filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Easily edit the best 4K vidoes with powerful featuers for you.
  • Exclusive effects for fashion, gamer, travel and more
  • Convert videos to other formats with smaller size
  • Modern and easy to use

4K VS 1080P: Mengapa 4K lebih baik daripada 1080P

author

Dec 26, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Televisi 4K Teknologi ini sudah hadir, dan hanya akan menjadi lebih berkembang dan jadi lebih luas tersedia seiring dengan berjalannya waktu. Namun apakah yang kamu ketahui mengenai 4K?

Bacalah untuk ketahui apa itu 4K, dan apa perbedaannya dari 1080 berdefinisi tinggi, dan yang terpenting - mengapa 4K UHD jauh lebih baik dari 1080p HD.


Ada beragam program video editing 4K dengan fungsinya yang menakjubkan. Wondershare Filmora (Filmora versi X Terbaru) adalah pilihan yang terbaik. Dengan fiturnya menakjubkan, kamu bisa trim dan potong video file besar 4K hanya dalam satu menit. Terutama, aplikasi ini bisa mengoreksi efek mata ikan di video yang direkam dari camera action seperti GoPro. Download programnya dan cobalah!

Download Versi Win Download Versi Mac


Bagian 1: Apakah Perbedaan Dari Video 4K dan 1080P

Kebanyakan orang sekarang lebih mengenal kualitas video berdefinisi tinggi 1080P. Fitur ini disukai karena hasilnya yang jernih, dan standar format berdefinisi tinggi yang dipergunakan di seluruh dunia. Bahkan konsumen Kamera DSLR dengan harga di bawah $1000 sekarang ini telah mempunyai kemampuan merekam video beresolusi 1080P. Hal ini membuat para videografer amatir yang berbudget rendah bisa ikut menikmati teknologi berdefinisi tinggi di dalam karyanya.

Artikel yang berhubungan: Action Camera 4K Terbaik >>

4K adalah teknologi yang memperoleh perhatian publik sekarang ini, dengan alasan terbaik tentunya. Tapi, tentu saja, kita bisa saja sulit membedakan antara 1080P dan 4K. Sebenarnya apa saja perbedaannya? Mengapa aplikasi yang satu lebih baik dari pada yang lain? Apakah kamu bisa membedakannya? Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang hanya bisa dijawab jika punya pengetahuan yang baik terkait dengan video ultra berdefinisi tinggi dalam bentuk 4K.

4k

Mari perhatikan perbedaan fundamental diantara 4K dan 1080P. Tidak salah lagi, permasalahannya ada pada resolusi.

4K dikenal dengan Ultra High Definition (UHD), sementara 1080P hanya dilabeli High Definition. Seperti namanya, 4K UHD punya resolusi yang jauh lebih tinggi dari pada video HD 1080P. Resolusi 4K adalah 3840 x 2160 piksel, sedangkan 1080P hanya terdiri dari 1920 x 1080 piksel.

Acuan 4K mendekati jangkauan 4000 horizontal piksel. Secara umum, resolusi telah diberi label menurut piksel vertikal dan di dalam kasus 1080P, garis vertikal 1080 yang membentuk resolusi berdefinisi tinggi. Lewat perbandingan ini, 4K menampilkan 2160 piksel secara vertikal; termasuk dalam sebuah perkembangan.

Pada rasio aspek 16:9, 4K memiliki hampir empat kali jumlah piksel pada layar dibandingkan dengan teknologi 1080P - lebih dari delapan juta piksel untuk 4K dan hanya dua juta piksel untuk 1080P. Perbedaan besar ini membawa beberapa kelebihan vital untuk 4K jika dibandingkan dengan kualitas video 1080P.

Bagian 2: Memahami 3 Alasan Mengapa Hasil Video 4K Lebih Baik Dari 1080P

Ada beragam alasan mengapa hasil 4K lebih jernih dari hasil 1080P dalam hasil kualitas gambar. Beberapa alasan ini terfokus pada faktor detail yang dihasilkan berkualitas mulus, detail ini bisa dilihat saat duduk lebih dekat ke sebuah layar, dan dari sudut pandang produksi, kemampuan untuk mengecilkan kapasitas rekaman menjadi HD biasa dan format lainnya yang tetap berkontras tinggi, kualitasnya detail seperti aslinya (terutama jika dilihat dari dekat).

