FilmoraGo

Aplikasi Edit Video yang Mudah Digunakan

appstore
Unduh di App Store
Dapatkan di Google Play

Top 10 Software Editor Video Slow Motion

Jet

Apr 25, 2021• Solusi yang sudah terbukti

Efek gerakan lambat dapat menambahkan "kesan dramatis", dan menimbulkan perasaan di luar nyata. Jika Anda ingin memperlambat video untuk menampilkan lebih banyak detail atau mentransfer suasana tertentu ke video, Anda memerlukan software pengedit video untuk melakukannya. Berikut ini daftar beberapa editor video terbaik di pasaran untuk membuat video gerakan lambat.

Top 10 Software Edit Video Slow Motion

1. Wondershare Filmora

Harga: Uji coba gratis

Tidak hanya untuk memperlambat atau mempercepat video, Filmora juga dapat digunakan untuk beragam fungsi, seperti memisahkan, memotong atau membalikkan video, dan fitur lanjutan lainnya seperti green screen, PIP, dan face-off. Pembenahan antarmuka pengguna baru-baru ini mendukung penggunaan alat yang lebih mudah.

Filmora menawarkan dua cara untuk membuat efek gerakan lambat dalam video. Cara tercepat untuk menerapkan efek gerakan lambat ke video adalah memilih klip target di timeline, mengklik ikon Kecepatan di toolbar, dan memilih preset slow speed target dari 0.5X, 0.25X, 0.1X, 0.05X dan 0.01X. Semakin kecil presetnya, semakin lambat videonya.

 Filmora9 mengubah kecepatan

Tentu saja, Anda juga dapat mengklik kanan video di timeline, pilih opsi Kecepatan dan Durasi dari menu, lalu ubah kecepatan dengan menyeret penggeser kecepatan atau periode durasi di jendela Kecepatan Kustom .

 Filmora9 jendela kecepatan kustom

Periksa video di bawah ini untuk melihat cara mengontrol kecepatan video dan membuat video fast forward, slow motion, atau freeze frame.

Unduh Versi WinUnduh Versi Mac

Untuk informasi mendetail tentang cara membuat video slow motion, Anda bisa melihat Tutorial: cara membuat video slow/fast motion.

2. Twixtor

Harga: Berkisar antara $82,49 untuk upgrade hingga $595,00 untuk full version

Dengan secara terus-menerus meningkatkan standar untuk software pengeditan gerakan lambat, Twixtor mungkin adalah aplikasi pengeditan video yang paling populer dan paling dipuji di pasaran, khususnya yang berfokus pada gerakan lambat dan cepat. Meskipun sofware ini terus mendapat pujian, harganya mungkin sedikit terlalu mahal. Twixtor Pro edisi full version dibanderol $595,00.

timewarp

3. Slomovideo

Harga: Gratis

Meski grafis antarmuka penggunanya telanjang dan tidak menarik bagi beberapa orang, Slomovideo melakukan apa yang seharusnya dilakukan sesuai rancangannya, yaitu memperlambat gerak dalam video, dengan cukup baik. Selain itu, Slomovideo adalah program open source, yang artinya gratis. Meskipun begitu, kelemahannya adalah program ini lebih lambat daripada software dan aplikasi lain. Namun, jika Anda tidak ingin menghabiskan ratusan dolar untuk menghasilkan video gerakan lambat yang tajam dan halus dengan software mahal, freeware ini cocok untuk Anda.

slowmovideo

4. MotionPerfect

Harga: $49,95

Utilitas lintas platform ini memungkinkan kecepatan dan frame rate diatur, dan durasi file diubah. Algoritma morphing dan interpolasi kompensasi gerak digunakan, alih-alih mengulang atau memadukan frame yang berdekatan.

motionperfect

5. Apple Motion

Harga: Dibundel dengan Apple Final Cut Studio

Fitur Aliran Optik dalam Apple Motion dulunya tidak jelas, tetapi sekarang banyak pengguna yang membuktikan kualitasnya. Karena sudah dibundel dengan Apple Final Cut Studio, pengguna FCS sebelumnya dapat menggunakan Apple Motion secara gratis.

apple-motion

6. Boris Continuum Time Unit

Harga: $199,00

Menggunakan efek retiming dari Aliran Optik dibarengi dengan pembuatan keyframe otomatis dari Beat Reactor, Boris Continuum Time Unit dapat menghasilkan video gerakan lambat dan cepat berkualitas tinggi.

boris-continuum-time-unit

7. ReSpeedr

Harga: $99

Sama dengan Slomovideo, Respeedr juga merupakan alat pengeditan video open source. Aplikasi yang berdiri sendiri ini menggunakan analisis aliran-gerak berbasis frame, yang berarti bahwa program ini menggunakan dynamic frame-blending. Aplikasi ini menawarkan berbagai alat time-lapse dan slow motion yang diperlukan untuk membuat transisi yang mulus dengan kualitas video yang tajam. Selain itu, grafis antarmuka penggunanya sangat mudah dipahami.

respeedr

8. AviSynth

Harga: Gratis

Sebagai frameserver, AviSynth memungkinkan pengeditan dan pemrosesan tanpa memerlukan file sementara. Selain itu, alat ini mengandalkan sistem skrip alih-alih antarmuka pengguna grafis. Pengoperasiannya mungkin tampak sulit pada awalnya, tetapi sebenarnya sangat prima.

avisynth8

9. TimeWarp

Harga: $9,95

Untuk urutan gerakan cepat atau lambat, Sony menawarkan TimeWarp. Input dapat dimasukkan dalam bentuk numerik atau disesuaikan dengan kontrol slider.

timewarp

10. Adobe After Effects

Harga: $29,99/bulan jika dibundel dalam paket cloud kreatif

Sebagai alat pasca-pemrosesan dengan berbagai fitur yang tersedia, Adobe After Effects berhasil membuat video gerakan lambat.

adobe-after-effects

Anda bisa mengklik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara mengedit video di Adobe After Effects.

Ide video gerakan lambat - video tutorial

Lihat video tutorial di bawah ini untuk mendapatkan inspirasi pembuatan video gerakan lambat.

Unduh Versi WinUnduh Versi Mac

Seperti yang kami katakan sebelumnya, dengan Filmora, Anda bisa mengubah kecepatan video dengan mudah dan membuat video slow motion, fast forward atau freeze frame. Selain itu, Filmora juga menyediakan beberapa fitur pengeditan video dasar seperti trimming, splitting, cutting, dan rotating, serta fitur-fitur canggih seperti Stabilisasi video dan tilt shift. Unduh Filmora dan jadilah kreatif.

Jet
Jet is a writer and a lover of all things video.