filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Easiest way to remove black bars and fix aspect ratio
  • Remove black bars without quality loss
  • Various aspect ratios available
  • Modern & Easy to Use
  • Export to different formats, devices and social platform

Hapus Pinggiran Hitam di Video tanpa Mengurangi Kualitas [2022]

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Download Versi WinDownload Versi Mac

Apakah anda ingin menghapus pinggiran hitam yang terasa mengganggu saat menonton film di PC atau TV? Pinggiran hitam yang mengganggu ini bisa saja muncul di kedua tepi samping, atau di sepanjang bagian atas dan bawah video. Hal ini menunjukkan bahwa rasio lebar dan tinggi video tidak sesuai untuk tampilan layarmu. Pada artikel ini, saya akan perlihatkan secara spesifik langkah-langkah menghapus pinggiran hitam dari video. Anda akan bisa mempelajarinya: anda akan bisa mempelajarinya:

Hapus sekarang juga dengan mudah dan tanpa mengurangi kualitasnya dengan menggunakan Wondershare Filmora. Anda bisa dapatkan uji coba gratis di bawah ini.

Download Versi Win Download Versi Mac

Catatan: Penghapus pinggiran hitam ini tersedia di platform Windows dan Mac. Panduan di bawah ini menggunakan tangkapan layar Windows untuk menjelaskan bagaimana caranya. Jika anda pengguna Mac, cukup ambil dari Wondershare Video Editor untuk Mac agar bisa tercapai hasil yang sama.

Anda mungkin juga menyukai: Cara Tambahkan Pinggiran Hitam ke Video

Bagian 1: Mengapa Ada Pinggiran Hitam Yang Mengganggu Muncul

Ada banyak yang bertanya-tanya mengapa terkadang terlihat pinggiran hitam di video. Faktanya, semuanya ini terkait pada rasio lebar dan tinggi. Dahulu, rasio lebar dan tinggi 4:3 adalah sebuah format standar, tetapi lewat perkembangan teknologi, sudah muncul format 16:9. Jadi ketika anda memutar video dengan format 4:3 di layar 16:9, maka, pinggiran hitam tersebut akan muncul. Setelah kita tahu mengapa hal tersebut muncul, maka akan jadi mudah untuk menghapus pinggiran hitam itu dari video. Teruslah membaca!

Bagian 2: Bagaimana Caranya Hapus Pinggiran Hitam dari Video dengan Mudah Menggunakan Filmora

Di Filmora, anda bisa menghapus pinggiran hitam itu dengan cara cropping videonya agar bisa pas. Jika di Filmora anda memilih opsi Crop to Fit, setiap anda tarik dan lepaskan klip dari Perpustakaan Media ke garis waktu, anda akan temukan yang klip sudah terpotong secara otomatis, sehingga tidak ada lagi pinggiran hitam.

Meskipun opsi Crop to Fit tidak berfungsi secara otomatis untuk setiap klip, anda masih bisa crop secara manual bingkai demi bingkai sesuai kebutuhan anda. Berikut ini adalah cara menghapus pinggiran hitam memakai Crop and Zoom di Filmora.

Langkah 1: Impor file media

Klik "Impor" untuk memuat file media dari perangkat penyimpanan atau kamera digital anda. Mendukung hampir semua format SD dan HD, termasuk WMV, MOV, AVCHD (MTS, M2TS), DV, MPG, MP4, dan masih banyak lagi. Saat anda tambahkan semuanya, maka semuanya akan tampil di Perpustakaan Media dalam bentuk gambar mini. Seret dan lepaskan semua ke dalam Garis Waktu Video, lalu klik ikon putar untuk menontonnya pada jendela pratinjau di sebelah kanan.

menghapus pinggiran hitam

Langkah 2: Menghapus pinggiran hitam

Klik kanan pada video yang punya pinggiran hitam di bagian atas dan bawah atau di kedua tepi samping, pilih "Crop and Zoom" untuk akses ke jendela crop. Di sini, anda bisa mengatur ukuran bingkai secara manual, atau centang pada opsi "16:9" (layar lebar) atau "4:3" (standar) untuk menghapus pinggiran hitam. Karena ini terlihat di jendela pratinjau waktu nyata, maka anda bisa menilai rasio lebar dan tinggi yang tepat untuk layar PC atau TV secara mudah.

Tips: anda mungkin juga tertarik untuk menyesuaikan kecerahan, kontras, kecepatan pemutaran, volume audio untuk mendapatkan gambar dan kinerja yang lebih baik. Jika perlu, silakan akses jendela Edit dengan klik dua kali pada file untuk proses lebih banyak.

bagaimana caranya menghapus pinggiran hitam

Langkah 3: Simpan video tanpa pinggiran hitam

Klik "Ekspor" untuk mulai menghapus pinggiran hitam. Di jendela keluaran yang muncul, simpan kreasi anda sebagai format video asli atau pilih dari berbagai opsi format agar mudah untuk diputar.

Selain itu, anda juga bisa memilih preset perangkat tertentu untuk menikmati layar lebar saat tersambung pada perangkat lain. Dan saat Burning ke video DVD untuk diputar pada pemutar DVD langsung atau HDTV layar lebar. (Tips: Secara lebih lanjut anda bisa atur pada pengaturan lanjutan ke video berdefinisi tinggi seperti 1080p, atau 720p sesuai kebutuhan.)

penghapusan pinggiran hitam

Tips tambahan

1. Wondershare Filmora hanya bisa ekspor satu file dalam satu waktu. Jadi jika anda ingin menghapus pinggiran hitam dari beberapa file tanpa penggabungan, anda bisa simpan file proyek ke komputer anda secara satu per satu. Ekstensi file bawaannya adalah wfp. Setelah itu, muat sekali lagi untuk membuat file tanpa pinggiran hitam secara satu per satu.

2. Terkadang ada yang suka membuat pinggiran hitam khusus agar terlihat ada tampilan sinematik di video mereka, daripada menghapus pinggiran hitam. Jika anda menginginkan efek sinematik juga, anda bisa melihat Panduan Utama untuk Pinggiran Hitam Sinematik dan peroleh lebih banyak ide kreatif!

Download Versi Win Download Versi Mac

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.