filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Astonishing Video Editor for Creators
  • Hundreds of titles and text templates
  • Multiple video effects and elements
  • Export videos in GIF format instantly

Cara Mendownload GIF dari Facebook di PC, Android, dan iPhone

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Facebook memudahkan orang-orang untuk saling terhubung sekaligus berbagi dengan keluarga serta teman. GIF dapat menggabungkan perasaan sekaligus emosi untuk mengembangkan koneksi hubungan tersebut. Pemirsa digital terus dibanjiri oleh gambar serta konten visual di mana menjadikan GIF sebagai solusi sempurna untuk berkomunikasi. Namun di antara jutaan GIF yang beredar di Facebook, beberapa di antaranya mungkin telah membuat Anda terpesona, sehingga Anda ingin mendownload GIF tersebut untuk dibagikan ke keluarga dan teman Anda. Akan tetapi Anda tidak tahu cara mendownload GIF dari Facebook.

Maka Anda berada di halaman yang tepat. Karena di sini kita akan membahas cara untuk mendownload GIF di perangkat komputer, iPhone dan Android secara terpisah. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai.

Bagian 1: Download GIF dari Facebook di Komputer

GIF dapat dimuat dengan cepat, berwarna, serta merupakan animasi media komunikasi visual yang deal. Pendekatan interaksi secara visual sangat baik yang sebelumnya dirancang untuk koneksi internet lambat serta terbatas kini telah berkembang menjadi jalan untuk berkomunikasi secara jelas di dalam dunia media sosial. Kebahagiaan dapat membuat kita ingin berbagi, serta kesedihan membuat kita terhubung, sehingga GIF memungkinkan kita untuk mengeluarkan emosi itu secara mencolok dalam sekejap dengan membagikannya di sosial media.

Seringkali Anda menyukai suatu GIF di Facebook, namun tidak bisa membagikannya ke teman-teman Anda karena Anda tidak bisa mendownloadnya ke komputer Anda. Untuk memudahkan Anda dalam berbagi emosi Anda ke dunia sosial dan mendownload Facebook GIF, maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

1. Mendownload GIF di komputer atau sistem Mac dari Facebook cukup mudah dan ringkas untuk dilakukan. Buka situs web Facebook di browser Anda, kemudian bukalah GIF yang ingin Anda download.

buka gif di facebook

2. Sekarang tekan GIF tersebut, kemudian pilih untuk membukanya di jendela baru browser milik Anda.

putar gif di jendela panel baru

3. Anda akan melihat GIF terputar di situs asalnya, kemudian klik kanan di GIF tersebut dan pilihlah opsi "Lihat Gambar".

melihat gif yang Anda pilih

4. Sekarang Anda akan meninggalkan situs web tersebut. Karena yang muncul hanyalah konten GIF saja, sehingga klik kanan di GIF tersebut sekali lagi dan Anda akan diberikan opsi "Simpan Gambar Sebagai", lalu pilih opsi tersebut. Kemudian GIF itu akan mulai terdownload di komputer Anda.

menyimpan gif ke komputer Anda

Begitu mudah untuk mendownload GIF Facebook ke komputer Anda, kemudian Anda dapat membagikannya dengan teman-teman Anda saat itu juga.

Bagian 2: Download GIF dari Facebook di Android

Mendownload GIF Facebook di perangkat Android cukup mudah, di mana Anda hanya perlu melakukannya dengan benar. Untuk memiliki GIF kesukaan Anda di perangkat Android Anda, ikutilah langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi Facebook di ponsel Android.

2. Buka GIF yang Anda sukai sekaligus yang ingin Anda download. Buka tautan GIF di aplikasi Facebook, kemudian buka GIF di aplikasi Facebook di web browser Anda.

menemukan gif di aplikasi facebook

3. Pada aplikasi Facebook browser di pojok kanan atas, Anda akan melihat menu titik tiga; lalu tekan menu tersebut, kemudian pilih opsi "Buka di Chrome".

membuka gif di chrome

4. GIF Facebook akan terbuka di jendela web browser Google Chrome.

melihat gif di halaman baru

5. Di jendela Chrome, sekarang Anda bisa menekan sekaligus menahan GIF tersebut untuk menampilkan opsi menu. Sebuah menu jendela kecil akan muncul, dan Anda harus menekan opsi "Download Gambar", kemudian proses download pun dimulai.

download file gif

Bagus! Anda telah mendownload GIF Facebook di perangkat Android Anda dengan langkah sederhana dan mudah ini.

Bagian 3: Download GIF dari Facebook di iPhone

Apple begitu ketat dalam hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh penggunanya, itulah mengapa pengguna iPhone tidak bisa mendownload video dan gambar dari internet ke penyimpanan perangkat secara langsung. Mendownload GIF dari Facebook, kemudian menyimpannya ke iPhone Anda mengharuskan Anda untuk mengikuti langkah-langkah yang saya sebutkan di bawah ini dengan benar.

