapat ditemukan di folder berbasis hard drive. Namun, nama folder akan berbeda untuk setiap game; misalnya, jika anda mengambil screenshot saat bermain Overwatch, hasilnya nanti akan disimpan di lokasi folder: Documents\Overwatch\Screenshots\Overwatch. Anda bisa melakukan pencarian di web untuk mengetahui kunci untuk screenshot yang cocok untuk setiap game. Informasi ini juga dapat diperoleh dari menu shortcut configuration.

3. Mengambil Screenshot Menggunakan Shortcut dari Steam

Jika anda memainkan game favorit anda di Steam, anda bisa mengambil screenshot secara instan dengan menggunakan fitur screenshot bawaan Steam. Berita baiknya adalah untuk mengambil screenshot dengan Steam cukup mudah; anda hanya perlu menekan tombol "F12" pada keyboard milik anda. Segera setelah anda menekan tombolnya, suara jepretan akan terdengar di sistem dan notifikasi yang mengatakan "Screenshot Saved" akan langsung muncul di sudut kanan bawah layar PC.

Jika anda merasa bahwa kunci F12 tidak lebih mudah diakses selama anda bermainan, anda juga bisa menyesuaikan kunci ini dengan masuk ke bagian Interface Steam. Buka pengaturan dan kemudian In-Game dan terakhir sesuaikan opsi "Screenshot Shortcut Keys" sesuai dengan kebutuhan anda. Kalau anda ingin melihat hasil screenshot yang sudah diambil, buka dengan menggunakan tombol Shift + Tab di Steam Overlay; atau jika anda sudah mengubah pengaturan di Steam, hal itu bisa dilakukan menggunakan pintasan khusus buatan anda di keyboard. Terakhir, klik tombol “View Screenshots” pada overlay.

Kalau anda ingin melihat hasil screenshot-nya setelah keluar dari game, anda akan menemukannya di Steam library dengan membuka halaman game-nya. Cukup gulir ke bawah, ke area bawah halaman game milik anda, dan hasil screenshot akan tersedia dengan opsi "View Screenshot Library". Anda akan senang mengetahui bahwa anda bisa mengunggah screenshot yang sudah diambil langsung ke Facebook menggunakan screenshot library. Anda juga bisa menemukan screenshot yang sudah diambil menggunakan tombol "Show on Disk".

4. Mengambil Screenshot dengan Nvidia GeForce Experience

Jika anda menggunakan grafis Nvidia, kemungkinan besar sistem anda juga memiliki software GeForce Experience Nvidia. Software ini dipenuhi dengan berbagai fitur dan kemampuan untuk mengambil screenshot adalah salah satunya. Untuk mengambil screenshot dalam game dengan menggunakan Nvidia GeForce Experience, cukup tekan tombol Alt + F1 dan screenshot yang sudah diambil akan secara otomatis disimpan ke dalam GeForce Experience Gallery. Segera setelah screenshot diambil, sistem juga akan menampilkan notifikasi instan tentang hal itu yang mengatakan "Screenshot has been saved to Gallery" di sisi kanan atas layar Anda.

Untuk melihat screenshot yang sudah diambil, anda bisa menekan tombol Alt + Z pada sistem Windows Anda. Buka Galeri untuk melihat semua screenshot game yang sudah anda ambil; perhatikan bahwa mereka akan disimpan bersama dengan Video ShadowPlay di sistem anda. Screenshot ini juga bisa ditemukan di dalam Videos\Nama game yang pilihan anda bersama dengan video yang sudah anda rekam menggunakan GeForce Experience.

