FilmoraGo

Aplikasi Edit Video yang Mudah Digunakan

appstore
Unduh di App Store
Dapatkan di Google Play

Cara Membuat Video Split Screen [Lebih dari 30 Preset Kreatif Tersedia]

Jet

Apr 25, 2021• Solusi yang sudah terbukti

Split screen menampilkan dua atau beberapa stream video secara bersamaan berdampingan, atau dengan gaya atas-bawah. Fitur ini telah menjadi teknik populer dalam pembuatan video kreatif. Anda dapat menerapkan teknik ini saat membuat video promosi yang serba cepat, video perbandingan, atau bahkan membuat seolah-olah Anda sedang bercakap-cakap dengan diri sendiri!

Bagaimana cara membuat video split screen? Sulitkah untuk mencapai efeknya? Saat ini memang banyak sekali editor video split screen yang tersedia, namun pada artikel kali ini, kami menyarankan Anda untuk menggunakan software pengeditan video.Wondershare Filmora9, yang menawarkan berbagai tata letak split screen beranimasi untuk membuat video split screen. Dengannya, Anda dapat dengan mudah dan cepat membuat video split screen, hanya dalam beberapa menit. Dalam artikel ini, saya akan memperkenalkan cara membuat video split screen dengan Filmora9.

Sebelum kita mulai, lihat video tutorial tentang beberapa cara menyenangkan untuk membuat video split screen di Filmora9. Jika Anda memiliki beberapa ide kreatif tentang split screen, bagikan di kolom komentar di bawah.

Unduh Versi Win Unduh Versi Mac

Anda mungkin juga menyukai:
Cara menempatkan dua video secara berdampingan>>


Bagian 1: Cara Membuat Video Split Screen dengan Efek Split-Screen

Di versi terbaru, kami telah mengembalikan Efek Split Screen dan membuatnya lebih baik dengan lebih banyak preset dan tata letak, juga efek animasi. Berikut ini langkah-langkah mendetail tentang cara membuat video split screen dengan editor video split screen ini.

1 Impor file media

Buka Filmora9 dan buat project baru untuk video Split Screen, lalu klik "Impor" untuk menambahkan file media Anda ke Media Library.

2 Pilih preset split screen

Klik tombol Split Screen di bagian atas layar. Anda kemudian dapat menelusuri dan melihat pratinjau berbagai jenis tata letak split screen di library. Pilih salah satu favorit Anda, lalu seret dan lepas ke timeline. Atau, klik kanan pada preset dan pilih "Terapkan" untuk menambahkannya ke timeline.

menambahkan tata letak split screen ke timeline

Tentu saja, Anda bisa menambahkan beberapa efek split screen ke timeline jika perlu.

3 Tambahkan video ke preset

Klik dua kali preset split screen pada timeline untuk masuk ke panel edit split screen lanjutan. Kemudian seret video Anda ke setiap layar di jendela pratinjau untuk mengatur video split screen. Di sini Anda bisa melakukan trim pada video split screen untuk menyesuaikan waktu mulai setiap sub-klip video di timeline, atau klik dua kali pada setiap klip untuk menggeser dan memperbesar jika perlu. Klik OK untuk menyimpan perubahan video split screen.

menambahkan video ke efek split screen

Anda juga dapat mencentang opsi "border" untuk membuat pembagian terlihat, lalu memilih warna border untuk menyesuaikan video split screen Anda lebih lanjut.

menyesuaikan border pada video split screen

4 Edit Audio [Opsional]

Jika Anda memutar video split screen di jendela Pratinjau, Anda mungkin mendengar semua audio dari klip video. Dalam hal ini, Anda dapat membisukan audio dalam klip dengan mengklik ikon Volume. Anda dapat membisukan salah satunya atau membisukan semuanya, lalu menambahkan audio latar baru ke video split screen itu.

