filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Tutorial Lengkap iMovie
1. Tip Pengeditan Dasar iMovie +
2. Tip Pengeditan Adcanced iMovie +
3. Tip Pengeditan Kreatif iMovie +
4. Alternatif iMovie +
5. iMovie Troubleshooting +
The Best iMovie alternative for Mac & Windows
  • Easy-to-use wizard-style interface
  • Wide support for almost all popular video formats
  • 300+ built-in stunning visual effects
  • Trim, split, cut, combine, crop, rotate and pan & zoom effects in a few clicks

Bagaimana Cara Memperbaiki MasalahTidak Cukup Ruang Disk pada iMovie?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

“Bagaimana cara mengosongkan ruang pada iMovie? Kapan pun saya mencoba menyimpan sebuah proyek, saya mendapatkan informasi kesalahan di Mac saya karena ruang disk yang tidak cukup!”

Ketika saya; menemukan pertanyaan ini pada Reddit, saya menyadari bahwa begitu banyak orang menderita masalah penyimpanan iMovie yang tidak diinginkan. Karena Mac memiliki sarana terbatas, penggunaan memori iMovie terkadang dapat melonjak, dan menyebabkan kesalahan ini. Syukurlah, mempelajari cara membersihkan ruang disk pada iMovie cukup mudah dan ada berbagai cara untuk melakukannya.

Mari kita segera mulai dan perbaiki persoalan tidak ada ruang lagi pada iMovie seperti seorang profesional.

Bagian 1. Mengapa iMovie Mengambil Begitu Banyak Ruang pada Mac?

Sebelum Anda mulai memperbaiki masalah tentang penyimpanan iMovie ini, penting untuk mempelajari mengapa iMovie mengambil begitu banyak ruang. Untuk menganalisa ini, Anda bisa pergi ke iMovie dan periksa yang menempati penyimpanannya.

  • Bisa saja di sana ada banyak sekali file perenderan yang menempati ruangan.
  • Bisa saja Anda mengerjakan sejumlah file video dan proyek.
  • Di sana mungkin saja ada banyak data yang disimpan (atau belum disimpan) pada iMovie.
  • Terkadang, di sana bisa saja ada masalah yang berkaitan dengan manajemen penyimpanan Mac, yang menyebabkan lonjakan pada penyimpanan memori iMovie.
  • Sebuah perubahan preferensi atau pengaturan iMovie bisa juga meningkatkan penyimpanannya.
  • Di sana bisa saja banyak tembolok iMovie, sementara, atau file perpustakaan lama menempati ruang pada Mac.

Bagian 2. Perbaikan-perbaikan Teratas untuk Persoalan "Tidak Cukup Ruang Disk" di iMovie

Sekarang ketika Anda tahu mengapa iMovie mengambil begitu banyak ruang, mari kita perbaiki masalah tentang penggunaan memori iMovie ini. Karena bisa jadi ada alasan berbeda untuk kesalahan ruang disk iMovie tidak cukup, saya akan merekomendasikan mengikuti solusi ini.

Perbaikan 1: Menyingkirkan Proyek dari Perpustakaan iMovie

Seperti yang telah saya daftar di atas, salah satu alasan yang utama untuk kesalahan tidak ada lagi ruang pada iMovie adalah proyek dan acara yang ada. Itu artinya, jika Anda memiliki banyak acara dan proyek yang berjalan pada iMovie, maka itu dapat mengkonsumsi ruang yang tidak diinginkan.

Untuk mengatasi problem penyimpanan iMovie ini, cukup luncurkan aplikasi dan buka bagian "Semua Proyek" pada bilah sisi. Di sini, Anda bisa menilik proyek yang tersedia dan ketuk kanan yang ingin Anda hilangkan.

Ketuk pilihan "Pindahkan ke Sampah" untuk menghapus proyek iMovie dari aplikasi. Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada bagian Acara untuk mengoptimalkan penggunaan memori iMovie.

Perbaikan 2: Hapus File Render pada iMovie

Sama seperti peralatan penyuntingan video lainnya, iMovie juga menyimpan berbagai file render yang bisa menempati banyak ruang. Karena barangkali Anda tidak memerlukan file render yang disimpan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghapusnya. Untuk mempelajari cara menghapus file-file render di iMovie, cukup ikuti latihan dasar ini.

