filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best video editing software for beginners to edit videos like pros
  • Change Video & Audio Speed with Ease to Make Video Funny
  • Play video clip in Reverse
  • 300+ built-in stunning filters, overlays, transition effects, etc.
  • Add text, titles, music, and video by drag-n-drop

10+ Aplikasi Pengeditan Video Terbaik untuk Anak-Anak

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Setiap anak adalah seniman, tetapi orang tua sering tidak mendukung kreativitas yang diperlihatkan oleh anak-anak mereka. Hal sederhana seperti aplikasi pengeditan video dapat menginspirasi anak-anak Anda untuk membuat film pendek setelah merekam rekaman yang bagus dengan kamera.

Video yang direkam anak-anak Anda dengan tablet atau Smartphone mereka dapat memperlihatkan seberapa berbakatnya mereka, tetapi jika Anda ingin mereka untuk mengembangkan bakatnya, Anda harus memastikan bahwa mereka memiliki aplikasi pengeditan video yang memungkinkan mereka untuk memoles video dengan mudah. Baca terus, jika Anda mau mempelajari lebih lanjut tentang beberapa aplikasi pengeditan video terbaik untuk anak-anak dan memilih aplikasi pengeditan video mana yang menjadi pilihan yang tepat untuk anak-anak Anda.

10+ Aplikasi Pengeditan Video Terbaik untuk Anak-Anak – Termasuk Aplikasi Gratis

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran saat mengedit video disebutkan adalah produk software pengeditan video profesional dengan harga yang mahal seperti Final Cut Pro atau Adobe Premiere Pro. Namun, kebanyakan orang tua tidak tahu bahwa ada banyak editor video gratis atau murah yang dapat digunakan oleh anak-anak mereka untuk memanipulasi rekaman yang sudah mereka rekam, sebelum mengunggahnya ke YouTube atau membagikannya di beberapa jaringan media sosial lainnya. Mari kita lihat 10+ aplikasi pengeditan video terbaik untuk anak-anak.

1. Wondershare Filmora: Editor Video Terbaik yang Mudah Digunakan oleh Anak-Anak untuk membuat video YouTube

Harga: Freemium, harga untuk paket-paket yang ada mulai dari $49.99 / tahun

Download Filmora Versi Win Download Filmora Versi Mac

Memulai proyek baru di Filmora, memotong klip video atau membuat soundtrack untuk video Anda itu tidak memerlukan banyak pengalaman dalam pengeditan video sebelumnya. Jika anak-anak Anda akan memposting video mereka ke YouTube, maka editor video Wondershare Filmora adalah salah satu pilihan terbaik di pasaran, karena editor video untuk komputer Mac dan PC ini memungkinkan mereka untuk mengekspor video langsung ke channel mereka.

Menstabilkan video yang goyang saat diambil menggunakan kamera GoPro atau Smartphone hanya membutuhkan beberapa klik, yang bahkan memungkinkan anak-anak Anda untuk menggunakan rekaman yang seharusnya tidak bisa ditonton. Filmora mendukung hampir semua format file video, dan anak-anak Anda dapat mengimpor rekaman mereka ke dalam editor video Filmora terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan untuk merekamnya. Selain itu, anak-anak Anda juga akan bisa mengekspor video yang sudah dioptimalkan untuk diputar di berbagai perangkat pemutaran video jika mereka mulai mengedit video mereka dengan menggunakan Filmora.

Kelebihan

  • Pengaturan awal proyek yang sederhana
  • Perpustakaan musik yang menawarkan banyak pilihan musik bebas royalti
  • Fitur stabilisasi gambar yang kuat
  • Dilengkapi dengan seperangkat alat untuk koreksi warna yang serbaguna

Kekurangan

  • Membutuhkan setidaknya kemampuan dasar dalam mengedit video
  • Semua video yang diekspor dari Filmora versi gratis memiliki watermark

3. Photos App di Windows 10: Editor video gratis terbaik untuk anak-anak di Windows 10

Harga: Gratis

Tidak perlu mengeluarkan uang untuk berlangganan bulanan atau membeli lisensi untuk menggunakan software pengeditan video, kalau anak Anda hanya ingin melakukan pengeditan video dasar sebelum membagikan videonya secara online. Photos App tidak memberikan alat yang diperlukan untuk mengedit film berfitur lengkap, tetapi anak-anak Anda bisa menggunakan aplikasi asli Windows 10 ini untuk melakukan pengeditan video dasar.