5 Simpan video split screen

Filmora9 menyediakan berbagai pilihan bagi Anda untuk menyimpan file video split screen. Setelah menyelesaikan project, tekan "Ekspor" dan simpan video yang terbagi ke berbagai format yang berbeda, unggah ke YouTube/Vimeo, atau burn ke DVD.

software video split screen

Bagian 2: Cara Membuat Video Split Screen tanpa Efek Split Screen

Selain fitur split screen bawaan yang menyediakan beberapa preset split screen, Anda juga bisa menempatkan semua klip video Anda di posisi yang Anda inginkan untuk membuat video bergaya split screen di Filmora9. Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara membuat video split screen dengan overlay videos.

Tips: Jika Anda ingin membuat efek video wall dengan rekaman yang sama, Anda bisa melihat panduan kami tentang Cara membuat efek video wall di Filmora9.

Setelah mengimpor klip ke Media Library, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1 Seret dan Lepaskan Klip Video ke timeline

Alih-alih menempatkan klip video ke timeline yang sama [yang akan menggabungkan video ini menjadi satu], untuk membuat video split screen, Anda perlu menempatkan klip video ke trek video yang berbeda.

Tempatkan video di trek yang benar, lalu pilih klip di timeline, kemudian putar di jendela Pratinjau untuk memeriksa apakah ada bagian yang tidak diinginkan. Untuk menghapus frame yang tidak diinginkan, bagi klip video, lalupotong dan hapus frame itu.

 Tambahkan beberapa video ke timeline untuk membuat video bergaya split screen

2 Sesuaikan Posisi, Ubah Ukuran, dan Tambahkan Mask

Dengan fitur video overlay, Anda dapat membagi layar menjadi dua secara horizontal atau vertikal, atau dalam porsi mana pun yang Anda butuhkan. Ada beberapa cara untuk membuat video split screen yang unik: Anda dapat mengklik klip di timeline, lalu menyesuaikan posisi dan skala rekaman di jendela pratinjau untuk menandai posisi dan skala seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

 Filmora9 Membuat Split Screen tanpa Preset

Anda juga dapat mengubah posisi di opsi Transformasi, di bawah panel Pengeditan: klik dua kali pada klip di timeline untuk masuk ke jendela Edit dan seret penggeser skala atau putar untuk menyesuaikan.

Membuat Split Screen : Menyesuaikan Transformasi

Untuk mengubah bentuk tampilan video split screen, klik dua kali video di timeline, lalu klik tab Efekdan buka opsi Utility. Anda akan menemukan opsi Image Mask dan Shape Mask yang akan membantu Anda mengubah bentuk video split-screen. Pilih dan seret efek ke klip video di timeline, dan bentuk klip akan berubah kemudian.

Membuat Split Screen: Menerapkan Mask

Ada beberapa preset Image Mask yang tersedia. Anda dapat mengklik dua kali klip di timeline dan scroll ke Image Mask di bawah Efek Video seperti ditunjukkan di bawah:

 Filmora9 Membuat Split Screen: Mengubah Bentuk dengan Image Mask

3 Kelola Suara Audio

Anda dapat membisukan semua audio di klip video dan menambahkan musik latar baru yang sesuai dengan video. Untuk membisukan audio pada video split screen, klik kanan video di timeline dan pilih Bisukan. Anda juga dapat memisahkan file audio dari video dan mengeditnya lebih lanjut.

Pisahkan audio dari video Filmora9

Setelah menyelaraskan file video dan audio, sekarang Anda dapat mengklik tab Ekspor untuk mengunggah video split screen ke YouTube atau menyimpannya dalam format video yang berbeda.

Kesimpulan

Efek split screen dapat digunakan untuk membuat video dengan aktor yang sama muncul dalam adegan yang sama secara bersamaan, dan terlihat seperti orang-orang yang mengkloning diri mereka sendiri di video. Seperti yang bisa Anda lihat dari metode yang saya jelaskan di atas, membuat video split screen di Filmora9 cukup mudah. Anda selalu dapat menguatkan cerita Anda dengan solusi pengeditan video Filmora. Dapatkan inspirasi dari video tutorial di bawah ini. Jangan lupa untuk berlangganan di Saluran YouTube kami untuk mendapatkan lebih banyak tips dan trik: di sini.

Unduh Versi Win Unduh Versi Mac

Jet
Jet is a writer and a lover of all things video.