filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Buat dan edit rasio aspek 16:9, 4:3, 1:1, dan 9:16 dengan mudah dengan dukungan resolusi 4K
  • Tingkatkan video dengan 300+ efek menakjubkan
  • Pangkas otomatis dan geser & perbesar foto agar sesuai dengan rasio proyek
  • Beberapa trek untuk menambahkan foto, video, musik, judul, dan transisi
  • Buat video kreatif dengan berbagai kontrol kecepatan

Cara Membuat Video 360 dengan menggunakan iPhone

author

Nov 28, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Kemajuan dari perekaman video 360 derajat telah membuat suatu revolusi di dunia ini dan sekarang fotografer tengah menikmati aktifitas petualangan dengan hal ini. Begitu banyak kamera yang tersedia di pasaran, yang didesain secara khusus untuk merekam video dengan pola bulat namun dengan harga yang bervariasi serta dilengkapi dengan berbagai fitur dan tipe. Apabila Anda tertarik untuk merekam video 360 namun tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membeli perangkat terkini, maka hal itu mungkin untuk membuat wonders di dalam dunia video 360 derajat. Ya! Memang mungkin untuk merekam video 360 derajat dengan menggunakan iPhone dan juga akan menghasilkan output yang luar biasa. Video 360 derajat dapat direkam dengan iPhone dan Anda juga dapat meninjau rekaman luar biasa tersebut.

Aksesoris iPhone untuk membuat video 360:

Kamera iPhone memiliki berbagai fitur, namun tidak dapat merekam video 360 derajat sendiri, sehingga Anda harus menambahkan beberapa pengaturan baru. Terdapat beberapa alat dan aksesoris di pasaran yang telah dirancang khusus dan bisa Anda pasangkan dengan iPhone Anda untuk menghasilkan pola video bulat. Berikut beberapa detail tentang aksesoris yang populer dan sesuai, serta dapat Anda gunakan pada iPhone Anda untuk membuat video 360 derajat:

1. Lensa Kamera Kogeto Dot 360 Derajat:

Membuat video 360 dengn iPhone - Kogeto

Kogeto dot adalah salah satu aksesoris dasar yang hadir dengan lensa plastik dan memiliki satu tipe klip yang dapat membantu dengan melampirkannya pada bagian belakang iPhone Anda. Lensa ini juga memungkinkan penggunanya untuk merekam video 360 derajat dan hasilnya akan seperti video seorang videografer profesional. Lensa ini dapat membantu Anda hampir untuk semua acara dan kontes olahraga karena lensa ini mudah dipegang dan digunakan. Dot pada lensa ini mampu untuk merekam beberapa adegan di sekitar lensa, tetapi Anda juga harus menjaganya dan memposisikan jari Anda pada lokasi yang tepat atau video Anda akan terganggu. Aksesoris ini tersedia dalam beberapa variasi kombinasi warna seperti hijau, merah, merah muda dan hitam yang mudah untuk dilepas pasang.

2. Insta360 Nano:

Membuat video 360 dengan iPhone - Insta360

Apabila Anda adalah pengguna facebook, maka mungkin Anda telah melihat banyak video dengan tampilan bulat, yang membuat Anda menjadi penasaran untuk mengembangkan video petualangan Anda sendiri. Jangan khawatir! Akan lebih mudah untuk membuat video bagus dengan iPhone menggunakan tambahan aplikasi lampiran seperti Insta360 Nano. Alat ini dapat bekerja sangat cepat untuk iPhone di mana penggunanya dapat memegang ponsel mereka dari arah manapun dan aplikasi yang terpasang akan mengaturnya sedemikian rupa, sehingga terciptalah video 360 derajat. Insta360 Nano memiliki kemampuan untuk membuat video siaran langsung dan langsung dapat tersimpan ke dalam kartu MicroSD pada perangkat Anda. Hal ini tentu akan menjadi sesuatu yang gila, kreatif dan inovatif, sehingga Anda akan menyukai aksesoris ini.

3. Bubblescop:

Membuat video 360 dengan iPhone - Bubblescope

Bubblescope terkenal dengan lampiran lensa yang didesain khusus untuk iPhone dan meningkatkan kemampuan rekaman video 360 derajatnya. Alat ini dapat bekerja sangat baik saat berkoordinasi dengan aplikasi BubblePix dan lensa plus pengaturan cerminnya juga memungkinkan penggunanya untuk berfokus pada pemandangan 360 derajat yang lengkap. Terdapat beberapa pelindung yang disesuaikan khusus untuk iPhone yang dapat mendukung aksesoris Bubblescop dan memungkinkan kamera untuk berbaris secara rapi dengan sempurna.

