filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
iMovie Complete Tutorial
1. iMovie Basic Editing Tips +
2. iMovie Advanced Editing Tips +
3. iMovie Creative Editing Tips +
4. iMovie Alternatives +
5. iMovie Troubleshooting +
The best iMovie alternative for Mac and Windows users
  • Easy-to-use wizard-style interface
  • Wide support for almost all popular video formats
  • 300+ built-in stunning visual effects
  • Trim, split, cut, combine, crop, rotate and pan & zoom videos in a few clicks

Tutorial Pemula: Cara Menyimpan Proyek iMovie di Mac?

author avatar

Dec 26, 2022• Proven solutions

iMovie adalah salah satu perangkat pengeditan populer yang dipakai jutaan orang setiap harinya. Perangkat lunak ini dikembangkan Apple Inc. dan hanya dapat digunakan di perangkat Apple. Versi Mac dari perangkat lunak memungkinkan Anda langsung mengerjakan proyek dalam jumlah banyak.

Perangkat ini menyediakan alat pengeditan dasar yang dapat dipakai untuk menyusun film dengan menggunakan satu set klip video. Anda juga dapat menambahkan efek visual dan audio spesial pada proyek Anda. Setelah Anda membuat proyek yang sempurna, simpan proyek itu dengan mudah di komputer Mac Anda. Proyek Anda langsung dapat disimpan di desktop atau file tertentu.

Bagian 1. Dua Cara Menyimpan Proyek iMovie di Mac

Terdapat dua cara menyimpan proyek iMovie di Mac Anda. Anda dapat memilih "File" yang Anda akan temukan setelah menekan tombol "Share Project" di tab "Project". Cara lain adalah klik "File" pada menu dropdown untuk menyimpan proyek Anda. Berikut penjelasan singkat kedua cara menyimpan proyek iMovie di Mac.

Cara 1: Gunakan Opsi "Share Project"

Untuk menyimpan proyek iMovie dengan opsi "Share Project", ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah #1. Buka proyek iMovie di Mac Anda. Anda dapat memilih proyek yang sedang berlangsung atau memulai proyek baru dengan klik opsi (+). Saat memulai proyek baru, iMovie memberi Anda dua pilihan: memilih Templat Trailer atau memulai film FreeForm.

Langkah #2. Ketika proyek Anda selesai dan Anda ingin menyimpan pekerjaan Anda, maka kliktiga titik yang akan terlihat di sisi kanan nama proyek. Menu pop-up pun muncul. Klik opsi "Share Project" yang muncul di menu.

Langkah #3. Klik opsi "File" pada daftar dan salinan proyek iMovie Anda akan tersimpan di Mac Anda.

Proyek Anda juga dapat dibagikan melalui cara lain yang terdaftar pada menu, seperti Email atau Media Sosial. Dengan klik opsi "Theater", Anda dapat menyimpan proyek Anda di iMovie, tetapi Anda tidak dapat mengakses file dari tempat lain pada komputer.

Langkah #4. Setelah Anda memilih "File", sebuah menu pop-up akan terbuka berisi opsi penyesuaian yang membantu Anda dalam pengaturan video Anda sebelum menyimpan proyek Anda. Anda dapat mengganti resolusi dan kualitas video. Atau menambahkan deskripsi dan tag.

Jika Anda juga ingin film Anda muncul di tab "Theater", centang kotak "Add to Theater".

Langkah #5. Setelah Anda puas dengan proses penyesuaian, klik "Next" untuk ke langkah selanjutnya.

Langkah #6. iMovie saat ini akan meminta Anda menamai file Anda dan menambahkan lokasi. Anda dapat mengetik nama file Anda di samping "Save As" dan lokasi (folder tertentu atau desktop Anda) di sebelah "Where".

Langkah #7. Klik "Save" dan proyek iMovie Anda akan tersimpan di komputer Anda.

Cara 2. Gunakan Menu File

Anda juga dapat menyimpan proyek Anda di iMovie dengan menu File, seperti ini.

Langkah #1. Buka proyek di iMovie atau buatlah proyek baru dengan klik opsi (+).

Langkah #2. Setelah menyelesaikan proyek, tarik pointer Anda ke menu "File" di toolbar yang Anda akan lihat di sebelah pengaturan "iMovie". Menu drop-down pun akan terbuka.

Langkah #3. Pilih opsi "Share" dari menu drop-down.

Langkah #4. Terakhir, pilih "File" lalu menu pop-up penyimpanan proyek Anda ke PC akan muncul.

Langkah #5. Setelah proses penyesuaian, pilih nama dan lokasi untuk proyek Anda dan klik opsi "Save".

Bagian 2. Mengapa Saya Tidak Dapat Menyimpan iMovie di Mac dan Cara Memperbaiki Hal Tersebut?

