filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play

Bagaimana cara mengubah warna dalam efek Adobe After?

Nov 09, 2022• Proven solutions

Download Win VersionDownload Mac Version

Warna dalam rekaman yang ditangkap secara merata olehkamera video terbaik di pasaran bisa terlihat pucat dan kadang-kadang bahkan tidak realistis. Terkadang warna langit atau air dalam bidikan Anda tidak menarik, tetapi Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan Adobe After Effects. Anda dapat memanipulasi warna dalam animasi serta semua jenis project lain yang Anda gunakan untuk AE. Bagian terbaiknya adalah Anda tidak perlu menjadi ahli pengeditan video untukmengubah warna layer latar belakangatauseluruh area bidikan. Jadi, dalam artikel ini, kami akan memandu Anda untuk melihat beberapa metode mudah untuk mengubah warna di AE.

Anda mungkin juga menyukai:Bagaimana Cara Membuat dan Menggunakan Green Screen dengan Mudah?

Bagaimana Cara Mengubah Warna di AE?

Terlepas dari kenyataan bahwa mengubah warna objek dalam bidikan tidak memerlukan terlalu banyak usaha, Anda harus menggunakanfitur koreksi warnayang disediakan AE dalam jumlah sedang. Mengandalkan efek yang berlebihan dapat membahayakan kualitas rekaman yang sedang Anda kerjakan dan hasil akhirnya bisa terlihat terlalu artifisial. Mari kita lihat berbagai metode yang dapat Anda gunakan untuk mengubah warna di AE.

Metode 1:Menggunakan Efek Isian

Jika Anda menggunakan template yang berisi beberapa lapisan, efek Isian dapat membantu Anda mengubah warna salah satu layer dalam komposisi. Sebelum Anda menerapkan efeknya, Anda harusmemastikan bahwa layer yang warnanya ingin Anda ubah sudah dipilih. Ketika Anda memilih layer, lanjutkan untuk menemukansubmenuGenerate dimenu Effects, dan pilihopsi Fill. Efeknya akan secara otomatis mengubah warna layer menjadiwarna yang dipilih secara default, tetapi Anda dapat memilih warna apa saja dari palet warna, hanya dengan mengklikpengaturan Colordi panelEffect Controls.

Metode mengubah warna layer ini hanya cocok untuk layer dengan satu warna saja, dan kegagalan dalam memilih layer tempat Anda ingin menerapkan efek Fill akan membuat seluruh komposisi menjadi monokrom. Anda dapat menyalin efek dari satu layer ke layer lain menggunakan pintasan keyboard Command atau CTRL+C dan Command atau CTRL+V.

Metode 2:Menggunakan Tint Effect

Alih-alih mengubah warna setiap elemen dalam komposisi satu per satu, Anda dapat menggunakan efek Tint untuk mencapai hasil yang sama. Anda hanya perlumenyorot sebuah layer,lalu bukasubmenu Color Correctiondalammenu Effect,dan pilihopsi Tint.Gunakan pengaturanMap Black To dan Map White Toyang dapat diakses daripanel Effect Controlsuntuk menyempurnakan warna pada layer yang dipilih. Mengubah opsiMap Black To akan mengganti bagian hitam layer dengan warna yang Anda pilih, sementarafitur Map White Tomemungkinkan Anda untuk mengganti area putih pada layer dengan warna baru.

Efek Tint sangat membantu jika Anda perlu mengubah warna layer hitam atau putih, tetapi Anda juga dapat menggunakannya untukmendesaturasisebuah layer. Cukup terapkan efeknya kevideo berwarnayang ingin Anda ubah menjadi hitam dan putih, lalu Anda bisamenonjolkan warna tertentudengan memilih warna baru di bawah pengaturan Map Black To dan Map White To.

Metode 3:Menggunakan Hue/Saturation Effect

Anda dapat menggunakanefek Hue/Saturationdalam banyak konteks yang berbeda karena efek ini dapat membantu Anda mengubah warna sebuah komposisi yang multi-layeratauseluruh bidikan. Jika Anda sudah memiliki komposisi kompleks dengan banyak elemen berbeda yang tidak dapat diwarnai secara terpisah, menggunakan efek ini dapat membantu Anda mengubah warnanya dengan mudah.

Anda hanya harusmenyorot komposisi tersebut di timeline, lalu luaskanmenu Effects, dan pilihopsi Hue/Saturationdarisubmenu Color Correction. Untuk mengubah warna seluruh komposisi, Anda hanya perlumenyesuaikan pengaturan Master Hue di panel Effect Controls. Atau, Anda dapat menggunakanpenggeser Master Saturation dan Master Lightnessuntuk menyempurnakan warna yang baru dipilih.

Warna mobil, bangunan, air, langit, atau apa pun dalam rekaman yang Anda proses di AE dapat dengan mudah diubah. Setelah mengimpor klip ke dalam software dan menempatkannya di timeline, Anda harus membuka menu Layer, klik New, lalu pilih fitur Adjustment Layer. Setelah Anda menambahkan layer penyesuaian di atas klip video, Anda harusmenggunakan alat Pen untuk meerapkan mask pada objek yang warnanya ingin Anda ubah. Masking akan jauh lebih mudah jika bagian bidikan tidak mengandung terlalu banyak detail.Opsi Mask Featherdapat membantu Anda membuat tepian area dengan mask lebih halus jika Anda ingin menghindari tepian keras di antara dua bagian bidikan. Juga, ingatlah bahwa hasil Anda mungkin berbeda jika area bidikan yang Anda beri mask mengandung lebih dari satu warna.

