Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Transisi Premiere Pro: Daftar 10 Fitur Plugin Transisi Terbaik

author avatar

Dec 08, 2023• Proven solutions

Sudah tidak diragukan lagi bahwa Premiere Pro saat ini sedang memimpin pasaran dengan fiturnya yang kaya dan antarmuka pengguna yang interaktif. Fitur software untuk memproduksi dan mengedit video ini memiliki banyak efek transisi yang canggih.

Apabila anda ingin menghabiskan waktu untuk mengembangkan video dengan tampilan klasik profesional maka Transisi Premiere Pro bisa membantu anda.

Artikel dibawah ini berisi tentang detail dari 10 Transisi Premiere Pro terbaik yang bisa dipergunakan, dan bagaimana aplikasikan transisinya ke video di Premiere Pro. Teruslah membaca untuk dapatkan bantuan terbaik.

Anda mungkin menyukai: Bagaimana Cara Tambahkan Teks dan Judul di Adobe Premiere Pro

Part 1: 10 Transisi Premiere Pro Terbaik untuk di Download

Walaupun Premiere Pro memiliki banyak efek transisi di perpustakaannya anda tetap akan membutuhkan fitur transisi yang lebih banyak. Adobe Premiere Pro menyediakan banyak fitur transisi untuk bekerja secara efektif di platformnya. Beberapa transisi terbaik akan kita bahas di bawah ini:

1. FilmImpact

FilmImpact.net memiliki 4 transisi pada versi gratis yang bisa di download langsung dan memiliki 6 demo yang bisa di download pada versi berbayar. Namun kebanyakan pengguna Premiere Pro suka membuat efek istimewa dengan transisi persediaan seperti Film Dissolve dll. tapi jika anda butuh sesuatu yang lebih rumit dan menarik maka 4 transisi gratis dari FilmImpact.net akan sangat berguna bagi anda. Plugin ini membantu pengguna untuk mencari solusi terbaik didalam aplikasi host, jadi akan sangat baik untuk terapkan efek atraktif ini di video anda.

transisi premiere pro

2. Coremelt

Berita baik bagi para penggemar video adalah Coremelt versi gratis yang memiliki 44 efek transisi untuk pengguna Premiere Pro. Beberapa efek yang biasa ditemukan adalah: transisi Filmic, efek cahaya, prasetel montase instan dan 10 preset teks. Beragam transisi yang bisa mewujudkan mimpi anda dalam waktu yang singkat dengan perangkat edit favorit anda.

transisi premiere pro terbaik

3. Motion Array

Software ini punya banyak alat interaktif untuk mengedit foto dan video secara instant. Banyaknya pilihan efek transisi yang tersedia di Motion Array memberi anda akses untuk mengembangkan video dengan mudah. Anda dapat mudah memakai kursor seret dan lepas plugin ini dan melihat hasil yang luar biasa pada klip anda.

transisi premiere pro

4. Orange83 Smooth Transition

Seperti namanya, plugin ini memiliki 10 preset termasuk perubahan transisi yang mulus, spin, wipe menghapus dan memperbesar video anda. Anda bisa seret plugin ini pada bagian video yang ingin anda edit. Anda juga juga bisa mengedit transisi ini di video anda agar membuatnya kelihatan lebih baik.

5. Transition Designer Free Wipe

Transisi Premiere pro ini adalah beberapa jenis yang umum untuk dipergunakan. Namun, hal ini akan membuat video anda terlihat menarik apabila anda bisa menggunakan transisi Premiere Pro secara tepat. Mulailah impor plugin untuk mulai menambahkan transisi.

6. Glitch & Distortion Presets for Premiere Pro

Disini adalah 5 efek glitch dan distorsi preset gratis untuk Premiere. Anda hanya perlu seret kursor plugin ke bagian transisi pada klip untuk memunculkan efek tersebut. Presentase kompatibilitasnya adalah 100%, jadi anda tidak perlu khawatir dengan efek premiere. Sepenuhnya gratis untuk dipergunakan.

7.Travel Film Transition Pack

Kemasan ini punya 4 versi dari transisi film untuk perjalanan yang bisa dipergunakan, termasuk di dalamnya yaitu Luma Fade, Quick Zoom w/ Motion Blur, Smooth Spin W/ Motion Blur and Smooth Warp Transition. Anda bisa memakainya untuk membuat transisi yang jauh lebih baik.

8. Video Hive

Plugin ini punya lebih dari 100 transisi Premiere Pro yang bisa digunakan. Dan 100% siap dipergunakan. Setelah diimpor, anda dapat langsung edit, seperti mengubah warna, ukuran serta bentuk huruf. Jika anda menyukainya, cobalah.

transisi premiere pro

9. Smooth Spin Blur Rotation Transition

Transisi Premiere Pro ini direkomendasikan oleh Justin Odisho. Dia adalah seorang YouTuber dengan penggemar yang sangat banyak, oleh karena itu kualitas dari transisi ini tidak diragukan lagi. Apabila anda ingin edit video atau vlog Youtube anda, transisi berputarnya akan sangat menarik untuk anda pergunakan.

transisi premiere pro

10.Slice Transitions

Transisi memotong ini punya gaya yang sederhana dan jelas. Memiliki definisi tinggi dengan kualitas efek yang sangat bagus. Pada dasarnya, anda hanya perlu seret dan lepaskan kursor pada video anda dan mulai tambahkan ke dalam Premiere Pro. Selain itu, anda juga bisa meninjaunya dengan mudah dan melihat apakah anda menyukainya atau tidak.

plugin transisi premiere pro

Bagian 2: Bagaimana caranya menggunakan transisi di Premiere Pro

Sekarang, adakah fitur transisi Premiere yang anda sukai? Jika anda telah memilihnya, sekarang tambahkan ke Premiere Pro. Disini ada beberapa langkah mudah bagi anda mencoba efek transisi Premiere Pro.

