filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Quickly record screen and upload tutorial videos to courses online.
  • A large number of tutorial features to choose
  • Upload videos to online website easily
  • Support HD videos

Alternatif Udemy: 10 Situs Pembelajaran Online Terbaik Seperti Udemy

author

Nov 28, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Bagi orang yang ingin mempelajari keterampilan baru secara online mungkin pernah mendengar tentang Udemy. Situs web ini menawarkan akses tak terbatas untuk kursus secara gratis maupun dengan jumlah pembayaran yang sangat wajar. Beberapa tahun terakhir, Udemy telah menjadi platform yang paling diminati oleh peserta didik di dunia bisnis serta yang ingin mendapatkan pengetahuan tambahan di luar kurikulum dari universitas mereka. Satu-satunya masalah Udemy adalah mereka tidak menawarkan sertifikasi untuk kursus. Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak dapat memanfaatkan kursus dengan jenis sertifikat secara online; terdapat banyak platform pembelajaran lain yang berfungsi seperti alternatif terbaik untuk Udemy dengan banyak tawaran fitur tambahan. Dalam artikel ini, kami telah memilih sepuluh alternatif teratas untuk Anda selain Udemy; semoga! Anda dapat memilih yang terbaik:

Filmora logo filmora product interface

The All-in-One Screen Recorder & Video Editor

  • Record desktop screen, voiceover, and webcam simultaneously
  • Edit recorded clips quickly with a wide range of professional tools
  • Built-in plentiful templates and effects
  • Export to MP4, MOV, MKV, GIF and multiple formats
Try It Free
For Win 7 or later (64-bit)
Try It Free
For macOS 10.12 or later
secure downloadSecure Download

10 Situs Web Teratas seperti Udemy untuk eLearning:

1. Khan Academy:

Biaya:Free

Fitur Utama:

  • Khan Academy menawarkan pelajaran singkat dan spesifik dari berbagai topik yang populer di kalangan peserta didik akhir-akhir ini.
  • Semua tutorial diatur dengan cara penggunaan yang mudah, selain itu Anda juga dapat menemukan sesuatu yang unik untuk semua kelompok umur.
  • Berbagai kursus ini mengharuskan peserta didik untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu selama pelajaran; demikin berarti Anda dapat belajar melalui hal-hal praktis.

Khan Academy melayani berbagai tingkat peserta didik melalui pelajaran ringkas sehingga dapat memastikan lebih banyak keterlibatan untuk latihan tugas. Para profesional di sini memantau kinerja semua peserta didik secara teratur, akan tetapi latihannya disesuaikan sesuai berdasarkan tingkat keterampilan individu. Berita bagus untuk peserta didik karena Khan Academy menawarkan kursus dalam 20 bahasa yang berbeda serta tersedia secara gratis baik untuk siswa maupun para guru.

2. Coursera:

Biaya:Sekali pembayaran antara $15 hingga $200.

Fitur Utama:

  • Kursus diberikan oleh profesor mumpuni dari kualitas pendidikan lulusan sekolah menengah serta sebagian besar universitas terkemuka.
  • Platform ini juga menawarkan sertifikat untuk kursus dengan skema berbayar.
  • Peserta didik dapat mengambil beberapa kursus secara gratis.

Coursera dianggap sebagai alternatif terbaik untuk Udemy; meskipun jumlah mata kuliah yang dimiliki lebih sedikit secara komparatif, namun cukup kuat untuk menjadi profesor universitas terkemuka. Anda dapat bergabung dengan sebagian besar kursus gratis untuk meningkatkan pembelajaran bahkan jika Anda ingin menerima sertifikasi untuk keterampilan Anda, bisa didapatkan dengan membayar dengan jumlah yang wajar. Anda akan senang ketika mengetahui bahwa Coursera bahkan menawarkan gelar master dan sarjana dari berbagai institut terbaik. Anda dapat bergabung dengan kelas online untuk pelatihan teknis juga untuk program akademik.

3. Skillshare:

Biaya:Beberapa kursus serta gratis, juga terdapat koleksi Premium yang dapat diakses dengan pembayaran $100 per tahun atau $12 per bulan.

