filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Record & Edit Video Meetings on Windows/Mac
  • Powerful while simple to use
  • Record webcam, screen and audio at the same time
  • 300+ stunning effects for different niches at your choice.
  • Advanced editing features like chroma-key, tilt-shift, and color correction.

10 Software Berbagi Layar Gratis Terbaik

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Kolaborasi jarak jauh dengan cepat merubah pandangan kita di dalam dunia bisnis, karena selama ini, menghadiri rapat secara langsung adalah sebuah keharusan, namun sekarang, sepertinya hal tersebut sudah berlalu. Platform konferensi Video sering membatasi jumlah maksimum peserta dalam rapat atau durasi rapat pada versi uji coba gratis mereka, itulah alasan mengapa perusahaan-perusahaan memilih software berbagi layar.

Meskipun aplikasi berbagi layar sebagian besar digunakan oleh para profesional di bidang bantuan pelanggan untuk menyelesaikan masalah teknis dari jarak jauh, produk software ini juga biasa digunakan untuk tujuan kolaborasi dan komunikasi.

Pada artikel sebelumnya, kami telah membahas program video konferensi yang menawarkan fitur berbagi layar, jadi dalam artikel ini, kita akan melihat lebih jelas beberapa produk software berbagi layar gratis terbaik yang dapat Anda gunakan dari penelusur web atau komputer.

Part 1: Software Berbagi Layar Online Gratis Terbaik

Untuk mendapatkan aplikasi berbagi layar berbasis web itu relatif mudah karena ada begitu banyak pilihan yang tersedia. Namun, Anda hanya boleh menggunakan layanan ini jika informasi yang Anda rencanakan untuk dibagi bukanlah hal yang sensitif. Kami merekomendasikan untuk memilih software berbagi aplikasi yang terpercaya untuk semua bisnis yang membutuhkan privasi pada data mereka. Dengan begitu, mari kita lihat beberapa produk software berbagi layar online gratis terbaik.

1. Dead Simple Screen Sharing

Harga: Gratis, $18.00 setiap bulannya

Yang harus Anda lakukan untuk dapat berbagi layar dengan menggunakan platform ini adalah dengan cara klik tombol Share Your Screen di halaman utama. Anda bahkan tidak perlu membuat akun di Dead Simple Screen Sharing jika Anda ingin membuat ruangan rapat, tetapi Anda harus menginstal ekstensi untuk penelusur web Anda untuk mengaktifkan fitur berbagi layar.

Mengundang Orang di Dead Simple Screen Sharing

Versi gratis dari aplikasi ini mendukung konferensi audio dan video, tetapi aplikasi ini membatasi jumlah maksimum peserta hanya empat orang saja. Selain itu, platform ini memungkinkan banyak pengguna untuk berbagi layar secara bersamaan, sementara fitur mengobrol juga tersedia. Dengan meningkatkan ke paket Dead Simple Screen Sharing Pro, dapat memungkinkan Anda untuk mengadakan rapat yang dapat menampung hingga 150 peserta atau berbagi layar dengan frame rate yang tinggi.

Kelebihan

  • Opsi integrasi yang sangat baik
  • Menawarkan fitur penjadwalan
  • Mendukung fitur berbagi layar dengan frame rate yang tinggi
  • Dilengkapi dengan peralatan konferensi audio dan video

Kekurangan

  • Hanya dapat digunakan di Google Chrome dan Mozilla Firefox
  • Versi gratis dari aplikasi ini membatasi jumlah maksimum peserta dalam suatu rapat

2. Screenleap

Harga: Gratis, paket harga mulai dari $19.00 per bulan

Berbagi layar dengan Screenleap ini sangatlah mudah, karena Anda hanya perlu mengklik tombol Bagikan Layar Sekarang, lalu pilih apakah Anda ingin membagikan seluruh layar, jendela aplikasi atau tab Chrome. Setelah itu, Anda dapat memilih jika Anda ingin mengaktifkan kamera dan melanjutkan untuk mengirim tautan bergabung ke para peserta.

