filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Record Google Meet Video on Windows and Mac
  • Free AR stickers for celebration and personality
  • Capture video with stable recording experience
  • Stunning title templates, elements and effects for recorded video

Bagaimana Cara Merekam Google Meet secara Gratis?

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Google Meet adalah layanan komunikasi video yang ditawarkan oleh Google. Pengguna Google Meet dapat menikmati panggilan video dengan kualitas tinggi. Selain itu, aplikasi canggih Google Meet memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan video konferensi. Terlebih lagi, aplikasi ini kompatibel dengan platform iOS dan Android pada smartphone.

Tetapi pernahkah Anda bertanya-tanya apakah Google Meet memperbolehkan Anda untuk merekam kelas online atau rapat bisnis yang sedang berlangsung? Kabar baiknya adalah ya, ia memperbolehkan penggunanya untuk merekam sesi video di Google Meet.

Berikutnya Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara merekam Google Meet tanpa perlu mengikuti langkah-langkah yang rumit. Nah, artikel ini akan memberikan Anda penjelasan yang detail tentang bagaimana cara merekam di Google meet.


Bagian 1: Syarat untuk Merekam Google Meet

Anda dapat merekam sesi video Google Meet baik di laptop maupun smartphone Anda. Namun, tidak semua orang di Google meet bisa merekam video ataupun audio rapat. Jadi, Anda harus memenuhi beberapa syarat yang spesifik sebelum dapat menikmati fitur merekam di Google Meet. Bagian selanjutnya dari artikel ini akan menjelaskan syarat untuk dapat merekam sesi Google Meet.

1. Izin dari Administrator Google

Fitur merekam harus diaktifkan di akun administrator Google. Setelah merekam diizinkan, Anda dapat merekam di Google meet baik sebagai penyelenggara maupun peserta rapat.

2. Akun Workspace

Fitur merekam tidak tersedia untuk akun Gmail biasa. Jadi, Anda memerlukan akses ke akun pendidikan, bisnis, atau workspace yang standar. Selain itu, edisi workspace juga ditawarkan dalam kategori perusahaan dan fakultas pengajaran.

3. Mikrofon yang Berfungsi

Mikrofon Anda harus dalam kondisi berfungsi saat Anda mulai merekam sesi Google Meet. Namun, jika Anda hanya ingin merekam layar tanpa audio, maka Anda dapat melanjutkan proses rekaman.

Kami telah menemukan beberapa solusi untuk merekam video Google Meet di ponsel, periksa artikel ini: Cara Merekam Video Google Meet di iPhone dan Android.


Bagian 2: Merekam Google Meet di Desktop sebagai Penyelenggara?

Sesi Google Meet dapat diakses dengan mudah di desktop. Saat Anda mengadakan rapat, merekam sesi akan memberikan Anda beberapa manfaat. Dari konferensi video hingga presentasi, semuanya dapat direkam. Terdengar menarik? Biarkan kami memberi tahu Anda cara merekam di Google Meet dalam beberapa langkah sederhana.

Langkah 1: Luncurkan situs web dan buatlah sebuah ruang rapat.

Akses situs resmi Google Meet dengan menelusuri https://meet.google.com/ di browser Anda. Klik rapat baru untuk membuat ruang rapat.

Catatan: Anda perlu memastikan bahwa Anda telah masuk ke akun administrator untuk mengatur rapat.

Langkah 2: Tambahkan peserta

Klik opsi Tambah Lainnya untuk memanggil peserta lain ke dalam rapat. Atau bagikan tautan Google Meet untuk meminta orang lain bergabung.

Catatan: Setelah ruang rapat dibuat, Anda dapat mengundang peserta lain untuk bergabung dengan tautan undangan. Tautan undangan dapat disalin dan dikirim ke teman, anggota keluarga, dan kolega Anda lewat Whatsapp, Facebook, atau aplikasi pesan lainnya.

Menambah peserta lain ke pertemuan rapat Google Meet

Langkah 3: Mulai merekam

Klik tombol Aktivitas di bagian kanan bawah layar, pilih merekam, dan tekan mulai merekam.

Merekam video Google Meet

Catatan: Tampilan antarmuka merekam hanya akan muncul untuk akun workspace. Jadi, jika Anda telah membuat sesi Google Meet menggunakan akun Gmail biasa, Anda mungkin akan melihat informasi seperti di bawah ini setelah mengklik tombol Merekam.

