filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
An Easy-to-use Video Editor As Well As A Video Compressor.
  • A wide support for different formats.
  • Enables you to compress, trim, cut, split and combine in a few clicks.
  • Convert videos to other formats with smaller size.
Windows
Mac

5 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk iPhone dan iPad

author

Jan 12, 2023• Solusi yang sudah terbukti

Merekam video Full HD atau 4K dengan menggunakan iPad atau iPhone yang Anda miliki adalah suatu pekerjaan yang mudah dilakukan, tetapi membagikan rekaman itu melalui aplikasi pesan atau media sosial terkadang menjadi agak rumit.

Ukuran file video yang terekam dengan resolusi 4K ini sering tersimpan dalam gigabyte dan Anda harus mengkompresnya terlebih dahulu supaya dapat dibagikan kepada teman-teman Anda.

Kami telah memilih lima aplikasi kompres video gratis terbaik untuk iPhone dan iPad yang dapat membuat Anda mengkompres video hanya dalam hitungan menit dan mengunggahnya di jaringan sosial atau mengirimnya melalui email ataupun aplikasi pesan.

Jadi, mari kita lihat bagaimana cara mengurangi ukuran video menggunakan aplikasi kompres video gratis untuk iOS.

5 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk iOS

Mengecilkan ukuran video itu mudah, walaupun Anda melakukannya setelah merekam suatu video. Semua aplikasi kompres video gratis yang kami cantumkan di daftar lima aplikasi terbaik ini memungkinkan Anda untuk mengecilkan ukuran video dengan cepat sebelum Anda membagikannya ke media sosial atau mengirimkannya ke teman-teman Anda. Baca lebih lanjut jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang aplikasi kompres video gratis terbaik untuk iPhones dan iPad.

1. Compress Videos & Resize Videos

Harga: Gratis, tapi terdapat fitur berbayar di dalam aplikasinya

Dengan aplikasi kompres video gratis ini, Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas video yang akan Anda ubah ukurannya, karena aplikasi ini tetap menjaga kualitas video walaupun ukuran video sudah mengecil lebih dari 80%. Dengan menggunakan metode ini, aplikasi Compress Videos & Resize Video dapat membantu Anda menghemat memori di iPhone dan iPad Anda.

Compress Videos & Resize Videos App

Bagaimana cara menggurangi ukuran video dengan Compress Videos & Resize Videos?

Untuk memulai menurunkan ukuran video, Anda hanya perlu membuka aplikasi dan memilih semua video, files terbaru atau kategori lain yang tersedia.

Setelah memilih kategori tertentu, Anda bisa mulai memproses dengan memilih klip video yang ingin Anda kompres. Aplikasi akan menunjukkan video yang Anda simpan di ponsel ataupun di Perpustakaan Foto iCloud dan akan menunjukkan ukuran setiap video yang ada di sana.

Setelah Anda memilih video yang ingin Anda kecilkan, Anda bisa menekan tombol Next dan diproses ke jendela Compression Settings. Setelah itu, Anda bisa dengan mudah mengganti pengaturan Frame Rate dan Dimensi Video dengan menyeret sliders ke kiri dan ke kanan. Setelah semuanya sudah siap, klik tombol Compress dan aplikasi Compress Videos & Resize Video ini akan mengecilkan ukuran video Anda lalu menyimpannya di album Compressed Videos.

2. Video Compress – Shrink Vid

Harga: Gratis, tetapi terdapat penawaran fitur berbayar

 Videos Compress & Shrink Vids

Anda bisa mengurangi ukuran video yang direkam dalam format 4K, Full HD atau resolusi HD hanya dengan beberapa langkah saja. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengganti ukuran satu ataupun beberapa video secara bersamaan dan memilih resolusi untuk hasil akhir video. Satu-satunya kekurangannya adalah Anda harus membeli fitur berbayarnya untuk menghilangkan iklan atau membuka akses untuk semua fitur yang ada di aplikasi.

Bagaimana cara mengkompres video dengan Video Compress – Shrink Vids?

Setelah Anda menginstal aplikasi kompres gratis untuk iOS ini, Anda harus mengaktifkannya dengan menekan + ikon untuk memasukkan video yang ingin Anda kompres ke dalam aplikasi. Berikan izin pada aplikasi untuk dapat mengakses aplikasi Photos dan pergilah ke folder tempat video yang akan dikecilkan disimpan.

