filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Add, Edit and Optimize Tags/Title/Description to YouTube Video
  • Over 300 sound and visual effects for Vloggers.
  • Color Correction Tool for tuning up your video.
  • Exclusive filters and overlays for beauty, travel, cooking videos, etc.

Bagaimana caranya optimalkan tagar Youtube/Judul/Deskripsi untuk memperoleh banyak tampilan

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Membuat konten video yang keren hanyalah rintangan pertama yang harus dilewati. Membuat orang tertarik untuk menonton adalah rintangan berikutnya yang lebih besar dalam perjalananmu. Seperti para penulis blog yang harus bekerja keras agar blog nya dibaca orang, begitu juga seorang Youtuber harus menemukan cara agar videonya ramai ditonton.

Untuk setiap konten yang ada di internet, bisa ditemukan dengan mudah adalah kunci untuk mendapat perhatian. Karena pada akhirnya, tidak ada yang akan bisa menonton videomu atau membaca blogmu jika mereka tidak bisa menemukannya, bukan? Penulis blog akan mengoptimalkan konten blog nya dengan SEO - search engine optimization. Namun, bagaimana caranya bagi seorang Youtuber? Jawabannya adalah dengan mengoptimalkan tagar Youtube. Di artikel ini, kami akan jelaskan bagaimana caranya untuk tambah, edit dan optimalkan tagar Youtube dengan mudah untuk menambah penonton, serta beberapa saran tentang judul dan deskripsi di Youtube.

Menu Cepat


Sebelum kita mulai, kami ingin rekomendasikan software terbaik untuk menyunting video bagi para Youtubers - Wondershare Filmora, editor video unggul yang mudah untuk digunakan dan tidak hanya terbatas pada pemangkasan, split, crop, ubah ukuran, reverse video, tetapi juga menyediakan banyak efek yang di desain khusus dengan tema Mode, Kecantikan, Gaming, Jalan-jalan, Pendidikan, dll. Cek video ini untuk ketahui lebih lanjut berbagai fitur menarik lainnya:

Download versi Windows Download versi Macintosh


Bagian 1: Apakah itu tagar Youtube dan mengapa tagar itu sangat penting

Tagar Youtube dipergunakan saat anda unggah sebuah video di YouTube. Anda perlu membuat spesifikasi untuk tipe video. Dengan kata lain, anda perlu deskripsikan hasil video anda dengan kata kunci. Namun anda pasti bertanya-tanya kenapa perlu menambahkan kata-kata tersebut. Apakah YouTube tidak bisa mengetahui isi tema video saya? Sayangnya, YouTube belum mampu untuk mengenali jenis video anda meskipun algoritmanya sudah jauh lebih canggih dari yang sebelumnya.

Harus diketahui bahwa kompetisi antar video sangat sengit karena ada 500 jam video di unggah tiap menitnya ke YouTube. Pada kasus ini, sangat penting bagi algoritma YouTube untuk mengetahui jenis video dengan cara tambahkan tagar agar video anda berada diperingkat yang lebih tinggi. Jadi, semakin bagus tagar yang kita pilih, maka semakin besar kesempatan untuk menempati peringkat 1, yang artinya penonton video anda akan semakin banyak!

Memanfaatkan tagar meta Youtube dengan bijaksana akan memperbesar lingkup kemungkinan penonton menemukan konten video anda. Namun, jangan tergoda untuk tambahkan tagar yang tidak relevan hanya karena anda tahu bahwa tagar tersebut sedang banyak dicari. Video anda akan diselidiki dan mendapatkan sangsi. Sama seperti saat anda menulis deskripsi, riset kata kunci, dan tempatkan bagian yang paling penting lalu pergunakan sebanyak mungkin.

Apa saja tiga jenis tagar YouTube?

YouTube punya tiga jenis tagar yang berbeda dan masing-masing punya tujuannya sendiri. Tagar-tagar itu adalah-

Spesifik - Tagar yang spesifik adalah berorientasi pada kata kunci. Kata kunci ini akan memiliki relasi dengan konten video anda secara spesifik. Pada jenis tagar ini, video tertentu akan tersorot dengan tagar kata kunci. Biasanya saat sedang mengetik kata kunci yang anda inginkan, YouTube akan menyarankan frasa dan kata kunci yang berkaitan dengan konten video anda. Kamu boleh mengaplikasikan saran yang diberikan dan tambahkan kata kunci yang lebih umum atau yang diketahui secara umum.

Gabungan - Tagar gabungan biasanya menggunakan lebih dari dua kata. Hal yang sering terjadi yaitu pengguna sering menulis judul video lengkap di tagar. Apabila anda memakai judul video sebagai tagar gabungan, pastikan anda tidak menambahkan kata preposisi seperti atau, sebagai, dan, dan lain-lain. Hal ini karena YouTube hanya menyediakan batas maksimal 500 karakter pada judul dan cukup abaikan preposisinya. Oleh karena itu sering disarankan untuk maksimalkan 500 karakter yang disediakan oleh YouTube tanpa memboroskan preposisi atau akan terabaikan secara otomatis.

Umum - Tagar umum biasanya yang mendeskripsikan keseluruhan video dalam satu atau dua kata. Tagar-tagar ini dipergunakan di semua video anda. Semua tagar ini akan digunakan di semua video pada channel anda. Sangatlah penting untuk memiliki tagar yang umum dan konstan.