Langkah 1: Buka bagian panel Efek

Masuk ke Premiere Pro dan pilih panel Effects dari pilihan yang tersedia. Sekarang dari beberapa berkas transisi yang tersedia, pilihlah salah satu yang cocok dengan projek editing yang anda butuhkan. Beberapa tipe transisi yang tersedia pada panel efek akan tergantung pada versi Premiere Pro yang terpasang pada sistem komputer anda. Beberapa transisi yang paling banyak digunakan berikut ini:

  • Zoom: Transisi zoom akan membantu dibagian adegan keluar dan masuk secara proporsional dari keseluruhan video yang tampil di layar.
  • Slide: Pada jenis efek gerakan menggeser ini, satu adegan akan terlihat mengambang setelah adegan yang lainnya.
  • Wipe: Efek ini sangat menarik karena satu adegan akan menggantikan adegan lain yang dipilih saat perjalanan dari satu bagian bingkai menuju ke bingkai yang lainnya.
  • Iris: Transisi iris ini merupakan efek baru yang akan memberikan efek artifisial yang membuat kamera iris terlihat seakan seperti membuka dan menutup saat rekaman.
  • 3D Motion: Efek transisi ini akan berfungsi memanipulasi beberapa klip yang terpilih. Contohnya, apabila anda mengaplikasikan efek terbalik di atas kategori 3D motion ini maka satu klip akan terbalik pada layar sebelum klip selanjutnya tampak atau muncul dengan tampilan menarik.
  • Dissolve: Pada jenis efek transisi ini, satu adegan akan terlihat membaur dengan adegan lainnya. Anda bisa deskripsikan adegan ini hampir sama dengan istilah memudar dan muncul kembali dari satu ke satu gambar tertentu.

Kumpulan berkas efek berisi transisi yang hampir sama satu sama lain, namun sebenarnya hasil yang ditampilkan akan berbeda di layar.

tambahkan transisi premiere pro

Langkah 2: Tambahkan transisi pada Premiere Pro

Sekarang klik dan tahan pada transisi yang anda inginkan; lalu seret kursor dan taruh di video yang ingin anda ubah di panel klip. Taruhlah transisi yang sudah dipilih lalu tempatkan di posisi klip video. Transisi ini bisa ditaruh dengan mudah pada bagian awal klip, diantara klip yang tumpang tindih dan juga pada bagian akhir video.

plugin transisi premiere pro

Langkah 3: Lakukan tahap penyesuaian

Sekarang klik pada bagian kanan dan kiri di akhir transisi dan seret untuk membuat efek transisi diperpanjang ataupun diperpendek sesuai dengan yang dibutuhkan. Catatlah, bahwa semua transisi memiliki durasi waktu bawaan sehingga anda bisa menyesuaikan porsinya sesuai dengan durasi tersebut.

pergunakan transisi adobe premiere pro

Cek video tutorial untuk detil lebih lengkap:

Kesimpulan

Apakah anda lelah menggunakan Adobe Premiere, mengapa kamu tidak mencoba Wondershare Filmora? Software ini perangkat pengedit video profesional yang bisa memaksimalkan cerita anda. Software ini lebih mudah digunakan dibandingkan Premiere. Anda akan punya lebih banyak kontrol pada transisi video. Pengkoreksi warna dan sinkronisasi audio otomatis akan membantu anda menghemat banyak waktu. Jadi, apabila anda ingin mencoba pengalaman baru dalam mengedit video, download Wondershare Filmora sekarang juga!

author avatar
Benjamin Arango
Benjamin Arango adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
VirtualDub untuk Mac: Mengedit Video dengan Mudah di Mac

Jika Anda telah beralih ke platform Mac, maka Anda mungkin memerlukan alternatif VirtualDub untuk Mac, karena VirtualDub hanya mendukung OS Windows.

by Benjamin Arango Dec 11, 2023 15:31 PM

5 Penggabung Video MPEG Gratis Terbaik

Terdapat sejumlah software yang dapat Anda gunakan untuk melakukan manipulasi file demikian. Di bawah ini merupakan lima penggabung MPEG Video yang paling populer.

by Benjamin Arango Dec 11, 2023 15:31 PM

5 Video Rotator 3GP Gratis Terbaik

Dalam kasus ini, Anda akan lebih menyukainya jika Anda dapat merotasi video 3GP 90 derajat untuk tampilan yang lebih baik. Berikut merupakan daftar dari 5 video rotator 3GP gratis terbaik.

by Benjamin Arango Dec 11, 2023 15:31 PM

author avatar

Benjamin Arango

staff Editor