Menghapus bagian video yang tidak diinginkan, menambahkan overlay untuk teks, atau memberikan filter dan efek hanyalah beberapa hal di antara banyak opsi yang disediakan editor video ini. Selain itu, Photos App juga memungkinkan anak Anda untuk membuat video gerak lambat atau memilih dari banyak pilihan efek 3D.

Kelebihan

  • Tersedia secara gratis untuk semua pemilik PC yang telah menginstal Windows 10 di komputer mereka
  • Sangat baik untuk dijadikan sebagai alat pembelajaran bagi editor video yang belum berpengalaman
  • Mengatur foto dan video menggunakan Photos App itu mudah
  • Menyederhanakan proses pengeditan video

Kekurangan

  • Menawarkan sedikit ruang untuk berkembang bagi anak-anak yang ingin terus mengembangkan keterampilan mengedit video mereka
  • Hanya mendukung sejumlah format file video

4. iMovie: Editor video gratis terbaik untuk anak-anak di Mac, iPhone & iPad

Harga: Gratis

Setiap video yang direkam anak-anak Anda menggunakan iPhone dan iPad mereka dapat diedit dengan menggunakan iMovie versi iOS secara gratis. Selain itu, anak-anak Anda juga bisa menggunakan iMovie untuk mengedit video dari komputer Mac mereka dan langsung mengunggahnya ke channel YouTube atau Vimeo mereka.

Selain menyediakan seperangkat alat pengeditan video dasar, iMovie juga memiliki banyak pilihan tema preset yang bisa digunakan untuk menyederhanakan proses pengeditan video, dan memungkinkan anak-anak Anda membuat video baru hanya dengan beberapa klik. Menyesuaikan rasio aspek video adalah opsi lain yang disediakan iMovie yang memungkinkan anak-anak Anda untuk menyesuaikan proyek pengeditan video mereka sesuai dengan tuntutan platform media sosial dimana mereka akan mengunggahnya.

Kelebihan

  • Antarmuka yang didesain dengan elegan sehingga mudah untuk digunakan
  • Menyediakan kemampuan untuk pengeditan video 4K
  • Banyak pilihan efek audio dan video
  • Preset trailer yang dapat disesuaikan sepenuhnya

Kekurangan

  • Mengekspor video dengan kualitas 4K memerlukan Anda memiliki RAM yang berukuran setidaknya 4GB
  • Format file yang didukung untuk video yang dihasilkan itu terbatas

5. PowToon: Software Animasi Terbaik untuk Membuat video Presentasi bagi anak-anak

Harga: Gratis, paket untuk langganan mulai dari $19,00 per bulan

Platform pengeditan video berbasis web ini ditujukan terutama untuk bisnis yang ingin mengedit video mereka secara online dan membagikannya di platform media sosial populer. Meski begitu, menggunakan PowToon itu sangat mudah, bahkan anak-anak yang belum memiliki pengalaman dalam mengedit video pun bisa menggunakan platform ini untuk membuat video.

Selain itu, pilihan template di platform ini juga mencakup kategori EDU yang berisi template yang dirancang khusus untuk siswa, anggota staf pengajar dan juga guru atau staf administrasi. Durasi maksimum video yang bisa diekspor oleh anak Anda dari PowToon akan bergantung pada paket langganan mana yang digunakan. Jadi, jika anak Anda perlu membuat video yang berdurasi lebih dari 3 menit untuk tugas sekolah mereka, Anda harus memilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan pengeditan video mereka.

Kelebihan

  • Memiliki ratusan template video
  • Opsi untuk integrasi dengan media sosial yang kuat
  • Perpustakaan musik yang berisi musik bebas royalti
  • Cocok untuk pelajar di tingkat SMA dan juga mahasiswa

Kekurangan

  • Menawarkan pilihan untuk alat pengeditan video dan audio yang sangat terbatas
  • Durasi maksimum dari video yang dibuat tidak bisa lebih dari 30 menit, terlepas dari paket langganan mana yang Anda pilih

6. Stop Motion Studio

Harga: $1,99 untuk Windows, gratis untuk iOS dan Android, $9,99 untuk macOS

Animasi stop motion terkenal dengan gaya visualnya yang unik, namun untuk membuat animasi stop motion adalah tugas yang sulit bahkan untuk profesional yang sudah berpengalaman. Stop Motion Studio bisa membuat pembuatan animasi jenis ini menjadi lebih mudah dengan memungkinkan Anda untuk melihat pratinjau dari gambar yang Anda ambil dengan kamera DSLR seperti Sony, Canon, atau Nikon langsung dari software ini.