Setelah memilih beberapa video, Anda harus mengklik tombol Pilih Preset dan pilih satu dari preset yang tersedia. Anda bisa menyesuaikan dengan bitrate yang Anda inginkan atau pratinjau bagaimana tampilan video sebelum dan sesudah dikompres. Hal ini bersifat opsional. Klik tombol Lanjutkan ketika Anda sudah siap dan pilih album yang akan dituju ketika video hasil kompres akan disimpan. Setelah proses kompres video sudah selesai, aplikasi akan memberikan pertanyaan apakah Anda ingin menghapus video aslinya dan hanya menyimpan video yang sudah dikompres saja.

3. Video Slimmer App

Harga: Gratis atau $2,99 untuk versi Pro

 Videos Slimmer app

Video Slimmer ini adalah aplikasi kompres yang sederhana untuk iOS, karena aplikasi ini memperbolehkan pemakainya untuk merapikan, memutar, atau menggabungkan video. Kemampuan memproses batch yang dimiliki aplikasi ini sangatlah bagus karena Anda bisa menyimpan video yang sudah di kompres oleh Video Slimmer dengan sangat cepat. Anda bisa mengosongkan 80% dari storage iPhone atau iPad Anda dengan mengkompres video yang Anda miliki di perangkat iOS Anda.

Bagaimana cara mengkompres video dengan aplikasi Video Slimmer?

Mengkompres beberapa video dengan Video Slimmer tidak akan menghabiskan banyak waktu Anda, walaupun lamanya durasi dari proses kompres video ini tergantung dari ukuran klip video. Klik + ikon setelah Anda membuka aplikasi, untuk memilih video dari album foto Anda.

Klik ikon Gear yang berada di sudut bawah kanan layar jika Anda ingin mengatur Kualitas Video dan Ukuran Video di pengaturan. Selain itu, aplikasi Video Slimmer akan memberikan Anda pilihan jika Anda ingin menghapus video asli yang ada di ponsel Andaatau menambahkan hasil duplikasi kompres video ke dalam Album Foto.

Kembali ke tampilan utama aplikasi dan klik tombol Slim Now untuk mulai mengkompres video yang sudah dipilih. Setelah mengurangi ukuran videonya, Anda dapat membagikannya di media sosial atau membagikannya ke teman-teman Anda dengan lebih cepat dibandingkan mengirimkan ukuran file yang asli dengan resolusi yang tinggi.

4. Video Compress – Reduce Movie Size – Shrink Video

Harga: Gratis

 Video Compress - Reduce Movie Size,Shrink Video

Jika Anda mencari aplikasi kompres video gratis yang sederhana dan efisien untuk iPhone dan iPad maka Video Compress adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Tampilan antarmukanya intuitif, jadi Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk dapat beradaptasi walaupun Anda tidak pernah mengkompres video sebelumnya.

Bagaimana Anda bisa mengkompres video dengan aplikasi ini?

Apa yang harus Anda lakukan untuk memulai kompres video adalah membuka aplikasinya terlebih dahulu dan memilih video yang akan Anda kompres dari Album Foto. Setelah itu, Anda akan dialihkan ke jendela Kompres di mana Anda akan melihat Ukuran Target dan persentase video yang akan dikompres. Satu-satunya hal yang dibatasi dari aplikasi ini adalah file hasil kompresnya hanya bisa tersimpan dalam bentuk file MPEG-4 dan QuickTime.

Semua hasil kompres video dapat dengan mudah dibagikan ke media sosial atau dikirim melalui email atau aplikasi pesan, langsung dari Video Compress.

5. Video Compressor – Shrink Videos

Harga: Gratis, tetapi ada penawaran fitur berbayar

 Video Compress Shrink Video app

Aplikasi Video Compressor dapat membuat proses mengkompres video terlihat mudah karena mereka menawarkan beberapa macam presets yang dapat membuat Anda memilih seberapa besar kompres video yang ingin dilakukan. Selain menghemat waktu, aplikasi video compressor yang gratis untuk iPhone dan Ipad ini bisa memberikan ruang penyimpanan untuk perangkat Anda.

Bagaimana cara mengecilkan video dengan aplikasi ini?

