filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Blur Video Background on Windows and Mac
  • Free AR stickers for celebration and personality
  • Capture video with stable recording experience
  • Blur, remove or change the video background easily

Cara Ubah Background di Teams

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Jika Anda memakai Microsoft Teams di tempat dengan background yang tidak pantas atau tua dan berdebu, aplikasi ini akan membantu Anda. Teams memiliki banyak gambar bawaan yang bisa dipakai sebagai background virtual sehingga keseluruhan presentasi Anda terlihat layak dan profesional. Bisa dikatakan, di sini Anda akan belajar cara ubah background di Microsoft Teams pada komputer laptop dan perangkat seluler.

Saat melalui bagian berikut ini, Anda juga akan mengetahui cara tambahkan background di Teams, dan gunakan background khusus itu selama panggilan video. Ketika selesai membaca ini, Anda akan bisa mengubah background di Microsoft Teams di laptop, unggah dan memakai background khusus Anda, mengubah background di Teams di perangkat pintar, biasanya ponsel, dan akan punya pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja program dan batasan-batasan yang menyertainya.

Bagian 1: Cara Ubah background Microsoft Teams Anda Sebelum Rapat di Laptop?

Teams membuat Anda bisa menggunakan background virtual sebelum memulai atau bergabung ke dalam rapat. Pendekatan ini memastikan bahwa peserta lain tidak terganggu oleh dinding dan tatanan dekorasi sederhana yang mungkin tampak tidak profesional di kamar Anda. Untuk mempelajari cara ubah background di Microsoft Teams, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

Langkah 1: Mempersiapkan Rapat Teams

Buka Microsoft Teams di laptop Anda (PC Windows 10 digunakan di sini untuk demonstrasi). Pastikan bahwa opsi Obrol dipilih dari panel sebelah kiri, klik pada ikon Rapat Baru (Camcorder) dari area kanan atas panel, Obrol dan klik Mulai Rapat.

Mulai panggilan video dalam teams

Langkah 2: Buka panel pengaturan background

Pada kotak,Rapat dengan nyalakan sakelar Video dan Audio jika masih belum diaktifkan, lalu klik tombol ikon Efek background dari bawah jendela pratinjau.

Langkah 3: Ubah background

Dari gambar yang tersedia di panel Pengaturan background di sebelah kanan, klik untuk memilih salah satu yang ingin Anda gunakan sebagai background, dan klikGabung sekarang dari bawah jendela pratinjau ke Mulai/Bergabung ke rapat dengan background yang diubah.

ubah background teams sebelum rapat

Bagian 2: Bagaimana Ubah background Microsoft Teams Anda Selama Rapat di Laptop?

Microsoft Teams juga bisa membuat Anda beralih ke background yang berbeda dan terlihat lebih profesional selama sesi rapat sedang berlangsung. Langkah-langkah yang diberikan di bawah ini menjelaskan cara ubah background di Microsoft Teams dengan skenario seperti itu:

Langkah 1: Mulai/Bergabung dengan Rapat

Gunakan metode yang dijelaskan di bagian sebelumnya untuk masuk ke kotak,Rapat dengan lalu nyalakan Video dan Audio yang beralih dari bawah jendela pratinjau, dan klik Gabung sekarang.

bergabung di Teams saat rapat

Langkah 2: Masuk ke Panel pengaturan background

Saat dalam sesi pertemuan yang sedang berlangsung, klik tombol ikon More actions dari area kanan atas kotak Rapat dengan dan klik Terapkan efek background dari menu yang muncul berikutnya.

menerapkan background pada rapat Teams

Langkah 3: Ubah background

Dari gambar yang tersedia di panel Pengaturan background di sebelah kanan, klik untuk memilih salah satu yang ingin Anda gunakan sebagai background baru, dan klik Terapkan dari bawah untuk menyimpan perubahan.

ubah background di Teams

Bagian 3: Cara Unggah background Biasa di Microsoft Teams?

Selain beralih ke background bawaan, Microsoft Teams bahkan bisa untuk unggah dan memakai gambar khusus untuk tujuan rapat. Proses pada cara tambahkan background khusus ke Microsoft Teams akan dijelaskan di bawah ini:

Langkah 1: Masuk ke Panel pengaturan background

Mulai Microsoft Teams di komputer Anda, pakai metode yang dijelaskan sebelumnya untuk mengaktifkan sakelar Video dan Audio, lalu sebelum memulai rapat, buka panel Pengaturan background.

