filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best Video Editing Software for Beginners to edit WebM video
  • 300+ stunning effects designed for beauty, gamer, traveler, etc.
  • Large collection of great Title & Text overlays.
  • Advanced Color Tuning tools to help you make creative videos.

10+ Aplikasi Pengedit Video WebM Gratis Terbaik

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Footage mentah yang Anda rekam dengan Smartphone atau kamera digital Anda tidak akan disimpan dalam format file WebM. Namun, beberapa layar dan perekam webcam dapat merekam video dengan format ini, yang berarti Anda akan memerlukan aplikasi pengedit video untuk memproses video WebM tersebut.

Mencari aplikasi pengedit video yang bisa Anda gunakan secara gratis yang mendukung format file video ini bisa menjadi sebuah tugas yang sulit. Karena itu, kami mencari seluk beluknya di internet untuk menemukan aplikasi pengedit video WebM gratis terbaik yang bisa Anda gunakan secara online maupun di komputer Anda. Berikut yang kami termukan.


Mengedit video di Internet memiliki tantangannya sendiri, karena sebagian besar pengedit video online hanya menawarkan seperangkat alat pengeditan video yang terbatas. Meski begitu, produk software pengeditan video yang kami tampilkan dalam artikel ini akan memberi Anda semua opsi pengeditan video yang Anda perlukan untuk memoles video WebM Anda sebelum mempostingnya di media sosial atau mengunggahnya ke situs web Anda. Mari kita lihat bersama-sama beberapa aplikasi pengedit video WebM onlineterbaik.

Bagian 1: 6 Aplikasi Pengedit Video WebM Online Terbaik

Tingkat kompleksitas dari tugas pengeditan video yang ingin Anda lakukan adalah cara terbaik untuk menentukan aplikasi pengedit video WebM online mana yang harus Anda gunakan. Sehingga, jika Anda ingin membuat video WebM dengan gaya tertentu, maka Anda harus memilih sebuah aplikasi pengedit video online yang mengizinkan Anda melakukan lebih dari hanya memangkas atau mengubah ukuran dari sebuah klip video. Berikut adalah lima aplikasi pengedit video WebM online terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis.

2. ClipChamp

Harga: Gratis, pilihan berbayar dimulai dari $9.00 per bulan

Sebelum Anda dapat mulai mengedit video WebM dengan Clipchamp, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Aplikasi pengedit video online ini sudah memiliki lebih dari 7 juta pengguna terdaftar, yang pastinya membuktikan kemampuan dari pengedit video ini secara tidak langsung. Anda dapat memilih dari berbagai template video yang sepenuhnya dapat disesuaikan dan dioptimalkan untuk digunakan di berbagai media sosial dan menghemat waktu Anda dari melakukan tugas pengeditan video sendiri.

Clipchamp juga memiliki fitur stok audio dan video yang mengesankan yang dapat Anda gunakan untuk membuat soundtrack atau sebagai sumber dari footage pelengkap untuk video WebM Anda. Versi gratis dari aplikasi pengedit video online ini hanya memungkinkan Anda mengekspor video dalam resolusi 480p dan Anda tidak dapat menggunakan stok footage secara gratis.

3. WeVideo

Harga: Gratis, pilihan berbayar dimulai dari $4.99 per bulan

Platform pengeditan video ini menawarkan berbagai opsi pengeditan video, sehingga Anda tidak akan kesulitan mengubah footage yang Anda simpan dalam format WebM agar menjadi video yang menarik perhatian. Alat pengeditan video yang Anda miliki tergantung pada model paket yang Anda beli.

Dengan WeVideo versi Gratis, Anda hanya dapat membuat video dengan durasi lima menit, Anda tidak akan dapat mengekspor video WebM dengan resolusi yang lebih besar dari 480p, dan setiap video yang Anda buat akan ada watermarknya. Itulah mengapa Anda harus memilih paket berlangganan Power, Unlimited, Profesional, atau Bisnis jika Anda ingin video WebM Anda benar-benar menonjol di media sosial.

4. Magisto

Harga: Gratis, pilihan berbayar dimulai dari $4.99

Pembuat konten video yang sering memposting video mereka di Instagram, Facebook, atau YouTube akan suka menggunakan Magisto. Aplikasi pengedit video berbasis web ini didukung oleh AI yang akan melakukan semua pengeditan video untuk Anda, yang memungkinkan Anda untuk hanya sekedar mengimpor video WebM yang ingin Anda edit, memilih gaya pengeditan video, dan langsung bisa menikmati hasilnya. Selain itu, Anda dapat memilih dari ratusan template yang dapat disesuaikan, yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis atau membuat video Hari Valentine.

Durasi video yang dapat Anda buat dengan Magisto tergantung pada paket langganan akun Anda, tetapi meskipun Anda memilih versi Magisto yang paling mahal, Anda tetap tidak akan dapat mengekspor video yang berdurasi lebih dari 10 menit.

