filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best Video Editor for Beginners
  • A wide support for different formats.
  • Intuitive user interface & powerful video editing features.
  • Lots of free resources of audio, music, text styles and more.
  • 300+ stunning effects for different niches at your choice.
  • Burn to DVD or upload to YouTube, Twitch or transfer to any popular portable devices.

10 Perangkat lunak kamera keamanan gratis terbaik

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Mencari tahu perangkat lunak kamera keamanan terbaik bukanlah perkara mudah. Sebagian besar perangkat lunak yang Anda temukan secara online mengaku gratis... sampai Anda mengunduhnya, mereka akan mencoba menagih Anda.

Berikut adalah ulasan perangkat lunak kamera keamanan terbaik dan setiap dari mereka memiliki opsi gratis. Bagikan artikel ini ke media sosial jika Anda menemukan perangkat lunak kamera yang tepat untuk Anda.

Namun, jika Anda masih baru dalam bidang ini, maka Anda perlu mengetahui beberapa istilah teknik mendasar yang dijelaskan berikut ini sebelum kita beralih untuk memilih perangkat lunak kamera keamanan terbaik.

Apa itu IP Camera?

Ketika orang-orang bilang "IP Camera", yang mereka maksud biasanya adalah kamera yang menggunakan koneksi internet agar dapat melakukan tugasnya. Kamera CCTV biasa bekerja dengan menghubungkan kamera ke komputer melalui kabel. IP Camera dapat terhubung melalui internet.

Terkadang, koneksinya bisa dari jarak jauh. Ini memungkinkan kamera itu untuk berada di suatu lokasi dan masih terhubung ke komputer yang bermil-mil jauhnya.

Namun, banyak IP Camera yang dipasang di rumah dan hanya berjarak beberapa kaki/meter di dekat komputer. Singkat kata, IP Camera tidak membutuhkan perangkat perekaman lokal karena sinyalnya bisa dikirim melalui internet atau koneksi Wi-Fi.

Apa Kegunaan Perangkat lunak Kamera?

Kebanyakan orang dan perusahaan menggunakan perangkat lunak kamera untuk menghubungkan kamera mereka ke komputer atau ponsel pintar. Biasanya ini lebih murah daripada membeli perangkat keras untuk merekam secara khusus. Biasanya, kamera dan perangkat lunaknya digunakan untuk memantau feed kamera yang hidup dan merekamnya ke hard drive atau Cloud.

Bagaimana memilih perangkat lunak Kamera Keamanan Terbaik?

Dalam kebanyakan kasus, perangkat lunak terbaik merupakan perangkat lunak yang kompatibel dengan kamera Anda dan menawarkan semua fungsi yang dibutuhkan. Kompatibilitas adalah hal yang utama, tetapi Anda juga ingin agar perangkat lunak itu berfungsi dengan baik di perangkat Anda. Misalnya, jika kamera Anda punya fungsi zoom, tetapi perangkat lunak-nya tidak mendukung fitur zoom, maka perangkat lunak tersebut bukan yang terbaik untuk Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan Linux dan menginginkan perangkat lunak kamera keamanan Linux. Selain itu, beberapa orang bersikeras bahwa perangkat lunak mereka dapat membuat mereka memantau kamera dari ponsel pintar mereka. Hal terbaik dari perangkat lunak kamera keamanan gratis adalah Anda dapat mengujinya terlebih dahulu tanpa risiko kehilangan uang.

Jika Perlu Mengedit Video, Pengedit Video Manakah yang Terbaik?

Mengekspor atau mengunduh konten dari perangkat lunak kamera adalah pekerjaan yang berantakan. Sering kali, Anda butuh pengedit video dan pemangkas yang bagus agar klip video Anda dapat digunakan.

Ini sangat benar ketika perekaman video dapat berlangsung selama 90 hari setiap kalinya. Jika Anda mencari pengedit video berkualitas tinggi dan fleksibel, maka Wondershare Filmora adalah pilihan nyata dan layak untuk Anda. Pelajari lebih lanjut dari Video komunitas Wondershare.

