filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

Aplikasi Pelacak Gerak Terbaik untuk iOS dan Android

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Hari ini kita akan melihat aplikasi pengeditan video pelacak gerak terbaik untuk perangkat iOS & Android. Kita juga akan mempelajari cara melakukan pelacakan gerakan dan menambahkan objek ke jalur yang dilacak di setiap aplikasi.

Pelacakan gerak adalah teknik yang memudahkan Anda melacak objek yang bergerak di dalam klip video. Anda bisa mengaburkan wajah/objek, menambahkan teks, clip art, gambar, klip video ke objek yang dilacak. Beberapa dekade lalu, pelacakan gerak adalah fitur pemrosesan intensif yang membutuhkan PC dengan GPU khusus, RAM ekstra & perangkat lunak pengeditan yang sangat canggih. Namun revolusi terbaru dari sistem operasi seluler, perangkat keras & aplikasi telah membuka jalan bagi pelacak gerakan pada perangkat seluler.

Lacak Objek Bergerak dan Ikuti Gerakan dalam Video dengan Filmora X

Fitur pelacak gerak yang baru ditambahkan di Filmora X memudahkan Anda melacak objek bergerak dalam klip video dengan mudah, lalu menambahkan clipart seperti gambar, elemen, teks, dan klip video untuk mengikuti setiap gerakan secara otomatis. Di bawah ini adalah video tutorial tentang cara menggunakan fitur pelacak gerak untuk menyematkan teks ke video di Filmora X. Unduh versi uji coba gratis di bawah ini dan inspirasikan semua kreativitas Anda.

Download Filmora X Versi Win Download Filmora X Versi Mac

Aplikasi Pelacak Gerak Terbaik untuk iOS (iPhone/iPad) dan Android

Jadi, apa sajakah aplikasi pelacak gerak terbaik? Apa saja fitur utama mereka? Dan bagaimana Anda bisa melakukan pelacakan gerak pada aplikasi ini? Di bawah ini, kami akan menjawab semua pertanyaan ini.

1. LumaFusion

Harga: $29.99

Sistem Operasi: iOS

LumaFusion adalah salah satu editor video terunggul untuk perangkat iOS. Aplikasi adalah editor video multi-track dengan fitur yang mirip dengan editor profesional seperti Adobe Premiere Pro. Anda bisa mengekspor video Anda ke Final Cut Pro X (FCPXML) atau mengarsipkannya untuk diedit kemudian di perangkat iOS lainnya. Kecepatan bingkai hingga 240fps didukung dengan gerak maju & mundur mode Lambat/Cepat. LUT yang menyediakan warna tingkat profesional, lapisan efek, dan pengeditan audio. Ada fitur auto-ducking yang berguna supaya terbenam di latar belakang secara otomatis selama dialog berlangsung. Interface akan terlihat agak sulit bagi pemula. Mereka mengimbangi dengan memberikan dukungan gratis & tutorial video untuk hampir semua fiturnya.

Bagaimana cara melakukan Pelacak Gerak di LumaFusion?

LumaFusion adalah aplikasi pelacak gerak untuk kelas profesional. Pelacakan tidak memakan waktu yang lama di LumaFusion daripada alternatif profesional lainnya seperti Premiere Pro. Selain itu, banyak aplikasi pengeditan profesional mengalami kelambatan saat Anda menambahkan terlalu banyak bingkai utama dan lapisan, hal tersebut biasanya tidak menjadi permasalahan di LumaFusion.

Anda bisa memulai dengan mengimpor klip Anda. Selanjutnya, tambahkan lapisan 1 objek (teks, video, clip-art, dll.) di atas klip Anda & sesuaikan awal dan titik akhirnya. Edit objek yang ditambahkan1 (grafik, posisi, dll.) sesuai keinginan.

Kemudian, tambahkan bentuk yang sesuai ke lapisan 1 objek Anda. Bentuk ini akan menentukan posisi yang tepat dari titik pelacakan Anda. Sekarang pindahkan objek + bentuk ke objek2 yang ingin Anda lacak. Ingat bentuk posisi sehubungan dengan objek yang akan dilacak2. Tambahkan bingkai utama, lalu majukan ke garis waktu.