 Berbagi Layar di ScreenLeap

Namun, Anda tidak dapat mengadakan lebih dari 2 rapat per hari jika Anda memilih Screenleap versi gratis. Selain itu, satu rapat hanya bisa memiliki maksimal delapan penonton dan Anda hanya dapat mengadakan rapat selama empat puluh menit per hari.

Berbagi pengontrolan dengan para penonton tidak memungkinkan di versi gratis aplikasi ini. Screenleap memungkinkan Anda untuk berbagi layar dari perangkat apa pun, tapi harus Anda ingat, jika aplikasi berbasis web ini hanya cocok digunakan di browser Google Chrome.

Kelebihan

  • Memungkinkan pengguna untuk memilih area layar yang ingin mereka bagikan
  • Pengaturan rapat yang cepat
  • Memberikan perlindungan enkripsi SSL
  • Tidak diperlukan pengalaman sebelumnya dalam hal berbagi layar

Kekurangan

  • Durasi maksimum rapat dibatasi hanya 40 menit per hari
  • Tidak memungkinkan untuk merekam rapat

3. Whereby

Harga: Gratis, paket harga mulai dari $9.99 per bulan

Whereby pada dasarnya adalah aplikasi konferensi video yang memungkinkan pembuat rapat dan para peserta rapat untuk saling berbagi layar mereka. Namun, versi gratis dari aplikasi berbasis web ini hanya menawarkan pilihan yang terbatas, karena Anda tidak dapat menyelenggarakan rapat lebih dari empat peserta.

Harga Whereby

Anda dapat mengakses Whereby dari komputer dan perangkat ponsel yang telah menginstal browser web Opera, Mozilla Firefox atau Google Chrome. Berbagi layar juga tersedia di versi aplikasi gratis dan berbayar, meskipun Anda tidak dapat menentukan area layar yang ingin Anda bagikan.

 Berbagi Layar di Whereby

Integrasi YouTube memungkinkan Anda untuk memutar video apa pun yang ada di platform ini selama rapat, tetapi integrasi Trello atau Google Drive hanya tersedia jika Anda membeli paket berlangganan. Terlebih lagi, Anda harus membeli tipe berlangganan yang Bisnis jika Anda ingin merekam rapat Andaatau membuat ruang pribadi maupun tim.

Kelebihan

  • Cocok untuk penelusur web Mozilla Firefox, Opera, dan Google Chrome
  • Memungkinkan pengguna untuk membuat tautan khusus untuk ruang rapat
  • Proses berbagi layar yang sederhana
  • Durasi waktu dari rapat tidak terbatas

Kekurangan

  • Tidak dapat membuat lebih dari satu ruang rapat dengan versi gratis Whereby
  • Tidak ada fitur konferensi audio

Catatan: Jika Anda ingin merekam layar saat membagi layar di Whereby, Anda juga dapat mencoba beberapa perekam rapat gratis.

4. Chrome Remote Desktop

Harga: Gratis

Jika Anda menggunakan Google Chrome sebagai penelusur web utama Anda, maka Anda dapat menginstal ekstensi Chrome Remote Desktop yang memungkinkan Anda untuk mengakses Smartphone atau komputer dari jarak jauh. Anda hanya perlu masuk ke akun Google Anda untuk menginstal ekstensi, dan Anda dapat memasukkan nama komputer dan PIN untuk mengaksesnya. Tentu saja, Chrome Remote Desktop harus diinstal di perangkat yang ingin Anda akses dan juga perangkat yang Anda gunakan untuk mengaksesnya.

Namun, mengirim file, menyelenggarakan atau menjadwalkan rapat video tidak ada di dalam daftar pilihan yang ditawarkan di aplikasi berbagi layar ini. Meski begitu, Chrome Remote Desktop adalah solusi yang aman dan dapat dipercaya bagi siapa saja yang menginginkan cara berbagi layar atau mengaksesnya dari jauh secara gratis dan mudah.

