FilmoraGo

Aplikasi Edit Video yang Mudah Digunakan

appstore
Unduh di App Store
Dapatkan di Google Play

Editor Video Split Screen Terbaik [Online & Offline]

Jet

Apr 25, 2021• Solusi yang sudah terbukti

Efek yang muncul setelah menambahkan dua atau lebih layar dalam satu bingkai disebut split screen (layar terbagi/terpisah), dan alat yang memungkinkan pengguna melakukan ini adalaheditor video split screen. Split screen ini sangat penting dalam tugas pasca produksi. Karena itu, bagian berikut membahas tentang alat yang memungkinkan Anda membuat video split screen , dan menjelaskan proses pembuatannya.

Seperti disebutkan di atas, efek split screen memungkinkan Anda menambahkan dua layar atau lebih dalam satu bingkai. Ketika beberapa aktivitas terjadi pada waktu yang sama tetapi di lokasi yang berbeda, semuanya dapat ditampilkan di satu layar dengan menempatkan rekaman yang sesuai secara berdampingan atau dalam pengaturan lain yang dimungkinkan oleh pembuat video split screen.

Software Pengedit Video Split Screen Terbaik untuk Windows dan Mac [Gratis & Berbayar]

Setelah memahami apa itu split screen, Anda perlu mengetahui beberapa editor video split screen yang paling sering digunakan, dan bagaimana aplikasi itu dapat membantu Anda menambahkan efek ke film Anda. Berikut ini daftar dari beberapa program tersebut:

1. iMovie

Merupakan hak milik Apple, iMovie tersedia untuk iOS dan macOS, dan benar-benar gratis. Meski alat ini tidak memiliki beberapa opsi lanjutan untuk pengeditan yang bagus, alat ini tetap menawarkan platform yang baik bagi mereka yang merencanakan karier mereka di industri pasca-produksi. Dengan UI sederhana, iMovie mudah dipelajari.

Petunjuk langkah demi langkah yang diberikan di bawah ini menjelaskan cara menggunakan iMovie untuk menambahkan efek split screen ke video Anda:

Langkah 1: Tambahkan Rekaman to iMovie

Setelah mengimpor rekaman ke Media Bin di iMovie, tarik yang pertama ke Timeline, lalu tarik yang kedua di atas lapisan pertama.

Langkah 2: Pilih Efek Split Screen

Pilih lapisan video teratas di Timeline, dan pilih Split Screen dari daftar drop-down jenis layar di bagian atas.

Langkah 3: Pilih Preset Split Screen

Pilih posisi untuk lapisan yang dipilih dari daftar drop-down Position di bagian atas, dan gunakan penggeser Slide untuk menyesuaikan kecepatan tampilan rekaman.

Kelebihan

  • iMovie gratis untuk diunduh dan digunakan
  • Program ini tersedia untuk macOS dan iOS

Kekurangan

  • Hanya memungkinkan dua video untuk digunakan dalam split screen

Anda bisa mendapatkan iMovie dari sini: https://www.apple.com/in/imovie/

2. Editor Video Wondershare Filmora

Download Filmora Versi Win Download Filmora Versi Mac

Sebagai salah satu aplikasi paling kuat yang bisa dibandingkan dengan aplikasi pasca-produksi seperti Adobe Premiere Pro dan Final Cut Pro X, Wondershare Filmora juga merupakan editor video split screen. Software ini tersedia untuk komputer Windows dan Mac, dan memberikan dukungan teknis yang cepat kepada konsumennya. Meski Filmora Pro yang dikemas dengan alat yang lebih canggih juga tersedia, Filmora juga melayani tujuan pengguna dengan cukup baik.

Anda bisa mempelajari cara menambahkan efek split screen di Wondershare Filmora dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan berikut ini:

Langkah 1: Impor Rekaman ke Filmora

Luncurkan Wondershare Filmora, klik di mana saja di dalam jendela Media di bagian kiri atas, dan impor semua video yang ingin Anda gunakan untuk membuat efek split screen.

Langkah 2: Pilih Preset Split Screen

Klik Split Screen dari toolbar standar di atas, klik dan tarik preset pilihan Anda ke Timeline, lalu perpanjang durasi efek di Timeline dengan menarik pegangannya.