Setelah Anda menutup objek dengan mask, Anda harusmemilih layer penyesuaianyang telah Anda buat sebelumnya. Klikmenu Effects, lau buka Color Correction dan pilih efek Hue/Saturation. Anda kemudian dapat mengubah warna objek yang diberi mask menggunakanpengaturan Master Hue. Selain itu,mengubah opasitas dari layer penyesuaianakan memungkinkan Anda untuk menggabungkan warna asli objek dengan warna yang telah Anda tambahkan ke klip dengan efek Hue/Saturation.

Metode 4:Menggabungkan Keylight dengan Efek Hue/Saturation

Saat mengubah warna objek dalam bidikan yang lebih kompleks dan memiliki banyak variabel berbeda, Anda dapatmenggabungkan fitur Keying dengan efek Hue/Saturation. Buatdua salinan file asliyang telah Anda tempatkan di timeline dengan menggunakanpintasan CTRL+D di PC atau Command+D di Mac. Nonaktifkan visibilitas untuk dua salinan klip bagian bawah, lalu bukasubmenu Keyingdarimenu Effectsdan pilihfitur Keylight.

Pilihalat Color Picker di sebelah pengaturan Screen Color, tahantombol CTRLdan klik warna dalam bidikan yang ingin Anda ganti. Setelah memasukkan warna tertentu,aktifkan visibilitas untuk salinan kedua dari klipdan klik untuk memilihnya. Bukamenu Effect, lalu pilihefek Hue/Saturationdari submenuColor Correction. Menyesuaikannilai Master Hue, Saturation, dan Lightnesshanya akan memengaruhi warna yang Anda masukkan, tetapi Anda mungkin juga mengalami beberapa masalah kompresi. Itu sebabnya Anda mungkin ingin menyempurnakan opsi Keylight atau mengubah nilai opasitas salinan klip video tempat Anda menerapkan efek Hue/Saturation.

Metode 5:Menggunakan Change to Color Effect

Sebelumnya dikenal sebagaiefek Change Color HSL,Change to Color Effectmemungkinkan Anda untuk mengubah warna yang dipilih sekaligus membiarkan warna lain tidak berubah.Tambahkan layer penyesuaian di atas klip videodi timeline dengan memperluasmenu Layer, dan pilih opsi Adjustment Layerdarisubmenu New.

Lanjutkan untukmenambahkan efek Change to Colorkelayer penyesuaiandan pilih warna yang ingin Anda ganti dengan mengklikopsi Fromdipanel Effect Controls. Setelah itu, Anda harus mengklikpengaturan Tountuk memilih warna baru, dan software akan secara otomatismengubah warna From ke warna yang Anda pilih di bawah pengaturan To.

Namun, menggunakanefek ini akan menggantikan warna tertentu di semua area bidikan. Itulah sebabnya, Anda harus menutupi area bidikan agar tidak terpengaruh oleh efek Change to Color menggunakanalat Pen.

Kesimpulan

Pilihan metode manipulasi warna di AE yang akan Anda gunakan bergantung pada jenis project yang sedang Anda kerjakan. Jadi, jika misalnya Anda hanya ingin mengubah warna layer latar belakang, Anda dapat menggunakan efek Fill, sedangkan efek Hue/Saturation adalah pilihan terbaik jika Anda mencoba mengubah warna sungai, mobil, atau benda bergerak lainnya. Efek apa yang Anda gunakan untuk mengubahwarna di videoyang Anda proses dengan AE? Tinggalkan komentar di bawah dan beri tahu kami.

Download Win VersionDownload Mac Version

author avatar
Benjamin Arango
Benjamin Arango is a writer and a lover of all things video.
You May Also Like
Editor Video Terbaik untuk Windows/Mac/iOS/Android/Linux [Semua dalam Satu]

Dalam artikel ini, kami telah meninjau semua software pengeditan video populer di pasar, dan keluar dengan editor video terbaik untuk Windows/Mac/iOS/Android/Linux untuk Anda.

by Benjamin Arango Nov 18, 2022 18:04 PM

Pemotong dan Penggabung Video Gratis dan Terbaik untuk Pemula

Dalam artikel ini, Anda akan melihat bagaimana pemotong dan penggabung Video Filmora memungkinkan Anda memotong dan menggabungkan yang terbaik dari rekaman asli Anda.

by Benjamin Arango Nov 18, 2022 18:04 PM

Bagaimana bisa anda menolak 10 software Speech to Text terbaik dan gratis ini

Apakah Anda ingin menghindari kesibukan mengetik dengan mengonversi kata-kata Anda menjadi teks dengan nyaman dan cepat? Tetaplah membaca artikel ini untuk mempelajari mengenai beberapa solusi software yang menarik untuk mengatasi masalah tersebut

by Benjamin Arango Nov 15, 2022 17:13 PM

Benjamin Arango

staff Editor

0 Comment(s)