filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Membuat video YouTube luar biasa dengan ratusan efek visual khusus dan fitur pengeditan yang layak
  • Sentuh video dengan 300+ efek video yang menakjubkan
  • Pangkas, split, potong, gabungkan, crop, rotate dan pan & zoom efek dalam beberapa kilk
  • Pangkas, pisahkan, potong, gabungkan, potong, putar, dan geser & perbesar efek dalam beberapa klik
  • Beberapa trek untuk menambahkan foto, video, audio, judul, dan transisi
  • Simpan video dalam berbagai format atau unggah ke platform media sosial secara langsung

Cara Menyematkan Video YouTube pada PowerPoint

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Bisa saja ada beberapa kejadian di mana Anda ingin penonton Anda menonton video Anda, sehingga Anda perlu mengembangkan ide atau menjelaskan point tersebut dengan jelas. Mungkin Anda ingin melewati bagian ini tanpa meninggalkan jendela presentasi untuk menghindari kehilangan fokus selama pertemuan. Untuk mewujudkan hal ini, Anda perlu mempelajari mengenai cara menyematkan video YouTube pada PowerPoint.

Berbicara mengenai PowerPoint, merupakan aplikasi yang cukup efisien dan efektif untuk menyiapkan animasi dan statik presentasi, serta juga dapat menyematkan video sehingga menjadikannya sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Anda dapat mempelajarinya melalui beberapa cara berikut untuk menyematkan video YouTube pada PowerPoint.

Bagaimana Cara Memasukkan Video YouTube ke PowerPoint? (4 Cara)

Setelah memahami manfaat dari menyematkan video ke presentasi Anda, sekarang saatnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara menambahkan video YouTube ke PowerPoint.

Berikut pembahasan secara rinci mengenai empat cara yang paling sering digunakan, yaitu:

Cara 1: Menggunakan URL Video YouTube

Karena setiap video YouTube pasti memiliki URL (Uniform Resource Locator) yang cukup unik untuk beberapa klip, sehingga PPT memungkinkan Anda untuk menyematkan footage tersebut ke salah satu slide dalam PPT. Prosesnya cukup mudah, dan Anda dapat mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1: Copy URL

Buka web browser Anda, lalu buka video YouTube yang ingin Anda sematkan di PowerPoint, kemudian salin URL nya pada bilah alamat yang ada di bagian atas.

Langkah ke 2: Tambahkan URL ke PowerPoint

 menyematkan video YouTube ke PowerPoint

Buka aplikasi PowerPoint, lalu buka slide tempat di mana Anda ingin menyematkan video YouTube, kemudian klikInsert dari menu yang bernama Ribbon. Setelah itu klikVideo dari tab Media yang berada di bagian kanan bawah, lalu klikOnline Video dari daftar yang ditampilkan di layar, kemudianMasukan URL video tersebut dan isi pada kotak Video Online. Setelah itu tempelkan URL yang telah Anda salin tadi, dan klik Insert ke insert video YouTube ke PowerPoint.

 menyematkan video YouTube ke PowerPoint

Langkah 3: Posisikan Pemutar

Setelah Anda menambahkan video tersebut ke slide PowerPoint, tarik bingkai dan posisikan video tersebut ke tempat yang sesuai.

Cara ke 2: Sematkan Video YouTube tersebut dengan Kode Pemasangan (untuk Microsoft PowerPoint 2016)

Berbeda dengan PowerPoint 2019 yang dapat menerima URL dan memasang kode tersebut, sehingga aplikasi PowerPoint akan membantu Anda untuk memasukan video. Langkah-langkah berikut ini menjelaskan cara melakukannya:

Langkah 1: Miliki Kode Penyematan

Buka video YouTube yang ingin Anda pasangkan di slide PowerPoint, lalu klik ikon BAGIKAN pada bagian kiri bawah pemutar video, kemudian klik ikonPasangkan pada kotak Bagikan. Setelah itu klikSALIN dari bagian kanan bawah kotakSematkan Video yang tampil setelahnya.

 menyematkan kode video YouTube pada PowerPoint

Langkah 2: Buka PowerPoint untuk Memasukan Kotak Video

Buka MS PowerPoint 2016, lalu klikInsert dari bilah menu di bagian atas, kemudian buka bagianMedia yang terdapat di sebelah kanan. Setelah itu klik Video, kemudian klik Video Online untuk membuka kotak Insert Video.