Langkah 3: Tambahkan Video ke Split Screen

software pengedit video gratis untuk windows

Klik LANJUTAN dari area kanan bawah panel Media, di kotak Edit Split Screen Lanjutan, tarik video pertama dari panel kiri, dan letakkan di bagian pilihan Anda di sebelah kanan. Ulangi proses ini untuk menambahkan semua video lain ke bagiannya yang sesuai. Sesuaikan waktu kemunculan video dengan menarik thumbnail video di Timeline kotak, dan klik OK.

Kelebihan

  • Wondershare Filmora ringan dan tidak membutuhkan banyak sumber daya
  • Memungkinkan sebanyak 6 video ditambahkan untuk membuat efek split screen
  • Memiliki lebih dari 30 preset split screen

Kekurangan

  • Beberapa jendela harus dibuka saat bekerja dengan split screen

3 . VSDC

VSDC adalah pembuat video split screen yang gratis dan efisien. Faktanya, program ini adalah aplikasi pasca-produksi lengkap yang dapat digunakan untuk mengedit video dan menyiapkan klip standar industri untuk presentasi, penyiaran, juga distribusi komersial dan pribadi. Hal terbaik tentang VSDC adalah, program ini benar-benar gratis dan tidak menambahkan watermark apa pun pada file output.

Instruksi yang diberikan di bawah ini menjelaskan cara menggunakan fitur split screen di VSDC:

Langkah 1: Tambahkan Rekaman Video

Klik Add object dari toolbar standar di bagian atas, klik Video, dan pilih serta tambahkan rekaman pertama ke jendela pratinjau. Ulangi proses ini untuk menambahkan lebih banyak video sesuai kebutuhan.

Langkah 2: Tambahkan Efek Split Screen

Ambil salah satu pegangan samping pada video yang Anda tambahkan terakhir, dan tarik ke dalam untuk mengurangi ukurannya secara proporsional. Ulangi proses ini untuk mengurangi ukuran video lain yang sekarang terlihat dari bawah video yang baru saja Anda ciutkan untuk membuat efek split screen.

Kelebihan

  • Benar-benar gratis
  • Memungkinkan jumlah rekaman yang praktis tidak terbatas untuk ditambahkan dan membuat video split screen

Kekurangan

  • Tidak ada preset tersedia untuk pemosisian video otomatis dalam efek split screen

Anda bisa mendapatkan editor video gratis VSDC dari sini: http://www.videosoftdev.com/

4. Shotcut

Sebagai alat editing gratis dan open source, Shotcut juga dapat digunakan sebagai pembuat video split screen untuk memproduksi film dan dokumenter berstandar industri. Shotcut tersedia untuk FreeBSD, Windows, Linux, dan macOS, dan tersedia dalam varian x64 dan x86. Menjadi program gratis, Shotcut tidak memerlukan aktivasi atau pendaftaran apa pun.

Prosedur berikut menjelaskan cara menggunakan Shotcut sebagai editor video split screen gratis:

Langkah 1: Tambahkan Klip ke Timeline

Impor rekaman ke media bin Shotcut, tarik salah satu klip dari bin ke Timeline di bagian bawah, lalu tekanCtrl + I pada keyboard Anda untuk menambahkan lebih banyak track video. Anda dapat menekan tombol pintas ini beberapa kali lagi tergantung pada jumlah film yang ingin Anda gunakan untuk efek split screen. Selanjutnya, tarik setiap film dari bin ke track yang sesuai. Catatan: Pastikan untuk TIDAK menempatkan semua klip pada trek yang sama, dan masing-masing klip berada pada lapisan video yang berbeda.

Langkah 2: Sesuaikan Video Pertama

Pilih video terakhir yang Anda tambahkan ke Timeline (yang seharusnya menjadi track paling atas), klik Filters dari atas Timeline, klik tombol + dari sudut kiri atas, klik Size and Position dari daftar yang muncul berikutnya, dan pilih posisi klip dari daftar drop-down Preset.

