filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Royalty-free sound effects included for YouTube
  • Built-in Royalty-free music track and sound effect
  • Intuitive user interface & powerful video editing features.
  • 300+ stunning effects for different niches at your choice.
  • Burn to DVD or upload to YouTube, or transfer to any popular portable devices.

7 Tempat untuk Temukan Efek Suara Bebas Lisensi untuk Video YouTube

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Efek suara bisa menambahkan banyak keceriaan di video kalian. Bahkan terkadang juga digunakan sebagai efek komedi. Sebagai contoh, kalian bisa menggunakan suara tamparan palsu dalam sketsa komedi fisik. Pada kesempatan lain efek suara bisa tidak kentara. Kalian mungkin ingin tambahkan kebisingan kota pada latar video untuk membangun suasana, atau suara berdengung untuk membangun suasana ketegangan. Kebanyakan efek suara gratis paling populer berhubungan dengan genre fiksi ilmiah atau laga.

Bagian 1: Tiga Jenis Efek Suara

1. Tanpa Lisensi

Ketika kalian ingin download efek suara di YouTube, yang berlisensi tidak kan bisa digunakan, namun ada beberapa yang tidak memiliki lisensi dan bisa dengan mudah didownload dari situs. Kualitasnya mungkin tidak terlalu bagus, namun kalian bisa secara bebas menggunakan efek suara tanpa lisensi untuk produk atau video anda.

2. Lisensi Creative Commons

Efek suara di bawah lisensi CC perlu diperiksa menurut jenisnya. Terdapat beberapa efek suara vlog yang bisa digunakan untuk proyek pribadi namun tapi tidak kebutuhan komersial. Ada beberapa efek suara yang mungkin hanya membutuhkan atribusi atau kredit kepada pencipta dan tidak akan bisa diubah dalam bentuk apapun.

3. Lisensi Bebas Royalty

Kalian bisa download efek suara untuk YouTube dengan membeli efek suara berlisensi yang ditawarkan oleh seorang profesional. Setelah membelinya, kalian akan mendapatkan suara berkualitas tinggi, dan boleh dipergunakan untuk satu atau banyak proyek, tanpa peduli untuk kepentingan pribadi atau komersial.

Di mana anda mendapatkan efek suara gratis dan edit audio secara bersamaan? Cukup gunakan Filmora secara gratis!

Download Versi Windows Download Versi Mac

Bagian 2: Efek Suara Bebas Lisensi Untuk Video YouTube

Artikel ini akan mengenalkan pada kalian enam situs terbaik untuk menemukan efek suara bebas royalti serta penjelasan persyaratan penggunaannya.

1.YouTube Audio Library – gratis!

efek suara di youtube

Selain musik bebas royalti, Perpustakaan Audio YouTube juga menyediakan efek suara yang bisa kalian download secara gratis. Efek suara di perpustakaan YouTube dibagi secara terorganisir berdasarkan kategorinya. Kalian bisa pilih sebuah kategori, misalnya fiksi ilmiah atau 'sci-fi', dari menu tarik-turun di samping kotak pencarian dan menelusuri jenis suara yang diinginkan. Kalian juga bisa favoritkan suara yang kalian suka sehingga bisa dengan mudah ditemukan kembali.

Efek suara yang didownload dari perpustakaan YouTube bisa digunakan sebanyak mungkin yang kalian inginkan untuk berbagai proyek berbeda. Monetisasi video tidak memberi dampak pada kemampuan anda dalam menggunakan efek suara ini. Beberapa sumber lain untuk efek suara punya aturan yang berbeda tentang monetisasi atau penggunaan efek suara untuk banyak proyek.

2.Freesound – gratis!

freesound

Freesound.org adalah basis data yang besar untuk efek suara bebas royalti dan file audio lainnya. Semuanya bisa didownload gratis, tetapi terdapat kondisi tertentu untuk beberapa suara di Freesound. Terdapat tiga lisensi CC yang berbeda digunakan pada Freesound di mana penerapannya terhadap efek suara yang diinginkan tergantung bagi pengguna yang mempostingnya.

Tiga lisensi yang digunakan oleh Freesound adalah Zero, Attribution, dan Attribution-Noncommercial.

Zero (cc0): anda bisa melakukan segala yang anda inginkan menggunakan efek suara ini selain mengaku sebagai penciptanya. Anda bisa menghasilkan uang dari sini dan tidak perlu memberi kredit kepada pencipta aslinya.

Attribution (oleh): anda harus memberi kredit kepada pencipta suara. Biasanya, ini berarti menambahkan sebuah kalimat 'Efek suara dibuat oleh Nama pengguna di Freesound' di deskripsi video kalian. Selama memberi kredit kepada para artis yang bersangkutan kalian boleh melakukan apa saja dengan suara ini, bahkan monetisasi terhadap video yang anda pergunakan.

Attribution-Noncommercial (oleh –nc): anda harus memberi kredit ke para pencipta efek suara dan dilarang menghasilkan uang melalui penggunaannya. Artinya kalian tidak bisa melakukan monetisasi video yang menggunakan efek suara ini.

