filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Record Google Meet Video on Windows and Mac
  • Free AR stickers for celebration and personality
  • Capture video with stable recording experience
  • Add stunning elements, titles and effects to recorded video

Bagaimana Cara Rekam Google Meet di Ponsel? [2022]

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Download Versi WinDownload Versi Mac

Memakai Google Meet di telepon bisa menjadi hal yang menyenangkan baik bagi pelajar maupun komunitas bisnis. Bahkan jika Anda sedang bepergian, dengan membawa ponsel berarti Google Meet bisa diakses dengan sangat mudah. Anda akan senang mengetahui bahwa sekarang Anda bisa bergabung ke rapat lewat Google Meet menggunakan ponsel dan merekamnya.

Untungnya, pengguna iPhone dan Android bisa merekam aktivitas layar di Google Meet. Dengan demikian, sudah lama berlalu masa ketika orang-orang dulu merasa enggan memakai Google Meet di telepon. Anda bisa rekam layar melalui perangkat bawaan atau aplikasi eksternal. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara rekam Google Meet di ponsel, artikel di bawah ini akan layak untuk dibaca. Mari mulai sekarang juga.


Bagian 1: Sebelum Merekam Google Meet di Ponsel sebagai Tuan Rumah/Peserta?

Sesi video Google Meet bisa direkam di perangkat iPhone dan Android. Namun, Anda harus memenuhi persyaratan khusus sebelum Google Meet mengizinkan aktivitas rekam layar Anda. Mari kita lihat semua persyaratan secara satu per satu dan ketahui cara rekam Google meet di ponsel sebagai peserta atau tuan rumah.

1. Bergabunglah dengan sesi Google Meet

Anda harus bergabung ke ruang rapat melalui tautan atau kode undangan. Jika Anda adalah tuan rumah, satu-satunya pilihan adalah membuat sesi rapat Anda sendiri. Singkatnya, Anda harus menjadi bagian dari sesi rapat untuk rekam sesi Google Meet di ponsel Anda karena tidak akan ada orang lain selain peserta yang bisa merekam sesi tersebut.

2. Dapatkan izin dari administrator.

Rekaman harus diaktifkan di dalam setelan administrator Google. Jika tidak, Anda tidak akan bisa merekam di Google Meet.

3. Aplikasi perekaman layar eksternal

Jika fitur rekam layar bawaan Google Meet tidak bisa diaktifkan karena Anda tidak memakai akun tempat kerja, Anda harus merekam aktivitas layar melalui perangkat eksternal.

4. Mikrofon, panel layar, dan kamera yang berfungsi

Terutama, mikrofon dan panel layar terlibat dalam perekaman sesi video Google. Jadi, semua perangkat harus operasional. Sekaligus, jika Anda juga ingin rekam cuplikan dari kamera Anda, ponsel cerdas Anda juga diharuskan berfungsi.

Ingin rekam rapat video Google Meet di laptop? Kamu bisa membaca cara rekam Google Meet secara gratis untuk ketahui bagaimana caranya.


Bagian 2: Cara Rekam Google Meet di Ponsel Android dengan Fitur Perekaman Layar bawaan?

Catatan: Google Meet dilengkapi dengan fitur perekaman bawaan, tetapi aksesnya terbatas untuk pengguna dengan akun tempat kerja. Jadi, Anda akan menemukan fitur perekaman dinonaktifkan saat tidak memakai akun yang tepat. Terlebih lagi, fitur perekaman hanya tersedia di komputer, yang berarti Anda tidak bisa rekam video Google Meet di perangkat seluler meskipun Anda memakai akun ruang kerja.

Namun, Anda bisa rekam Google Meet di ponsel Android dengan fitur perekaman layar bawaan perangkat. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk rekam Google Meet di ponsel Android lewat tangkapan layar.

Langkah 1: Bergabunglah di dalam rapat.

Dapatkan tautan undangan. Klik pada gabung setelah membuka tautan bersama.

bergabung di Google Meet di dalam Android

Langkah 2: Nyalakan perekam layar bawaan.

Geser dari atas layar dan kemudian pilih perekam layar dari sisi menu.

aktifkan fitur perekaman layar untuk Google Meet di android

Catatan: Proses pengaktifan perekam layar bawaan bisa bervariasi dari satu ponsel ke ponsel lainnya di Android. Misalnya, pengguna Samsung dan Huawei bisa memakai fitur geser saat akses ke panel pengaturan cepat untuk akses menu perekam layar. Sebaliknya, di beberapa ponsel Android, Anda bisa membuka fitur aksesibilitas untuk mengaktifkan perekaman layar.

