filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Add text, titles, scrolling credits and subtitles to videos easily
  • Various built-in text, title, opener and credit presets
  • Customize the color, size, font and animation easily
  • 300+ built-in stunning video special effects

10 Aturan Dasar Komposisi Yang Harus Anda Ketahui

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Membawa kesempurnaan pada pekerjaan seseorang adalah sesuatu yang dapat membawa Anda menjadi lebih jauh lagi, bukan begitu? Hal yang sama berlaku untuk profesi seperti desain dan fotografi, di mana bahkan sedikit peluang peningkatan dapat menghasilkan keajaiban. Oleh karena itu, jika Anda pendatang baru di kedua bidang ini, bagaimana dengan perjalanan menyusuri jalur ini?

Artikel tersebut akan mencakup 10 aturan dasar komposisi. Misalnya, aturan sepertiga dalam desain. Setiap aturan memiliki tempat dan kepentingannya sendiri. Oleh karena itu, mari kita melompat ke depan dan memoles keterampilan Anda untuk yang terbaik.

Part 1: Apa Arti Komposisi dalam Desain atau Fotografi?

Apa arti dari komposisi? Komposisi hanyalah cara mengatur elemen dalam gambar atau desain. Salah satu cara untuk mendefinisikannya adalah bahwa itu adalah penempatan beberapa elemen dalam bingkai sesuai dengan prinsip dan aturan seni. Sebelum mengetahui aturan komposisi, mari kita lihat dulu bagaimana istilah ini digabungkan dalam desain dan fotografi.

Dalam fotografi, definisi seni komposisi dinyatakan untuk menempatkan hal-hal dalam gambar yang membuatnya menarik dan mempesona bagi yang melihatnya. Misalnya, Anda mungkin pernah melihat pemandangan fantastis di mana gambarnya tampak di luar skala. Ini semua karena makna komposisi dalam fotografi.

Untuk desain, penataan elemen visual yang berbeda dalam karya seni dianggap sebagai komposisinya. Ini memiliki hubungan erat dengan "Tata Letak" desain. Dalam istilah yang lebih sederhana, cara seorang desainer memutuskan untuk menempatkan bagian-bagian berbeda dari gambarnya dikenal sebagai komposisi desain. Ini adalah aspek penting dari sebuah karya seni, karena pemirsa dapat memutuskan dalam hitungan detik apakah lukisan itu layak atau tidak.

Sangat penting untuk menangani komposisi elemen dengan cara keseimbangan yang sempurna untuk memastikan model pekerjaan Anda yang sempurna. Bagian berikut akan menyajikan 10 aturan dasar komposisi. Jadi, tanpa penundaan lagi, mari kita mulai sekarang juga!

Bagian 2: 10 Aturan Dasar Komposisi

Ada serangkaian jenis desain komposisi yang lengkap. Namun, pertama-tama, izinkan saya memperkenalkan Anda pada sepuluh peraturan dasar. Yang pertama adalah aturan sepertiga.

1.Aturan Sepertiga

Aturan sepertiga dalam desain adalah aturan penting yang harus diikuti untuk komposisi yang sempurna. Dalam aturan ini, bingkai dibagi rata menjadi 9 persegi panjang 3 melintang dan 3 ke bawah. Kemudian, seseorang dapat memeriksa pengaturan kamera untuk mengaktifkan fitur tersebut.

komposisi aturan sepertiga

Sekarang, selanjutnya yang harus diperhatikan adalah penempatan visual dalam bingkai. Adalah wajib untuk mengatur aspek-aspek kritis objek lebih dekat ke garis-garis kisi atau di mana satu atau lebih garis berpotongan. Penempatan subjek utama di tengah tidak selalu bekerja seperti sihir. Oleh karena itu, untuk memikat pemirsa, fotografer dapat menempatkannya di luar pusat menggunakan aturan sepertiga.

