filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Bagaimana Cara Memundurkan Video di Instagram

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Dari sejumlah tren baru yang membuat headline, video mundurlah yang mendapatkan perhatian paling banyak. Sebelumnya, Instagram menyediakan sebuah fungsi yang memperkenankan Anda untuk merekam video dan memundurkannya lalu menunjukkan hasilnya.

Namun, sejak Instagram menghapus fungsi untuk memundurkan video dari Story, Reels, dan Post, banyak pengguna pun bertanya-tanya bagaimana caranya memundurkan video di Instagram. Walau topik ini tidak memiliki solusi yang sederhana, kami memiliki sebuah teknik yang dapat dipersatukan menjadi Video Mundur Instagram untuk para pembaca kami. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita mulai!

Bagian 1: Bagaimana Cara Merekam Video dengan Efek Mundur di Instagram?

Ketika Anda memainkan sebuah video secara mundur, Anda akan menghasilkan efek yang unik pada video Anda. Contohnya termasuk membuat orang-orang berjalan mundur, membuat mereka yang seharusnya melompat ke depan menjadi ke belakang, dan menari secara mundur.

Sementara banyak yang juga mengatakan bahwa Anda dapat menentang prinsip sains, baik melepas mikrofon dan menyaksikannya terbang ke atas tangan Anda atau merekam air mancur yang tengah bergerak dan menunjukkan rekaman ulang air yang menjulang naik ke atas layar Anda.

Anda bahkan dapat membuat hewan peliharaan berjalan mundur dan air hujan yang seharusnya menetes turun ke bawah malah akan bergerak naik. Banyak aplikasi pengedit video yang memiliki jumlah konsumen yang banyak (seperti Snapchat) telah mulai mengikuti tren ini, dan mereka semua melakukannya dengan sangat mudah!

Inilah cara agar Anda dapat merekam video di Instagram dengan mode mundur:

Langkah 1: Jika Anda ingin membuat sebuah video yang dapat diputar dengan mode mundur, mulai dengan membuka kamera Instagram Story.

Langkah 2: Geser dan lalui pilihan yang tersedia di tampilan bagian bawah, seperti Hands-Free, Boomerang, Live, dan lainnya, hingga Anda menemukan mode Mundurkan Rekaman, yang terlihat seperti gambar yang ditampilkan di bawah ini.

Langkah 3: Klik tombol Rekam yang berada di bagian bawah layar untuk membuat video.

Dan jadilah - Anda baru saja merekam video dengan mode mundur di Instagram!

Bagian 2: Bagaimana Cara Memundurkan Video di Reels dan Story Instagram Ponsel?

Untuk memundurkan sebuah video yang telah direkam kemudian menggugahnya di Instagram, Anda juga dapat mencoba menggunakan beberapa software pengedit video ponsel yang tersedia di Android dan iPhone. CapCut adalah salah satu program memundurkan video terbaik yang paling kami sarankan dari semua program yang tersedia di pasar.

Selain gratis sepenuhnya tanpa adanya watermark, instruksi cara memundurkan di CapCut juga sangat sederhana dan mudah untuk diikuti. Dengan satu kali klik, Anda dapat seketika membuat sebuah video memundurkan di perangkat Android atau iOS Anda tanpa harus mengkonfigurasikan pengaturan apapun.

Ini adalah langkah-langkah yang harus Anda kenali dan praktikkan jika hal tersebut diperlukan:

Langkah1: Buka aplikasi CapCut yang ada terdapat di ponsel pintar Anda dan klik opsi Create a New Project untuk memulai.

Langkah 2: Sekarang, pilih video pilihan Anda dari Galeri ponsel dan tekan tombol Add untuk mengimpornya ke dalam aplikasi CapCut.

tambah video ke dalam capcut

Catatan: Jika Anda ingin mendownload video Story atau Reels yang Anda miliki sebelumnya, Anda dapat mencobaaplikasi download video Instagramuntuk mendapatkan video Anda.

Langkah 3 Setelah file sudah berhasil diimpor, klik opsi Effects yang terdapat di bagian bawah tampilan. Dari berbagai pilihan yang tersedia di menu Effects, geser ke sebelah kanan hingga Anda menemukan opsi Reverse yang terlihat seperti gambar di bawah ini. Sekarang, klik opsi tersebut.

opsi memundurkan video capcut

Langkah 4: Ketika Anda mengklik opsi Reverse, video akan secara otomatis mulai proses pengunduran. Mungkin akan memakan waktu yang cukup lama jika ukuran video terlalu besar. Pada kasus kami, video Wondershare Filmora ini hanya berdurasi 24 detik saja dan tidak menghabiskan waktu lebih dari 40 detik untuk pengunduran.