Fitur Utama

  • Kelas dalam kursus ini diambil oleh para pelaku industri profesional, uga mereka yang mencari nafkah dengan cara mengajar para siswa.
  • Anda juga dapat menemukan beberapa ikon industri terkemuka yang telah mengambil beberapa kuliah khusus.
  • Daripada kuliah dengan gaya membaca; kursus ini berorientasi pada pembelajaran berbasis tindakan.

Bagi mereka yang suka mempelajari hal-hal baru kemudian benar-benar mempraktikkannya akan memilih Skill Share sebagai platform terbaik untuk belajar. Menyediakan kursus pada berbagai bidang kreatif termasuk seni rupa, produksi musik, fotografi, desain, serta pemasaran. Banyak kursus yang tersedia secara gratis, maupun yang dapat diakses dengan berlangganan setiap bulan dan setiap tahun.

4. Udacity:

Biaya:Sebagian besar kursus tersedia secara gratis; berlangganan untuk gelar nano dengan biaya $199+ per bulan.

Fitur Utama:

  • Derajat nano ditawarkan untuk dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam bidang pelajaran tertentu.
  • Udacity memiliki fokus utama pada peningkatan keterampilan serta pelatihan teknis.
  • Memiliki kemitraan dengan berbagai institusi peringkat teratas yang menawarkan skema kursus mutakhir.

Udemy merupakan sebuah alternatif kecil namun berguna di mana Anda dapat mengakses hampir 100 kursus secara gratis, tetapi skema gelar nano secara khusus membuatnya menonjol di antara semua platform pembelajaran online lainnya. Kursus dan program pelatihan teknis ini disediakan dengan bantuan beberapa perusahaan terkemuka seperti Salesforce, Facebook, maupun Google. Seseorang dapat mulai dari kursus dasar untuk mendapatkan ide tentang teknologi kemudian beralih ke tingkat lanjutan untuk peningkatan kualitas diri.

5. LinkedIn Learning:

Biaya:Bayar $19,99 untuk Basic dan $29 untuk Premium

Fitur Utama:

  • Semua kursus di LinkedIn Learning didedikasikan untuk meningkatkan keterampilan nyata siswa sehingga mereka mampu menerapkan pembelajaran dalam tempat kerja
  • Sebagian besar kursus ini dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang di minati.
  • Situs web ini berfokus pada berbagai kursus seputar bisnis dan pemasaran.

LinkedIn Learning tidak menawarkan apa pun secara gratis, tetapi dianggap sebagai alternatif potensial untuk Udemy karena praktik penyampaian kursus mereka yang canggih. Sebagian besar kursus ini didedikasikan untuk meningkatkan keterampilan kerja para peserta didik dari seluruh dunia, beserta bidang yang diminati meliputi manajemen presentasi, kemahiran software untuk perkantoran, videografi, desain grafis, teknik audio, pemrograman komputer, serta banyak lagi yang dapat tempat kerja secara digital. Menawarkan sebagian besar kursus menggunakan kuliah berbasis video serta pengguna juga diizinkan untuk mengakses transkrip video demi menghilangkan keraguan mereka.

6. Masterclass:

Biaya:$180 per tahun atau $90 per kelas

Fitur Utama:

  • Kursus telah diambil oleh banyak selebriti terkenal maupun industri profesional.
  • Melalui target topik spesifik sehingga nantinya peserta didik dapat mengumpulkan informasi berharga yang dapat menarik minat mereka.
  • Harga langganan yang murah dibandingkan dengan alternatif lain

Masterclass.com memungkinkan peserta didik untuk dapat mempelajari keterampilan khusus berdasarkan minat mereka dari berbagai program. Cukup geser ke bawah untuk memilih kursus di bidang sesuai minat Anda melalui login untuk mulai mendengarkan orang-orang yang benar-benar dapat menginspirasi untuk mencapai tujuan di bidang tertentu. Platform paling ramah di kantong demi mempelajari apa pun yang Anda inginkan.

7. Pluralsight:

Biaya:Berlangganan premium dengan harga $299 per tahun dan $29 per bulan.

Fitur Utama:

  • Banyak kursus di Pluralsight yang tersedia secara gratis, sehingga Anda dapat melihat berbagai penawaran sebelum melakukan pembayaran
  • Kursus di situs web ini berfokus pada komputer serta apapun yang terkait dengan IT
  • Kursus dirancang beserta dengan instruksi yang jelas tentang tingkat keterampilan yang penting untuk dapat bergabung dengan mereka.