Langkah 3: Sesuaikan Video Lainnya

Pilih video kedua di Timeline dan ulangi proses tadi untuk mengatur posisinya, lalu lakukan hal yang sama untuk semua rekaman lain yang Anda tambahkan untuk membuat efek split screen.

Kelebihan

  • Tersedia untuk platform FreeBSD, Windows, Linux, dan macOS
  • Jika menggunakan preset, sebanyak 4 video dapat ditambahkan untuk efek layar terbagi

Kekurangan

  • Bekerja dengan layar terpisah secara manual mungkin memerlukan latihan dan beberapa perhitungan untuk memposisikan klip di layar dengan benar

Anda bisa mendapatkan Shotcut dari sini: https://shotcut.org/

5. Lightworks

Digunakan oleh para profesional untuk mengedit dan menyiapkan film seperti Pulp Fiction, The Cure, LA Confidential, Bruce Almighty, The Wolf of Wall Street, dll., Lightworks adalah, dalam arti sebenarnya, aplikasi pasca-produksi yang lengkap dan sudah berkembang untuk membuat output berstandar industri. Alasan utama basis pengguna aplikasi yang luas ini adalah karena Lightworks merupakan software lintas platform yang tersedia untuk komputer Linux, Mac, dan Windows.

Untuk menggunakan Lightworks sebagai pembuat video split screen, Anda dapat mengikuti instruksi yang diberikan di bawah ini:

Langkah 1: Tambahkan Track ke Timeline

Setelah mengimpor klip ke Lightworks, biarkan berada di Media Bin untuk saat ini, klik kanan di mana saja di Timeline di bagian bawah, buka Tracks, klik Add multiple, dan dari daftar drop-down Number to add, pilih jumlah track yang ingin Anda tambahkan ke Timeline. Klik Add untuk mengkonfirmasi perubahan.

Langkah 2: Nonaktifkan Auto Sync

Klik kanan di mana saja di Timeline, dan klik untuk membatalkan pilihanAuto track sync.

Langkah 3: Tambahkan Klip ke Timeline

Tarik klip dari Media Bin ke Timeline. Pastikan untuk menempatkan setiap rekaman di track yang berbeda, dan semua track berada di atas satu sama lain. Secara opsional, klik kanan audio yang ditambahkan bersama klip, dan klik Remove dari menu context. Gunakan metode ini untuk menghapus semua audio atau membiarkan yang ingin Anda miliki. Catatan: Menghapus track audio akan memastikan track itu tidak tumpang tindih selama pemutaran.

Langkah 4: Aktifkan Split Screen

Klik VFX dari atas jendela pratinjau, klik ikon + (Add new effects) dari atas panel kiri, pilih kategori DVE dari sudut kanan atas panel kiri, gulir ke bawah panel kiri ke bagian Split-screen Presets, dan klik dua kali preset split screen pilihan Anda untuk menambahkan efek ke klip yang berpartisipasi.

Kelebihan

  • Bahkan varian gratisnya pun memiliki fitur split screen
  • Alat pasca-produksi lengkap yang tidak memerlukan program lain untuk menyelesaikan semuanya

Kekurangan

  • Tidak banyak preset layar terpisah yang tersedia

Unduh versi gratis Lightworks dari sini: https://www.lwks.com/

6. Adobe Premiere Pro

Sebagai salah satu aplikasi pasca-produksi yang paling dihargai dan banyak digunakan untuk komputer Windows dan Mac, Adobe Premiere Pro telah menjadi pilihan pertama para profesional dalam hal pengeditan video, terlepas dari kenyataan bahwa penggunaannya sedikit sulit dipelajari, dan juga merupakan software yang menuntut banyak sumber daya untuk digunakan.

Langkah-langkah di bawah ini menjelaskan cara menggunakan Adobe Premiere Pro sebagaipembuat video split screen:

Langkah 1: Tambahkan Video ke Timeline

Setelah mengimpor klip ke jendela Project, tarik masing-masing ke Timeline, dan tempatkan di track terpisah satu sama lain.

Langkah 2: Posisi dan Crop

Pilih track video paling atas di Timeline, buka panel Effect Controls dari bagian atas panel kiri atas, dan gunakan penggeser Position untuk memposisikan video ke area layar pilihan Anda. Ulangi proses ini untuk semua klip di Timeline yang ingin Anda tambahkan ke split screen.