Langkah 5: Setelah video telah selesai dimundurkan, Anda dapat mulai Mengekspor file dengan mengklik opsi tombol yang menyerupai sebuah panah di bagian atas kanan layar. Dan sekarang, Anda dapat Bagi/Unggah video yang sudah dimundurkan ke Instagram.

bagikan video yang sudah dimundurkan dari capcut ke instagram

Bagian 3: Bagaimana Memundurkan Video dan Audio Instagram di Desktop?

Dalam beberapa kasus, efek video mundur telah dijadikan sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat bagi para pembuat film.

Editor video Wondershare Filmora merupakan sebuah alat yang bagus untuk menciptakan efek yang Anda inginkan. Ia kompatibel dengan hampir segala macam format video, termasuk AVI, DVD, MPEG-yang sesuai, MP4, MOV, dan MKV.

COBA GRATIS

Untuk Win 7 atau versi di atasnya (64-bit)

COBA GRATIS

Untuk macOS 10.12 atau versi di atasnya

Jika Anda memiliki beberapa rekaman di desktop Anda, Anda dapat mencoba menggunakan beberapa pengedit video desktop dan membuat sebuah video mundur untuk Ins. Di sini, kami merekomendasikan pengedit video Wondershare Filmora yang merupakan salah satu pengedit video Instagram terbaik di Windows dan Mac, ia menyediakan perlengkapan alat pengedit dari yang paling mendasar hingga alat paling canggih yang tersedia di pasaran.

Lihat artikel ini untuk mencari tahubagaimana cara mengedit Instagram videodengan pengedit video Filmora secara terperinci. Dan ilustrasi berikut menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan pengedit video Filmora untuk menciptakan efek video mundur:

Langkah 1: Buka pengedit video Filmora dan pilih New Project di menu utama. Kemudian, impor file video ke garis waktu. Anda mungkin harus mengganti rasio proyek menjadi 1:1 atau 9:16 berdasarkan kebutuhan Anda.

tambahkan video ke garis waktu

Langkah 2: Di sini saya hanya ingin menambahkan efek mundur pada bagian tertentu, oleh karena itu, saya membagi video klip ini. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara membagi video, Anda dapat melihat: Bagaimana cara menggunakan pembagi video Filmora untuk membagi video menjadi beberapa bagian kecil.

Tekan tombol klik kanan pada klip yang telah terbagi di garis waktu, arahkan kursor ke opsi Speed dari menu konteks, kemudian klik opsi Reverse. Video dan audio akan mundur secara otomatis dengan kecepatan normal di garis waktu, dan Anda dapat memutarnya di jendela pratinjau untuk memeriksanya.

opsi memundurkan video filmora

Klik menu drop-down pada Kecepatan Normal di garis waktu untuk memperlambat atau mempercepat gerakan mundur.

ubah kecepatan mundur pengedit video filmora

Jika anda tidak menginginkan suara terdistorsi yang muncul setelah memundurkan video, Anda dapat mematikan atau menghapus audio dari video dengan mudah. Untuk memundurkan

COBA GRATIS

Untuk Win 7 atau versi di atasnya (64-bit)

COBA GRATIS

Untuk macOS 10.12 atau versi di atasnya

Catatan: Pengedit video Filmora memperkenankan Anda untuk menambahkan filter atau aksen pada film Anda jika Anda ingin membuatnya lebih menarik. Anda dapat memilih filter dari menu Effects yang terletak di atas.

tambahkan efek pada video filmora yang telah dimundurkan

Langkah 3: Setelah memoles video dengan efek tambahan, filter ataupun unsur-unsur lainnya, Anda dapat mengklik tombol Export untuk menyimpan video. Anda dapat memilih sebuah format video untuk menyimpannya di perangkat Anda atau langsung mengunggahnya di Youtube.

jendela ekspor filmora

Kesimpulan

Menurut Instagram, tujuan dari memundurkan video Instagram dan membagikannya ke profil Instagram Anda adalah untuk menyediakan keragaman pada postingan Anda sekaligus mengesankan para penonton atau follower Anda. Meskipun aktivitas memundurkan video ini mudah, tetapi Anda dapat menghasilkan sebuah tampilan yang unik dengan memakai kreatifitas Anda sebelum memundurkannya.

Kami telah menyediakan beberapa solusi untuk memundurkan video dan audio untuk video Instagram di konten kali ini, semoga dapat membantu. Anda bisa merekam video dengan mode mundur untuk memundurkannya di Ins, cobalah beberapa aplikasi pengedit di ponsel atau pengedit video di desktop, atau gunakan pengundur video online.

Dari semua cara yang terdaftar di atas, Anda akan menemukan bahwa menggunakan Filmora merupakan cara yang paling sederhana dan mudah digunakan. Selain itu, dengan menggunakan alat pengedit Filmora yang lengkap, Anda dapat menciptakan film yang lebih bagus dibandingkan tanpanya.

author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.