4. EyeSee360:

Membuat video 360 dengan iPhone - EyeSee360

GoPano Micro adalah salah satu dari versi kecil lensa yag terbaru untuk kamera digital yang dikembangkan oleh EyeSee360. Aksesoris ini bekerja dengan sempurna pada iPhone dan mempersilakan pengguna untuk membuat petualangan mereka pada video 360 derajat. Penting untuk mendownload aplikasi GoPano untuk mengembangkan beberapa hal dengan aksesoris GoPano dan Anda akan senang saat mengetahui bahwa video Anda dapat didownload secara otomatis.

5. Shot:

Membuat video 360 dengan iPhone - Shot

Sekali lagi, ini adalah alat pelengkap 360 derajat untuk perangkat iPhone yang mengizinkan perekaman VR dan bekerja dengan baik pada aplikasi Shot. Aksesoris ini didesain untuk mendukung iPhone 6/6s dan juga iPhone 6/6s Plus serta sangat mudah untuk digunakan; hasilnya pun sangat bagus dengan kualitas VR.

Aplikasi iPhone untuk membuat video 360:

Akan lebih mudah untuk merekam video 360 derajat dengan iPhone jika Anda memiliki aksesoris dan aplikasi yang telah didesain khusus. Untuk membuat kegiatan perekaman VR Anda lebih mudah, ada beberapa barang yang telah diciptakan dan didesain seperti berikut ini:

1. Discovery VR:

Apabila Anda telah menghabiskan beberapa waktu pada Discovery Channel, maka Anda pasti akan mencintai penemuan aplikasi yang di desain khusus untuk iPhone untuk menambahkan fitur perekaman 360 derajat. Aplikasi ini akan mendukung pembuatan film pendek petualangan, rekaman kehidupan liar, dongeng serta dokumenter. Hal terbaik yang perlu Anda ketahui yaitu aplikasi ini tersedia secara gratis, namun bagian sedihnya yaitu kemampuannya dalam merekam hanya sebagian kecil video saja.

2. YouTube:

Semua hal realitas dapat dialami dengan aplikasi yang secara khusus didesain untuk iOS ini; lalu pasangkan pada perangkat Anda dan ketik #360video. Setelah itu, Anda akan menemukan ikon VR pada hasil pencarian dan Anda hanya perlu menggunakan headset sambil menikmati realitas virtual. Aplikasi ini juga tersedia secara gratis, namun juga cukup memakan memori ponsel Anda setelah Anda mendownload dan memasangnya.

3. NYT VR (iOS atau Android):

Dalam beberapa bulan terakhir, New York Time telah meningkatkan dan memperluas cerita online dan yang tercetak telah didesain khusus dengan aplikasi VR. Aplikasi ini didesain untuk dapat bekerja dengan Google Cardboards sehingga dapat memberikan hasil yang luar biasa. Bagian terbaik yang perlu Anda ketahui adalah aplikasi ini hadir dengan mode pratinjau ponsel dan bagian sedihnya adalah Anda harus membeli Google Cardboards untuk menjalankan aplikasi ini. Tersedia secara gratis.

4. Orbulus (iOS atau Android):

Aplikasi ini sama dengan Oculus Photo Viewer, sehingga dapat bekerja dengan iOS dan Cardboards untuk menghasilkan pemandangan 360 derajat. Orbulus adalah pilihan yang bagus untuk gambar diam dan juga video pemandangan bundar. Aplikasi ini akan membuat semuanya mudah bagi pengguna.

Kesimpulan:

Tidak ada batasan pada perekaman video 360 derajat dan pengguna iOS yang saat ini bisa menikmati hal-hal ini dengan perangkat mereka sendiri tanpa harus berinvestasi pada perlengkapan-perlengkapan mahal. Apabila Anda adalah salah satu pecinta konten VR, maka ini adalah saat yang tepat untuk memesan aksesoris terbaru bersamaan dengan aplikasi VR yang didesain khusus untuk iPhone dan mulailah masuk ke dalam dunia petualangan.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.