Langkah 3: Mulai merekam dan aktifkan mikrofon

Buka sesi Google Meet saat perekaman dimulai. Klik pada simbol mikrofon untuk rekam aktivitas layar dengan audio.

rekam rapat video google meet di android anda

Langkah 4: Berhenti merekam

Klik tombol merah untuk berhenti merekam. Anda bisa melihat pesan seperti "Rekaman disimpan ke galeri" di bagian bawah layar. Karena itu, silahkan cari video yang direkam di galeri.


Bagian 3: Cara Rekam Google Meet di iPhone dengan Fitur Perekaman bawaan?

Tidak hanya ponsel Android, perekam layar bawaan juga tersedia untuk pengguna iPhone. Fitur ini bisa digunakan untuk merekam sesi konferensi video Google Meet. Sekarang, Anda pasti ingin tahu caranya rekam Google Meet di iPhone? Jadi, jawabannya adalah, seperti ponsel Android, fitur perekaman Google Meet juga dinonaktifkan di iPhone. Oleh karena itu, merekam melalui perekam layar bawaan lebih mudah untuk merekam aktivitas Google Meet di iPhone. Mari kita buat ringkasan prosedur dalam langkah-langkah yang sederhana.

Langkah 1: Bergabunglah dengan rapat dan buka pusat kontrol/kendali

Geser dari bagian bawah layar iPhone Anda setelah bergabung dengan sesi Google Meet. Klik pada lingkaran merah untuk mulai merekam.

mulai merekam google meet di iPhone

Catatan: Proses untuk akses pusat kontrol/kendali mungkin tidak akan sama di model yang berbeda. Misalnya, Anda menggeser dari sudut kanan layar di iPhone X untuk membuka pusat kendali.

Langkah 2: Aktifkan perekaman

Klik pada tombol merah dan buka jendela Google Meet. Tekan bilah status merah yang muncul di bagian atas layar.

mulailah rekam google meet di iPhone

Catatan: Berkas yang direkam akan secara otomatis disimpan di galeri iPhone saat Anda menghentikan rekaman layar.

Bagian 4: Aplikasi Terbaik untuk Merekam Google Meet di iPhone dan Android

Pernahkah Anda berpikir tentang cara rekam Google meet di ponsel dengan audio saat Anda tidak mengaktifkan fitur perekaman di Google Meet atau punya fitur perekam layar bawaan di iPhone atau Android Anda? Jika ya, Anda telah sampai di halaman yang tepat. Aplikasi eksternal adalah pilihan terakhir ketika Anda menghadapi situasi seperti itu. Kami sampaikan kepada Anda lewat beberapa aplikasi terbaik untuk merekam sesi Google Meet.

1. AZ Screen Recorder

AZ Screen recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar Android yang paling terkenal. Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh dari Google Play Store, dan aplikasi gratis. Namun, Anda harus membayar IDR 45.719. untuk versi pro karena beberapa fitur mungkin tidak akan tersedia dalam bentuk versi gratis. Perekam layar ini bisa membantu Anda merekam konten di Google Meet.

 aplikasi perekam video google meet - AZ Screen Recorder

Pelajari detail selengkapnya tentang perekam video Google Meet ini di sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.hecorat.screenrecorder.free&hl=en_US&gl=US.

Fitur Utama

  • Tergabung dengan editor video bawaan
  • Menawarkan tombol overlay untuk mulai dan hentikan sesi rekaman
  • Beberapa fitur perekaman

Kelebihan

  • Tidak ada watermarks
  • Itu tidak memerlukan root
  • Tidak ada batasan waktu dalam rekaman layar

Kekurangan

  • Tidak ada fitur lanjutan dalam editor video bawaan

2. Kimcy929 Screen Recorder

Aplikasi ini adalah alat perekam layar sederhana lainnya yang didukung dengan multibahasa. Selain merekam, Anda juga bisa mengambil tangkapan layar di perekam layar ini. Selain itu, video yang direkam juga bisa diedit memakai fitur pengeditan tingkat dasar. Jadi, jika Anda ingin tahu cara rekam Google Meet di ponsel dengan mudah, perekam layar Kimcy 929 adalah pilihan yang layak dicoba.

 aplikasi perekam video google meet - Kimcy929 Screen Recorder

Fitur Utama

  • Mendukung kamera depan dan belakang perangkat ponsel Android
  • Hadir dengan tombol ajaib sederhana
  • Mendukung sistem suara internal perangkat ponsel Android

Kelebihan

  • Edit fitur hamparan
  • Teks cepat dan keterangan
  • Logo dan tema bawaan

Kekurangan

  • Versi pro berbayar

3. Super Screen Recorder

Aplikasi ini adalah perekam layar yang unggul yang membuat pengguna bisa tangkap aktivitas layar di Google Meet di ponsel Android dan iPhone. Mendukung berkas video output dengan resolusi tinggi. Juga tidak akan ada batasan waktu saat merekam layar melalui aplikasi ini. Jadi, Anda bisa menikmati rekaman sesi Google Meet tanpa batas waktu.

 aplikasi perekam video google meet - Super Screen Recorder

Untuk pengguna iPhone, klik di sini untuk mengunduhnya https://apps.apple.com/us/app/super-screen-recorder/id1470015029#?platform=iphone.