Bahkan dengan melihat sekilas dari daftar aplikasi lintas platform ini akan membuat Anda berpikir apakah ada sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan. Namun, Stop Motion Studio tidak ditujukan kepada anak-anak atau pengguna yang tidak memiliki banyak pengalaman dengan teknik animasi seperti ini. Para animator profesional yang memiliki cita-cita tinggi bisa memanfaatkan Stop Motion Studio untuk membuat animasi bagi anak-anak.

Kelebihan

  • Kompatibel dengan berbagai perangkat
  • Menyediakan alat untuk animasi stop motion yang kuat
  • Memberikan kontrol penuh bagi pengguna untuk pengaturan kamera
  • Ekspor video dalam kualitas 4K

Kekurangan

  • Alat stop motion yang ditawarkan aplikasi ini terlalu canggih untuk anak-anak
  • File output bisa memiliki ukuran yang terlalu besar untuk dibagikan di media sosial

7. The Lego - Movie 2 - Movie Maker App

Harga: Gratis untuk perangkat iOS dan Android

Semua anak suka bermain Lego, tetapi jika anak Anda adalah penggemar Film Lego dan sekuelnya, maka aplikasi pembuat film ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anak Anda. Aplikasi ini dirancang untuk anak-anak dengan umur di bawah 8 tahun, dan memungkinkan mereka untuk membuat adegan film mereka sendiri, merekamnya, lalu mengeditnya sebelum menunjukkannya kepada teman atau keluarga mereka.

Anak-anak tidak dapat menginstal aplikasi ini di Smartphone mereka tanpa izin dari orang tua mereka. Jadi, jika Anda ingin anak Anda untuk membuat dunia Lego virtual mereka sendiri, Anda harus memberikan informasi yang mencakup negara tempat Anda tinggal, tanggal lahir, dan alamat email Anda.

Kelebihan

  • Gratis dan mudah untuk digunakan
  • Melatih kreativitas anak
  • Mudah untuk membuat ulang adegan dari Lego Movie 2
  • Tidak ada pembelian dalam aplikasi

Kekurangan

  • Opsi pengeditan audio yang terbatas
  • Hanya memberikan alat pengeditan video dasar

8. FilmoraGo: Solusi untuk membuat video di iPhone dan Android

Harga: Gratis tetapi menawarkan untuk pembelian dalam aplikasi di kedua perangkat iOS dan Android

Siapa pun bisa membuat video menggunakan FilmoraGo, meskipun mereka belum pernah membuat video sebelumnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengimpor gambar atau video dari ponsel atau dari platform media sosial seperti Instagram dan Facebook. Setiap tema yang ditawarkan FilmoraGo bisa disesuaikan sepenuhnya, yang memungkinkan untuk anak-anak menerapkan filter atau menambahkan transisi di antara dua bidikan.

Selain itu, aplikasi pengeditan video ini memungkinkan semua penggunanya untuk memperlambat atau mempercepat rekaman mereka, menganimasikan teks, atau menambahkan elemen pra-animasi ke rekaman yang sedang mereka edit. Kemampuan untuk berbagi file Filmora ini sangat mengesankan, karena aplikasi pengeditan video ini juga memungkinkan anak-anak untuk membagikan semua kreasi mereka ke WhatsApp, YouTube, atau Facebook.

Kelebihan

  • Menawarkan pilihan template yang banyak
  • Proses edit video yang singkat dan sederhana
  • Alat pengeditan video yang cukup lengkap
  • Kemampuan untuk membagikan video yang sangat baik

Kekurangan

  • Menawarkan pembelian dalam aplikasi
  • Hanya dilengkapi dengan alat koreksi warna dasar

    10. Kapwing Online

    Harga: Gratis

    Platform ini adalah platform pembuatan konten yang bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja yang memiliki akses ke koneksi Internet. Membuat meme, GIF, atau mengedit foto dan video dengan Kapwing Studio adalah proses yang mudah, yang menjadikan aplikasi online ini menjadi pilihan yang sempurna untuk anak-anak yang ingin membuat video baru dengan cepat.

    Ukuran maksimum file video yang bisa Anda unggah ke Kapwing dibatasi hingga 500 MB, yang bisa membuat pengeditan video yang diambil dalam resolusi tinggi menjadi sulit. Namun, menambahkan audio, overlay teks, atau subtitle ke video yang Anda sedang edit dengan Kapwing masih memungkinkan anak-anak untuk membuat video yang menarik, yang bisa mereka bagikan di akun media sosial mereka.