Filmora mempertimbangkan kebutuhan pengguna dan muncul dengan berbagai fitur berguna untuk membuat pengeditan menjadi mudah bagi orang-orang dari berbagai tingkatan. Mari lihat fitur berguna dari Filmora untuk memahami sehebat apa Filmora itu.

  • Sinkronisasi Otomatis: Memungkinkan Anda untuk menyinkronisasikan video dan audio dengan mudah.
  • Banyak transisi, efek, dan elemen yang membuat video Anda makin menarik.
  • Audio Ducking: Menurunkan volume musik latar secara otomatis agar dialog lebih terdengar.
  • Wondershare Drive: Unggah video atau rancangan ke Wondershare Drive dan unduh untuk menyelesaikannya di mana pun Anda mau.
  • Motion Tracking: Tambahkan elemen ke objek bergerak di video Anda secara mudah dengan Motion Tracking otomatis.
  • Keyframing: Buat sendiri animasi dengan menambahkan keyframe untuk mengubah posisi, rotasi, sekala, dan opasitas sebuah klip.
  • Color Match: Cocokkan warna klip yang dipilih dengan bingkai dari klip lainnya.

Unduh Filmora Versi Win Unduh Filmora Versi Mac

10 perangkat lunak Kamera Keamanan Gratis Terbaik

Sekarang, mari kita lihat 10 perangkat lunak kamera keamanan gratis dan terbaik dengan detail pemilihan yang sangat komprehensif.

1. NetCam Studio

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Ada versi gratis dari NetCam Studio, tetapi jika Anda menginginkan fitur yang lebih luar biasa, maka Anda bisa membeli salah satu dari lisensinya. Lisensi ini memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat lunak selama yang Anda mau, mereka juga akan memberikan pembaruan perangkat lunak selama dua tahun setelah pembelian.

Setelah kurun waktu dua tahun, perangkat lunak dapat tetap berjalan normal, tetapi Anda perlu melakukan pembelian jika menginginkan upgrade. Anda tidak memerlukan upgrade, kecuali Anda membeli perangkat kamera baru dan memerlukan perangkat lunak kamera jenis baru.

Fitur NetCam Studio

Jika Anda menggunakan versi gratis Netcam Studio, maka Anda dapat menggunakan feed kamera dari dua sumber. Akan ada watermark yang ditambahkan ke gambar kamera dan Anda akan mendapatkan notifikasi lima hari. Ada dukungan dari komunitas juga.

Di fitur berbayar, Anda akan mendapatkan feed yang mencakup hingga 64 sumber, tanpa watermark, notifikasi 250 hari, dan dukungan prioritas. Setelah 250 hari berlalu, Anda perlu membeli upgrade lagi agar sistem notifikasi tersebut terus berjalan.

Kelebihan

Tidak ada kedaluwarsa dalam versi gratis selain dalam sistem notifikasi.

Perangkat lunak dapat digunakan dengan berbagai merek kamera.

Pembaruan yang cukup sering untuk mengatasi sebagian besar bug yang merusak sistem.

Kekurangan

Antarmuka perlu diperbarui agar lebih ramah pengguna.

Prosedur "Add Source" perlu dijelaskan dengan lebih baik.

Sulit untuk memecahkan masalah audio.

2. Security Eye

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Alasan Security Eye berada di peringkat sangat tinggi adalah karena perangkat lunak profesional telah diputuskan sebagai perangkat lunak gratis. Ini bukan perangkat lunak kamera keamanan yang open-source, tetapi developer telah menetapkannya agar gratis. Dulu ada versi gratis di mana Anda akan mendapatkan 2 jam pengawasan gratis per hari, tetapi perusahaan menghapus sistem berbayarnya pada tahun 2019. Akankah mereka mempertahankan atau kembali ke sistem langganan berbayar? Entahlah, tetapi Anda harus mendapatkannya selama masih gratis (kalau bisa).