Freesound adalah situs sosial di mana kalian bisa berbicara dengan para pencipta suara yang ingin anda download. Kalau anda berencana untuk monetisasi sebuah video yang menggunakan efek suara dengan Attribution-Noncommercial, anda bisa bertanya untuk meminta persetujuan kepada artis yang membuatnya.

Saya juga telah menemukan sebuah video YouTube yang menjelaskan Creative Commons secara terperinci. Kalian bisa menontonnya di bawah ini.

3.AudioJungle - $1 ke atas

audiojungle

AudioJungle.net memiliki pilihan yang luas untuk efek suara bebas royalti dengan kisaran harga paling rendah dimulai dari $1. Efek suara yang berharga lebih dari $10 biasanya bersifat lebih panjang atau sudah termasuk dalam paket suara lengkap. Kalian bisa mencari suara pada AudioJungle berdasarkan kategori, penanda dan harga ketika menelusurinya.

Ada dua lisensi berbeda yang bisa kalian beli di AudioJungle, SFX Single Use, dan SFX Multi-Use. Harga yang tercantum semuanya hanya untuk lisensi Penggunaan Tunggal. Lisensi Multi-Guna harganya lebih mahal.

Perbedaan utama antara kedua lisensi di AudioJungle adalah banyak proyek yang akan diperkenankan menggunakan efek suara yang dipilih. Kalau anda membeli suara di bawah lisensi Penggunaan Tunggal maka hanya akan diperkenankan menggunakannya untuk satu proyek saja. Kalian boleh menggunakannya sebanyak mungkin selama masih dalam satu proyek, dan diperbolehkan menghasilkan uang dari proyek tersebut, tapi dilarang menggunakannya lagi di proyek selanjutnya kecuali kalian membelinya kembali. Meskipun lebih mahal, lisensi Multi-Guna memberi manfaat penggunaan tak terbatas di dalam hasil download anda.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan efek suara dari salah satu situs yang telah disebutkan maka pastikan untuk membaca informasi legal mereka yang tercantum secara teliti.

4.Free Sound Effects

Free Sound Effects

Free Sound Effects memperkenankan kalian mengakses efek suara gratis ataupun yang berlisensi. Jika Anda ingin download efek suara untuk video YouTube, soundtrack legal berlisensi berkualitas tinggi bisa dipilih pada bagian Pro Sound Effects. Efek suara berikut ini bebas royalti.

Dibutuhkan satu kali pembayaran dan kalian akan memperoleh akses untuk menggunakan efek suara ini sebanyak mungkin dalam berbagai proyek. Namun, kalau bukan untuk kepentingan serius dan hanya membuat video demi kesenangan, kalian bisa mencoba efek suara gratis seperti suara binatang, tepuk tangan, mobil dan sebagainya untuk menjamin efek suara yang baik saat memberikan kesan semangat pada vlog kalian.

5.Soundsnap

Soundsnap

Tidak peduli untuk memberi bumbu pada video bermain game anda atau membuat notifikasi bernada lucu, aplikasi Soundsnap memperkenankan anda download beberapa efek suara yang sangat menakjubkan. Aplikasi ini merupakan platform terbaik untuk mencari dan juga berbagi efek suara vlog secara gratis ataupun loops secara legal. Soundsnap menawarkan efek suara asli ciptaan para pengguna dan bukan hasil editan atau campuran suara yang biasa ditemukan pada perpustakaan komersial. Menyediakan lebih dari 200,000 loops dan efek suara yang dibuat oleh para ahli dan berilmu seperti produser musik atau teknisi suara.

6.PacDV Free Sound Effects

PacDV Free Sound Effects

Sekarang, anda bisa membuat efek suara vlog dari perpustakaan bebas royalti yang diproduksi oleh sekelompok mahasiswa film, pengembang multimedia, perancang suara, musik produser, dll. Di situs PacDV Free Sound Effects, kalian bisa menemukan klip efek suara gratis yang telah digunakan berulang kali oleh film, program televisi dan video.

Kalian pasti akan menikmati mendownload efek suara untuk YouTube dari situs gratis ini sepenuhnya namun dilarang menjual atau melisensi ulang kepada orang lain demi keuntungan pribadi. Fitur ini hanya untuk digunakan sebagai koleksi video pribadi saja. Dilarang keras menaruh klip suara untuk didownload atau dalam bentuk tautan ke situs lain.

Bagian 3: Dapatkan Efek Suara Gratis untuk Video YouTube di Filmora

Kalau anda menggunakan Filmora video editor untuk memproduksi video YouTube, maka disini telah tersedia perpustakaan efek suara gratis. Anda bisa menemukannya di perpustakaan audio (terlihat di bawah ini).

 Perpustakaan audio Filmora9

Saat ini telah tersedia 25 efek suara berbeda, pilihan bervariasi dari binatang, mesin, manusia, fiksi ilmiah dan efek suasana. Setelah menambahkan efek suara pada linimasa, anda bisa ubah kecepatan untuk menciptakan efek yang lebih seru.

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.