Langkah 3: Sematkan Video

Tempel kode pemasangan pada Tempel kode pemasangan di sini kemudian akan muncul tampilan pilihan Kode Pemasangan Video, kemudian pilih Masuk untuk menyematkan video YouTube di PowerPoint.

Cara 3: Masukan Video YouTube ke PowerPoint dengan Mencari Nama video tersebut (Untuk Microsoft PowerPoint 2016)

Microsoft Office 2016 memiliki fitur yang memudahkan pengguna untuk Menyematkan video YouTube di PowerPoint dengan memilih judul video tersebut. Anda dapat mengikuti langkah dibawah ini untuk menemukan video yang telah dipublikasikan di YouTube, kemudian masukan pada presentasi Anda:

Langkah 1: Buka Kotak Insert Video

Ikuti proses seperti yang telah dijelaskan pada Langkah 2 dari Cara 2 untuk mendapatkan kotak Insert Video setelah memilih slide yang ingin Anda tambahkan video.

Langkah 2: Temukan dan Sematkan Video

Pada Pencarian YouTube, carilah pilihan YouTube, lalu ketik nama video yang ingin Anda cari pada YouTube, kemudian klik Enter, dan pilih video yang ingin Anda pasangkan. Setelah itu klik Insert ke Insert video YouTube ke PowerPoint.

Metode 4: Insert Video dari PC

Cara lain untuk menyematkan video YouTube pada PowerPoint adalah dengan mendownload klip ke PC Anda, kemudian masukan footagenya. Anda dapat menggunakan YouTube downloader gratis untuk memiliki video yang tersedia di YouTube.

Setelah file tersebut sudah ada di komputer Anda, maka berikut ini adalah langkah-langkah cara menyematkan file tersebut di slide PowerPoint Anda:

PERINGTAN: Mungkin video YouTube miliki hak cipta. Selain itu, sebelum mendownload dan menyematkan video pada slide PowerPoint Anda, pastikan bahwa Anda sudah memiliki kewenangan dan perencanaan yang benar sehingga video tersebut dapat digunakan dengan tepat tanpa perlu meminta izin pada creator.

Langkah 1: Pilih Insert Ribbon

Buka PowerPoint dan pilih slide yang ingin Anda sematkan video YouTube tersebut. Klik Insert dari menu bar yang ada di bagian atas.

Langkah 2: Masukan Video

Klik ikon Video dari bagian Media, setelah itu klik Video di My PC dan pilih dari daftar tersebut, kemudian pilih kotak Masukan Video. Kemudian, sebuah kotak akan muncul dan Anda bisa memasukan video pada slide PowerPoint anda.

Langkah 3: Atur ulang ukuran dan/atau modifikasikan video anda

Ambillah salah satu dari enam video yang Anda masukan, kemudian masukan ke dalam dan sesuaikan dengan ukuran bingkai. Sangat disarankan untuk menggunakan pegangan sudut dan tarik searah diagonal untuk menyesuaikan dengan aspek rasio yang tepat sesuai pemutaran layar. Selanjutnya, klik kanan di mana pun di dalam bingkai, kemudian klik Format Video dari konteks menu, dan gunakan pilihan yang muncul di sisi kanan untuk menyesuaikan warna dengan klip, mengatur kecerahan dan kontras, dll.

Checklist versi PowerPoint yang didukung oleh Penyematan YouTube

Menyesuaikan versi Microsoft Office yang sedang Anda gunakan, untuk mengetahui bisa ataupun tidaknya Anda untuk memasang video YouTube di PowerPoint. Selain itu, jika PowerPoint Anda memiliki akses untuk hal itu, maka tampilan dan pilihannya dapat terlihat berbeda dari komputer lainnya seperti halnya yang ada pada beberapa tutorial online saja.