Langkah 3: Crop Klip

Cari efek Crop dalam panel Effects yang berada di pojok kiri bawah, tarik dan lepas efek pada setiap klip di timeline, dan gunakan penggeser Crop di panel Effect Controls untuk memotong video sesuai kebutuhan. Secara opsional, gunakan ketframe untuk menambahkan animasi geser agar memberikan tampilan yang lebih profesional pada efek split screen.

Kelebihan

  • Alat pengeditan video yang paling kuat dan efisien
  • Memungkinkan jumlah video yang praktis tidak terbatas untuk split screen

Kekurangan

  • Membutuhkan langganan yang perlu diperbarui secara teratur

Untuk detail lebih lanjut tentang membuat split screen dengan Pr, lihat Cara membuat split screen di Premiere Pro

7. Final Cut Pro X

Hanya tersedia untuk komputer Mac pada saat penulisan ini, Final Cut Pro X atau FCPX memberikan persaingan ketat dengan Adobe Premiere Pro. Karena perangkat Apple terkenal dengan pemrosesannya yang cepat, para profesional kapan pun lebih memilih FCPX daripada Adobe Premiere Pro jika mereka memiliki PC Mac yang menjalankan macOS.

Anda bisa menggunakan FCPX sebagai pembuat video split screen dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

Langkah 1: Tempatkan Rekaman di Timeline

Seperti telah disebutkan sebelumnya, tambahkan klip di atas satu sama lain di track terpisah pada Timeline FCPX.

Langkah 2: Posisi dan Crop

Pilih klip pertama di Timeline, dari bagian Transform di panelVideo Inspector di sebelah kanan, gunakan penggeser Position untuk memindahkan klip ke sisi layar pilihan Anda, dan gunakan penggeser dari bagian Crop untuk memotong rekaman dan menyesuaikan porsi sesuai keinginan. Ulangi proses untuk track video lainnya, juga untuk mendapatkan efek split screen yang Anda inginkan di Final Cut Pro X.

Kelebihan

  • Menawarkan cara cepat dan mudah untuk menambahkan efek split screen
  • Memungkinkan jumlah video yang praktis tidak terbatas untuk split screen

Kekurangan

  • Tidak memiliki preset khusus untuk efek split screen

Anda mungkin juga menyukai: Cara membuat video PIP dengan Final Cut Pro X

Editor Video Split Screen Online Gratis Terbaik

Selain program desktop yang dibahas di atas, ada beberapa alat web yang dapat digunakan sebagaipembuat video split screen online yang gratis. Dua dari yang paling sering digunakan dijelaskan di bawah ini:

1. Kapwing Collage Maker

Meskipun Kapwing menawarkan beberapa alat online lainnya seperti pengubah ukuran video, pembuat meme, pembuat tayangan slide, dll, solusi yang dapat dipertimbangkan sebagai editor video split screen adalah Kapwing Collage Maker. Aplikasi web ini memungkinkan Anda memilih template untuk memulai, dan proses selanjutnya sederhana.

Langkah-langkah berikut menjelaskan cara membuat video split screen dengan Kapwing:

Langkah 1: Tambahkan Klip ke Preset

Buka link https://www.kapwing.com/collage, klik untuk memilih preset split screen yang Anda sukai, klik REPLACE di salah satu segmen split screen di halaman berikutnya, lalu pilih dan unggah video pertama. Selanjutnya, klik REPLACE di segmen lain, lalu pilih dan unggah video lainnya juga.

Langkah 2: Ubah Posisi dan Publish

Klik dan tarik setiap klip yang ditambahkan untuk mengubah posisinya di layar, gunakan alat lain untuk memotong (crop) dan menyesuaikan video sesuai kebutuhan, lalu klik Publish di pojok kanan atas. Catatan: Anda juga dapat mengklik Timeline dari atas jendela pratinjau, sesuaikan pengaturan waktu dan pengaturan lain yang diperlukan di halaman berikutnya, lalu klik Done. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dan mengklik Publish untuk membuat efek split screen dari video yang diunggah.