Fitur Security Eye

Dapat menggunakan timer untuk menentukan kapan feed video harus dimulai. Dapat menangkap gambar seperti JPEG dan mengompresnya. Sistem juga memungkinkan Anda untuk menerima peringatan melalui pengeras suara. Dapat bekerja dengan perangkat pendeteksi gerakan.

Kelebihan

Ketika berkaitan dengan Xvid MPEG-4 Codec.

Tidak ada layar yang mengganggu atau batas rekaman di versi full.

Antarmuka Security Eye cukup modern untuk ukuran perangkat lunak gratisan.

Kekurangan

Memerlukan ruang 1GB untuk RAM dan 2GB untuk HDD.

Membutuhkan minimal prosesor Intel Pentium 1.8.

Ikon-ikonnya harus lebih intuitif.

3. Perfect Surveillance

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Ada tiga tipe perangkat lunak kamera keamanan gratis yang bisa Anda pilih. Satu untuk IP Camera, satu untuk kamera web, dan satu lagi perangkat lunak yang digunakan orang-orang jika mereka tidak memiliki perangkat lunak seperti VLC Video Viewer.

Fitur Perfect Surveillance

Ikon yang sederhana dan antarmuka yang jelas adalah kelebihan utama. Tentukan kapan kamera mulai memantau dan atur tata letak sendiri agar tampilannya sesuai dengan gaya Anda.

Kelebihan

Program sederhana yang bekerja dengan cara yang memudahkan.

Sebagian besar ikonnya intuitif hingga Anda bisa menebak fungsinya.

Sistem Perfect Surveillance memiliki deteksi pergerakan dan memungkinkan Anda untuk memantau hingga 64 perangkat.

Kekurangan

Instalasinya agak lama dan berat.

Tidak ada petunjuk yang cukup tentang cara menghubungkan kamera.

Tidak menjelaskan cara menangkap dan mengekspor screenshot.

4. iVideon

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Ada kalanya perangkat lunak gratis berjalan dengan sangat baik demi menjamin tidak ada keluhan, itulah yang iVideon tawarkan. Ada banyak fitur yang masih bisa ditingkatkan, tetapi tidak ada yang menuntut dengan kritik keras.

Fitur iVideon

Salah fitur yang paling banyak diiklankan adalah fitur pengenalan wajah, tetapi kurang akurat. Perangkat lunak ini dapat berjalan dengan sangat baik di penggunaan seluler. Anda dapat melihat rekaman langsung dan yang terekam di desktop atau perangkat seluler Anda. perangkat lunak ini juga tersedia untuk Mac OS X dan Linux.

Kelebihan

Penggunaan rumahan dan akses yang sepenuhnya online dengan fitur lengkap dan gratis.

Memiliki notifikasi pintar dan aplikasi untuk desktop dan selulernya sendiri.

Tidak butuh waktu lama untuk menguasai cara mengoperasikan antarmuka iVideon.

Kekurangan

Fitur-fiturnya tampak sedikit.

Butuh tutorial lebih baik untuk instalasi dan menghubungkan kamera.

Menyematkan video di website tampak lebih rumit daripada yang terlihat di awal.

5. Xeoma

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Program ini punya banyak fitur, tetapi sebagian besar terkunci untuk pengguna gratis. Butuh waktu lama untuk belajar cara menggunakan sistemnya, tetapi mungkin akan sepadan jika Anda memiliki banyak kamera. Versi berbayar memiliki segala macam fasilitas, mulai dari teks SMS hingga pemantauan sistem kesehatan.

Fitur Xeoma

Versi lite adalah versi gratis. Dapat menambah hingga empat kamera dengan enam modul di setiap rangkaian. Anda dapat uji coba dan menggunakan versi lite selama mungkin atau mendapatkan uji coba gratis dari program berfitur lengkap yang lebih besar.

Kelebihan

Rekam dan monitor dari empat kamera

Pembaruannya sangat sering

Perangkat lunak ini bekerja dengan hampir semua jenis kamera

Kekurangan

Sekitar 90% fiturnya terkunci untuk pengguna gratis.