Langkah #1. Yang pertama, cukup buka aplikasi iMovie pada Mac Anda dan buka Menu > iMovie > Preferensi.

Langkah #2. Karena jendela Preferensi di iMovie akan diluncurkan, cari segmen "File-file Render" dan ketuk tombol "Hapus".

Langkah #3. Cukup mengkonfirmasi tindakan untuk menghapus file render di iMovie dan tunggu prosesnya selesai.

Langkah #4. Atau, Anda juga bisa meluncurkan Pencari dan masuk ke map ~/Movies/ untuk menghapus map "Render Files" secara manual dari Mac.

Perbaikan 3: Bersihkan Seluruh Paket Perpustakaan iMovie

Jika Anda telah menggunakan iMovie untuk sementara sekarang, selanjutnya perpustakaannya dapat memiliki banyak file yang tidak diinginkan. Untuk mendapatkan hasil terbaik dan memperbaiki problem tidak cukup ruang disk iMovie, Anda bisa membersihkan seluruh paket perpustakaan. Dalam urutan untuk mempelajari cara membersihkan ruang disk pada iMovie dengan menghilangkan paket perpustakaannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah #1. Yang pertama, kunjungi Pencari di Mac Anda dan ketuk pada pilihan Pergi > Menuju ke Map. Di sini, masukkan alamat ~/Movies/ untuk membuka map Film.

Langkah #2. Begitu map Film dibuka, pilih saja map “Perpustakaan iMovie”. Sekarang, ketuk kanan dan pilihlah pilihan "Tampilkan Isi Paket" dari menu konteks.

Langkah #3. Ini akan membuka seluruh map Perpustakaan iMovie di mana Anda bisa menghapus file atau map apa pun (dengan memindahkannya ke Tong Sampah).

Perbaikan 4: Pindahkan Isi Perpustakaan iMovie ke Lokasi Lain

Secara standar, semua data perpustakaan iMovie disimpan di map ~/Movies > Perpustakaan iMovie pada Mac. Walaupun sulit untuk mengubah tujuan iMovie secara standar, tapi Anda bisa memindahkan data perpustakaannya ke lokasi lain.

Contohnya, Anda cukup menghubungkan hard drive eksternal ke Mac dan pindahkan data perpustakaan iMovie. Pergi saja ke ~/Movies/iMovie Library dan pindahkan file secara manual ke hard drive eksternal yang terhubung (dengan menyalin-menempelkannya atau cukup seret-dan-lepas data).

Setelah data iMovie dipindahkan ke drive eksternal, Anda bisa menghapus file perpustakaan untuk memperbaiki problem penyimpanan iMovie.

Perbaikan 5: Pasang ulang Aplikasi iMovie pada Mac Anda

Alasan lain untuk persoalan tidak ada lagi ruang pada iMovie bisa karena aplikasi yang rusak atau ketinggalan zaman. Oleh karena itu, untuk memperbaiki problem penyimpanan iMovie yang disebabkan oleh aplikasi yang bermasalah ini, Anda cukup memasangnya ulang.

Langkah #1. Untuk mempelajari cara mengosongkan ruang di iMovie, buka saja Pencari > Applikasi dan dapatkan daftar aplikasi yang dipasang.

Langkah #2. Dari sini, pilih aplikasi iMovie, ketuk kanan, dan pilih untuk memindahkannya ke Sampah untuk menghapus pemasangannya.

Langkah #3. Setelah aplikasi iMovie dihapus, Anda bisa membuka map ~Library secara manual dan menelusuri map seperti Preferensi, Tembolok, Kontainer, dan Penunjang Applikasi. Sekarang Anda bisa secara manual menghilangkan data apapun terkait iMovie dari map ini.

Langkah #4. Setelah penghapusan pemasangan iMovie dan menghilangkan datanya, Anda dapat memulai ulang Mac. Nanti, Anda bisa membuka App Store pada Mac dan memasang aplikasi iMovie lagi.