    Kelebihan

    • Gratis dan tersedia untuk semua pengguna Internet
    • Waktu unggah yang cepat
    • Menyediakan opsi pengeditan audio
    • Dilengkapi dengan alat pengeditan foto

    Kekurangan

    • Ukuran maksimum video yang bisa Anda edit dengan Kapwing terbatas
    • Hanya memberikan opsi pengeditan video dasar

    11. OpenShot: Editor Video dengan Sumber Terbuka yang Gratis & Mudah untuk Anak-Anak di Chromebook

    Harga: Gratis

    OpenShot adalah editor video lintas platform dengan sumber terbuka gratis yang dilengkapi dengan fitur pengeditan video tingkat lanjut. Selain memungkinkan penggunanya untuk melakukan trim atau memotong rekaman mereka, OpenShot juga menyediakan semua alat yang dibutuhkan anak-anak Anda untuk membuat animasi 3D, judul pembuka dan kredit akhir, atau video gerak lambat.

    Antarmuka intuitif dari editor video ini membuatnya cocok bagi anak-anak yang baru mulai mempelajari dasar-dasar dalam proses pengeditan video, dan jika Anda sedang mencari aplikasi yang dapat digunakan oleh anak Anda untuk membuat video pertama mereka, OpenShot bisa menjadi solusi yang murah namun kuat. Selain itu, platform ini memiliki perpustakaan besar untuk efek visual yang bisa membuat video apa pun terlihat lebih keren.

    Kelebihan

    • Gratis dan kompatibel dengan Linux, Windows, atau macOS
    • Fitur animasi yang luar biasa
    • Editor Judul yang sangat Kuat
    • Menawarkan trek audio dan video dalam jumlah tak terbatas

    Kekurangan

    • Alat pengeditan video yang disediakan OpenShot melebihi dari tuntutan kebanyakan anak-anak
    • Pilihan format file output video yang terbatas

    12. VideoScribe: Software Animasi bergaya papan tulis 2D terbaik untuk Anak-Anak

    Harga: Gratis, harga untuk paket-paket yang ada mulai dari $28,00

    Platform berbasis web ini memungkinkan siapa saja untuk membuat animasi bergaya papan tulis yang bisa digunakan baik dalam konteks profesional maupun akademis. Bahkan, siapa pun bisa membuat animasi bergaya papan tulis yang menarik dengan menggunakan VideoScribe hanya dalam tiga langkah sederhana.

    Setelah memilih gambar dari perpustakaan di platform atau mengunggah materi Anda sendiri dan menambahkan teks, pengisi suara, dan musik, VideoScribe akan membuat animasi bergaya papan tulis untuk Anda. Platform online ini menawarkan cara yang mudah untuk mengenalkan anak-anak Anda ke dunia animasi dan memungkinkan mereka untuk membuat animasi dari gambar yang mereka buat. Setiap animasi bergaya papan tulis yang dibuat anak Anda dengan VideoScribe dapat langsung dibagikan ke YouTube atau Vimeo, tetapi Anda harus ingat bahwa semua animasi yang dibuat menggunakan versi gratis dari aplikasi ini akan diberi watermark.

    Kelebihan

    • Perpustakaan gambar yang berisi lebih dari 6000 gambar bebas royalti
    • VideoScribe memungkinkan penggunanya merekam suara untuk digunakan dalam animasi
    • Dilengkapi dengan berbagai macam bentuk tangan, pena, dan elemen pra-animasi lainnya
    • Kemampuan berbagi file yang luar biasa

    Kekurangan

    • VideoScribe tidak memberikan alat untuk pengeditan video apa pun
    • Menghapus watermark mengharuskan Anda memperbarui aplikasi ke versi pro

    Kesimpulan

    Mendorong anak-anak Anda untuk mengekspresikan kreativitas mereka akan bermanfaat untuk berbagai alasan. Software pengeditan video seperti Filmora adalah salah satu pilihan terbaik bagi Anda kalau anak Anda ingin membuat video YouTube, sementara aplikasi berbasis iOS dan Android seperti FilmoraGo atau The Lego Movie 2 Movie Maker sangat cocok untuk semua anak yang ingin membuat video dari Smartphone mereka. Aplikasi pengeditan video terbaik untuk anak-anak manakah yang akan Anda ambil untuk anak Anda gunakan? Tinggalkan komentar dan beri tahu kami.

    author
    Ollie Mattison
    Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.