Kelebihan

  • Gratis
  • Memungkinkan sebanyak 4 video untuk membuat efek split screen

Kekurangan

  • Mengharuskan Anda untuk mendaftar dan login untuk menghapus watermark dari file output

2. WeVideo

Satu lagi solusi pembuat video split screen online dan gratis, WeVideo menawarkan pengalaman hampir seperti program desktop sambil membuat efek split screen. Meski semua paket langganan yang ditawarkan vendor dikenakan biaya, paket Education dapat dicoba selama 30 hari gratis, dan setelahnya guru harus membayar untuk terus menggunakan alat web.

Langkah-langkah berikut menjelaskan cara mendapatkannya efek split screen dengan WeVideo:

Langkah 1: Impor Video

Kunjungi https://www.wevideo.com dan di jendela utama, klik Video dari bawah bagian Create a new di atas, pilih tata letak di kotak Let’s get started, lalu klik START EDITING dari pojok kanan bawah. Selanjtnya, klik ADD di jendela My media di bagian kiri atas, klikBROWSE TO SELECT di kotak Import media, lalu tambahkan video yang ingin Anda gunakan di efek split screen.

Langkah 2: Tambahkan Klip ke Timeline

Seperti dijelaskan sebelumnya, tarik video dari panel My media dan lepaskan di Timeline. Pastikan untuk menempatkan setiap video di lapisan terpisah, dan semua lapisan berada di atas satu sama lain.

Langkah 3: Buat Efek Split Screen

Pilih klip mana saja di Timeline, dan klik ikon Open clip editor dari area kiri atas track. Di halaman berikutnya, gunakan penggeser Scale untuk memperkecil ukuran klip yang dipilih, dan dari jendela pratinjau di sebelah kanan, tarik untuk mengubah posisi video ke lokasi pilihan Anda di layar. Klik SAVE CHANGES dari bagian bawah panel kiri untuk mengonfirmasi pengaturan. Ulangi proses itu dengan klip kedua di Timeline untuk mengubah ukuran dan mengatur ulang posisinya di layar. Klik FINISH dari pojok kanan atas, di kotak berikutnya, masukkan nama untuk video di kolom yang tersedia, klikSET, pilih pengaturan pilihan Anda di halaman berikutnya, dan klikEXPORT dari pojok kanan bawah untuk menghasilkan video split screen.

Kelebihan

  • Gratis
  • Memungkinkan beberapa video digunakan untuk split screen

Kekurangan

  • Langganan berbayar diperlukan untuk menghapus watermark dari output

FAQ tentang Editor Video Split Screen

Mengapa Anda harus menggunakan efek split screen dalam video?

Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menggunakan efek split screen dalam video Anda. Beberapa penggunaan yang paling umum termasuk:

  • Menampilkan beberapa tindakan dengan karakter yang sama atau berbeda secara bersamaan, tanpa mengubah layar
  • Membandingkan beberapa objek atau kualitas gambar. Ini dapat dilakukan, hanya jika entitas yang bersangkutan ditempatkan berdampingan
  • Membuat video Anda terlihat lebih profesional
  • Menampilkan efek berbeda di layar yang sama

Bisakah saya membuat video split screen dengan aplikasi Windows Movie Maker atau Windows 10 Photos?

Tidak. Meski alat ini memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran video, alat ini tidak memiliki Timeline dengan multi-pelacakan. Tidak ada klip video yang dapat ditempatkan satu di atas yang lain, dan merupakan bagian penting untuk setiap pembuat video split screen dalam menciptakan efek. Namun, seperti yang dibahas di atas, ada beberapa alat pasca-produksi, offline dan online, yang memungkinkan Anda membuat video split screen dengan mudah dan tanpa biaya apa pun.

Kesimpulan

Editor video split screen tersedia secara gratis maupun berbayar. Terlepas dari program yang Anda gunakan untuk membuat efek, file output selalu terlihat lebih profesional dan informatif. Selanjutnya, hal-hal menjadi lebih sederhana jika pembuat video split screen memiliki UI sederhana, tidak menggunakan sumber daya yang intensif, dan mudah digunakan seperti halnya Wondershare Filmora.

Jet
Jet is a writer and a lover of all things video.