Perbaikan 6: Kelola Penyimpanan dan Sumber Daya pada Mac Anda

Terakhir, jika tampaknya tidak ada yang bekerja dan penggunaan memori iMovie masih berlebihan, Anda dapat mengelola penyimpanan di Mac Anda. Berikut cara mengosongkan ruangan pada iMovie dengan mengelola penyimpanan Mac Anda.

Langkah #1. Buka desktop di Mac Anda dan ketuk ikon Apple di atas untuk memilih pilihan "Perihal Mac Ini".

Langkah #2. Ini akan membuka pilihan dedikasi yang terkait dengan Mac Anda. Anda bisa memeriksa tab "Penyimpanan" untuk menilik berapa banyak ruang yang tersedia atau terisi.

Langkah #3. Sekarang, ketuk tombol "Kelola" di bawah tab Penyimpanan agar mendapat sejumlah pilihan untuk mengelola penyimpanan Mac Anda.

Langkah #4. Dari sini, Anda bisa memilih untuk mengosongkan Sampah di Mac Anda, mengoptimalkan penyimpanannya, dan bahkan mengurangi kekacauannya.

Dengan mengikuti pilihan ini, Anda akan bisa mengoptimalkan penggunaan memori iMovie dan mendapatkan lebih banyak ruang yang tersedia untuk proyek iMovie Anda.

Bagian 3. Wondershare Filmora: Alternatif Terbaik untuk iMovie Mac

Seperti yang Anda lihat, bekerja pada iMovie di Mac bisa menjadi agak sulit dan pengguna sering mengalami kesalahan iMovie tidak cukup ruang disk. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Wondershare Filmora sebagai gantinya, yang merupakan salah satu alat penyuntingan video terbaik untuk Mac, dan merupakan alternatif iMovie yang direkomendasikan.

Download Filmora Versi Win Download Filmora Versi Mac

  • Sangat mudah bagi Pemula

Salah satu hal terbaik perihal Wondershare Filmora adalah sangat mudah digunakan. Alat ini memiliki fitur penyuntingan video lanjutan otomatis yang tidak butuh pengalaman menguasai teknis apa pun.

  • Fitur Penyuntingan Video yang banyak

Pada Filmora, Anda bisa menemukan semua jenis fitur penyuntingan video yang memungkinkan Anda untuk memotong, membagi, menggabungkan, trim, dan melakukan banyak operasi lainnya.

  • Beberapa Transisi dan Efek

Filmora juga menawarkan berbagai macam keterangan yang tersedia, efek, transisi, audio, gambar, dan beberapa opsi lain yang tersedia. Anda bisa cukup menarik dan melepas efek atau transisi pilihan Anda untuk menerapkannya ke proyek Anda.

  • Sebuah Pencampur Audio Bawaan

Jika mau, Anda bisa langsung menambahkan sulih suara ke video menggunakan pilihan bawaan di Filmora. Ada juga pencampur audio asli yang memungkinkan Anda menyunting video yang dimasukkan berdasarkan parameter yang berbeda (seperti fading, ducking, dan sebagainya).

  • Fitur Lebih Maju

Ada banyak sekali fitur penyuntingan video profesional dan lanjutan yang dapat Anda jelajahi di Filmora. Beberapa fitur tersebut adalah gradasi warna, audio ducking, kontrol kecepatan, pelacakan gerak, keyframing, dan banyak lagi.

Sudah selesai! Setelah mengikuti panduan ini, Anda pasti bisa memperbaiki masalah mengenai penyimpanan iMovie ini.

Seperti yang bisa Anda periksa, saya telah memberikan solusi secara bertahap tentang cara mengosongkan ruang pada iMovie dan mengoptimalkan penggunaan memori iMovie dengan berbagai cara. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan Wondershare Filmora dibanding iMovie. Tidak hanya alat pengeditan video Filmora yang lebih baik, tetapi juga sangat mudah digunakan dan tidak akan menghasilkan masalah seperti iMovie pada Mac Anda.

page_title:

Perbaikan Teratas untuk Persoalan Tidak Cukup Ruang Disk pada iMovie

author avatar
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Shanoon Cox Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Shanoon Cox

staff Editor