filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Tutorial Lengkap iMovie
1. Tip Pengeditan Dasar iMovie +
2. Tip Pengeditan Adcanced iMovie +
3. Tip Pengeditan Kreatif iMovie +
4. Alternatif iMovie +
5. iMovie Troubleshooting +
The best iMovie alternative for Mac and Windows to create videos with intuitive interface and powerful features
  • Easy-to-use wizard-style interface
  • Wide support for almost all popular video formats
  • 300+ built-in stunning visual effects
  • Trim, split, cut, combine, crop, rotate and pan & zoom effects in a few clicks

Bagaimana Cara Mudah Mengompres Sebuah File Video dalam iMovie?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

"Bagaimana saya dapat mengubah ukuran video di iMovie?"

Ini adalah artikel yang cocok jika Anda menginginkan sejumlah informasi mengenai pengompresan video dengan iMovie. Artikel ini akan membahas tentang panduan utama kami mengenai cara mengubah ukuran video dalam iMovie baik pada Mac maupun iOS.

Sebelum langsung menuju pada panduannya, mari kita ketahui akan terlihat seperti apa pengompresan rekaman di masa yang akan datang. Alasan pertama Anda memutuskan mengompres video adalah untuk menghemat banyak ruang. Contohnya, rekaman video dengan resolusi 1080 HD akan menempati ruang 10.5 GB per menit video mendorong pentingnya pengompresan video.

Sementara itu, terdapat dua tipe seperti kompresi lossy dan lossless. Jika Anda adalah pengguna Mac, Anda akan familiar dengan iMovie, tetapi, apakah Anda paham dengan langkah-langkahnya?

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membahas bagaimana cara mengompres sebuah video di iMovie disertai alternatif terbaik di bagian berikut ini.

Bagian 1: Mengompres Video tanpa Mengurangi Kualitas dengan Wondershare Filmora

"Bagaimana saya dapat mengompres sebuah video dan tetap mempertahankan kualitasnya?"

Telusuri bagian informatif ini sebelum mengetahui bagaimana cara mengompres sebuah video di Mac dengan iMovie. Dikarenakan fitur ekspor iMovie yang mendasar dan durasinya yang pendek, maka Anda harus memiliki alternatif terbaik terlebih dahulu.

Oleh karena itu, kami ingin merekomendasikan solusi cepat untuk semua masalah teknis Anda dalam pengeditan video, yang tidak lain adalah Filmora dari Wondershare. Wondershare Filmora telah melalui evolusi drastis untuk menawarkan kepada pengguna semua fitur yang diperlukan dalam pengeditan video pemula hingga canggih. Selain itu, antarmuka pengguna Filmora cukup sederhana, baik untuk Anda yang merupakan seorang pengguna pemula atau pun seorang editor video profesional.

Download Filmora Versi Win Download FIlmora Versi Mac

Di bawah ini adalah beberapa fitur penting Wondershare Filmora yang patut dipertimbangkan.

  • Kontrol Audio dan Video
  • Pengedit teks yang canggih
  • Stabilisasi Video
  • Color grading siap pakai
  • Kontrol kecepatan
  • Berbagai mode kompresi
  • Latar belakang kunci chroma
  • Penghilangan noise
  • Scene detection
  • Pencampuran audio
  • Split screen

Bagian terbaiknya adalah, Anda tidak perlu terlibat dalam kurva belajar yang curam seperti software kelas atas lainnya.

Download Filmora Versi Win Download Filmora Versi Mac

Mari kita lihat bagaimana mudahnya kompresi di Wondershare Filmora!

Beberapa Cara Mudah untuk Mengompres Video melalui Wondershare Filmora

Langkah umum: Setelah membuka Wondershare Filmora, klik tab Proyek Baru dan mulai mengimpor file media.

Lalu, Anda perlu memilih tab Impor dan pilih di antara berbagai opsi seperti yang diberikan di bawah ini.

Cara 1: Crop layar video

Setelah Anda menyeret video ke dalam timeline, klik kanan dan pilih opsi Crop dan Zoom. Anda dapat menyeret poin seperti yang Anda inginkan, atau lebih memilih rasio sampel kecil dibandingkan ukuran file aslinya.

Lalu, tekan tombol OK untuk mengonfirmasi.

Cara 2: Mengurangi panjang video

Di bagian ini, Anda dapat menghilangkan bagian video yang tidak diinginkan, yang biasanya muncul di bagian awal atau akhir video. Klik ikon gunting dan bawa kursor ke bagian yang ingin Anda hapus. Panel pengeditan kemudian akan terlihat seperti berikut ini.

Kemudian, Anda perlu memilih pengaturan ekspor paling rendah seperti yang terlihat di bawah ini.