Tiga alasan utama mengapa video 4K lebih unggul dari 1080P

1. Resolusi Detail

Televisi Ultra High Definition yang memakai teknologi 4K yang mampu mereproduksi detail terkecil dengan fitur kontras yang jauh lebih tinggi, berkat kemampuannya yang empat kali lipat dari jumlah piksel dibandingkan 1080P. Aplikasi ini menjadikannya yang terunggul dari standar video 4K.

Contohnya hal ini terlihat saat memberikan hasil rambut atau bulu, serta gambar lain yang berisi detail sangat halus yang mungkin berakibat pada masalah seperti moire atau kekaburan dalam format selain definisi ultra-tinggi. Tentu saja, jika dilihat secara seksama, pola yang sulit ditampilkan ini hanya bisa dipresentasikan di dalam layar 4K.

2. Melihat lebih detail.

Berkat peningkatan resolusi 4K yang besar dibandingkan dengan 1080P, fitur ini memberikan para penonton tontonan yang lebih dekat untuk menikmati gambar yang lebih jelas. Faktanya, rekomendasi jarak menonton yang optiomal untuk televisi 4K bisa dua kali lebih dekat dari pada TV biasa. Karena 4K paling baik dinikmati saat duduk lebih dekat; posisi duduk yang lebih jauh berarti kamu akan melewatkan manfaat maksimalnya (walaupun terlepas dari jaraknya, akan masih tetap bisa menikmati kejernihannya).

Singkatnya, kamu bisa duduk dua kali lebih dekat ke layar 4K dibandingkan dengan layar standar berdefinisi tinggi tanpa terlihat adanya pikselasi yang terjadi karena variasi definition yang lebih rendah.

3. Menurunkan Skala

Kadang, hasil rekaman perlu diturunkan skalanya ke resolusi yang lebih rendah. Sama seperti kasus 4K, pasti ada yang ingin menurunkan ke skala 2K keluaran berdefinisi tinggi. Telah dibuktikan ketika perbandingan kualitas hasil akhir dari video 4K yang telah diturunkan ke 2K, gambar terlihat lebih detail dari pada yang bisa dihasilkan dari pembuatan rekaman standar 2K.

Untuk orang yang menginginkan dan mengharapkan pengalaman gambar bergerak dengan kualitas setinggi mungkin, 4K adalah solusinya. Dari sudut pandang produksi, teknologi berdefinisi ultra tinggi ini akan mengubah sudut pandang kita dalam menonton video.

Merek televisi seperti Sony kini menjual televisi 4K dengan harga yang terjangkau bagi konsumen, dan semakin marak juga konten video yang diproduksi dalam 4K. Selain itu, hanya masalah waktu sebelum kamera konsumen DSLR dilengkapi dengan kemampuan video 4K; dan Canon 1DC DSLR hybrid telah mencapai kemampuan tersebut.

Kesimpulan

Semua kelebihan ini membuat 4K menjadi teknologi yang tidak hanya dipergunakan oleh perusahaan berproduksi besar, tetapi juga sudah ramai dipergunakan oleh para penggemar video yang juga suka melihat film mereka dalam format sejernih mungkin.

Setelah kamu pahami dengan jelas apa itu 4K, kamu bisa mulai menilai sendiri kemampuan sesungguhnya dan manfaatnya dibandingkan dengan 1080p. Sebagai teknologi video masa depan, 4K meraih popularitasnya dari hari ke hari, dan mereka yang paling memahami dan sadar akan potensinya akan berada di garis paling depan di era digital video. Sekarang, jika kamu ingin edit video 4K, cobalah Wondershare Filmora (Filmora versi X terbaru)!

Download Versi Win Downlaod Versi Mac

author
Max Wales
Max Wales is a writer and a lover of all things video.