FilmoraGo

Aplikasi Edit Video yang Mudah Digunakan

appstore
Unduh di App Store
Dapatkan di Google Play

Cara Menempatkan Dua Video secara Berdampingan [Split Screen Video]

Jet

Apr 25, 2021• Solusi yang sudah terbukti

Untuk beberapa alasan, kita mungkin ingin menempatkan dua video secara berdampingan. Mungkin karena kita ingin melihat hal yang sama, tetapi dari dua perspektif yang berbeda untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentangnya. Di sisi lain, kita mungkin hanya ingin membuat perbandingan antara dua plot berbeda secara bersamaan sehingga kita ingin melihat keduanya diputar secara berdampingan. Terkadang Anda mungkin ingin membandingkan kualitas dua video berbeda yang ingin Anda putar secara bersamaan untuk membuat penilaian yang lebih baik. Orang-orang yang berbagi konten secara online di situs seperti YouTube mungkin ingin menggunakan fitur ini untuk membuat video yang menarik.

Video Berdampingan yang Dibuat dengan Filmora9

Tangkapan layar dari Video Berdampingan yang Dibuat dengan Filmora

Unduh Filmora9 Versi Win Unduh Filmora9 Versi Mac

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa software editing video terbaik untuk membuat video berdampingan dengan menempatkan dua atau lebih video pada frame yang sama di Windows dan Mac, juga tutorial langkah demi langkah tentang membuat video berdampingan dengan dua cara mudah.

Bagian 1: Software Terbaik yang Dapat Membantu Anda Membuat Video Berdampingan

Software yang tercantum di bawah ini dapat digunakan pada Windows atau Mac untuk menempatkan dua atau lebih video secara berdampingan dan memutar video secara bersamaan. Artikel ini menyimpulkan solusi gratis untuk pengguna Mac yang menggunakan iMovie untuk membuat video split screen, beberapa software pengedit video profesional seperti Final Cut Pro dan Adobe Premiere Pro CC, dan editor video yang mudah digunakan namun cukup prima seperti Filmora.

1. Wondershare Filmora – software terbaik untuk pemula agar dapat menempatkan dua video secara berdampingan

Unduh Versi WinUnduh Versi Mac

Salah satu software terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan dua video secara berdampingan adalah Wondershare Filmora. Anda dapat menggunakannya di PC Windows dan Mac computer. Seperti yang Anda ketahui, editor video Filmora dikembangkan oleh tim kami. Tetapi, mengapa kami menyarankan Anda untuk menggunakannya dalam membuat video berdampingan? Berikut ini beberapa hal yang menonjol:

  • Lebih dari 30 Preset dan Template Split-Screen Beranimasi untuk Membuat Video Berdampingan dengan Animasi
  • Memisahkan audio dari video dan menambahkan voiceover Anda sendiri atau musik latar ke video berdampingan
  • Alat pengeditan video lanjutan seperti Komposisi Green Screen dan Stabilisasi Video untuk meningkatkan video Anda ke level berikutnya
  • Alat Penyesuaian Warna (Color Tuning Tools) untuk memoles rekaman video Anda dengan gaya Hollywood
  • Berbagai filter dan efek visual untuk memperindah video Anda
  • Track Musik dan Efek Suara bawaan untuk berbagai kesempatan.
  • Dukungan luas untuk format video seperti FLV, F4V, AVI, MPEG, WAV, DAT, EVO, dan banyak lagi

Wondershare Filmora juga menyediakan efek video lain yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan kredit atau teks lain ke video Anda. Anda juga dapat dengan mudah menambahkan efek lain untuk menyempurnakan warna video Anda. Selain alat-alat dasar, software ini juga memberi Anda alat canggih yang memungkinkan Anda menambahkan picture-on-picture, Mosaic, Face-off, tilt shift, dll. ke video Anda. Setelah selesai mengedit, Anda dapat menyimpannya ke laptop dalam format video populer pilihan Anda.

Unduh Filmora9 Versi Win Unduh Filmora9 Versi Mac

2. Adobe Premiere Pro CC - alat terbaik untuk menempatkan dua video secara berdampingan bagi para profesional [Windows & Mac]

Dianggap sebagai salah satu aplikasi terbaik yang dapat membantu Anda menempatkan dua video berbeda di layar pada saat yang bersamaan. Software ini juga membantu Anda menambahkan efek lain ke video Anda. Jika Anda bekerja dengan Master Clips, aplikasi akan bekerja lebih lancar secara otomatis. Namun, ada beberapa masalah yang terdeteksi saat Anda menjalankan aplikasi ini di MacBook Anda. Kekurangan lain dari software ini adalah Anda harus menyewa alat yang Anda gunakan, yang berarti Anda harus membayarnya.

3. Final Cut Pro - Software Editing Video Profesional Terbaik untuk pengguna Mac yang ingin membuat video berdampingan

Software efisien lainnya untuk membagi video adalah Final Cut Pro X 10.2. Selain membagi layar Anda untuk menambahkan dua video pada saat bersamaan, Anda juga dapat menggunakan banyak fitur lain untuk menyempurnakan konten Anda. Produk ini juga memungkinkan Anda untuk memperhalus warna video dengan menyediakan alat yang berbeda. Namun, jika Anda adalah pengguna baru, Anda harus membayar lebih. Selain itu, tidak ada opsi pelacakan terintegrasi untuk efek mask.

