filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Ubah Video Frame Rate menjadi 12/15/20/23.97/24/25/29/97/30 FPS dengan mudah
  • Potong segmen file video yang tidak diinginkan
  • Dukungan luas untuk berbagai format
  • Memungkinkan Anda mengubah resolusi video, bitrate, dan frame rate

Apa itu Kecepatan Bingkai dan mana yang harus dipilih?

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Istilah kecepatan bingkai adalah satu dari sekian banyak istilah tua dalam sejarah pembuatan film, bahkan hingga sekarang masih sama pentingnya saat kamera pertama ditemukan. Saat ini, kecepatan bingkai tidak hanya memiliki relasi dengan kamera ataupun proyektor film, karena kualitas dari animasi, permainan video, siaran langsung online atau penyiaran TV juga terpengaruh oleh kecepatan bingkai secara langsung.

Meskipun kamera era ini mempersilakan Anda untuk merekam sebuah rekaman dengan halus saat menggunakan pengaturan otomatis, tetapi memahami konsep kecepatan bingkai akan membantu Anda untuk memahami kapan Anda harus meningkatkan atau menurunkan kecepatan bingkai dari video Anda. Hal ni membutuhkan kemampuan Anda untuk mengetahui bagaimana kamera atau perangkat perekam rekaman video lain. Pada panduan ini, kami akan memperkanalkan Anda pada konsep dasar dalam proses pengambilan video.

Apa itu Kecepatan Bingkai: Sejarah Singkat Kecepatan Bingkai

Sederhananya, kecepatan bingkai adalah frekuensi di mana saat gambar diam secara independen muncul pada layar. Hal ini berarti Anda dapat memilih beberapa jumlah tampilan yang akan ditampilkan dalam satu detik. Apabila Anda meningkatkan jumlah bingkai per detik, maka gambar dalam rekaman akan muncul dan berpindah secara perlahan. Saat Anda menurunkan kecepatan bingkai, maka karakter dalam rekaman akan bergerak secara cepat, seperti film Charlie Chaplin.

Faktanya, selama periode pembuatan film diam Chaplin, semua kamera memutar, yang berarti di mana operator kamera harus berputar untuk mengatur perekaman film. Untuk menjaga kecepatan bingkai permanen secara manual tidaklah mudah, jadi itulah mengapa kecepatan bingkai di awal sejarah perfilman sangat lamban dengan variasi antara 16 hingga 24 fps.

Mata manusia akan melihat sebanyak 10 hingga 12 gambar per detik dan memproses gambar tersebut secara terpisah, saat 16 fps telah masuk dalam kategori gerakan. Meskipun demikian, pada video dengan kecepatan bingkai rendah, maka gerakan akan terlihat tersentak, sedangkan karakter akan terlihat bergerak dengan kecepatan yang tidak wajar.

Pada akhir tahun 1920 an, kecepatan bingkai diatur pada 24fps sebagai standar industri, dan saat ini setelah hampir seratus tahun kemudian, hampir semua film di rekam pada kecepatan bingkai yang sama. Alasan akan standarisasi kecepatan bingkai ini adalah suara, karena kecepatan bingkai masih dan akan selalu digunakan untuk menyesuaikan trek lagu dari audio ataupun video.

Kecepatan bingkai yang lebih dari 24fps biasa digunakan sebelum penemuan televisi di tahun 1950an, yang mana masih menggunakan 30fps sebagai standar pada industri. Menggunakan kecepatan bingkai yang lebih dari 30 fps memang memungkinkan saat di awal sejarah perfilman, meskipun hasilnya bila dibandingkan dengan hasil kamera saat ini memiliki kualitas yang cukup jauh.

Kecepatan Bingkai yang Sering Digunakan

Mayoritas dari kamera film dan DSLR menawarkan hanya tiga jenis kecepatan bingkai yang berbeda, tipe standar 24fps dan 30fps untuk orang-orang yang ingin memproduksi video dengan hasil seperti pertunjukkan TV, serta 60fps untuk olahraga dan adegan dengan kecepatan super.

 Kecepatan Bingkai

Gambar dari Internet

1 - 16 FPS - Apabila kecepatan bingkai video kurang dari 10fps, maka penonton tidak akan bisa melihat pergerakan yang berkelanjutan. Meskipun Anda berusaha untuk membuat ulang film di zaman film tanpa suara, kemungkinan besar Anda tidak akan menggunakan kecepatan bingkai yang kurang dari 16fps, karena video tersebut tidak akan memiliki ilusi pergerakan. Pada 16fps, Anda akan memperoleh efek yang sama dengan film bisu di mana karakternya pun akan bergerak lebih cepat daripada biasanya. Meskipun demikian, rekaman yang direkam pada kecepatan bingkai ini seringnya terlihat berombak, sehingga dengan alasan ini, kecepatan bingkai serupa jarang digunakan pada produksi film serta video modern.