Kelebihan

  • Proses instal yang cepat
  • Tidak ada jeda antara dua perangkat
  • Akses yang aman ke perangkat
  • Tersedia untuk semua pengguna internet

Kekurangan

  • Tidak ada pengiriman file
  • Kurangnya peralatan untuk berkolaborasi

Bagian 2: Software Berbagi Layar Gratis Terbaik untuk Mac dan PC

Organisasi yang menuntut yang lebih dari software berbagi layar berbasis web, harus mempertimbangkan solusi berbasis desktop karena mereka dilengkapi dengan spektrum yang lebih luas dari fitur pembagian layar dan peralatan kolaborasi.

Meskipun sebagian besar layanan berbagi layar dapat digunakan secara gratis, Anda harus membayar paket berlangganan jika Anda ingin mendapatkan akses ke semua fitur yang mereka tawarkan. Berikut ini adalah beberapa software berbagi layar gratis terbaik untuk PC dan Mac yang dapat Anda temukan di pasaran.

1. TeamViewer

Harga: Gratis, paket harga mulai dari $33.00 per bulan

Kompatibilitas: Windows, macOS, Android, iOS

Dengan lebih dari 400,000 download setiap harinya dan lebih dari 2 miliar perangkat yang terhubung, TeamViewer saat ini merupakan produk software berbagi layar yang paling populer. Melihat daftar fitur yang ditawarkan TeamViewer akan membuat Anda bertanya-tanya apakah ada sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh software ini. Selain pengendalian perangkat jarak jauh, software berbagi layar ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke perangkat UHD, membuat saluran obrolan grup, atau mencetak dokumen dari jarak jauh.

Jumlah perangkat yang dapat Anda atur dengan TeamViewer tergantung dari paket berlangganan yang Anda miliki, meskipun Anda tidak dapat mengatur lebih dari 500 perangkat jika Anda membeli versi software yang ditujukan untuk tim yang berjumlah besar.

Selain itu, jumlah maksimal peserta rapat dan pengguna yang memiliki izin juga bergantung dari model berlangganan yang Anda pilih. Fitur berbagi layar dapat mendukung perangkat apa pun yang cocok dengan TeamViewer.

Kelebihan

  • Memberikan akses antar platform
  • Memberikan pengguna pengendalian secara penuh untuk perangkat jarak jauh
  • Kemampuan berbagi layar yang sangat baik
  • Menyimpan semua dokumen rahasia secara aman

Kekurangan

  • Lebih mahal jika dibandingkan dengan produk software berbagi layar yang lainnya
  • Tidak ditujukan untuk pengguna yang belum berpengalaman

2. Mikogo

Harga: Gratis, paket harga mulai dari $14.00 per bulan

Kompatibilitas: Windows, macOS, Android, iOS, web

Konferensi suara, papan tulis multi pengguna atau penjadwalan sesi hanyalah beberapa di antara banyak peralatan kolaborasi yang ditawarkan di software ini. Selain melihat rapat dari desktop klien, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Mikogo di Android atau iOS untuk ikut serta dalam rapat.

Fitur berbagi layarnya memungkinkan Anda untuk memilih jendela aplikasi yang ingin Anda bagikan, sedangkan fitur banyak monitor dapat menampilkan hingga empat layar secara bersamaan.

Selain itu, Anda dapat merekam panggilan VoIP, menampilkannya di Session Player dan menentukan apakah Anda ingin mengonversinya menjadi video. Software ini memungkinkan pengguna untuk mengirim file yang memiliki ukuran hingga 200MB atau bertukar pesan obrolan dengan cepat.

Paket harga Standar hanya mendukung sesi yang memiliki satu peserta, dan Anda harus mendapatkan paket berlangganan Professional atau Team jika Anda ingin menyelenggarakan rapat dengan peserta yang berjumlah hingga 25 orang.

Kelebihan

  • Membuat sesi penjadwalan menjadi mudah
  • Dilengkapi dengan berbagai peralatan kolaborasi
  • Memungkinkan pengguna untuk memilih jendela aplikasi yang ingin mereka bagikan
  • Menawarkan fitur untuk mengganti pembawa acara

Kekurangan

  • Tidak cocok untuk rapat besar yang memiliki lebih dari 25 peserta
  • Tidak dapat mengirim file yang lebih dari 200MB

3. join.me

Harga: Tersedia uji coba secara gratis, paket harga mulai dari $10 per bulan

Kompatibilitas: macOS, Windows, iOS, Android

Platform konferensi video ini memungkinkan semua pengguna aplikasi ini untuk berbagi layar hanya dengan satu klik. Yang perlu Anda lakukan hanya mengklik tombol Broadcast setelah rapat dimulai dan peserta akan dapat melihat semua tindakan yang Anda lakukan di komputer Anda.