Mengidentifikasi file video dengan ukuran besar di album foto tidak akan menghabiskan banyak waktu lagi karena aplikasi ini dapat menampilkan semua ukuran dari video yang dimiliki. Disamping mengkompres video, aplikasi Video Compressor juga dapat digunakan untuk mengkompres foto yang Anda simpan di iPhone atau iPad.

Pilih dan klik video yang ingin dikompres, lalu pilih resolusi preset untuk klip video yang ingin dikompres. Anda juga bisa mengganti Bitratenya sebelum mengklik tombol Kompres. Hal ini bersifat opsional.

Setelah proses kompres video sudah selesai, Anda dapat mengatur kumpulan video yang sudah dikompres dengan mudah, tetapi, Anda harus membeli versi Pro untuk mendapatkan akses ke semua fitur yang dimiliki Video Compressor.

Apakah ada kompres video gratis di Iphone yang sudah ada fitur pengeditan di dalamnya?

Mengedit video sebelum dibagikan ke media sosial dapat membantu Anda menghilangkan bagian yang tidak diinginkan serta membuat warna terlihat lebih jelas. iMovie adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin merapikan video atau menambahkan filter dan efek serta mengurangi ukuran video. Ditambah lagi, Anda juga bisa memakai aplikasi pengedit video khusus iOS ini untuk mengurangi ukuran dari video asli.

Setelah Anda selesai mengedit video, Anda harus keluar dari jendela Editaplikasi dengan mengklik tombol selesai, lalu klik Bagikan/Simpan Video. iMovie memberikan berbagai macam format hasil akhir video yang dapat Anda simpan, Anda bisa memilih untuk menyimpan video Anda dalam format 360p, 540p, HD atau resolusi 4K. Setelah Anda memilih resolusi untuk video yang akan Anda simpan, iMovie akan menambahkan video Anda ke dalam Album Foto.

Bonus: Bagaimana cara mengurangi ukuran video saat sedang merekam menggunakan iPhone & iPad?

Semua model iPhone dan iPad terbaru dilengkapi dengan fitur merekam yang memiliki spektrum resolusi video yang luas. Jika Anda ingin menurunkan resolusi video yang direkam oleh perangkat Anda, Anda dapat pergi ke menu Pengaturan dan klik opsi Kamera.

 ubah ukuran video saat merekam di iphone

Pilih Rekam Video dari menu Kamera dan pilih resolusi baru untuk video Anda. Resolusi default sudah diatur di 1080p dan 30fps, tapi Anda dapat menguranginya ke 720p dan 30fps dengan mudah jika Anda ingin membuat video yang tidak terlalu menghabiskan penyimpanan Anda.

Di dalam opsi Rekam Slo-Mo Anda bisa memilih antara 720p HD di 120fps atau 720p HD di 240 fps yang dapat memungkinkan Anda untuk menghemat penyimpanan Anda di saat Anda merekam video slow-motion dengan kualitas tinggi.

Kesimpulan

Video yang direkam menggunakan iPhones dan iPad biasanya berukuran besar, dan mengirimkan atau mengunggahnya di internet dapat memakan waktu yang lama. Mengunduh aplikasi kompres video gratis untuk iOS bisa menjadi ide yang bagus jika Anda sering merekam video menggunakan iPhone atau iPad. Semua aplikasi kompres video gratis yang kami sertakan di dalam artikel ini dapat mengecilkan ukuran video Anda secara cepat dan efisien. Aplikasi kompres video gratis mana yang akan Anda pilih? Tulis di kolom komentar agar kami tahu.

iOS yang didukung Format yang didukung Nilai Pengguna
Video Slimmer iOS 8.0 atau versi di atasnya MP4, MOV, AVI... 3.7
Video Compress - Shrink Vids iOS 10.3 atau versi di atasnya MP4, MOV, AVI 4.6
iMovie iOS 10.3 atau versi di atasnya MP4, MOV, AVI, QuickTime... 3.9
Compress Videos & Resize Video iOS 8.0 atau versi di atasnya MPEG-4 dan QuickTime 4.6
Video Compressor-Shrink videos iOS 8.0 atau versi di atasnya MP4, MOV, AVI 4.7
Video Compress - Reduce Movie Size, Shrink Video iOS 8.0 atau versi di atasnya MP4, MOV, AVI 4.6
author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.