Merekam di akun reguler Google Meet

Bagian 3: Bagaimana Cara Merekam Google Meet sebagai Peserta?

Semua yang terlihat di Google Meet dapat direkam dengan tampilan layar dan mikrofon yang berfungsi. Seperti aplikasi konferensi video lainnya, Google Meet juga memungkinkan peserta merekam aktivitas Google Meet jika administrator mengaktifkan fitur merekam. Jadi, tidak masalah apakah Anda yang mengadakan rapat atau bukan; karena video rapat masih dapat direkam sekalipun Anda bergabung dalam konferensi sebagai peserta. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara merekam aktivitas Google Meet, mari kita lihat langkah-langkah sederhana di bawah ini.

Langkah 1: Bergabung ke rapat.

Bergabung ke sesi rapat melalui tautan undangan atau masukkan kode rapat di kotak yang ada di samping pilihan mulai rapat.

Catatan: Rapat disediakan untuk peserta oleh penyelenggara rapat. Anda juga dapat menyalin dan menempelkan kode di dalam kotak untuk bergabung ke rapat.

Bergabung ke Google Meet

Langkah 2: Mulai merekam

Klik pada tiga titik untuk memunculkan sebuah pop-up. Klik Mulai Merekam yang muncul di bagian atas daftar.

Catatan: Pilihan merekam mungkin bisa saja tidak muncul jika dinonaktifkan atau Anda tidak masuk ke akun workspace Anda.

Rekam video Google Meet

Langkah 3: Minta persetujuan untuk merekam

Mintalah persetujuan dari peserta lain, termasuk penyelenggara untuk merekam sesi.

Catatan: Anda perlu mengklik Terima pada notifikasi yang muncul.

Bagian 4: Mengaktifkan Cara Merekam sesi Google Meet

Tidak dapat disangkal kalau merekam sesi Google meet sangatlah bermanfaat. Anda dapat menggunakan materi yang direkam untuk melatih siswa dan profesional lainnya di kemudian hari. Selain itu, rekaman video juga membantu Anda mengingat kembali diskusi dalam sesi tersebut.

Selain itu, seseorang dapat membuat catatan dari aktivitas yang direkam. Singkatnya, fitur merekam Google Meet membantu Anda dalam banyak hal. Namun, fitur tersebut perlu diaktifkan terlebih dahulu. Baca terus untuk mengetahui cara mengaktifkan fitur merekam di Google Meet.

Langkah 1: Masuk sebagai administrator

Ketik Admin.google.com di browser Anda. Masukkan kredensial akun administrator Anda dan klik masuk. Hanya akun workspace yang dapat ditambahkan untuk bisa masuk.

Langkah 2: Akses Google Meet di konsol admin

Klik aplikasi lalu klik G suite. Pilih Google Meet dari daftar.

Langkah 3: Aktifkan tombol Merekam

Klik Merekam dari opsi yang muncul di layar

Aktifkan fitur merekam di video Google Meet

Bagian 5: Ke mana Perginya Rekaman Google Meet?

Anda harusnya sudah mengerti dengan cukup jelas tentang cara merekam aktivitas Google Meet. Namun, di mana rekaman ini disimpan adalah pertanyaan yang masih belum terjawab. Anda dapat menemukan tempat penyimpanan video yang telah direkam lewat langkah-langkah yang diberikan di bawah ini.

1. Periksa kotak surat Anda

Masuk ke akun workspace yang Anda gunakan untuk merekam aktivitas Google Meet. Temukan email dengan tautan rekaman video.

Temukan rekaman video Google Meet

Catatan: Ini hanyalah salah satu cara untuk mengakses rekaman. Namun, Anda juga dapat mencari rekaman langsung di Google drive Anda, seperti yang dijelaskan selanjutnya.

2. Kunjungi akun Google Drive Anda

Jika Anda adalah penyelenggara rapat, Anda dapat memeriksa rekaman rapat di akun Google Drive Anda. Klik opsi Drive Saya yang muncul di sisi kiri panel. Klik folder Rekaman Meet lalu pilih rekaman yang ingin Anda putar, bagikan, dan Download.

Temukan rekaman video Google Meet di Google Drive

Bagian 6: Bagaimana Cara Berbagi dan Mendownload Rekaman Google Meet?