Cara 3: Mengganti ke format MP3

Ini merupakan sebuah solusi ideal jika Anda hanya menginginkan audio dalam sebuah klip video tertentu. Ia akan sangat mengompres ukuran file.

Cara 4: Menyesuaikan resolusi video

Ini adalah metode kompresi paling mudah karena Anda hanya butuh mengklik 3 kali untuk mengompres video. Selain itu, Wondershare Filmora memiliki kemampuan unik yang memungkinkan Anda untuk mengatur resolusi video dari yang tertinggi ke yang terendah dengan mengklik tab Pengaturan yang terlihat di bawah ini.

Pada akhirnya, Anda harus menunggu beberapa saat agar pengedit video Wondershare Filmora dapat mengompres proyek Anda. Setelah itu, Video Anda pun siap!

Bagian 2: Bagaimana Cara Mengompres sebuah Video dalam iMovie pada Mac?

Sekarang, Anda dapat mempertimbangkan frekuensi dari langkah serupa dalam iMovie pada Mac. Tutorial lengkap yang menuntun Anda selangkah demi selangkah yang diberikan di bawah ini akan memberitahu Anda bagaimana cara mengompres sebuah video dalam iMovie pada perangkat Mac. Jadi, mari kita mulai tanpa menunda lagi!

Langkah 1: Cek ukuran file asli

Meskipun ini adalah langkah opsional, Anda harus mengecek ukuran file aslinya terlebih dahulu. Untuk tujuan ini, klik kanan pada video dan pilih tab Get Info pada perangkat iMovie Anda.

Langkah 2: Mengimpor Media

Buka iMovie, pilih nama File Anda, dan pilih tombol Impor Media untuk memproses. Anda juga dapat mengklik dua kali pada File tersebut dan tekan opsi Impor Semua. Seret Media ini ke dalam timeline sampai muncul kotak kuning.

Langkah 3: Mengekspor media

Setelah Anda menyelesaikan pengeditan file video Anda di dalam iMovie, tekan tombol Ekspor yang terdapat di bagian atas dan pilih File seperti yang ditampilkan di bawah. Lalu, Anda harus masuk ke dalam pengaturan ekspor serendah mungkin. Hasil yang akan Anda peroleh adalah file video yang telah dikompres dan diubah ukurannya dari file video aslinya.

Bagaimanapun juga, semua ini tergantung pada ukuran file asli yang Anda miliki!

Bagian 3: Bagaimana Cara Mengompres Video dalam iMovie pada iOS?

Ini adalah saatnya kami memperluas tutorial panduan utama kami mengenai bagaimana cara mengubah ukuran video dalam iMovie pada perangkat iOS. Sebagai referensi, kami telah merangkum panduan langkah demi langkah untuk kompresi video iMovie dalam iOS 13.

Panduan Langkah Demi Langkah untuk Kompresi Video iMovie pada IOS 13

Langkah 1: Membuat sebuah film baru

Langkah pertama dimulai dengan membuka iMovie pada iOS 13 Anda dan buka proyek untuk membuat sebuah film baru, seperti yang terlihat di bawah ini.

Langkah 2: Pilih media Anda

Kunjungi Media > Video dan pilih di antara berbagai file video yang berbeda untuk memulai. Tandai kotak video dan klik tab Buat Film yang tersedia di bawah ini.

Pilih tab Selesai jika Anda ingin melewati bagian pengeditan di iMovie.

Langkah 3: Simpan Videonya

Klik tombol Bagi seperti yang terlihat di bawah ini.

Lalu, tekan tab Simpan Video seperti yang tersedia di bawah ini.

Pilih ukuran video yang kecil untuk kompresi video yang ideal dalam iMovie pada iOS.

Ia akan mengekspor film tersebut seperti yang terlihat di bawah ini, lalu mengirimkannya ke dalam photo roll Anda untuk mengakses file.

Jadi, itulah semua proses yang perlu Anda ketahui untuk mengubah ukuran video dalam iMovie pada iOS.

Kesimpulan

Jadi, beginilah seluruh penjelasan kami mengenai bagian kompresi video iMovie. Kami telah memberikan yang terbaik untuk menjelaskan setiap aspek pada bagaimana cara mengompres sebuah video dalam iMovie.

Dimulai dengan alternatif terbaik yang dimiliki iMovie - Wondershare Filmora, diikuti dengan pembahasan langkah-langkah utama untuk mengubah ukuran video dalam iMovie baik pada perangkat Mac maupun iOS. Akan sangat baik untuk menemukan sebuah pengedit video yang sesuai dengan format kompresi lossless tetapi juga memberikan penghematan tempat penyimpanan yang besar. Maka, itulah yang telah kami temukan dalam Wondershare Filmora dalam bentuk fitur yang cukup eksklusif,

author avatar
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Liza Brown Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Liza Brown

chief Editor