filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Make high quality GoPro video quickly
  • Fade in/out audio like a pro
  • Sync audio automatically
  • Customizable worktable

Cara Fade In dan Fade Out Audio di Adobe After Effects

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Banyak dari kita mendapatkan asosiasi pertama ketika Adobe After Effects disebutkan: grafik gerak yang menakjubkan dan efek visual yang menakjubkan. Sangat sedikit orang yang berpikir tentang pengeditan audio ketika mereka berbicara tentang AE, meskipun aplikasi ini menawarkan cara sederhana untuk menambahkan efek Fade in dan fade out ke file audio yang digunakan dalam soundtrack.

Namun, Anda harus memiliki setidaknya keterampilan pengeditan video dan suara dasar untuk fade in dan fade out file audio di AE karena aplikasi tidak menawarkan preset yang dapat Anda tarik dan lepas ke timeline. Jadi, dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara membuat efek Fade in dan fade out di Adobe After Effects hanya dalam beberapa langkah sederhana.

Baca Selengkapnya untuk Mendapatkan: Software Mixer Audio Terbaik untuk Memangkas Suara Anda dengan Mudah >>

Menambahkan Efek Fade In dan Fade Out ke File Audio di AE

Langkah 1: Periksa waveform audio di After Effects

Setelah Anda membuat proyek baru di AE dan Anda telah mengimpor file audio yang ingin Anda sertakan dalam soundtrack video yang Anda buat, Anda harus menempatkan file audio itu di timeline. Klik panah yang terletak di sebelah file audio, lalu klik panah Audio yang akan ditampilkan di bawah file, dan terakhir klik panah Waveform. Ini akan memungkinkan Anda untuk melihat waveform dari file audio yang ingin Anda edit pada timeline dan memungkinkan Anda untuk menambahkan efek Fade in dan fade out dengan lebih presisi. File yang Anda tambahkan ke komposisi Anda akan ditampilkan sebagai layer di tab Komposisi yang terletak di bagian kiri bawah antarmuka software.

fade out/in audio waveform after effects

Langkah 2: Tambahkan keyframe ke file audio

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menempatkan playhead di lokasi yang tepat di mana Anda ingin efek Fade In dimulai. Dalam kebanyakan kasus, efek Fade ditambahkan di titik awal file audio, jadi Anda harus memposisikan playhead di awal timeline atau nol detik. Anda akan dapat melihat stopwatch di sebelah opsi Audio Level yang terletak di tab Komposisi. Klik untuk menambahkan keyframe pertama dan menetapkan nilai negatif ke pengaturan Audio Level. Nilai -100db atau -50db akan membuat file audio menjadi senyap, dan Anda dapat memilih salah satu berdasarkan berapa lama Anda ingin efek Fade in bertahan. Jika Anda tidak tahu cara menggunakan keyframe di After Effects, artikel ini akan memberi Anda beberapa info.

Tambahkan keyframe untuk fade out/in audio

Anda mungkin juga menyukai: 15 Template After Effects Gratis untuk Memperkuat Video Anda

Langkah 3: Selesaikan Fade out/in audio di After Effects

Pindahkan playhead ke lokasi di mana Anda ingin efeknya berakhir dan tambahkan keyframe lainnya dengan mengklik ikon 'Tambah atau hapus keyframe saat ini'. Atur nilai Audio Level ke 0db, dan hanya itu. Anda telah membuat efek Fade. Ingatlah bahwa Anda dapat menggunakan lebih dari dua keyframe untuk fade in audio, memungkinkan Anda meningkatkan level audio secara bertahap. Proses pembuatan efek Fade mengharuskan Anda untuk menambahkan keyframe yang memiliki nilai 0db beberapa detik sebelum klip berakhir dan kemudian menambahkan keyframe lain di bagian paling akhir dari file audio yang memiliki nilai level audio -50 atau -100db.

Selesaikan fade out/in audio di After Effects

Tips Untuk Membuat Efek Fade In dan Fade Out Lebih Baik

Proses membuat efek fade in atau fade out di AE cukup sederhana, tetapi tergantung kepada Anda untuk menemukan cara kreatif menggunakan efek ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menggunakan efek audio ini dengan lebih kreatif.

1. Hindari Pemotongan Keras

Suara nada tinggi di awal urutan baru dapat merusak soundtrack Anda dan pada akhirnya seluruh video, jadi jika Anda telah memotong file audio di lokasi di mana suara memuncak, Anda dapat menerapkan efek fade in untuk membuat transisi antara dua file audio lebih lembut.

Anda mungkin juga menyukai: Cara Memotong Video di After Effects

2. Perhatikan Kompresi Audio

Kompresi audio adalah proses yang mengurangi suara keras dan memperkuat suara senyap, yang dihasilkan dari rentang dinamis file audio yang dikompresi. Dalam kebanyakan kasus, Anda tidak akan melihat efek kompresi audio, tetapi jika Anda terlalu banyak mengompres file audio, Anda mungkin mendapatkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan jika Anda menambahkan efek fade out ke file itu. Itulah mengapa yang terbaik adalah mengandalkan fitur kompresi audio bawaan yang ditawarkan aplikasi pengeditan video atau audio.

3. Gunakan Efek Fade In dan Fade Out dengan Kreatif

Selain adegan pembuka dan penutup, Anda juga dapat menggunakan efek Fade in dan fade out untuk mencampur dua trek berbeda saat pengambilan gambar masih berlangsung. Fade out satu trek, buat seolah-olah adegan sedang berakhir, lalu perkenalkan tema baru yang mengubah suasana adegan itu. Yang penting adalah menghindari pengurangan level audio hingga -100db karena Anda mungkin akan menciptakan keheningan dalam adegan yang mengganggu aliran seluruh video.

Kesimpulan

Fade in atau fade out file audio di Adobe After Effects tidak memerlukan banyak usaha, karena Anda harus menambahkan beberapa keyframe ke file dan menyesuaikan nilai Audio Level. Namun, menemukan cara terbaik untuk meningkatkan kualitas soundtrack Anda dengan menerapkan efek ini mungkin memerlukan beberapa latihan. Apakah Anda sering menambahkan efek audio Fade in dan fade out di AE? Tinggalkan komentar di bawah dan bagikan pengalaman Anda dengan kami.

Jika Anda ingin fade in/out audio dengan mudah, kami sarankan menggunakan Filmora. Ini dirancang untuk orang yang ingin mengedit video profesional dengan fitur yang mudah digunakan. Selain Fade in/out audio di Filmora, Anda dapat menyinkronkan audio ke video secara otomatis. Download sekarang untuk mencoba (gratis)!

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.