5. Online UniConverter

Harga: Gratis, pilihan berbayar dimulai dari $2.95 per bulan

UniConverter Online dapat digunakan untuk mengonversi, mengompres, atau mengedit file audio dan video secara gratis, meskipun opsi Anda akan terbatas jika Anda memilih versi gratis dari aplikasi berbasis web ini. Aplikasi Pengedit Video gratis ini memungkinkan Anda melakukan pengeditan video dasar seperti memangkas, memotong, atau merotasi video. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan nilai Hue, Saturation, atau Brightness dari semua file WebM yang Anda edit dengan Online UniConverter.

Tidak ada satupun dari video yang Anda edit dengan menggunakan aplikasi pengedit video berbasis web ini yang akan ada watermarknya, tapi tidak ada opsi untuk mengekspor video dengan resolusi lebih dari 1080p.

6. Aconvert

Harga: Gratis

Meskipun aplikasi ini basisnya merupakan platform konversi file yang memungkinkan Anda mengubah format file gambar, PDF, audio atau video, Anda juga dapat menggunakan Aconvert untuk mengedit video WebM Anda. Namun, Anda tidak dapat melakukan lebih dari sekadar memangkas, memotong, memutar, atau menggabungkan klip video. Selain itu, Anda tidak dapat mengunggah klip video yang lebih besar dari 200MB ke platform ini, di mana ini dapat mempersulit proses pengeditan video, karena video WebM dapat dengan mudah melebihi batas ukuran ini.

Aconvert bisa dibilang adalah pengedit video WebM yang jauh dari kata sempurna, tetapi aplikasi ini masih menawarkan opsi pengeditan video yang cukup untuk memungkinkan Anda membuat video yang dapat Anda bagikan secara online.


Bagian 2: 5 Editor Video WebM Desktop Gratis Terbaik

Produk software pengeditan video berbasis desktop umumnya jauh lebih canggih daripada yang hanya dapat digunakan secara online, yang membuat pengeditan video WebM jauh lebih mudah. Berikut adalah beberapa editor video WebM desktop terbaik yang dapat Anda gunakan secara gratis di komputer Mac atau PC.

1. VSDC

Kompatibilitas: Windows XP atau versi di atasnya

Mengedit video WebM dengan VSDC tidak berbeda dengan mengedit jenis video lainnya karena Anda hanya perlu mengimpor video ke aplikasi pengedit, menambahkannya ke timeline, lalu menghapus semua segmen yang tidak ingin Anda gunakan. Tampilan antarmuka VSDC yang intuitif dapat memudahkan pemangkasan, pemotongan, atau video masking, karena Anda dapat mengakses salah satu opsi ini hanya dengan sekali klik. Selain itu, alat Stabilisasi Video memungkinkan Anda untuk mengubah footage yang goyah menjadi rekaman yang sangat halus.

VSDC memiliki fitur "unggah ke YouTube" dan memungkinkan Anda untuk membagikan video WebM Anda langsung ke Facebook, Instagram, atau Vimeo. Selain itu, Anda dapat menggunakan software pengeditan video ini untuk mengubah format file video Anda.

2. OpenShot

Kompatibilitas: Windows, macOS, Linux

Aplikasi ini mendukung berbagai format dan banyak pilihan alat pengeditan video, yang menjadikan OpenShot pilihan yang sangat baik untuk semua pembuat konten video yang ingin mengedit video WebM. Selain opsi pengeditan video dasar seperti mengubah ukuran, memotong, atau memangkas, OpenShot dilengkapi dengan pengedit judul, perpustakaan ekstensif untuk efek visual dan opsi animasi dan keyframe.

Masing-masing alat pengeditan video ini dapat digunakan untuk membuat rekaman yang disimpan dalam format WebP, terlihat lebih menyenangkan secara visual. Meskipun demikian, Anda akan memerlukan setidaknya keterampilan pengeditan video dasar jika Anda ingin memanfaatkan opsi pengeditan video OpenShot dengan maksimal.

3. VLC

Kompatibilitas: Windows, macOS, Linux

Selain menjadi salah satu pemutar media lintas platform paling populer yang pernah dibuat, VLC juga dilengkapi dengan seperangkat alat pengeditan video. Selain mengonversi file video WebM, Anda juga dapat mengedit file jenis ini dengan VLC. Pemutar media ini memberi Anda akses ke berbagai filter, efek, dan opsi penyesuaian warna, yang dapat Anda gunakan untuk memoles video WebM Anda.

Selain itu, VLC memungkinkan Anda untuk memangkas atau memotong setiap video yang Anda buka dengannya sehingga Anda dapat menghapus bagian dari video WebM yang tidak ingin Anda bagikan kepada penonton online Anda. Meski begitu, proses mengedit video dengan VLC bisa jadi terlalu rumit bagi pengguna PC dan Mac yang tidak terlalu paham teknologi.