Selain fitur konferensi video, Join.Me juga dilengkapi dengan peralatan konferensi audio yang memungkinkan Anda untuk menelepon nomor konferensi lokal di lebih dari lima puluh negara, mematikan suara pembicara tertentu atau saling bertukar pembicara aktif.

Software berbagi layar ini membiarkan Anda untuk membuat tautan khusus untuk rapat Anda atau bahkan mengganti latar belakang rapat. Fitur papan tulis dirancang untuk meningkatkan kolaborasi antara para peserta dengan menawarkan jumlah ruang yang tidak terbatas di mana ide-ide dapat tertuliskan. Bagian terbaik dari Join.Me adalah aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berbagi layar hingga 250 orang.

Kelebihan

  • Kemampuan konferensi video dan audio yang baik
  • Proses penjadwalan yang mudah
  • Berbagi layar tersedia di semua model berlangganan
  • Peralatan kolaborasi yang bagus

Kekurangan

  • Me tidak mempunyai versi gratis
  • Pilihan merekam tidak tersedia di semua paket berlangganan

4. ShowMyPC

Harga: Gratis, pilihan harga mulai dari $14.00 per bulan

Kompatibilitas: Windows, Linux, macOS

Kemampuan atau tampilan antarmuka software ini jauh dari kata mengesankan. Desain yang sudah kuno membuat ShowMyPC susah untuk digunakan, sedangkan layanan Remote Support dan Meeting hanya menawarkan peralatan kolaborasi dasar. Meskipun berbagi layar dengan ShowMyPC tidak memerlukan banyak usaha, Anda mungkin akan lebih suka menggunakan beberapa aplikasi yang lain untuk berbagi layar komputer Anda.

Peserta dari rapat yang Anda selenggarakan dengan software berbagi layar ini tidak dapat melakukan banyak hal selain hanya melihat layar pembawa acara. Mengobrol, berbagi file atau merekam rapat tidak memungkinkan di sini, sedangkan jumlah maksimal rapat yang dapat dilakukan secara bersamaan tergantung dari paket berlangganan yang Anda pilih. Selain itu, tidak ada pilihan konferensi audio untuk berbicara, yang membatasi pilihan konferensi Anda. ShowMyPC adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari sofware yang memungkinkan Anda berbagi layar atau mengakses komputer dari jauh.

Kelebihan

  • Akses yang mudah ke komputer rumah dan kantor
  • Tautan undangan dapat dibuat secara otomatis
  • Menawarkan fitur papan tulis
  • Durasi rapat yang tidak terbatas

Kekurangan

  • Tidak ada pilihan merekam video
  • Pilihan peralatan kolaborasi yang buruk

5. VNC Connect

Harga: Gratis, pilihan harga mulai dari $3.34

Kompatibilitas: Windows, Linux, macOS

VNC Connect adalah software akses jarak jauh yang memungkinkan Anda untuk menggunakan mouse dan keyboard untuk mengontrol komputer dari jarak jauh. Aplikasi ini tidak membatasi jumlah pengguna yang terhubung, dan memungkinkan Anda untuk mengobrol, mengirim file, atau mencetak dokumen di perangkat yang berbeda. VNC Connect dilengkapi dengan teknologi streaming yang membuat orang menonton video, CAD modeling, dan menelusuri web lebih cepat.

Perangkatnya terhubung dengan konektivitas cloud di mana pun mereka berada, dan Anda dapat mengakses komputer dari perangkat ponsel dan sebaliknya. Semua sesi Anda telah dilindungi oleh enkripsi sesi AES 256-bit yang membuat seluruh kegiatan aman, jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan data Anda. Namun, VNC Connect tidak ditujukan untuk bisnis yang ingin berbagi layar selama rapat, tetapi lebih ke organisasi yang ingin mengontrol banyak perangkat dari jarak jauh.