24 FPS - Kecuali apabila Anda sedang bekerja pada proyek yang menuntut kecepatan bingkai yang lebih tinggi mayoritas dari rekaman yang anda pernah rekam yaitu pada 24fps. Apabila Anda memilih untuk merekam pada kecepatan bingkai ini, maka video akan memiliki gaya sinematik meskipun rekaman tersebut mungkin tidak akan terlihat sehalus saat Anda merekamnya dengan kecepatan bingkai 60fps. Pemain game juga dapat menggunakan kecepatan bingkai ini saat sedang merekam layar sesi, meskipun beberapa perekaman layar pada permainan video mungkin membutuhkan kecepatan bingkai yang lebih besar, sehingga video yang dihasilkan akan lebih halus.

25 FPS - Kecepatan bingkai 25P tidak begitu umum di Amerika Serikat. Alasannya yaitu, hampir semua peralatan elektronik seperti kamera dan kamera video, yang digunakan di US, menawarkan beberapa dari 30 atau 60. Video tersebut akan dengan mudah dikonversikan ke 25P. Tingkatan ini berasal dari standar PAL TV yaitu 50i (atau 50 uraian untuk tiap detik). Organisasi Film dan Televisi menggunakan kecepatan ini pada gelombang 50 Hz lokal untuk kesamaan dengan TV.

30 FPS - Penyiaran TV secara langsung dan banyak dari pertunjukkan TV direkam pada kecepatan bingkai 30fps untuk meningkatkan kualitasnya. Siaran langsung pertunjukkan olahraga pada TV harus terlihat realistis, oleh karena itu kecepatan bingkai yang lebih tinggi biasanya digunakan agar kegiatan seperti berlari atau melompat akan tampak seperti sedang dilakukan dalam satu waktu yang sama.

60 FPS - Hingga penemuan resolusi 4K pada video, hanya minoritas sinematografi saja yang menggunakan kecepatan bingkai ini. Meskipun demikian, video beresolusi 4K memiliki keuntungan dari kecepatan bingkai ini, karena rekaman akan semakin terlihat detail dan nyata. Merekam video permainan pada 60fps dapat membantu Anda mengurangi kecerobohan saat membuat video yang harus diambil dari pergerakan layar tersebut.

120 FPS - Apabila Anda akan memproduksi gerak lambat video, maka Anda harus menggunakan kecepatan bingkai ini. Pemain game dapat merekam video mereka pada 120fps saat sedang memainkan permainan video yang berisi begitu banyak gerakan cepat, seperti balap mobil atau permainan perkelahian.

Di atas 120FPS - Merekam video dengan kecepatan bingkai yang lebih tinggi dari 120fps berarti Anda membutuhkan kamera cepat. Meskipun memungkinkan untuk merekam video dengan kecepatan bingkai seperti 250fps, tetapi seniman animasi, pembuat video atau pemain biasanya tidak selalu dalam situasi yang membuat kecepatan bingkai seperti itu diperlukan, jadi video tetap dapat terlihat alami.

Mengapa Kecepatan Bingkai begitu penting dalam video?

Kecepatan Bingkai akan memberikan dampak pada pengalaman saat menonton, jadi begitu penting untuk memilih kecepatan bingkai yang sesuai berdasarkan apa yang Ada butuhkan. Pada banyak kasus, kecepatan bingkai pada film yaitu 24FPS, karena 24FPS sama dengan bagaimana kita melihat dunia. Namun, jika Anda ingin melihat video lebih detail, maka Anda harus memilih kecepatan bingkai yang lebih tinggi, seperti video olahraga, yang akan memperlihatkan lebih banyak detail. Kecepatan bingkai yang lebih rendah akan menurunkan beberapa detail dan akan berguna saat membuat animasi GIFs.

Memilih Kecepatan Bingkai untuk Video Anda Selanjutnya

Hanya ada dua alasan praktis untuk menggunakan kecepatan bingkai tanpa standar. Yang pertama yaitu murni untuk gaya dan hal ini bergantung pada gaya visual yang ingin Anda tampilkan pada video Anda. Apabila Anda ingin memproduksi video yang serupa dengan pertunjukkan TV, maka meningkatkan kecepatan bingkai dari 24fps ke 30fps akan membantu Anda untuk memperoleh tampilan yang Anda inginkan.

Alasan kedua untuk menggunakan kecepatan bingkai yaitu untuk meangkap pergerakan hanya dengan satu kali rekam dengan halus. Pada 30 atau 60fps, video Anda tidak akan berputar dengan tersendat walaupun Anda merekam acara seperti balap Formula 1 saat semua objek yang direkam bergerak dengan sangat cepat.