Oleh karena itu, tabel berikut memberikan sebuah gambaran jelas untuk versi Microsoft Office mana yang dapat memiliki pilihan pemasangan video, dan/atau level intergrasi yang disediakan:

Versi MS Office Masukan YouTube Via URL Masukan sebuah Video Online dengan Kode Penyematan Memasukan Pencarian untuk Video YouTube Memutar Video YouTube yang Disematkan secara Offline
Microsoft 365 Ya Tidak Tidak Tidak
PowerPoint 2019 Ya Ya Tidak Tidak
PowerPoint 2016 Tidak Ya Ya Tidak
PowerPoint 2013 Tidak Tidak Ya Tidak
PowerPoint 2010 Tidak Tidak (Adobe Flash Player Support Tidak Dilanjutkan) Tidak (Adobe Flash Player Support Tidak DIlanjutkan) Tidak
PowerPoint 365/2019 untuk Mac Ya Tidak Tidak Tidak

Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Terkait Penyematan Video YouTube di PowerPoint:

1. Mengapa Saya Tidak Bisa Menyematkan Video YouTube pada PowerPoint 2010?

PowerPoint 2010 menggunakan Adobe Flash Player untuk memutar video YouTube. Semenjak dukungan Flash Player tidak dilanjutkan, PowerPoint 2010 tidak dapat lagi diputar di mana pun. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, Anda perlu meningkatkan versi Microsoft Office ke 2013 atau ke versi yang terbaru.

2. Mengapa Saya Tidak Bisa Menyempatkan Video YouTube di PowerPoint untuk Mac?

Anda dapat memasukan video YouTube di Mac hanya di Office 365 dan Office 2019. Jika anda menggunakan Office 2016 untuk Mac, maka Anda perlu menginstall sebuah add-in yang disebut Web Video Player yang dapat didownliad dari linkhttps://appsource.microsoft.com/en-us/product/office/WA104221182. Namun, jika Anda menggunakan PowerPoint 2011 untuk Mac, maka Anda tidak dapat memasukan video YouTube, sehingga Anda harus meningkatkan MS Office Anda ke versi yang lebih tinggi.

3. Mengapa saya tidak bisa menyematkan Video YouTube di PowerPoint 2013?

Versi PowerPoint 2013 yang terbit beberapa waktu lalu tidak mengizinkan pemasangan video YouTube. Namun, dengan pembaharuan ulang 4018374, Microsoft yang diluncurkan pada Agustus 2018 tersebut tidak bisa lagi mengaktifkan fitur tersebut. Anda dapat mendownload dan menginstall software ini dari linkhttps://support.microsoft.com/en-us/help/4018374/august-7-2018-update-for-powerpoint-2013-kb4018374 lalu Anda dapat mencobanya untuk memasukan sebuah video YouTube pada PowerPoint Anda.

4. Bagaimana cara menyematkan Video YouTube pada PowerPoint tanpa melalui Online?

Video YouTube yang Anda pasangkan pada presentasi PowerPoint tidak dapat dimainkan dalam bentuk presentasi offline. Namun, akan selalu ada solusi untuk semua masalah. Anda dapat mendownload video dari YouTube ke komputer Anda menggunakan berbagai YouTube donwloader, dan cara penggunaannya dapat dilihat pada Cara 4 untuk memasukan klip pada PC Anda.

Kesimpulan

Meskipun di atas telah dijelaskan mengenai cara untuk menyematkan video YouTube pada PowerPoint, tetapi proses tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda di Microsoft Office. Selain itu, hal ini tergantung pada edisi program keberapa yang sedang Anda gunakan, karena menyematkan video YouTube tidak selalu didukung oleh ketersediaan add-in atau pembaruan yang Microsoft luncurkan dibeberapa jenis aplikasi.

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.