Komposisi aturan sepertiga juga dianggap sebagai komposisi asimetris dalam fotografi. Itu dapat menyesuaikan genre apa pun, seperti lanskap, potret, atau fotografi benda mati.

2. Garis Penunjuk

Aturan dasar dan dapat diterapkan lainnya yang menarik perhatian pemirsa secara ajaib adalah garis penunjuk. Aturan menyatakan bahwa semua elemen gambar harus mengarah langsung ke subjek utama bingkai. Garis penunjuk bisa berupa jalur, dinding, dan bahkan sebuah pola. Saat penonton mengambil pandangan pertamanya pada gambar, fokus secara otomatis dialihkan ke mahakarya pusat bingkai.

garis penunjuk

Memiliki hubungan erat dengan pola dan simetri, komposisi sempurna dapat dicapai dengan memanfaatkan struktur dan garis di lanskap alam. Namun, sangat disarankan agar proporsinya dibagi dengan hati-hati agar mata langsung mencapai elemen utama. Untuk melakukan ini dengan sempurna, pastikan untuk menggunakan garis dalam pemandangan, dan dalam waktu singkat, Anda akan disebut sebagai fotografer profesional.

3. Komposisi Tengah dan Simetri

Di mana aturan sepertiga membuat Anda mengatur subjek utama Anda di luar pusat, aturan ini menyatakan sebaliknya. Penempatan elemen penting harus disesuaikan dengan hati-hati di tengah sambil mempertimbangkan simetri dan keseimbangan sudut pandang. Adegan simetris bekerja sempurna dengan komposisi tengah.

komposisi tengah dan simetri

Bingkai persegi cocok dengan aturan ini. Dalam arsitektur bangunan dan jalan, selalu terapkan aturan ini ke dalam foto Anda dan buat orang terpesona. Selanjutnya, pantulan dalam foto dapat ditangkap dengan cara yang paling menjanjikan dengan menggabungkan campuran aturan sepertiga dan komposisi tengah ditambah simetri. Ini akan membawa dampak yang terkesan menyejukan bagi yang melihatnya.

4. Jangan Lupakan Ruang Negatif

Ruang negatif sering dianggap sebagai ruang kosong, yang merupakan istilah yang tidak tepat. Ungkapan "Kekosongan" mengambil narasi negatif, yang menyatakan bahwa gambar tidak meyelesaikan tujuan yang diinginkan. Namun, tidak demikian halnya di sini.

ruang negatif

Ruang negatif memiliki peran lebih dari pamerannya. Dengan penggunaan ruang negatif yang benar, kejernihan dan transparansi gambar akan meningkat hingga jutaan kali. Selain itu, bagian desain yang rumit dan kompleks memamerkan pratinjau yang menenangkan dan seimbang dengan penggunaan aturan ini. Selain itu, Anda disarankan untuk mengurangi elemen grafis dari desain agar terlihat lebih bersih dan canggih.

Ruang negatif memiliki tujuannya sendiri, dan menutupinya dengan teks dan karya seni dapat benar-benar membunuh getaran aslinya. Para desainer sering menyatakan bahwa penggunaan ruang negatif yang strategis dalam template menunjukkan keahlian Anda tidak seperti profesional lainnya. Ada tip simple yang melekat padanya. Jangan lupa untuk memasukan ruang negatif ke dalam gambar Anda dan biarkan dunia melihat pesona Anda.

5. Pola dan Pengulangan

Aturan dasar berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah "Pola dan Pengulangan." Berbicara tentang otak pria, secara otomatis menjadi bersemangat saat menemukan pola dan tekstur yang berulang. Dengan demikian, ini menghasilkan rasa harmoni dan keseimbangan dalam bingkai sambil mengambil semua perhatian yang diinginkan dari pengamat.

pola dan pengulangan

Menjadi estetis menyenangkan mata, jika ada yang ingin mengejutkan penonton, ia dapat menggunakan aturan ini untuk melakukannya. Tekstur yang seimbang dan berulang yang datang bersama dengan citra yang sama sekali berbeda dalam cetakan yang sama dapat menarik perhatian pemirsa secara mendetail. Selain itu, penyertaan pola pada dinding, lantai, batu air mancur, dan atap dapat memastikan komposisi yang menyenangkan dan aura yang damai.