Proses saat menyeleksi kecepatan bingkai untuk siaran video langsung sedikit berbeda dari proses pemilihan kecepatan bingkai saat Anda ingin merekam menggunakan kamera. Ketika Anda berbagi video dari komputer secara online, maka Anda tidak harus fokus pada kualitas video, karena hal itu tidak akan tampak pada layar monitor yang besar. Namun, apabila Anda ingin memiliki pergerakan halus pada video Anda, maka Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan kecepatan bingkai ke 30 atau 60fps. Penting untuk memeriksa apakah komputer Anda mampu untuk menampilkan kecepatan bingkai tinggi karena beberapa prosesor hanya mampu menampilkan 15fps atau kurang yang berarti tidak akan cukup untuk menampilkan hasilnya.

Perlu Anda ingat bahwa meningkatkan kecepatan bingkai berarti memperbesar ukuran video karena kamera tidak lagi menangkap 24 gambar perdetik namun 30, 60 gambar atau bahkan lebih. Bekerja dengan berkas video yang besar akan memerlukan banyak ruang penyimpanan dan kesabaran karena mengunggah video dengan ukuran lebih dari 10GB ke Internet akan memakan banyak waktu.

Bagaimana cara mengatur kecepatan bingkai video di Filmora?

Untuk mengubah Kecepatan Bingkai pada output video di Wondershare Filmora akan sangat mudah. Pada jendela output, klik tombol Pengaturan untuk masuk ke menu Pengaturan. Disini, Anda dapat mengubah kecepatan bingkai, kecepatan bit dan juga resolusi video serta pengaturan audio. Pilihlah Kecepatan Bingkai, dan pilih target FPS yang diinginkan dari menu kotak drop. Kemudian klik OK untuk menyimpan pengaturan kecepatan bingkai. Dengan cara ini, Anda dapat mengubah dan mengonversi kecepatan bingkai asli ke kecepatan bingkai lainnya.

 Mengubah Kecepatan Bingkai di Filmora

Anda dapat menyimpan video ke dalam komputer Anda, atau mengunggahnya ke YouTube dan juga Vimeo.

Catatan: Saat Anda memilih kecepatan bingkai yang lebih tinggi, maka ukuran video akan semakin besar dan waktu ekspor video akan lebih lama.

Kesimpulan

Jumlah kamera diam yang dapat merekam dalam satu detik atau perangkat pemutaran video seperti proyektor film, TV atau monitor komputer dapat mempengaruhi tampilan bagaimana kita melihat gambar yang bergerak. Ketika jumlah gambar diam meningkat, maka gambar menjadi lebih realistis karena kamera dapat mengambil lebih banyak informasi. Gaya dari rekaman juga berubah, jadi menggunakan kecepatan bingkai 24fps memungkinkan Anda untuk mendapat tampilan sinematik, dan menggunakan kecepatan bingkai yang lebih cepat dapat membuat gaya tampilan tampak seperti yang sering kita lihat pada TV.

Anda dapat mempertimbangkan kecepatan bingkai saat bekerja pada aktivitas lapangan yang dapat langsung mempengaruhi eksekusi dari dokumen SWF serta PC yang memutarnya. Mengatur kecepatan bingkai yang terlalu tinggi akan mengakibatkan masalah pada prosesor, terutama saat Anda memanfaatkan beberapa keuntungan atau menggunakan ActionScript dalam pembuatan film Anda. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan pengaturan kecepatan bingkai karena pada faktanya, hal ini akan mempengaruhi bagaimana pergerakan pada video Anda diputar.

Karena setiap kecepatan bingkai memiliki pro dan kontranya masing-masing, maka hal ini akan bergantung pada kebutuhan dari masing-masing video/film, untuk kecepatan bingkai yang akan digunakan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semakin tinggi kecepatan bingkainya, maka semakin jernih hasilnya. Apabila Anda sedang membuat film 3D, maka mungkin Anda ingin menggunakan kecepatan bingkai yang lebih tinggi, sedangkan kecepatan bingkai yang lebih rendah tetap dapat memberikan efek yang nyata, jelas dan seperti tampilan di bioskop. Kecepatan bingkai biasanya digunakan untuk meningkatkan kejernihan dan koherensi dari film/video. Saat kecepatan bingkai yang digunakan pada film 3D lebih tinggi, maka kecepatan bingkai yang lebih rendah lebih cocok pada video yang membutuhkan sedikit efek nyata.

Selain perubahan dan konversi kecepatan bingkai, Anda juga dapat mengonversi format video Anda ke format lain seperti MP4, WMV, AVI, MOV, F4V, TS, GIF dan WEBM, atau mengubah resolusi 4K ke resolusi 1080P, 720P dan masih banyak lagi. Wondershare Filmora akan selalu memberikan yang terbaik pada semua video Anda. Periksa video di bawah ini untuk mengetahui fitur yang ada di Filmora.

Download versi WinDownload versi Mac

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.