filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best 4K video editing software for beginners with powerful tools.
  • Support editing 4k videos
  • Stabilize shaky video footage with one click
  • Various filter and overlay effects to touch up your video

Ponsel 8K Terbaik di 2022

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Resolusi yang dapat ditangkap oleh kamera Smartphone terus meningkat selama dekade terakhir. Itulah mengapa tidak mengherankan bahwa lebih dari sebulan yang lalu, Samsung merilis ponsel pintar pertamanya yang dapat merekam video dalam resolusi 8K.

Namun, ukuran rekaman 8K masih menjadi masalah besar, karena video 8K yang berlangsung hanya 5 menit dapat mengambil lebih dari 3GB ruang penyimpanan pada kartu memori. Meskipun demikian, Smartphone yang mampu merekam video dalam resolusi tinggi seperti itu memperluas cakupan pilihan Anda selama sesi perekaman video dan selama proses pengeditan video. Jadi, dalam artikel ini, kita akan melihat ponsel 8K terbaik di tahun 2021.

Smartphone 8K Tersedia di 2021

Masih ada beberapa opsi yang tersedia di pasaran jika Anda mencari ponsel yang dapat merekam video 8K. Terlebih lagi, menemukan kamera, monitor atau TV tempat Anda dapat menonton video 8K masih sulit, karena hanya segelintir produsen yang menawarkan model yang menyediakan dukungan 8K. Inilah yang ditawarkan ponsel 8K di 2021.

1. Samsung seri S20

Pada 11 Februari 2021, Samsung membuat ponsel dari seri S20 tersedia secara komersial, dan saat ini, Anda dapat memilih antara model S20, S20+, dan S20 Ultra. Meskipun daftar fitur sedikit berbeda dari satu model ke model lainnya, masing-masing dari mereka memungkinkan Anda untuk merekam video dalam resolusi 8K.

samsung galaxy seri s20 ponsel 8k

Di bawah ini adalah uji video 8K Kamera 108 megapiksel baru di Galaxy S20 Ultra dari YouTuber Dom Esposito, Anda dapat melihat tampilannya:

S20 dan S20+ memiliki kamera depan 40MP, sedangkan kamera belakang ponsel menawarkan gabungan 108MP yang memastikan bahwa setiap video yang Anda rekam dengan ponsel seri Samsung S20 mana pun akan memiliki kualitas yang hebat.

Namun, Depth Vision Camera hanya tersedia pada model S20+ dan S20 Ultra, sementara semua model dilengkapi dengan teknologi optik stabilisasi gambar yang kuat.

Di bawah ini adalah uji stabilisasi video antara Galaxy S20 Ultra dan iPhone 11 Pro Max oleh YouTuber Danny Winget, ayo lihat:

Selain itu, ada berbagai mode kamera yang dapat dipilih, yang memungkinkan Anda memotret super lambat dan video gerak lambat pada 240 frame per detik, video hyper-lapse atau live focus.

Namun, fitur perekaman HDR 10+ masih dalam tahap beta dan hanya tersedia di kamera belakang. Model S20, S20+, dan S20 Ultra memiliki RAM 8, 12, atau 16 GB, dan Anda dapat memilih di antara model yang menawarkan ruang penyimpanan 128GB, 256GB, dan 512GB.

Cek Harga dan Spesifikasi Ponsel Seri S20 lainnya di Situs Resmi Samsung

2. Xiaomi Mi 10 Pro

ponsel 8k xiaomi mi 10 Pro

Sama seperti model Samsung S20, Xiaomi Mi 10 Pro dilengkapi dengan kamera quad 108MP yang dapat merekam video dalam resolusi 8K. Apalagi Smartphone ini memiliki kamera selfie 20MP wide-angle f/2.0 yang dapat merekam video 1080p pada 30fps atau video 720p pada 120fps.

Anda dapat memilih dari opsi RAM 8GB dan 12 GB yang disertakan dengan kartu memori 256 GB atau 512 GB, yang memungkinkan Anda merekam video 8K tanpa harus khawatir menggunakan terlalu banyak ruang penyimpanan.

Selain itu, ponsel ini memiliki zoom optik 10x sehingga Anda dapat dengan mudah merekam atau memotret pemandangan apa pun terlepas dari seberapa dekat atau jauh Anda berada. Sensor gambar 1/1,33 dibuat bekerja sama dengan Samsung dan saat ini merupakan salah satu sensor gambar terbesar untuk perangkat seluler yang pernah dibuat.