Jika Anda mencari bantuan profesional untuk dapat meningkatkan keterampilan terkait komputer, kami menyarankan Anda untuk bergabung dalam kelas di Pluralsight. Saat berlangganan bulanan, pengguna dapat mengakses perpustakaan lengkap dari berbagai sumber, materi, maupun kursus yang diinginkan. Anda dapat mengambil kursus sebanyak mungkin dengan berlangganan satu kali baik untuk satu bulan maupun satu tahun. Dengan target utama mereka untuk membangun keterampilan praktis para peserta didik, kursus dibagi menjadi tiga kategori yang berbeda dalam tingkat lanjutan, menengah dan pemula.

8. Codecademy:

Biaya:Gratis, membayar $199 untuk kursus lanjutan.

Fitur Utama:

  • Didedikasikan khusus untuk membangun keterampilan di bidang teknologi dan coding.
  • Kursus terdiri dari peningkatan keterampilan dasar hingga pemrograman tingkat lanjut.
  • Menawarkan kursus berbasis sertifikasi.

Codeacademy dapat membantu Anda mempelajari keterampilan di bidang coding dan teknologi, kabar baiknya adalah Anda bahkan dapat memulai dari tingkat dasar. Platform pembelajaran ini didukung oleh Pemerintah AS sehingga dapat dipastikan mendapatkan pengalaman belajar yang dapat dipercaya. Situs web ini mengikuti pendekatan pelatihan berbasis permainan untuk menambah kesenangan dalam proses pembelajaran sehingga akhirnya dapat membantu mengembangkan semangat melalui pembelajaran yang lebih cepat serta kompetitif.

9. edX:

Biaya:Kisaran harga mulai dari $ 50 hingga $ 300.

Fitur Utama:

  • Dapatkan sertifikasi untuk kursus dari berbagai lembaga pendidikan terkenal.
  • Anggota berbayar juga dimungkinkan untuk berkomunikasi dengan siswa lain.
  • Para profesor memberikan umpan balik dari waktu ke waktu terkait tugas yang dikerjakan.

edx merupakan platform pembelajaran aktif dengan kursus premium yang terbukti jauh lebih baik dibandingkan platform Udemy. Platform pembelajaran berbasis web ini memiliki ikatan dengan universitas terkemuka, perguruan tinggi lvy League, serta berbagai lembaga pendidikan terkemuka yang membantu memberikan pelatihan terbaik kepada peserta didik secara online. Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan berbagai kursus profesional mulai dari psikologi perilaku, meteorologi hingga kedokteran. Pelajar berbayar dapat menikmati interaksi aktif dengan siswa lain serta mendapatkan umpan balik dari profesor.

10. Alison:

BIaya:Gratis

Fitur Utama:

  • Kursus pengembangan keterampilan disertai pelatihan tingkat praktis.
  • Tersedia juga sertifikat kursus.
  • Kursus mandiri disertai pengalaman belajar yang luar biasa.

Alison menawarkan lebih dari 1000 kursus berkualitas tinggi dalam 9 kategori khusus untuk peserta didik dari seluruh dunia. Peserta didik dapat mengakses kursus dengan sertifikat, kursus diploma, serta jalur pembelajaran dengan pelatihan berjam-jam. Semua kursus ini mengikuti pola pembelajaran yang unik beserta durasi jam belajar yang berbeda. Kursus ini sepenuhnya gratis, juga nantinya Anda dapat menuliskan sertifikasi Anda dalam resume untuk mendapatkan pekerjaan impian di masa depan.

Kesimpulan:

Jika Anda ingin belajar serta ingin meningkatkan keterampilan di bidang yang Anda minati; ini adalah waktu yang tepat untuk memilih salah satu platform yang paling menguntungkan berdasarkan daftar di atas. Anda dapat mengikuti kursus sesuai dengan bidang spesialisasi, sehingga kelas profesional ini akan segera membantu Anda mendapatkan pekerjaan impian di pasaran. Sebagian besar situs web menawarkan kursus gratis, disertai dengan sertifikat diberikan untuk kursus yang berbayar; Anda dapat memilih kelas sesuai dengan tingkat dedikasi dalam mata pelajaran tertentu.

Ingin belajar sesuatu terkait pengeditan video? Lihat dibawah ini.

author
Max Wales
Max Wales is a writer and a lover of all things video.