Kelebihan

  • Pengaturan jarak jauh dari perangkat yang berbeda
  • Teknologi streaming bawaan yang berkecepatan tinggi
  • Mendukung cloud dan koneksi langsung
  • Autentikasi multi faktor

Kekurangan

  • Tidak ada pilihan konferensi video
  • Membutuhkan pengalaman dalam menggunakan produk software yang mirip sebelumnya

6. AnyDesk

Harga: Gratis, paket harga mulai dari $9.00 per bulan

Kompatibilitas: Windows, macOS, Android, Linux, iOS, Chrome OS, Raspberry Pi

Jika Anda mencari software yang memungkinkan Anda untuk mengakses komputer dari jarak jauh dan berkolaborasi dengan anggota tim pada saat yang sama, maka AnyDesk adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Software berbagi layar ini memungkinkan Anda untuk mengakses perangkat yang berbeda terlepas dari seberapa jauh Anda dari mereka. AnyDesk memiliki jumlah latensi minimum, yang artinya hampir tidak ada jeda antara kedua perangkat.

Mengundang Orang di Dead Simple Screen Sharing

Software ini juga dilengkapi dengan peralatan kolaborasi yang memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan rapat secara online, mengerjakan dokumen dengan rekan kerja Anda atau mengadakan presentasi. Selain itu, AnyDesk memiliki fitur mengirim file bawaan sehingga Anda dapat dengan mudah berbagi file ukuran besar dengan anggota tim Anda yang lain. Terlebih lagi, software ini menampilkan gambar dengan 60 fps di jaringkan lokal dan hampir semua jenis koneksi internet. 

Kelebihan

  • Ringan dan mudah diinstal
  • Menawarkan papan tulis di layar
  • Mengirim file dengan cepat dan mudah
  • Menyediakan kontrol jarak jauh Perangkat Seluler ke PC

Kekurangan

  • Lebih mahal dibandingkan kompetitor
  • Paling cocok untuk organisasi berskala besar

Tips untuk Berbagi Layar dengan Lebih Baik

Memastikan bahwa kolaborasi virtual berjalan dengan baik dapat mempengaruhi keseluruhan rapat, oleh karena itu penting untuk menghindari kesalahan yang dapat mengganggu jalannya sebuah rapat. Berikut adalah beberapa tips berbagi layar yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas selama konferensi video.

1. Menonaktifkan notifikasi desktop

Pesan pribadi atau pemberitahuan desktop lainnya dapat mengalihkan perhatian para peserta, dan karena alasan itu, akan lebih baik untuk mematikan pemberitahuan desktop ketika menyelenggarakan rapat di mana Anda berencana untuk membagikan layar komputer Anda.

2. Jangan buka program yang tidak akan Anda gunakan dan pilih layar yang ingin Anda bagikan

Desktop yang berantakan hanya akan membuat kebingungan di dalam rapat, karena peserta dapat mengalami kesulitan untuk fokus hanya pada satu jendela aplikasi. Tutup semua program dan dokumen yang tidak Anda butuhkan ketika sedang berbagi layar Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang tertata rapi.

3. Periksa kembali presentasi sebelum membagikannya

Pelajari presentasi yang akan Anda bagikan ke peserta rapat sebelum rapat dimulai. Dengan begitu Anda akan terbiasa dengan konten dari presentasi Anda dan memeriksa kembali apakah ada informasi penting yang hilang.

Kesimpulan

Berbagi layar adalah peralatan kolaborasi online yang semakin penting karena semakin banyaknya bisnis yang menggunakan platform konferensi video. Produk Software seperti Screenleap, Join.Me atau AnyDesk membuat fitur berbagi layar atau mengakses komputer dari jarak jauh jadi terlihat mudah. Jadi, manakah produk software berbagi layar gratis terbaik yang akan Anda pilih? Tinggalkan komentar di bawah ini dan beritahu kami.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.