Ingin memutar video WebM di komputer Anda dengan lancar? Cek Pemutar Video WebM gratis untuk perangkat Windows dan macOS.

4. Avidemux

Kompatibilitas: Windows, macOS, Linux

Avidemux adalah aplikasi pengedit video sederhana yang mendukung berbagai format file video, tetapi alat-alat pengeditan video yang ditawarkannya terbatas. Anda tidak memerlukan banyak pengalaman mengedit video untuk mulai mengedit footage WebM Anda dengan Avidemux, tetapi Anda harus ingat bahwa aplikasi pengedit video lintas platform ini tidak menawarkan opsi pengeditan video tingkat lanjut.

Meski begitu, Anda tetap dapat menggunakannya untuk memangkas, memotong, merotasi atau mengubah ukuran klip video serta menerapkan berbagai filter berbeda. Menyesuaikan nilai Hue, Saturation, atau Contrast juga ada dalam daftar opsi yang Anda miliki jika Anda memilih untuk mengedit video WebM Anda dengan Avidemux.

5. Filmora

Harga: Gratis, namun premium

Kompatibilitas: Windows, macOS

Download Versi Windows Download Versi Mac

Membuat video yang menarik dan menghibur dari format file WebM menggunakan Filmora merupakan hal yang sangat mudah, karena aplikasi pengedit video ini memberi Anda semua alat yang Anda perlukan untuk mengeksekusi ide-ide Anda dengan sempurna. Membuat judul pembuka, kredit akhir, menerapkan transisi di antara pengambilan gambar, atau menambahkan elemen pra-animasi ke footage hanyalah beberapa dari banyak opsi yang akan Anda miliki jika Anda memutuskan untuk mengedit video WebM Anda dengan Filmora. Selain memungkinkan Anda untuk mengedit video WebM, Filmora juga memungkinkan Anda untuk mengekspor project Anda dengan format WebM langsung ke Vimeo atau YouTube.

Jika Anda sedang mencari software yang murah tapi cukup hebat untuk melakukan banyak hal, cobalah Filmora. Aplikasi ini pasti akan sangat cocok dengan keinginan Anda. Klik tombol di bawah ini untuk mencobanya.

Download Versi Windows Download Versi Mac

Catatan: Ada beberapa cara untuk mendapatkan Filmora secara gratis. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengajak teman untuk mendownload Filmora, dan Anda akan langsung mendapatkan poin untuk ditukarkan di Filmora secara gratis. Untuk detail cara mendapatkan Filmora secara gratis, Anda dapat membaca Cara Mendapatkan Filmora Gratis tanpa Crack.


Bagian 3: Bagaimana Cara Mengedit Video WebM Menggunakan Filmora?

1. Impor file video WebM

Filmora mendukung hampir semua format video populer termasuk WebM, klik ikon Impor di layar utama, lalu pilih file WebM yang ingin Anda edit, dan file akan dimuat di perpustakaan media secara otomatis. Lalu kemudian tarik dan lepaskan video tersebut ke timeline di bawah ini. Anda juga bisa langsung menarik videonya ke panel timeline.

impor video WebM ke Filmora

2. Edit video WebM

Pangkas atau potong beberapa bagian dari video berdasarkan kebutuhan Anda. Dengan Filmora, Anda juga dapat merotasi, memotong atau mengubah orientasi video tersebut dengan mudah. Selain itu, perpustakaan judulnya menyediakan teks pembuka, judul, berbagai teks, grafik teks, atau kredit akhir, Anda dapat menarik dan melepasnya ke trek di atas klip video secara langsung untuk menerapkannya.

Download Filmora Versi Windows Download Filmora Versi Mac

3. Poles video dengan berbagai efek

Menambahkan efek pada video akan membuat video menjadi unik dan menarik. Perpustakaan Efek di Filmora memiliki banyak filter, overlay, utilitas, dan LUT, dan Anda dapat menggunakan bilah pencarian untuk menemukan efek terkait dengan cepat.

tambahkan stiker AR ke Filmora

4. Ekspor video WebM yang telah diedit

Jika video sudah siap, klik tombol Ekspor. Saat Anda mengekspor video WebM yang telah diedit di Filmora, Anda dapat menyimpannya ke format MP4, MOV, MKV, F4V, WMV, atau MP3, bahkan tanpa perlu mengoversi videonya lagi, yang membuat segala proses menjadi sangat mudah.

ekspor video ke Filmora

Kesimpulan

Menemukan aplikasi pengedit video yang dapat Anda gunakan untuk memproses file video yang disimpan dalam format file WebM tidak lagi sulit karena Anda dapat memilih dari berbagai opsi desktop dan berbasis web. Aplikasi pengedit video online menawarkan seperangkat alat pengeditan video yang lebih sederhana, itulah alasan mengapa Anda hanya dianjurkan menggunakannya jika Anda tidak ingin melakukan tugas pengeditan video yang rumit.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.