filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Add metadata to your video easily
  • Add video metadata title, tags and more
  • Various transitions are available to use
  • Customizable worktplace

8 Editor Metadata Video Terbaik di Mac (Nyata dan Mudah)

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Metadata adalah potongan informasi yang membantu penonton memahami isi video tanpa harus menontonnya dari awal hingga akhir. Hal-hal seperti judul, keyword, tag, tanda waktu, dan deskripsi adalah beberapa metadata yang harus ditambahkan ke video sebelum dipublikasikan secara online.

Menambahkan metadata yang tepat ke video Anda berguna karena berbagai alasan. Ini memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi dan mengindeks video Anda dengan benar. Hal ini membantu penonton menemukan video Anda saat mereka mencari di Google, iTunes, atau platform berbagi video seperti YouTube dan Vimeo.

Untuk videografer yang lebih berpengalaman, metadata berguna di setiap tahap proses pembuatan video, mulai dari produksi hingga pasca produksi dan penerbitan. Tanpa metadata yang tepat, produksi dan pengeditan video profesional akan menjadi tugas yang sangat berat.

Editor multimedia terbaik memiliki fitur pengeditan metadata. Ada baiknya juga memiliki aplikasi mandiri yang ringan untuk mengedit dan menyesuaikan metadata video dengan cepat. Dalam posting ini, kami membagikan 8 editor metadata video terbaik untuk pengguna macOS.

8 Editor Metadata Video Terbaik untuk Mac

1. Filmora

Filmora adalah editor multimedia yang kuat dan mudah digunakan yang dirilis pada awal 2019. Ini adalah versi baru dan lebih baik dari editor video Filmora klasik, dengan banyak fitur yang setara dengan software pengeditan video elit seperti Adobe Premiere Pro. Ini dapat dibeli dengan harga sekitar $60 meskipun versi percobaan tersedia secara gratis.

FITUR: Software ini memudahkan pengeditan video dengan banyak tambahan seperti trek audio bawaan, efek suara, preset judul, efek transisi, dan banyak lagi. FilmoraPro memungkinkan pengguna menambahkan metadata selama proses ekspor. Cukup klik tombol ekspor, yang sekarang ada di bagian atas jendela media. Di layar pop-up, klik tab YouTube, Vimeo, atau DVD, tergantung pada bagaimana Anda ingin mempublikasikan video Anda, dan edit judul, deskripsi, tag, kategori, dan pengaturan privasi yang sesuai.

2. iFlicks

iFlicks adalah konversi media dan editor metadata video untuk macOS. Selain dapat melakukan berbagai konversi format video, iFlicks mendukung pengeditan metadata terperinci dan berinteraksi secara mulus dengan iTunes. Aplikasi ini tersedia dengan biaya satu kali atau secara berlangganan.

FITUR: Editor metadata iFlicks sangat detail dengan opsi untuk menambahkan informasi season dan episode untuk acara TV. Juga tersedia kolom untuk tagline, tanggal rilis, genre, rating konten, resolusi, artwork, pemeran, dan kru, dll. Beberapa metadata ini bahkan akan diambil secara otomatis berdasarkan informasi yang tersedia melalui iTunes.

iFlicks

3. VLC

VLC Media Player adalah pemutar media sumber terbuka terbesar di dunia. Meskipun terutama dimaksudkan untuk memutar file media, ia memiliki fitur canggih untuk konversi video, tangkapan layar, mendownload video online, merekam pemutaran video, dan mengedit metadata video.

FITUR: Editor metadata VLC dapat ditemukan di bawah INFORMASI MEDIA dalam menu ALAT di bar bagian atas. Di sini, Anda dapat menambahkan informasi tentang judul, artis, album, penerbit, dan hak cipta video. VLC juga memungkinkan pengguna menambahkan metadata khusus di tab terpisah.

VLC

4. Subler

Subler adalah aplikasi gratis untuk mengedit metadata media di macOS. Ini sangat sederhana dan efisien.

FITUR: Subler sebenarnya memuat file media untuk diedit sebagai file audio dan video yang terpisah, memungkinkan pengguna untuk mengedit informasi tentang mereka satu per satu. Untuk mengedit metadata untuk file multimedia, pastikan video maupun file audio tidak dipilih dan klik tab metadata. Kemudian, klik tombol "+" di sudut kiri bawah untuk melihat daftar panjang metadata yang dapat Anda tambahkan ke video.

Subler

5. Nightbirdsevolve Meta

Meta adalah software macOS yang dideskripsikan sebagai editor tag musik tingkat lanjut. Ini mendukung banyak format file, termasuk MP4, dan karenanya ideal untuk mengedit metadata video. Tersedia hanya dengan $20, ia memiliki banyak fitur canggih untuk mengatur dan menandai file media.

FITUR: Meta memiliki antarmuka pengguna yang bagus yang dapat disesuaikan dengan selera. Ini juga memiliki fitur pengeditan batch untuk memperbarui metadata untuk beberapa file secara bersamaan serta alat untuk mengedit artwork media. Aplikasi ini adalah pilihan yang bagus untuk media pro yang seringkali harus menangani dan melacak banyak file media sekaligus.

Nightbirdsevolve

6. Griff MetaZ

MetaZ adalah editor metadata MP4 sumber terbuka untuk macOS. Ini adalah aplikasi penerus MetaX dan memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk menyiapkan video yang akan ditambahkan ke iTunes.

FITUR: Setelah file video diimpor ke MetaZ, sejumlah tab menjadi aktif yang memungkinkan metadata yang berharga untuk ditambahkan. Di bawah tab video, Anda dapat mengatur tipe video dan menambahkan informasi tentang aktor, sutradara, produser, dan penulis skenario. MetaZ juga memungkinkan pengguna mencari informasi dari situs pilihan mereka dan akan memasangkan metadata yang relevan dengan file media.

Griff metaz

7. Amvidia

Amvidia adalah rangkaian aplikasi audio gratis yang dikembangkan untuk macOS. Ini termasuk Editor Tag yang bagus untuk mengatur file dan melakukan pengeditan metadata batch.

FITUR: Editor Tag Amvidia dapat mencari metadata yang relevan dari sumber online dan menangani file media dalam berbagai format, termasuk MP4. Tag metadata yang berguna yang terpasang di dalam aplikasi ini mencakup tag yang mudah digunakan seperti lirik, album, dan tahun, serta tag teknis seperti Codec, bitrate, dan tempo.

Amvidia

8. DRmare

DRmare adalah alat penghapus DRM berbayar untuk macOS. Ini mengonversi video M4V menjadi format video alternatif seperti MP4 tanpa kehilangan kualitas video, memungkinkan pengguna untuk memutarnya tanpa batasan.

FITUR: Selain mengonversi file M4V ke dalam berbagai format, DRmare juga memungkinkan pengguna mengonversinya untuk digunakan di banyak perangkat. Sebagai bagian dari proses, aplikasi ini mengambil metadata iTunes dan memungkinkan pengguna mengeditnya setelah konversi selesai.

DRmare

Kesimpulan

Metadata memengaruhi cara kami menemukan informasi tentang video online dan cara kami mengatur perpustakaan media kami yang terus berkembang. Dengan aplikasi pengeditan metadata video macOS ini, Anda dapat menambahkan metadata terperinci ke video Anda dan memungkinkan Anda sendiri untuk mengakses, berbagi, dan menyimpannya tanpa kesulitan.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.