Xeoma sulit untuk dipelajari dan diatur.

Menghubungkan berbagai kamera menjadi sulit karena sistem yang sulit dipelajari secara keseluruhan.

6. Genius Vision

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Sistem Genius Vision adalah perangkat lunak yang cukup canggih dan mungkin terbaik untuk digunakan di perusahaan. Jika dipakai di rumah, maka banyak fitur yang mungkin tidak akan pernah terpakai. Perangkat lunak ini juga bekerja di perangkat seluler.

Fitur Genius Vision

Ada banyak fitur untuk dimainkan, termasuk sejumlah besar pengaturan agar berbagai jenis kamera dapat digunakan dengan program ini. Anda bahkan dapat mendukung perusahaan pembuatnya melalui Patreon dan mendapatkan ekstensi untuk program ini.

Kelebihan

Bekerja secara mendalam dengan berbagai jenis kamera.

Perangkat yang sangat canggih dan akurat.

Menu drop-down agak rumit, tetapi ditata dengan sangat cermat.

Kekurangan

Mendapatkan upgrade berbayar lebih sulit daripada membeli di situs web mereka.

Sulit untuk mengatur fitur jarak jauh.

Perlu mencari tahu sebagian besar cara penggunaan program berdasarkan kamera yang Anda hubungkan.

7. Deskshare IP Camera Viewer

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Perusahaan Deskshare IP Camera Viewer memiliki perangkat lunak kamera keamanan hebat yang mereka kemas ulang menjadi berbagai nama yang berbeda dan dihadiahkan di situs web mereka. Mereka melakukan ini karena perangkat lunak-nya dilengkapi dengan banyak bloatware yang tidak diinginkan dan perusahaan dibayar untuk melakukan promosi. Yang paling menyedihkannya lagi adalah banyak situs web lain yang mengganti bloatware ini dengan Virus Trojan, artinya sangat sulit untuk mendapatkan versi yang bersih dari program ini.

Fitur Deskshare IP Camera Viewer

Tersedia rekaman langsung, pemutaran, dan layar terpisah. Anda bisa menggunakan hingga kamera di saat bersamaan dan berfungsi dengan 2.200 model kamera yang berbeda. Jika hardware Anda mendukung, Anda bisa menggeser, memiringkan, dan memperbesar kamera Anda.

Kelebihan

Kompatibel dengan banyak merek kamera.

Dapat mengatur jendela pengawasan agar mengambang, jika Anda mau.

Menyesuaikan properti masing-masing kamera.

Kekurangan

Sulit untuk menginstal aplikasi yang benar.

Dilengkapi dengan bloatware dan/atau konten yang tidak diinginkan.

perangkat lunak IP memiliki fitur paling sedikit dari semua perangkat lunak kamera Deskshare.

8. Anycam

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Sistem Anycam adalah perangkat lunak yang sangat biasa, tetapi bekerja dengan hampir semua jenis kamera. Antarmukanya mendasar, tetapi mudah digunakan dan diatur. Anda akan menemukan bahwa versi gratis hanya terbatas dalam hal waktu rekaman dan masih bisa menggunakan semua fiturnya.

Fitur Anycam

Anycam hampir tidak memiliki fitur. perangkat lunak ini bekerja dengan kamera pendeteksi gerakan. Anycam juga dapat digunakan untuk merekam video dan memutarnya ulang. Selain itu, Anda dapat menonton feed secara live. Selain itu, sangat sedikit yang bisa Anda lakukan dengan perangkat lunak yang mendasar, tetapi efektif ini.

Kelebihan

Program tampak bekerja dengan berbagai tipe kamera.

Anycam punya versi berbayar, di mana Anda hanya perlu membayar satu kali dan mendapatkan pembaruan gratis seumur hidup.

Sangat mudah dalam instalasi dan pengaturannya.

