filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
2-in-1 Screen recorder and Video Editor
  • Record up to 120 FPS for Windows
  • Audio & Video Fade in and Fade out transition
  • Remove background noise with one-click

How to Record Internal Audio on Android [Video or Gameplay]

author

Nov 28, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Semakin banyak orang menggunakan video dalam membantu mengekspresikan ide serta untuk menunjukkan diri mereka.Rekaman video tanpa suaraterasa kurang lengkap karena hadirnya suara membuat video menjadi terlihat jauh lebih realistis. Di masa lalu, merekam audio internalmelalui Android sangat dibatasi oleh Google. Akan tetapi, OS Android versi KitKat pada akhirnya dapat memungkinkan pengguna ponsel Android untuk merekam layar menggunakan perangkat mereka, namun merekam audio internal serta jelas dan sempurna bukanlah pekerjaan yang mudah disebabkan oleh kebijakan OS Android bahwa aplikasi perekaman layar tidak diizinkan melalui ponsel atau tablet Android setelah versi Android Lollipop, sehingga merekam suara internal melalui mikrofon adalah solusinya. Akan tetapi, kebisingan dari latar belakang saat pengambilan layar sedang berlangsung masih saja ikut terekam.

Jadi, bagaimana cara membuat rekaman audio internal melalui perangkat Android Anda? Sehingga melalui artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda 4 cara berbeda dalam merekam video gameplay dengan perekaman audio internal pada ponsel atau tablet Android tanpa root yang terbagi dalam 3 Bagian.

Filmora logo filmora product interface

The All-in-One Screen Recorder & Video Editor

  • Record desktop screen, voiceover, and webcam simultaneously
  • Edit recorded clips quickly with a wide range of professional tools
  • Built-in plentiful templates and effects
  • Export to MP4, MOV, MKV, GIF and multiple formats
Try It Free
For Win 7 or later (64-bit)
Try It Free
For macOS 10.12 or later
secure downloadSecure Download


Bagian 1: Rekam audio internal sistem menggunakan aplikasi perekaman layar Android

Pada masa lalu, satu-satunya cara untuk merekam audio internal dengan Smartphone Android adalah melalui perangkat mikrofon eksternal. Metode perekaman audio ini memiliki banyak kelemahan, termasuk kualitas audio yang buruk serta masih menangkap gangguan dari suara latar.

Terdapat beberapa cara di mana Anda dapat merekam audio sistem dengan menghindari hasil rekaman layar beserta suara yang buruk. Setiap metode termasuk penggunaan aplikasi pihak ketiga maupun perangkat penangkap layar, disebabkan oleh Android Lollipop dan versi OS Android yang lebih baru, masih belum dapat menawarkan solusi yang efektif untuk permasalahan ini.

1. Gunakan Mobizen Screen Recorder beserta dengan Aplikasi Audio Internal untuk Merekam audio internal pada Android.

Baru-baru ini, perusahaan RSUPPORT melakukan pengembangan atasaplikasi Mobizen Screen Recorderyang dilengkapi dengan semua alat perekam layar esensial. Pada saat yang sama, pengguna juga dimungkinkan untuk hanya merekam suara yang dihasilkan oleh Smartphone mereka selama sesi perekaman layar. Anda dapat mendownload aplikasi ini secara gratis melalui Google Play store, tetapi jika Anda memilih untuk menginstalnya di ponsel Android, Anda harus membekali diri dengan kesabaran karena aplikasi ini berisi iklan.

Setelah Anda berhasil menginstal Mobizen Screen Recorder pada Smartphone Android, silahkan Anda meluncurkan aplikasi dan mencari ikon Pengaturan Alat yang terletak di sudut kanan atas layar Anda. Ketuk opsi Suara, dan sebelum dilanjutkan, Anda harus memastikan bahwa Suara telah diaktifkan. Setelah Anda mengizinkan fitur Suara, Anda akan dapat melihat menu Opsi yang menawarkan fitur Eksternal dan Internal. Setelah memilih opsi Internal, Anda akan menginstruksikan aplikasi untuk hanya merekam suara yang dihasilkan oleh gameplay dari video game yang Anda rekam atau video YouTube yang Anda mainkan saat sesi perekaman layar berlangsung.

Anda akan mendapatkan hasil audio yang jernih setelah dilakukan perekaman layar, tetapi sayangnya aplikasi Mobizen hanya bekerja dengan baikponsel Android Samsung dan LG saja,sehingga bagi Anda yang memiliki perangkat Android merk lain, aplikasi ini mungkin tidak bekerja dengan baik.

2. Rekam audio internal dari mikrofon di Android menggunakan AZ Screen Recorder

Jika Anda memilih menggunakan metode perekaman audio internal ini, pastikan ruangan tempat perekaman Anda benar-benar hening karena mikrofon yang akan Anda gunakan dapat baik menangkap suara dari eksternal maupun audio internal.