4. iMovie: Editor video bawaan GRATIS untuk pengguna Mac yang ingin membuat video berdampingan

Karena iMovie hadir dengan semua komputer iPad dan Mac baru, Anda sekarang dapat langsung menggunakannya untuk mengedit dan membuat video split screen tanpa penginstalan lebih lanjut, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk menempatkan dua atau lebih video secara berdampingan.

Proses pembuatan video side by side di iMovie menggunakan pengaturan video overlay, artinya Anda meletakkan dua video di track yang berbeda dan memastikan bahwa salah satunya berada tepat di atas yang lain, lalu sesuaikan posisinya di jendela pratinjau untuk membuatnya bersisian. Anda bisa melihat video tutorial di bawah ini untuk membuat video berdampingan di iMovie.

Untuk detail langkah pembuatan video layar terpisah di iMovie, Anda bisa melihat Cara menggunakan split screen di iMovie untuk Mac.

Bagian 2: Cara menempatkan video berdampingan dengan Wondershare Filmora9

Selain software pengedit video yang tercantum di atas, Anda juga dapat menggunakan beberapa pembuat kolase video online untuk membuat video side by side. Di bagian berikut, saya akan membagikan informasi mendetail tentang cara membuat video berdampingan di Filmora.

Ada dua cara untuk menempatkan video secara berdampingan di Filmora. Salah satunya menggunakan efek split-screen yang telah diprogram sebelumnya, yang lainnya menggunakan overlay video.

Metode 1: Letakkan Video Berdampingan dengan Preset Split-Screen (Layar Terpisah)

Filmora memungkinkan Anda untuk membuat efek split screen secara profesional dengan menempatkan 2 klip video atau lebih di samping satu sama lain. Ada 30 gaya split-screen bawaan di dalamnya untuk Anda pilih. Anda bisa memulai, memutar, menghentikan, dan menjeda video ini secara bersamaan. Untuk membuat video terbagi di Wondershare Filmora, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Impor file video yang akan Anda gunakan ke media library.

mengimpor video ke Project Media Library

Langkah 2: Klik tombol Split Screen, pilih preset target yang ingin Anda gunakan untuk video Anda, dan tarik ke timeline.

menambahkan preset split screen ke timeline

Langkah 3: Tarik video atau gambar ke Preset untuk membuat video split screen. Klik tombol Lanjutan untuk masuk ke antarmuka Pengeditan Split Screen Lanjutan, di mana Anda dapat menyesuaikan titik awal setiap klip video, memotong klip yang tidak diinginkan, atau mengoreksi warna dan menambahkan beberapa efek gerakan.

menambahkan video berdampingan

Catatan: saat Anda memutar video berdampingan ini, Anda mungkin mendengar semua audio dari video ini. Jika Anda hanya ingin menyimpan salah satunya, cukup klik ikon Volume di Zona Pelepasan untuk menonaktifkan audio video lainnya. Jika Anda tidak menginginkan audio apa pun dari video ini, Anda dapat mematikannya, lalu menambahkan file audio Anda sendiri. Anda juga dapat menerapkan Batas ke setiap sub klip video dan mengubah warna batas untuk membuat video berdampingan lebih menonjol.

Langkah 4: Klik Ekspor dan simpan video terbagi ke format yang berbeda, unggah ke YouTube, atau burn ke DVD.

ekspor video side by side

Metode 2: Tempatkan video berdampingan dengan Filmora Video Overlay

Selain menempatkan video berdampingan dengan fitur split screen di Filmora, Anda juga bisa membuatnya dengan menggunakan fitur video overlay, atau fitur PIP jika Anda suka. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memeriksa cara menempatkan video secara berdampingan.

Unduh Versi WinUnduh Versi Mac

Langkah 1. Impor Media ke Media Library

Ikuti langkah-langkah mengimpor yang disebutkan di atas untuk memuat video di Media Library.

Langkah 2. Tempatkan Video di Track Berbeda

Tarik dan lepas video ke berbagai track dan pastikan durasinya sama.

 Video Overlay

Langkah 3. Mengatur Posisi di Jendela Pratinjau

Tarik kotak kuning di jendela pratinjau dan sesuaikan posisi dan ukuran setiap video agar terlihat bagus. Atau, Anda dapat mengklik dua kali klip di timeline, lalu mengubah posisi, arah, dan skala di bawah opsi Ubah (Transform).

 Filmora9 ubah transform

Langkah 4. Penyesuaian Audio

Bisukan satu atau kedua audio dari video, dan gunakan file audio Anda sendiri atau efek audio dari Audio Library Filmora. Anda juga dapat memberi caption video dengan beberapa efek teks yang keren.

 Filmora 9 Efek

Langkah 5. Simpan dan Ekspor

Setelah pratinjau, klik tombol Ekspor untuk mengekspor video berdampingan dalam format yang berbeda, atau unggah langsung ke YouTube dan Vimeo.

Wondershare Filmora adalah software pengeditan video yang efisien dan dapat membantu Anda membuat video dengan layar terbagi dan menempatkan 2 atau lebih video secara berdampingan. Software ini juga mudah digunakan, membuatnya semakin baik. Untuk lebih banyak fitur pengeditan video Filmora, Anda dapat menonton video perkenalan di bawah ini:

Unduh Filmora9 Versi Win Unduh Filmora9 Versi Mac

Jet
Jet is a writer and a lover of all things video.