Cocokkan objek1 + bentuk posisi sehubungan dengan objek Anda2 yang mirip dengan bentuk sebelumnya. Tambahkan bingkai utama lainnya. Ulangi terus proses objek berikut ini2 dengan objek1 + bentuk. Putar melalui timeline untuk memeriksa setelah Anda sudah selesai. Jangan lupa untuk menghapus bentuk setelahnya karena kita tidak akan menginginkannya di klip yang kita ekspor nantinya. Hanya itu, selesai. Sedikit membosankan tapi ini mudah.

2. KineMaster

Harga: Gratis

Sistem Operasi: iOS & Android

KineMaster adalah editor video multi-track lainnya. Aplikasi ini telah menjadi salah satu pemimpin dalam industri pengeditan seluler selama beberapa tahun lamanya.

Mode campuran dari KineMaster bisa digunakan untuk menghasilkan efek mengejutkan yang sangat unik. Fitur penyesuaian warna memiliki kemampuan yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan koreksi dan mode peningkatan bagi Anda.

Anda bisa mengubah suara Anda, menambahkan efek suara, dan beberapa lapisan video, gambar, stiker, efek khusus, teks & tulisan tangan.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan gerakan lambat, ducking, volume envelope, filter warna, dan masih banyak lagi. Setelah selesai, Anda bisa mengekspor dalam 4K 2160p (30fps).

Versi gratis memberi Anda akses ke semua fitur pengeditan, tetapi waspada dengan iklan & watermark. Membeli KineMaster versi premium akan menghapus watermark dan iklan, membuka kunci preset fitur profesional, dan memberi Anda akses ke lebih dari seribu buah aset premium.

Bagaimana cara melakukan Pelacak Gerak di KineMaster?

Pelacak gerak di KineMaster dilakukan dengan menggunakan tab animasi. Antarmuka keseluruhan jauh lebih sederhana dibandingkan LumaFusion. Kesederhanaan, bagaimanapun hasilnya pada kurangnya opsi fungsi. Anda tidak akan bisa menambahkan bentuk seperti yang kami gunakan di LumaFusion untuk memastikan objek yang ditambahkan1 selalu selaras sempurna dengan objek2 yang dilacak.

Langkah pertama pelacak gerak di KineMaster adalah impor klip Anda. Selanjutnya, tambahkan lapisan1 objek (teks, video, clip-art, dll). Sesuaikan durasi & posisi lapisan1 objek di timeline sesuai dengan durasi & posisi pelacakan gerak dalam klip Anda.

Sekarang luncurkan pada tab animasi. Pindahkan objek yang ditambahkan1 ke titik objek2 yang ingin Anda lacak. Anda bisa memperbesarnya menggunakan dua jari untuk tingkat akurasi. Satu objek1 sudah di tempatnya, tambahkan bingkai utama dengan mengetuk tombol plus.

Maju ke frame berikutnya dan tambahkan keyframe lain setelah lakukan pemosisian. Ulangi terus proses objek berikut ini2 dengan objek1. Putar melalui timeline setelah Anda sudah selesai. Jika Anda melakukan kesalahan, gunakan tombol minus untuk menghapus bingkai utama.

 Kesimpulan

Setelah memeriksa kedua aplikasi pelacak gerak secara menyeluruh, kami merekomendasikan LumaFusion untuk para profesional yang membutuhkan kontrol yang tepat dalam fitur pelacak gerak. Namun, pengguna Android tidak perlu kecewa, karena kemampuan KineMaster juga tidak kalah baiknya.

KineMaster adalah pilihan yang terbaik untuk amatir karena UI-nya sangat sederhana. Apa pun yang menjadi pilihanmu, Anda akan puas dengan fungsi pelacak geraknya. Harapan kami bisa membantu Anda memilih aplikasi pengeditan video pelacak gerak yang terbaik untuk perangkat seluler Anda. Selamat melacak!

author
Ollie Mattison
Ollie Mattison is a writer and a lover of all things video.