Namun, pola harus dipertimbangkan dan ditangkap dengan hati-hati dalam gambar. Jika mereka ditangani tanpa perawatan, tujuan utamanya akan hancur.

6. keseimbangan Elemen dalam pemandangan

Memasukkan aturan sepertiga dalam desain dan fotografi mungkin bisa diterapkan untuk sebagian besar orang, tetapi ini menyisakan ruang dalam bingkai. Aturan dasar berikutnya, "Elemen Keseimbangan," di objek, datang untuk menyelamatkan.

elemen keseimbangan dalam objek

Bagaimana cara kerjanya? Itu hanya menambahkan objek lain dalam sudut pandang yang kurang penting untuk mencapai komposisi seimbang yang mudah. Namun, objek baru ini mungkin mengambil pusat perhatian dari subjek utama. Tetapi tidak perlu khawatir tentang itu, karena juga memberikan efek sekunder pada komposisi dan menghasilkan kedalaman dan skala pada lot. Unsur keseimbangan dalam citraan memiliki cara yang unik untuk meninggalkan kesan “Bahan Pemikiran” bagi pengamatnya.

7. Segitiga Emas

Tetap bersama saya saat saya memperkenalkan Anda pada aturan komposisi mistik dasar lainnya - Segitiga Emas, begitu kami menyebutnya. Ada hubungan erat segitiga emas dengan aturan sepertiga dalam desain. Namun, daripada kisi persegi panjang, bingkai dibagi menjadi diagonal dari satu sudut ke sudut lainnya.

segitiga emas

Setelah itu, dua garis lagi ditambahkan dari sudut lain untuk memenuhi diagonal. Yang lebih kecil bertemu dengan yang besar di sudut kanan yang membuat segitiga dalam bingkai. Ketegangan dinamis dihasilkan dalam foto yang menghasilkan komposisi yang mencolok. Diagonal yang berbeda pada citra dapat mengungkap setiap detail dan meninggalkan kesan abadi pada pengamat.

8. Rasio Emas

Rasio Emas adalah aturan luar biasa dalam hal desain atau fotografi. Tidak mudah untuk menjadi profesional dalam menangani rasio ini karena kembali ke sejarah berabad-abad lamanya. Rasio Emas adalah keseimbangan sempurna antara 1:1.618. Fokus tetap pada subjek utama bingkai dengan lebih banyak detail kecil. Dalam aturan ini, bingkai dibagi menjadi objek dan serangkaian kotak yang dikenal sebagai "Phi Grid."

rasio emas

Kotak-kotak membantu dalam memposisikan elemen yang berbeda dalam objek dan menunjukkan komposisi yang mendalam. Secara matematis, ketika sebuah garis dibagi menjadi dua, garis terpanjang disebut "a" dan terpendek disebut "b". Jadi, jumlah kedua ruas (a+b) dibagi dengan "a" sehingga diperoleh 1,618. Sekarang, bagaimana cara kerjanya dalam desain?

Pengetahuan tentang Rasio Emas membantu Anda mengetahui ukuran font dalam desain. Misalnya, header, postingan blog, dan template semuanya memerlukan ukuran font yang berbeda untuk menampilkan kepentingannya. Misalnya, jika ukuran blog adalah 12px, dapat dibagi dengan 1,618 untuk menghitung ukuran teks header. Cukup layak, tidakkah Anda setuju?

Rasio Emas juga memainkan peran penting dalam memotong dan mengubah ukuran gambar. Tata letak dan penataan logo juga ditentukan berdasarkan aturan emas ini. Jadi, jangan lupa untuk mengukur elemen teks dan biarkan Rasio Emas menunjukkan kemewahannya dalam desain.

