Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Bagaimana Cara Merekam Video Webcam di Laptop HP dan Chromebook?

author avatar

May 30, 2024• Proven solutions

Kebanyakan orang kini menganggap webcam sebagai suatu hal yang sepele dan kurang menghargainya. Namun, webcam sebenarnya merupakan alat luar biasa yang telah menjadi komponen penting dalam era digital ini. Mereka memiliki berbagai macam fungsi, dimulai dari mengambil foto hingga mengirim atau merekam video siaran langsung. Sebagian besar laptop HP memiliki webcam bawaan. Namun, cukup banyak orang-orang yang mengalami kesulitan saat ingin mengakses webcam mereka. Selain itu, jika Anda menggunakan Windows 7, atau HP Chromebook, tidak terdapat software perekam webcam bawaan.

Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda untuk mengatasi masalah ini dan mempelajari cara merekam video di laptop HP yang berjalan pada Windows 7 dan Chromebook.

[没有发现file]

Bagaimana Cara Menggunakan Webcam Laptop HP untuk Merekam Video?

Untuk menggunakan webcam bawaan laptop HP, pastikan bahwa Anda telah menginstal Software HP MediaSmart serta driver webcam terbaru.

Software MediaSmart telah di pra-instal pada sebagian besar laptop HP. Namun kami menyarankan Anda untuk mendownload dan menginstal versi terbaru Software MediaSmart dan drivernya di sini dengan menggunakan nomor model laptop Anda yang dapat ditemukan pada stiker produk pada bagian bawah laptop Anda. Jangan lupa lakukan penyalaan ulang komputer setelah menginstal driver terbaru.

1. Aktifkan Fitur HP MediaSmart Webcam

Buka fitur webcam software MediaSmart dengan mengklik ganda ikon MediaSmart. Kemudian, pilih ikon webcam dari taskbar MediaSmart.

2. Sesuaikan Pengaturan

Sesuaikan pengaturan webcam dengan memilih Pengaturan di sisi kanan jendela MediaSmart Webcam. Di sini, Anda dapat menyesuaikan pengaturan tampilan seperti kecerahan dan kontras, serta kualitas pengambilan video.

Anda juga dapat menggunakan tab Setelan Lanjutan untuk melakukan penyesuaian yang lebih lanjut. Setelah Anda telah melakukan semua penyesuaian yang dibutuhkan, klik OK untuk menyimpan setelan Anda.

pengaturan-perekam-webcam-hp.jpg

3. Merekam Video Webcam

Webcam MediaSmart HP sangat mudah digunakan. Klik Rekamuntuk merekam video dan klik Stop setelah selesai. Audio akan direkam secara otomatis jika Anda mengatur pengambilan dengan audio di Pengaturan Lanjutan.

Dengan Pengaturan Fungsi Zoom, Anda dapat menggunakan Pelacakan Wajah untuk melacak wajah Anda secara otomatis. Atau, Anda dapat Nonaktifkan Zoom dan menggunakan Zoom Manual untuk melakukan zoom sesuai keinginan Anda.

Klik OK untuk menyimpan penyesuaian dan lanjutkanlah.

zoom-perekam-webcam-hp.jpg

4.Tambahkan Efek dan Filter

Terdapat pula serangkaian alat efek khusus yang dapat Anda gunakan untuk membuat rekaman video Anda menjadi lebih menarik. Anda dapat menambahkan frame dan filter ke video webcam yang telah direkam atau menggambar pada video. Webcam MediaSmart juga menyediakan avatar, emosi, dan efek distorsi yang sangat populer untuk membuat sejumlah video kreatif. Jika Anda ingin menghapus efek dari rekaman video Anda, gunakan fungsi Hapus di bagian atas jendela.

filter-perekam-webcam-hp.jpg

Demikianlah caranya! Sekarang, Anda dapat mencoba software perekam webcam MediaSmart di laptop HP Anda untuk merekam video webcam Anda sendiri.


Fitur perekaman di webcam HP MediaSmart terbatas, jika Anda ingin merekam layar desktop dan webcam Anda secara bersamaan dengan fitur yang lebih canggih, seperti menambahkan Penanda saat merekam dan mengedit video yang direkam, kami sarankan Anda untuk mencoba Wondershare Filmora.