Langkah 2: Tambah dan Gunakan background Biasa

Klik Tambah baru dari atas panel Pengaturan background, dan pilih foto pilihan Anda dari komputer untuk diunggah ke Teams dan pergunakan sebagai background biasa. Selanjutnya, klik Gabung sekarangdari bagian bawah layar pratinjau untuk bergabung atau mulai rapat baru.

tambahkan background baru di Teams

Langkah 3: Hapus background yang Diunggah

Klik untuk memilih background lainnya dari panel, Pengaturan background temukan gambar khusus yang Anda unggah, klik ikon Tambah lagi dari kanan atas ubin, dan klik Hapus untuk menghilangkan background biasa.

tambahkan background khusus baru di Teams

Bagian 4: Bagaimana Ubah background Anda Sebelum/Setelah Rapat Dimulai di Perangkat Seluler?

Bahkan Microsoft Teams versi seluler memungkinkan Anda untuk ubah background. Namun, batasannya adalah, Anda harus memulai atau bergabung dengan rapat sebelum ikon More actions muncul di bagian bawah layar. Untuk mempelajari cara ubah background di aplikasi seluler Microsoft Teams, Anda bisa ikuti petunjuk langkah-langkah yang akan diberikan di bawah ini:

Langkah 1: Mulai Rapat Baru Teams di Seluler

Luncurkan Microsoft Teams di ponsel Anda (iPhone X digunakan di sini sebagai ilustrasi). Pastikan bahwa opsi Obrolan dipilih dari bagian bawah layar utama, ketuk ikon Rapat instan (Camcorder) dari sudut kanan atas jendela, dan ketuk Mulai rapat di area yang lebih rendah kotak Rapat instan akan muncul.

mulai panggilan video di Teams

Langkah 2: Masuk ke Layar Pilih background

Setelah rapat dimulai, ketuk tombol ikon More actions dari bagian bawah layar, dan ketuk Efek background ketika kotak opsi tersebut muncul.

Efek background Teams di iPhone

Langkah 3: Ubah background

Pada layar, Pilih background ketuk untuk memilih gambar yang akan digunakan sebagai background. Atau, Anda juga bisa mengetuk tombol + untuk mengunggah dan menggunakan gambar khusus. Setelah memilih background, ketuk Selesai dari sudut kanan atas layar untuk menyimpan perubahan.

ubah background Teams di ponsel

Tanya Jawab Tentang Mengubah background di Rapat Microsoft Teams

P1) Bisakah saya tambahkan video sebagai background di Teams?

J1) Pada saat artikel ditulis, Microsoft Teams tidak mendukung video sebagai background virtual dalam bawaannya. Namun, dalam pencarian online cepat akan muncul beberapa tautan yang menjelaskan cara memakai aplikasi pihak ketiga secara bersamaan untuk mendapatkan efek gerakan sebagai background virtual di aplikasi. Ini hanyalah solusi untuk saat ini, dan bukan solusi permanen. Anda bisa temukan lebih banyak saran tentang cuitan berantai ini (https://answers.microsoft.com/en-us/msteams/forum/all/cant-change-background-in-microsoft-teams/01d7cd1c-794c-480c-8a45-187bafb52345?auth=1).

P2) Mengapa saya tidak bisa mengubah background di Teams?

J2) Jika Anda tidak bisa mengubah background saat memakai Microsoft Teams, mungkin ada beberapa alasan untuk ini termasuk:

  • Komputer Anda mungkin tidak punya AVX2 yang diperlukan untuk memakai fitur
  • Admin organisasi IT atau sekolah Anda mungkin telah menonaktifkan opsi tersebut
  • Jika Anda memakai Microsoft Teams di komputer Linux
  • Komputer Anda mungkin tidak memenuhi persyaratan minimum dari perangkat keras dalam mendukung fitur ini

Anda bisa temukan detail lebih lanjut tentang tautan ini (https://answers.microsoft.com/en-us/msteams/forum/all/cant-change-background-in-microsoft-teams/01d7cd1c-794c-480c-8a45-187bafb52345?auth=1).

P3) Mengapa saya tidak melihat opsi 'Tampilkan efek background'?

J3) Pada saat artikel ditulis, opsi untuk ubah background hanya akan terlihat pada komputer yang dilengkapi dengan perangkat keras tertentu. Meski Microsoft sedang dalam proses membuat fitur tersebut agar bisa tersedia di semua perangkat, namun masih belum ada pernyataan resmi yang dirilis oleh mereka sampai saat ini. Anda dapat memeriksa tautan ini untuk diskusi rinci. (https://techcommunity.microsoft.com/t5/microsoft-teams/not-able-to-see-background-effects-in-microsoft-teams/m-p/1351987) Setelah mencoba solusi cara ubah background di Microsoft Teams jika Anda masih tidak bisa menerapkannya karena tidak tersedia opsi yang sesuai, Anda mungkin harus menunggu hingga Microsoft meluncurkan pembaruan yang bisa mengaktifkan fitur tersebut untuk semua orang.

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.