Banyak pengguna mengalami masalah karena tidak dapat menyimpan proyek iMovie yang belum selesai atau yang telah selesai di Mac. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa penyebab paling umum yang dapat menghentikan penyimpanan proyek iMovie Anda tercantum dalam artikel ini, disertai solusi.

  • Kurangnya Ruang di Komputer Anda

Hal ini adalah salah satu penyebab paling umum yang menggagalkan penyimpanan file iMovie di komputer Anda. Anda dapat menyelesaikan isu ini dengan menghapus file yang tidak terpakai.

  • File Proyek yang Rusak

File yang rusak juga akan bermasalah dalam penyimpanan. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menyalin semua file video di folder yang sama, menghapus file yang tertolak, atau menghapus file thumbnail.

  • Tidak Ada Opsi Simpan pada Menu

Terkadang, Anda mungkin menyadari tidak ada opsi Simpan pada menu iMovie. Hal ini biasanya terjadi ketika pekerjaan Anda disimpan otomatis ke hard drive komputer Anda. Setelah Anda selesai mengerjakan proyek, proyek iMovie Anda dapat diekspor ke beberapa lokasi.

Bagian 3. Alternatif Terbaik Aplikasi iMovie di Mac

Tidak diragukan lagi bahwa iMovie adalah perangkat yang hebat untuk mengedit video khusus pengguna Mac, tetapi terdapat juga alternatif bagus lainnya. Dari sekian banyak perangkat lunak pengeditan yang baik, Wondershare Filmora tentunya menjadi alternatif terbaik untuk iMovie bagi pengguna Mac.

Download Filmora Versi Windows Download Filmora Versi Mac

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur yang membuat film dan video Anda lebih bagus dan menonjol. Aplikasi ini membuat proses pengeditan yang sulit menjadi mudah. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Wondershare Filmora tercantum berikut ini:

  • Perekaman Layar

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk merekam layar Anda. Anda juga dapat mengedit dan menyimpan rekaman layar dengan Filmora. Fitur ini biasa dipakai untuk merekam dan mengedit video screencast.

  • Penghilang Noise

Menghapus kebisingan latar belakang yang tidak diharapkan dengan mudah.

  • Picture-in-Picture

Menumpuk satu video atau gambar di video lain.

  • AI Portrait

Membuat video Anda lebih bagus dan lebih hidup dengan AI.

  • Audio Ducking

Memudarkan satu trek di trek lain menggunakan fitur audio ducking Filmora.

  • Teks Keren

Filmora juga menawarkan banyak pilihan teks dan judul.

  • Berbagai Transisi dan Efek

Menambahkan transisi keren, efek video, dan efek audio untuk membuat video Anda lebih personal.

  • Kontrol Kecepatan

Perlambat dan percepat video sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat memakai fitur ini untuk membuat time-lapse atau untuk efek slow-motion.

  • Pustaka Musik

Akses ribuan soundtrack melalui pustaka musik Filmora.

Dengan menggunakan Wondershare Filmora, Anda akan memiliki akses ke alat pengeditan terkini. Dengan akses ke berbagai tema, soundtrack, efek suara, dan judul, Anda dapat menciptakan karya yang spesial.

Kesimpulan

Terkadang Anda merasa sulit menyimpan proyek iMovie di Mac Anda. Hal ini bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi dan menghabiskan waktu demi menemukan cara menyimpan iMovie di Mac.

Filmora menawarkan solusi atas kekhawatiran Anda, memungkinkan Anda menyimpan proyek iMovie ke desktop. Selain itu, aplikasi ini juga menghadirkan beragam fitur pengeditan yang dapat membuat film Anda lebih menarik di mata audiens Anda.

author avatar
Marion Dubois
Marion Dubois is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Ep. 16 Menambahkan Gerakan ke Video, Gambar, dan Grafik di Filmora

Dalam tutorial video ini, kami akan menunjukkan cara menambahkan efek gerak ke video, gambar diam, dan grafik di Filmora dan memperkenalkan beberapa efek gerak yang menarik juga.

by Marion Dubois Dec 28, 2022 16:54 PM

Sorotan Instagram Terbaik Meliputi Aplikasi

Apa aplikasi terbaik untuk sampul sorotan Instagram? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa sorotan Instagram terbaik yang mencakup aplikasi untuk iPhone dan Android.

by Marion Dubois Dec 28, 2022 16:54 PM

Pembuat Video Sorotan Terbaik

Apa program terbaik yang digunakan untuk membuat video sorotan? Pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa pembuat video sorotan terbaik untuk komputer desktop dan ponsel.

by Marion Dubois Dec 28, 2022 16:54 PM

author avatar

Marion Dubois

staff Editor