filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Fade Videos In & Out with Various Transitions
  • Intuitive user interface & powerful video editing features.
  • 200+ stunning transition for different niches at your choice.
  • Lots of free resources of audio, music, text styles and more.

Cara Fade in dan Fade out Klip Video

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Efek fade in biasanya digunakan untuk memperkenalkan video secara perlahan kepada penonton, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat transisi antara dua video menjadi lebih mulus, terutama bila dikombinasikan dengan efek fade out yang sering digunakan untuk mengakhiri video atau menyarankan akhir urutan atau seluruh klip video.

Anda mungkin sudah tahu bahwa paket software pengeditan video profesional, seperti Adobe Premiere, memungkinkan penggunanya untuk menambahkan efek fade in dan fade out ke video, tetapi dalam artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menambahkan efek fade in dan fade out ke video dengan cara yang lebih mudah. Jadi mari kita jelajahi langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk menambahkan efek ini ke video Anda.

4 Cara Menambahkan Efek Fade in dan Fade Out pada Video di Filmora

Jika Anda menggunakan Filmora versi terbaru, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk fade in dan fade out klip. Jika Anda belum menginstal Filmora, klik tombol di bawah ini untuk memulai.

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac

1. Tambahkan Transisi Dissolve ke Video untuk Fade in dan Fade out Rekaman Video

Cara pertama untuk fade in dan fade out rekaman di Filmora adalah dengan menerapkan transisi dissolve. Dissolve, juga kadang-kadang disebut lap dissolve, adalah transisi bertahap dari satu gambar ke gambar lainnya. Ini sering digunakan ketika gambar pertama mulai menghilang dan gambar berikutnya mulai ditampilkan secara bertahap.

Jadi Anda dapat menerapkan transisi Dissolve di awal video dari layar hitam untuk fade in, dan menambahkan transisi dissolve di akhir klip ke dalam kegelapan untuk fade out.

Berikut adalah cara menambahkan transisi dissolve di Filmora.

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac

    • Setelah mengimpor rekaman video ke Filmora, seret dan lepas di timeline.
    • Buka tab Transisi dan temukan Dissolve di bawah kategori Dasar. Jika Anda tidak melihatnya, Anda dapat menggunakan bar pencarian untuk menemukannya.

Tambahkan Dissolve ke Fade video di Filmora9

    • Seret transisi Dissolve ke bagian awal klip, lalu seret transisi Dissolve lagi ke akhir klip.

Selain menerapkan transisi Dissolve ke fade video, Anda juga dapat mencoba Fade atau transisi di bawah kategori Ripple & Dissolve seperti Dispersion blur, evaporate, ripple, wind, swirl, or wave.

Transisi Ripple & Dissolve di Filmora9

  • Anda dapat menyesuaikan durasi transisi Dissolve untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang transisi Dissolve di panduan kami Cara menambahkan Transisi Dissolve di Filmora.

2. Terapkan Efek Fade Motion ke Video

Selain transisi larut dan pudar biasa, Anda juga dapat menerapkan efek gerakan memudar untuk membuat rekaman Anda lebih jelas. Berikut ini cara menerapkan efek fade motion pada video di Filmora.

  • Klik klip di timeline dan kemudian beralih ke tab Animation, gulir ke bawah dan Anda akan melihat opsi Preset Motions (Legacy) di tab Preset.

Tambahkan Efek Fade Motion ke video di Filmora

  • Perluas dan Anda akan menemukan bahwa ada beberapa efek fade yang tersedia, seperti fade zoom in, fade zoom out, fade slide dari atas ke bawah, fade slide dari bawah ke atas, fade dari kiri ke kanan, atau fade kanan ke kiri.
  • Klik dua kali pada efek fade yang ingin Anda gunakan dan efek fade motion akan ditambahkan ke klip secara otomatis.

3. Tambahkan Sample Color di awal dan akhir klip video

Jika Anda tidak ingin menyembunyikan frame apa pun di video Anda, Anda dapat menambahkan layar hitam atau layar biru atau layar warna apa pun di awal dan akhir klip terlebih dahulu, lalu menerapkan transisi Dissolve atau fade atau efek fade motion.

Tambahkan layar warna hitam ke video di Filmora

Kami telah membuat video tutorial tentang cara fade in dan fade out video dengan mudah di Filmora. Video dibuat dengan versi Filmora sebelumnya, tetapi langkah-langkahnya serupa.

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac

4. Menggunakan Animasi Keyframe untuk Membuat Efek Fade

Ada fitur animasi keyframe yang tersedia untuk versi setelah Filmora 10.0. Fitur ini sangat cocok untuk menambahkan efek fade-in dan fade-out bagi pengguna yang ingin lebih mengontrol opacity dan durasi dalam fading.

Berikut adalah langkah-langkah menambahkan animasi keyframe ke video fade.

Klik dua kali pada rekaman video di timeline, lalu buka tab Animation.

Berikut adalah opsi Preset dan Customize yang tersedia, untuk membuat efek fade, klik opsi Customize dan Anda akan melihat layar seperti di bawah ini:

Tambahkan animasi keyframe untuk membuat efek Fade di Filmora

Pindahkan playhead di timeline lalu klik tombol Add yang sesuai, lalu sesuaikan penggeser Opacity untuk membuat efek fade.

Mudah bukan? Anda sekarang dapat download software dan membuat efek fade in dan fade out dengan animasi keyframe di Filmora. Anda dapat membaca terus untuk membuka lebih banyak penggunaan kreatif dari animasi keyframe.

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac

Selain video fade in dan fade out, Filmora dapat fade in dan fade out audio dengan mudah. Lihat detailnya di panduan kami tentang cara fade in dan fade out audio di Filmora atau tonton video tutorial di bawah ini.

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac

YouTuber Aaron Bowman telah membuat tutorial tentang transisi Filmora, menjelaskan cara menambahkan efek fade in fade out ke video, mengontrol durasi transisi, serta cara menggunakan animasi keyframe untuk membuat transisi.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.