Anda dapat mendownloadAZ Screen Recorderdari Google Play secara gratis. Setelah instalasi selesai, luncurkan aplikasi kemudian ketuk ikon Pengaturan. Aplikasi ini tidak akan merekam suara sampai Anda mengaktifkan opsi tersebut, sehingga Anda terlebih dahulu harus menemukan fitur Rekam Audio dalam menu Pengaturan.

Pada titik ini, Anda bisa keluar dahulu dari aplikasi, kemudian klik pada gelembung AZ pada samping layar Smartphone Anda. Ketuk ikon Rekam untuk memulai sesi perekaman layar dan lanjutkan untuk melakukan semua hal yang ingin Anda rekam melalui perangkat Android Anda. Audio akan direkam bersamaan dengan video. Jika sudah siap, geser bar notifikasi ke bawah, kemudian hentikan sesi perekaman layar.

Untuk mengekstrak file audio, Anda harus mentransfer rekaman layar yang Anda buat menggunakan AZ Screen Recorder ke PC kemudian melanjutkannya dengan software pengeditan video. Anda mungkin harus membuat beberapa rekaman layar dari layar Smartphone sampai Anda mendapatkan audio yang sempurna karena mikrofon perangkat akan menangkap keseluruhan suara yang dapat diambil, baik eksternal maupun internal.

Bagian 2: Rekam audio internal Android menggunakan capture card

Capture card lebih dari sekadar perekam layar karena sebagian besar berfungsi sebagai jembatan antara PC dan perangkat yang layarnya coba Anda tangkap. Para profesional sering menggunakan capture card, terlepas dari harganya, karena capture card memungkinkan mereka untuk perekaman layar dengan kualitas tinggi, membuat siaran langsung, hingga merekam audio internal dari perangkat apa pun yang mereka sambungkan, termasuk Smartphone Android.

Record Android games on PC with capture card

Sebagian besar capture card dilengkapi dengan software perekaman layarnya sendiri, sehingga proses penyesuaian pengaturan video dan audio bergantung pada capture card yang Anda miliki. Jika Anda sudah memilikiElgatoCapture Card Anda memungkinkan kontrol penuh atas proses perekaman audio dengan menggunakan fitur Elgato Sound Capture. Alat canggih ini akan memungkinkan Anda untuk mencampur suara dari berbagai sumber, memilih mikrofon mana yang akan digunakan selama siaran langsung serta menyesuaikan volume musik dan suara. Akan tetapi, jika Anda ingin menggunakan Elgato, Anda perlu memastikan bahwa PC Anda kompatibel dengan capture card ini, selebihnya Anda juga harus menghubungkan Smartphone Android Anda dengan perangkat ini.

Apa itu capture card? Lihat padaPengenalan Lengkap tentang capture card >>

Menggunakan capture card untuk merekam layar dari Smartphone Anda mungkin dirasa terlalu mahal karena capture card sering digunakan sebagai bagian dari peralatan game profesional untuk siaran langsung atau merekam tampilan gameplay dari game pada Xbox atau PS4.

Bagian 3: Rekam Audio Internal Android menggunakan Bandicam dan Nox Emulator

Meskipun ini mungkin bukan cara termudah untuk merekam audio internal pada perangkat Smartphone Anda, namun ini merupakan solusi terbaik jika Anda ingin membuat rekaman layar resolusi tinggi dari layar Smartphone Anda beserta rekaman audio internal profesional secara bersamaan.

Sebelum Anda dapat memulai sesi rekaman, Anda terlebih dahulu harus menginstal Bandicampada PC Anda. Software ini dapat digunakan untuk menghasilkan rekaman layar berkualitas tinggi dari desktop Anda, sekaligus menawarkan opsi perekaman audio yang sangat baik.

Selanjutnya, Anda akan memerlukan emulator untuk Android, aplikasi yang dapat mengirimkan gambar dari layar Android Anda ke layar yang lebih besar, yang terhubung ke perangkat Android Anda.Nox App Playerakan memungkinkan Anda untuk menjalankan aplikasi yang ingin direkam pada PC Anda. Terdapat fitur perekaman di Emulator NOxPlayer, sedangkan Software Bandicam dapat digunakan untuk merekam aktivitas pada desktop Anda, beserta audio sistem selama sesi perekaman layar. Sehingga, disarankan untuk menggunakan Bandicam dan NoxPlayer untuk merekam audio dalam video dari ponsel Android pada PC.

Record Android games on PC

Metode perekaman audio internal di perangkat Android ini paling baik digunakan jika Anda ingin membuat rekaman audio beresolusi tinggi yang nantinya dapat diedit dan digunakan sebagai hasil akhir dari rekaman layar yang Anda hasilkan melalui software Bandicam dan Nox App Player.

Demikian menurut kami dalam menemukan cara merekam suara melalui internal di ponsel serta tablet Android Anda. Tinggalkan komentar di bawah jika Anda merasa memiliki solusi lain.

Download Win Version Download Mac Version

author
Max Wales
Max Wales is a writer and a lover of all things video.