Google meet juga memungkinkan Anda untuk berbagi dan mendownload aktivitas yang direkam untuk memaksimalkan manfaat dari aplikasi penghubung ini. Jika Anda ingin menguasai keahlian ini, berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti!

Langkah 1: Buka Drive Saya yang terhubung ke akun workspace

Cari folder bernama Rekaman Meet dan buka folder tersebut.

Langkah 2: Temukan rekaman Google Meet

Semua rekaman Google Meet akan muncul. Pilih video yang ingin Anda bagikan dan download. Tekan ikon Bagikan dari menu yang ada di bagian atas.

Catatan: Anda juga dapat mengklik kanan pada file yang direkam dan memilih opsi Bagikan di daftar menu.

Bagikan rekaman Google Meet

Langkah 3: Download file rekaman

Klik pada opsi tiga titik dari menu di bagian atas dan pencet tombol Download. File akan mulai didownload dan akan tersimpan di folder download Anda.

download Rekaman Google Meet

Bagian 7: Bagaimana Cara Merekam Google Meet sebagai Peserta Tanpa Izin Penyelenggara/G Suite?

Biasanya, peserta memerlukan izin penyelenggara untuk merekam sesi Google Meet. Begitu pula sebalinya, mereka juga memerlukan G suite untuk mengakses dan mengaktifkan fitur merekam di Google Meet. Mereka yang tidak memiliki akun workspace tetap tidak dapat merekam sesi tersebut.

Namun, Anda tidak perlu kecewa ketika Anda memiliki akses ke alat perekam layar seperti Wondershare Filmora X. Filmora berfungsi sebagai perekam layar yang terpercaya untuk Google Meet. Ingin tahu lebih banyak tentang cara merekam sesi Google Meet di laptop? Jika iya, ikuti langkah-langkah sederhana yang ada di bawah ini.

Langkah 1: Bergabunglah atau buat sesi Google Meet

Masuk ke akun Google Anda dan buat ruang rapat atau bergabung dengan sesi rapat yang sudah berlangsung.

Langkah 2: Luncurkan Filmora

Klik pada ikon Filmora dan tekan tombol Rekam di sebelah opsi Impor. Pilih Rekam Layar PC dari daftar opsi yang ada di menu rekam.

Merekam video Google Meet dengan Filmora

Langkah 3: Sesuaikan pengaturan untuk merekam

Pilih mode layar penuh dari menu Kustom untuk mendapatkan kualitas rekaman Google Meet yang terbaik. Untuk detail lebih lanjut tentang penggunaan Filmora, baca artikel ini: Cara merekam layar di desktop.

Tonton video di bawah ini untuk mengetahui detail lebih lanjut tentang merekam layar dengan Wondershare Filmora.

Download Versi Windows Download Versi Mac

Pertanyaan yang sering diajukan tentang merekam Google Meet secara gratis:

1. Mengapa saya tidak dapat merekam Google Meet?

Karena fitur merekam tidak tersedia untuk akun reguler, Anda harus memiliki akun workspace untuk dapat merekam sesi pertemuan.

2. Bisakah saya merekam pertemuan Google tanpa izin penyelenggara?

Ya, Anda dapat merekam aktivitas Google Meet tanpa izin penyelenggara. Salah satu cara paling umum dan mudah adalah merekam sesi Google Meet melalui alat dan software eksternal seperti Filmora.

3. Mengapa saya tidak dapat menemukan tombol rekam di Google meet?

Opsi merekam mungkin dinonaktifkan di pengaturan Google Meet Anda. Jadi, Anda perlu mengakses akun administrator Anda dan memeriksa pengaturan Google Meet untuk melihat apakah fitur merekam diaktifkan atau tidak.

Kesimpulan

Semoga Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang paling sering diajukan, yaitu bagaimana cara merekam sesi video Google Meet. Kami telah menyebutkan teknik termudah untuk menguasai cara ini. Selain itu, jika Anda tidak dapat menikmati fitur merekam Google Meet karena tidak tersedianya workspace atau akun berlisensi, rekomendasi kami adalah merekam rapat menggunakan aplikasi eksternal seperti Filmora. Jadi, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari diskusi, partisipasi, pelatihan, atau aktivitas lainnya di Google Meet, Anda tentunya perlu merekam sesi tersebut.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.