5. Mengambil Screenshot dengan Nvidia Ansel

Tidak ada keraguan lagi untuk mengatakan bahwa GeForce Experience memberikan pengalaman yang kaya dengan fitur-fiturnya yang luar biasa, tetapi alat ini adalah alat lain dari Nvidia yang juga bisa membantu anda untuk mengambil screenshot; namun, alat ini memungkinkan penggunanya untuk menangkapnya menggunakan kamera bergerak. Bisa diperhatikan bahwa, opsi ini hanya berfungsi di beberapa game tertentu, hanya jika pengembangnya sudah menambahkan dukungan untuk fitur ini. Namun, sudah ada banyak game populer dalam daftar yang mendukung fitur Nvidia Ansel seperti The Witcher 3: Wild Hunt, Middle-Earth: Shadow of War, Hellblade: Senua's Sacrifice, Dishonored 2, dll.

Saat anda bermain game, cukup tekan tombol Alt + F2 dan gameplay akan langsung membeku; bersamaan dengan hal ini terjadi, sidebar “Ansel” akan muncul di layar. Sekarang anda bisa menyesuaikan layarnya untuk mengambil screenshot di area yang anda pilih menggunakan fitur drag and drop mouse atau dengan bantuan tombol keyboard. Kalau anda tertarik untuk menambahkan efek filter unik ke hasil screenshot anda, hal itu bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai opsi yang tersedia di sidebar; beberapa gamer suka menggunakan gaya sepia atau ingin menyesuaikan bidang pandang dari bidikan yang diambil. Anda juga bisa membuat pilihan apakah anda ingin mengambil screenshot dari game milik anda dengan tampilan normal atau memerlukan resolusi super. Beberapa dari anda mungkin akan tertarik untuk mengambil screenshot 360 derajat dengan Nvidia Ansel. Screenshot 360 derajat ini nantinya bisa dilihat melalui beberapa metode yang berbeda seperti HTC Vive, Oculus Rift atau menggunakan Google Cardboard Headset.

Tekan tombol jepret, dan hasil dari screenshot anda akan langsung disimpan; sistem ini memungkinkan anda untuk menangkap dalam jumlah bidikan yang tidak terbatas bersamaan dengan layar yang dijeda. Anda nantinya bisa melihat screenshot ini dengan menekan tombol Alt + Z di sistem anda atau hanya dengan mengklik opsi "Galeri". Tangkapan layar ini biasanya disimpan di folder Videos\Nama game yang pilihan anda.

6. Mengambil Screenshot Game dengan Fitur AMD ReLive

Jika anda menggunakan hardware grafis AMD, anda bisa mengambil screenshot dengan bantuan Fitur ReLive-nya. Perlu diperhatikan bahwa, fitur ini hanya berfungsi jika anda menggunakan desktop dengan AMD Graphics Core Next Architecture. Namun, tidak semewah seperti Nvidia Ansel; opsi untuk screenshot disini hampir sama dengan Steam atau Nvidia GeForce Experience. Segera setelah anda sudah siap dengan ReLive, cukup tekan tombol Ctrl + Shift + E atau gunakan Alt + Z. Sekarang klik opsi "Screenshot" untuk mengambil screenshot dari game favorit anda. Hasilnya akan disimpan secara default ke folder video di sistem anda. Anda bisa membagikan hasil screenshot ini nanti dengan teman-teman anda secara online untuk menampilkan petualangan anda saat bermain game.

Kesimpulan:

Menjadi seorang gamer yang berdedikasi dan gemar bermain, anda mungkin selalu tertarik untuk berbagi pengalaman bermain game milik anda dengan teman-teman anda secara online. Sekarang dimungkinkan untuk mengambil screenshot di sistem yang anda gunakan dengan menggunakan pintasan keyboard sederhana. Artikel ini berisikan tentang informasi mendetail tentang semua metode yang memungkinkan anda untuk mengambil screenshot dalam game; anda bisa memilih salah satu dari pilihan di atas untuk menikmati pengalaman bermain game yang luar biasa. Anda juga bisa mengedit screenshot yang sudah diambil menggunakan alat dari sistem internal dan eksternal sebelum membagikannya secara online untuk mengesankan penonton anda dengan kreativitas anda yang luar biasa.

author
Max Wales
Max Wales is a writer and a lover of all things video.