1. Buka aplikasi Facebook di iPhone Anda.

2. Sekarang buka GIF yang hendak Anda download.

buka gif di iphone

3. Tekan link untuk membuka GIF tersebut di web browser Anda.

4. Facebook akan membuka GIF di jendela web browser bawaan, di mana Anda bisa melihat ikon menu tiga titik di sudut atas bagian kanan.

menyimpan gif di iphone

5. Tekan titik tiga tersebut untuk menampilkan opsi, kemudian tekan opsi "Simpan Gambar" dari menu tersebut untuk mendownload GIF Facebook di perangkat iPhone Anda.

Gambar GIF itu akan terdownload di iPhone Anda serta tersimpan di galeri Anda. Sekarang Anda bisa berbagi GIF dengan siapa pun yang Anda kehendaki dengan mudah, lalu membuka gambar GIF di galeri, kemudian menekan tombol berbagi di gambar untuk memilih ke aplikasi mana GIF tersebut ingin Anda bagikan.

Bagian 4: Sesuaikan GIF Anda dengan Menggunakan Wondershare Filmora

Wondershare Filmora merupakan alat untuk mengedit video dan foto yang menakjubkan, baik untuk profesional ataupun pemula. Antarmuka intuitif ini memungkinkan orang-orang untuk memahami serta bekerja lancar dengan menggunakan mesin grafis yang luar biasa untuk mendukung beban berat. Software untuk mengedit ini mempunyai sejumlah fitur seperti pendeteksi adegan otomatis, ratusan efek serta filter, pilihan layar terpisah, teks di layar, judul, elemen, serta masih banyak hal lainnya. Sedangkan untuk tujuan kita, kita akan memahami alat-alat fantastis ini untuk membuat sekaligus menyesuaikan GIF kita dengan Filmora, jadi mari kita mulai.

Unduh Filmora 9 Versi Win Unduh Filmora 9 Versi Mac

1. Bawa file Anda dengan menyeret, kemudian melepaskannya ke "timeline" Filmora. Atau dengan memilih opsi "Sisipkan" dari menu yang di klik kanan dari berkas tersebut.

memasukkan sumber berkas gif

2. Potong menjadi bagian pendek di bagian yang ingin Anda gunakan. Pastikan pesan yang hendak Anda sampaikan terekspresi dengan jelas dalam potongan video singkat tersebut, karena video itu tidak akan menggunakan suara apa pun.

3. Bisukan audio dengan menekan klik kanan di video tersebut saat di dalam "timeline", kemudian pilihlah opsi "Bisukan" atau jika Anda menggunakan pintasan, maka tekan: "Ctrl+Shift+M."

membisukan berkas gif

4. Anda juga bisa menambahkan teks apa pun ke GIF Anda dengan menekan fitur "Judul" di menu bagian atas Filmora. Kemudian pilih dari sekian banyak format serta gaya opsi yang tersedia di perpustakaan Filmora, lalu letakkan di "timeline".

menambahkan judul ke "timeline"

5. Anda bisa mengedit teks dengan menekan trek teks di "timeline". Hal itu memungkinkan Anda untuk mengubah warna, jenis tulisan, ukuran, menggerakkan posisi teks di GIF Anda, serta efek-efek lainnya.

sesuaikan judul gif

6. Begitu Anda selesai mengedit serta mengubah GIF, tekan tombol "Ekspor" di menu bagian atas, kemudian pilihlah tipe format GIF di bagian kiri panel yang muncul di jendela. Sedangkan di jendela "ekspor", Anda bisa mengubah setelan untuk meningkatkan resolusi, kecepatan bingkai, serta kecepatan bit untuk mendapatkan tampilan serta nuansa jelas di GIF Anda.

ekspor format gif

Tips:
Facebook serta sarana media sosial lainnya memiliki keterbatasan yang berbeda dalam beberapa ukuran GIF yang dapat diunggah, jadi pastikan bahwa ukuran berkas GIF Anda 5 MB atau lebih kecil dari itu.

Kesimpulan

GIF memungkinkan semua orang untuk mengekspresikan emosi mereka ketika ekspresi tersebut tidak bisa disampaikan melalui kata-kata. Pada era media sosial saat ini, Anda seringkali menemukan GIF di Facebook dan ingin membagikannya ke teman-teman Anda di sarana lain secara langsung. Namun bila Anda tidak tahu cara mendownload GIF dari Facebook, itu cukup mengecewakan karena Anda tidak bisa membagikan meme GIF yang Anda sukai. Untung saja hal itu tidak akan terjadi lagi sebab sekarang Anda sudah tahu cara mendownload GIF Facebook secara efektif di perangkat digital mana pun yang Anda miliki.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.