9. Kombinasi Warna Tertentu

Penggunaan warna adalah cara ekspresif untuk menyampaikan pesan. Ide kombinasi warna tertentu akrab bagi desainer grafis dan desainer interior karena mereka sebagian bertanggung jawab untuk mendapatkan perhatian.

kombinasi warna tertentu

Beberapa kombinasi warna saling melengkapi, sementara yang lain saling bertentangan. Warna-warna yang saling melengkapi satu sama lain secara visual dapat mencolok ke tingkat yang lain. Misalnya, kombinasi Merah dan Biru sering digunakan pada papan iklan untuk mendapatkan perhatian besar dari orang-orang.

Poster film biasanya didesain dengan warna Kuning dan Oranye untuk memikat sebanyak mungkin orang. Nuansa kuning bangunan dengan langit biru di malam hari membuat pemandangan yang sangat menarik dan menawan.

10. Kesederhanaan dan Minimalisme

Anda sering mendengar klausa "Kurang adalah Lebih" yang sangat cocok di sini. Kesederhanaan adalah alat komposisi yang kuat yang menampilkan foto dengan latar belakang yang tidak rumit dan menjaga perhatian pada tempatnya. Dalam aturan ini, Anda memfokuskan dan memperbesar subjek pemandangan tertentu dan menangkapnya tanpa kesulitan.

kesederhanaan dan minimalisme

Kesederhanaan dan Minimalisme tercapai ketika tampilan yang tidak perlu dihilangkan dan bingkai yang lebih bersih disajikan. Gambar yang ditargetkan dan langsung dari subjek yang diperbesar memikat penonton dan meninggalkan kesan yang menyejukkan untuknya. Aturan dasar ini sering menggunakan aturan sepertiga dalam desain dan garis penunjuk juga. Fotografer terbaik di dunia mengklaim untuk membuatnya tetap sederhana menggunakan aturan dasar komposisi ini.

Kesimpulan

Artikel tersebut menyajikan sepuluh aturan dasar yang tergabung dalam definisi seni komposisi untuk memberikan kesan abadi pada desain. Penggunaan aturan sepertiga, Rasio Emas, elemen seimbang, pola dan pengulangan, segitiga emas, kesederhanaan, dan minimalis dalam desain dan fotografi tidak akan merusak karir Anda.

Sangat penting untuk mendapatkan sumber daya elegan yang akan memandu Anda dalam membuat video yang sempurna untuk diri sendiri. Sumber daya ini tersedia di platform online yang produktif dengan nama Wondershare Filmstock yang mengikat efek visual, klip video resolusi tinggi, klip suara, dan gambar yang mengesankan. Ia mengfiturkan dirinya sebagai toko serba ada untuk mendapatkan sumber daya yang baik. Pengguna pasti harus menantikan untuk memilih layanannya untuk membuat video yang efektif.

Pelajari lebih lanjut tentang Filmstock dari video di bawah ini.

Pengedit video Wondershare Filmora dapat menerapkan semua efek video, footage, foto, audio dari Filmstock. Ini sempurna untuk setiap pencipta. Anda dapat mencoba dari tombol berikut.

Download Filmora X Versi Win Download Filmora X Versi Mac

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Apa tiga bagian utama dari komposisi?

Warna, Tekstur, dan Ruang adalah bagian utama dari sebuah komposisi.

  • Apa saja lima unsur komposisi dalam seni?

Lima unsur komposisi dalam seni meliputi Keseimbangan, Kontras, Penekanan, Pola, dan Proporsi.

  • Mengapa Garis Penunjuk itu penting?

Garis penunjuk sangat penting karena membantu memfokuskan perhatian pemirsa secara langsung pada subjek. Selain itu, bermanfaat dalam menciptakan dampak visual yang kuat melalui kedalaman dan simetri.

  • Apa kombinasi warna yang paling populer?

Banyak kombinasi warna yang populer. Misalnya, Biru-Hijau-Pink, Aqua-Biru, dan Oranye-Cream-Biru Gelap.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.