Untuk pengguna Android, Anda bisa mendapatkannya dari sini: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tianxingjian.screenshot&hl=en_US&gl=US.

Fitur Utama

  • Hadir dengan perangkat pengeditan dasar
  • Jeda dan lanjutkan opsi rekaman
  • Bisa untuk tambahkan logo atau merek dagang Anda

Kelebihan

  • Tidak ada watermark bawaan
  • Aplikasi gratis
  • Tidak memerlukan rooting

Kekurangan

  • Tidak bebas iklan

4. TechSmith Capture

Fitur ini adalah salah satu aplikasi perekam layar populer untuk menangkap aktivitas layar Google Meet di iPhone Anda. Jadi, jika fitur perekam layar bawaan ponsel Anda tidak berfungsi karena suatu alasan tertentu, Anda bisa memakai aplikasi ini. Fitur ini mendukung mikrofon Anda, hingga Anda juga bisa tambahkan narasi ke video saat menjalani proses perekaman. Mari kita ketahui lebih banyak mengeai fitur utama, kelebihan, dan kekurangan.

 aplikasi perekam video google meet - TechSmith Capture

Anda bisa mendapatkannya di sini: https://apps.apple.com/us/app/techsmith-capture/id1266321056.

Fitur Utama

  • Dilengkapi dengan perpustakaan terorganisir simpan berkas yang direkam
  • Antarmuka yang sederhana dan ramah bagi pengguna
  • Bisa ekspor langsung ke TechSmith Camtasia, dimana video bisa diedit dan peningkatkan lebih lanjut

Kelebihan

  • Opsi ulasan instan
  • Gratis di Apple store
  • Rekaman layar dalam mode yang berbeda

Kekurangan

  • Hanya kompatibel dengan iPhone dan iPad

5. Record It

Aplikasi ini memungkinkan rekaman audio dan video secara simultan dari sesi Google Meet di iPhone Anda. Jadi, jika Anda ingin rekam Google Meeting untuk melatih rekan kerja Anda atau berbagi rekaman aktivitas sebagai tutorial di situs media sosial, aplikasi ini adalah punya semua yang Anda butuhkan.

 aplikasi perekam video google meet - Record It

Anda bisa unduh langsung dari sini: https://apps.apple.com/us/app/record-it-screen-recorder/id1245356545#?platform=iphone.

Fitur Utama

  • Hadir dengan satu tombol ketuk untuk memulai rekaman
  • Memungkinkan pangkas video dalam pengedit video yang canggih
  • Pengembang menyediakan panduan langkah-langkah dan video tutorial

Kelebihan

  • Fitur bawaan deteksi Reaksi wajah
  • Kecepatan pemutaran yang bisa disesuaikan
  • Termasuk filter video

Kekurangan

  • Menawarkan pembelian dalam aplikasi

Bonus: Rekam Video Google Meet dengan Wondershare Filmora

Wondershare Filmora adalah program edit video yang mudah digunakan namun unggul dalam menyediakan rekaman layar, rekaman webcam, dan perangkat perekam pengisi suara. Anda bisa rekam layar video Google Meet, audio, dan webcam secara bersamaan. Terlebih lagi, Anda bisa atur Pengatur Waktu Rekam untuk berhenti merekam pada waktu yang diinginkan. Tentu saja, Anda bisa juga tampilkan klik mouse dalam rekaman dengan suara klik. Unduh sekarang dan mulai rekaman video Google Meet.

Download Versi Win Download Versi Mac

Kesimpulan

Peran Google Meet dalam mengubah lanskap digital dunia tidak bisa akan bisa dipungkiri. Namun, pengguna yang tidak mengetahui metode yang bisa merekam layar untuk mereka selama rapat virtual di Google Meet berjalan tidak sepenuhnya mendapatkan manfaat dari kreasi mahakarya ini. Kami memberikan arahan kepada pembaca kami tentang rekaman layar dan juga caranya di ponsel pintar Android atau iPhone mereka. Jadi, sekarang Anda tahu cara rekam Google Meet di ponseldalam beberapa langkah sederhana dan tanpa adanya kerumitan.

Download Versi Win Download Versi Mac

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.