YouTuber Ahmet Emre telah merekam beberapa Video 8K di Xiaomi Mi 10 Pro 5G. Periksa bagaimana tampilannya:

Xiaomi Mi 10 Pro berkinerja sangat baik di departemen foto dan video, yang menjadikannya pilihan yang sempurna untuk semua pengguna yang ingin menghasilkan gambar berkualitas profesional. Selain menawarkan opsi untuk merekam video dalam resolusi 8K, Xiaomi Mi 10 Pro juga memungkinkan Anda merekam rekaman 4K pada 30fps. Terlebih lagi, Anda dapat memilih untuk memotret pada 30,60, 120, 240, atau 960 fps jika Anda memilih untuk mengambil rekaman dalam resolusi 1080p.

Pelajari lebih detail tentang di Xiaomi

3. Red Magic 3S dari Nubia

ponsel 8K Red Magic 3S dari Nubia

Meskipun ada beberapa Smartphone di pasaran yang menawarkan lebih banyak untuk gamer daripada Red Magic 3S, perangkat ini bukan pilihan yang sempurna jika Anda hanya ingin menggunakannya untuk merekam video 8K. Saat ini, hanya mungkin untuk merekam video 8K pada 15fps, yang jauh lebih rendah daripada rata-rata kecepatan bingkai.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 855 memastikan rendering grafis yang cepat, sementara sistem pendingin cair bertenaga kipas menjaga perangkat tetap dingin bahkan selama sesi permainan yang lama. Red Magic 3S memiliki layar HDR AMOLED dengan kecepatan refresh 90Hz, yang menghilangkan hampir seluruh kelambatan dan gerakan kabur.

Smartphone gaming ini memiliki Sensor Sony IMX586 48MP dan Anda dapat memilih antara model yang memiliki RAM 8GB atau 12GB. Kamera ponsel ini memiliki lensa sudut lebar dengan bukaan F/1.9, yang membuat Red Magic 3S cocok untuk streaming langsung, obrolan video, fotografi, videografi, dan berbagai tujuan lainnya.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan kamera depan 16MP, tetapi tidak seperti Xiaomi Mi 10 Pro dan Samsung S20, Red Magic 3S tidak memiliki pengaturan kamera quad. Meski begitu, model Nubia ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan baik kepada para gamer maupun penggemar video atau fotografi yang ingin menggunakan Smartphone mereka untuk mengabadikan rekaman yang mereka bagikan di media sosial.

Buka situs web resmi untuk mempelajari detail selengkapnya tentang Red Magic 3S.

Ponsel

Kamera belakang

Kamera depan

Kemampuan 8K

Kemampuan 4K

Kemampuan Slow-Motion

Samsung S20

108MP

40MP

24fps

Hingga 60fps

Hingga 24fps

Xiaomi 10

108MP

20MP

24fps

Hingga 60fps

Hingga 240fps

Red Magic S3

48MP, F/1.9

16MP F/2.0

15fps

4K HDR

Hingga 480fps

Aplikasi Pengedit Video yang Direkomendasikan untuk Ponsel 8K Baru Anda

Tidak masalah Anda mencari Aplikasi untuk membuat tayangan slide foto atau membuat video yang tak terlupakan, Anda perlu menginstal editor video yang mudah digunakan namun serbaguna. Untungnya, Wondershare FilmoraGo adalah pilihan tepat mengingat fitur canggihnya dan banyak efek video yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Antarmuka yang intuitif
  2. 1000+ musik unggulan
  3. 6000+ stiker modis, filter & efek
  4. Pembaruan template yang menakjubkan setiap minggu

Kesimpulan

Ponsel cerdas yang mampu merekam video 8K telah hadir, meskipun TV dan monitor 8K masih relatif belakang dan mahal. Selain itu, tidak satu pun dari model tersebut yang memungkinkan pengguna untuk memilih kecepatan bingkai saat mereka merekam video 8K, sementara dengan Red Magic S3 Anda hanya dapat merekam video 8K pada 15 fps. Ukuran video 8K sangat besar, tetapi semua Smartphone yang kami tampilkan dalam artikel ini menawarkan lebih dari cukup ruang penyimpanan bahkan jika Anda merekam video 8K setiap hari.

author
Max Wales
Max Wales is a writer and a lover of all things video.