Download Versi Windows Download Versi Mac

Bagaimana Cara Merekam Video di HP Chromebook?

Chromebook telah menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir ini. Laptop Google dengan harga yang terjangkau ini bahkan telah mendominasi pasar pendidikan AS. Sayangnya, Chromebook tidak dilengkapi dengan aplikasi bawaan untuk merekam atau melakukan streaming video. Jika Anda menggunakan HP Chromebook dan ingin merekam video, Anda harus mengunjungi Toko Web Chrome dan mendownload aplikasi perekaman layar. Sekarang, terdapat banyak aplikasi berpotensi yang dapat Anda pilih. Namun, kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan Screencast-O-Matic.

Screencast-O-Matic merupakan kombinasi ideal program pengeditan yang mudah digunakan dan canggih. Anda dapat membuat rekaman dalam jumlah tak terbatas dan bebas biaya. Video-video tersebut juga dapat dipublikasikan ke YouTube atau diunggah ke Google Drive secara langsung dari perekamnya.

Berikut merupakan rincian cara merekam video di HP Chromebook menggunakan Screencast-O-Matic:

1. Buka Screencast-O-Matic

Download aplikasinya dari Toko Web Chrome, kemudian buka aplikasinya dengan mengklik ganda ikon Screen-O-Matic. Cara untuk memulai perekaman sangatlah mudah, cukup klik tombol Mulai Merekam untuk membuka halaman perekam layar.

2. Sesuaikan Pengaturan

Saat perekamnya terbuka, akan terdapat frame berwarna hitam putih dengan taskbar yang menonjol. Dengan menggunakan opsi di bagian atas taskbar, Anda dapat memilih untuk merekam layar, webcam, atau melakukan keduanya. Anda dapat mengklik tombol Ukuran untuk memilih opsi ukuran dari sejumlah ukuran HD standar. Atau, Anda dapat menyeret dan mengubah ukuran frame secara manual untuk membuat ukuran khusus.

Secara default, perekam akan menggunakan mikrofon bawaan laptop Anda. Klik tombol Narasi untuk mengubah opsi mikrofon default Anda.

3.Merekam Video Webcam

Setelah selesai, klik tombol Rekam yang berwarna merah untuk merekam semua aktivitas Anda di dalam satu frame. Anda kemudian dapat menjeda, melanjutkan, dan melakukan pratinjau pada rekamannya dengan menggunakan opsi yang terdapat di bawah frame. Untuk menyelesaikan perekaman, klik tombol Selesai.

Setelah Anda mengklik tombol Selesai, sebuah jendela baru pun akan muncul. Di sini Anda dapat memilih untuk menyimpan rekaman sebagai file video atau mengunggahnya ke Screencast-O-Matic.com atau YouTube.

Screencast-O-Matic memiliki tutorial lain yang dapat diakses di sini. Dengan harga $1,50 per bulan, Anda juga dapat meningkatkannya ke Perekam Pro yang tersedia. Dengan Perekam Pro, setiap video Anda akan memiliki waktu perekaman yang tak terbatas, kemampuan pengeditan yang telah disempurnakan, pelacakan mouse khusus, dan opsi pengunggahan lebih lanjut, termasuk Vimeo dan Dropbox.

Singkatnya, jika laptop HP Anda berjalan pada Windows 7, Anda perlu mendownload software MediaSmart terbaru untuk merekam video untuk mendapatkan pengalaman pengeditan yang lebih baik. Jika Anda memiliki HP Chromebook, Anda perlu mendownload aplikasi perekaman layar dari Toko Web Chrome.

author avatar
Max Wales
Max Wales adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
Memilih Screen Recorder Aplikasi Perekam Layar Yang Tepat

Temukan bagaimana cara memilih aplikasi perekam layar atau screen recorder yang tepat, dan bagaiman filmora menjadi pilihan terbaik.

by Max Wales May 28, 2024 20:05 PM

7 Game Fps Terbaik

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan 7 pilihan game fps terbaik kami.

by Max Wales May 10, 2024 19:54 PM

8 Game Zombie Terbaik

Pada artikel ini, kami memperkenalkan 8 game zombie pilihan terbaik kami pada tahun 2021.

by Max Wales May 10, 2024 19:54 PM

author avatar

Max Wales

staff Editor