Kekurangan

Sulit untuk menemukan gambar tertentu di linimasa.

Hanya bisa menghubungkan dua kamera di versi gratis.

Rekaman juga sangat terbatas dengan versi gratis.

9. ContaCam

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Dalam pengertian tertentu, perangkat lunak ini tidak gratis. Developer meminta Anda untuk melakukan donasi, tetapi tidak ada yang memaksa Anda untuk memberikannya. Selain itu, setelah Anda mencoba perangkat lunak dan merasa perangkat lunak ini sangat luar biasa, Anda bisa selalu kembali dan memberikan donasi kepada mereka.

Fitur ContaCam

Meskipun tampak sangat rumit, sebenarnya antarmukanya sangat jelas. Sepintas memang terlihat padat dan penuh dengan fitur, tetapi semuanya dijelaskan dengan sangat baik. Anda dapat mengkonfigurasi kamera dengan sangat tepat hingga Anda dapat menentukan di detik mana kamera dimulai dan berhenti.

Kelebihan

Perangkat lunak yang tergolong canggih.

Tata letak antarmuka sangat padat, tetapi tidak membingungkan.

Dapat menerima feed secara live dengan server web, internet, atau intranet.

Kekurangan

Antarmukanya sama sekali tidak ada dekorasi yang estetika.

Butuh waktu lama untuk mempelajari ContaCom melalui coba-coba.

Developer berkata perangkat lunak ini tidak akan pernah bekerja dengan perangkat seluler.

10. Agent DVR

perangkat lunak kamera keamanan terbaik gratis

Bagian terbaik dari Agent DVR adalah perangkat lunak ini sepenuhnya gratis karena merupakan freeware. Bagian menyedihkannya adalah perangkat lunak ini dibuat oleh developer yang fokus mengembangkan hal baru dan menelantarkan programnya hingga bersarang di beberapa server yang sering digunakan. Sekarang perangkat lunak ini diedarkan di berbagai situs web freeware, berarti terkadang akan sulit untuk menemukan versi yang bersih. Kendati demikian, ini merupakan perangkat lunak kamera yang bagus dan berfungsi untuk banyak jenis kamera.

Fitur Agent DVR

Perangkat lunak Agent DVR memungkinkan pengawasan video dengan feed secara live atau untuk rekaman. Anda dapat menggunakannya dengan perangkat lunak pendeteksi gerakan, perangkat lunak ini juga bekerja dengan berbagai tipe kamera. Perangkat lunak ini menggunakan algoritma SSL yang andal untuk enkripsi sinyalnya. Agent DVR juga sangat ringan, yang artinya tidak menguras perangkat CPU Anda.

Kelebihan

Perangkat lunak yang sangat sederhana dan ringan.

Bekerja sampai ke Windows 7.

Masih bekerja dengan sistem pendeteksi gerakan.

Kekurangan

Agent DVR akan menjadi usang karena kemunculan kamera baru di tahun-tahun mendatang.

Pembaruannya tidak akan pernah melampaui Windows 10.

Antarmukanya terlihat kuno dibandingkan dengan perangkat lunak kamera modern.

Kesimpulan

Seperti yang Anda ketahui dari artikel ini, mendapatkan perangkat lunak kamera keamanan yang bagus itu sulit karena terlalu banyak pilihan. Ditambah lagi, instalasi sering kali menjadi masalah karena perusahaan mencoba membujuk pengguna gratisan untuk membayar. Ada juga masalah dalam menghubungkan kamera dan masalah dengan perangkat lunak yang diisi dengan virus atau bloatware.

Meskipun demikian, ada banyak perangkat lunak untuk dicoba tanpa perlu membayar. Jadi, hal ini masih tergolong baik. Bagaimana menurut Anda?

Adakah salah satu dari perangkat lunak ini yang berguna untuk Anda? Tanyakan ke teman Anda di media sosial, mulai diskusi, dan bagikan artikel ini untuk membantu mereka menemukan perangkat lunak kamera keamanan gratis terbaik.

author
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.