Bagian 2: Bagaimana caranya tambahkan dan optimalkan tagar YouTube

Semakin relevan tagar yang anda tambahkan, maka hasilnya akan lebih baik. Bagian terbaiknya adalah YouTube tidak membatasi jumlah tagar yang ingin kamu tambahkan tapi menulis semua tagar yang kurang relevan juga tidak masuk akal. Jadi, pastikan tagar YouTube anda cemerlang untuk memperoleh banyak penonton. Diperlukan tagar yang bisa mendidik.

1. Sertakan Tagar Merek-Spesifik -Tiap lini bisnis menginginkan nama mereka tampil di bagian teratas pada hasil pencarian YouTube dan Google. Variasi dari tagar yang menyertakan konten video atau menandai merek bisnismu adalah salah satu cara cerdas agar banyak orang mengenali merekmu.

2. Memakai Saran Otomatis YouTube - Carilah pilihan menu pencarian di YouTube dan cek saran yang diberikan saat kamu melakukan pencarian. Mulailah untuk mengenali video yang muncul saat sedang melakukan pencarian serta hal-hal yang berhubungan dengan video anda. Mulailah mencari kata kunci secara acak sesuai dengan sejarah di pencarian Youtube anda.

sugesti otomatis youtube

3. Gunakan Alat Pencari Kata Kunci YouTube - Terakhir, anda boleh menggunakan alat pencarian kata kunci di YouTube. Fitur ini membantu anda menyaring kata kunci yang relevan dari video kompetitor dan membuat saran kata kunci sesuai dengan istilah yang telah anda sediakan.

4. Pakai Tagar Spesifik - Setelah menggunakan alat tersebut, anda perlu mempersempit tagar secara spesifik, contohnya tagar "belajar memotong kertas 3D". Walaupun efeknya mungkin tidak terlalu besar, namun jenis tagar ini akan membuat YouTube mengenali video anda dengan baik. Cobalah!

5. Periksa Tagar Kompetitor - Saat kamu memeriksa tagar dari merek lain, disarankan jangan salin semuanya sekaligus. Hal yang harus kamu lakukan adalah temukan bagian yang kurang dan tambahkan itu ke dalam tagar anda. Meskipun begitu, hanya peramban pihak ketiga yang bisa membantu anda. Di pasaran VidlQ, adalah fitur yang paling sering digunakan. Aplikasi ini ada versi gratisnya. Semua data termasuk tagar bisa ditemukan untuk raih penonton yang lebih banyak.

tagar youtube untuk penonton

Bonus Saran Tagar YouTube

Disini anda bia mempelajari beberapa saran saat mengoptimalkan tagar. Anda bisa memakai tagar tunggal dan jamak. Jangan lupa untuk tambahkan beberapa tagar yang salah ejaan karena beberapa pengguna cenderung salah eja, jadi lebih baik tagar anda mencakup jenis tagar ini. Anda bisa peroleh banyak informasi dari kata-kata yang salah dalam ejaan. Beberapa saran tercantum di bawah ini.

  • Buatlah tagar dari penelitian kata kunci yang sudah dipelajari saat melakukan riset dan gunakan kata kunci yang paling banyak dicari sebagai tagar
  • Gunakan tagar sebanyak mungkin, namun jangan spam
  • Buatlah daftar tagar relevan menggunakan kata-kata tertentu
  • Jadikan kata umum; 'besar', 'lucu' dan 'manis' yang cukup bagus, tetapi kata 'sedap', 'menarik' dan 'mewah' justru tidak selalu menjadi tagar terbaik
  • Taruh tagar yang paling penting
  • Lalu kombinasikan tagar dengan 'akhir yang panjang', misal 'bagaimana'

Bagian 3: Bagaimana Caranya berikan Tagar Youtube dan Tambah Judul, Deskripsi

Untuk Video Baru

    • Langkah 1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk di akun YouTube anda.
    • Langkah 2. Klik pada tombol Unggah yang berada pada bagian kanan atas jendela.

Cari opsi Unggah

    • Langkah 3. Kemudian pilihlah video yang ingin anda unggah. Anda akan diminta untuk tambahkan judul, deskripsi, dan tagar.

Tambahkan judul, deskripsi dan tagar

  • Langkah 4. Setelah mengunggah, anda akan tetap bisa edit judul, deskripsi, dan tagar YouTube.

Untuk Video yang di Publish

Pasti akan ada masa dimana anda ingin ubah judul, deskripsi ataupun tagar pada video yang sudah di publish. Kabar baiknya adalah YouTube mempersilahkan anda untuk bisa mengubahnya kapanpun saja.

    • Langkah 1. Masuk ke akun YouTube anda
    • Langkah 2. Klik pada nama akun yang berada di sisi atas sebelah kanan layar. Setelah itu anda akan terlihat menu dropdown. Pilihlah Video Manager untuk melihat video yang sudah anda unggah.

Cari Video Manager

  • Langkah 3. Klik pada tombol Edit yang bisa ditemukan sisi samping video yang ingin anda modifikasi. Pada Informasi Video, sekarang anda akan bisa ubah judul, deskripsi maupun tagar. Klik pada tombol Simpan Perubahan saat anda selesai.

Bagian 4: Bagaimana Caranya Tingkatkan Judul dan Deskripsi Video YouTube

Metadata pada YouTube adalah saat penonton dan platform bisa mengenali konten video anda. Hal ini bisa membantu orang untuk mencari video anda, membantu YouTube untuk kategorikan dengan benar dan, setelah semuanya selesai, akan bisa memperluas pencarian konten anda. Meta YouTube terdiri dari tiga bagian utama: tagar, judul dan deskripsi. Beginilah caranya memakai tiga elemen ini untuk membuat metadata yang tangguh bagi video anda:

1. Judul

Judul YouTube memainkan peranan besar dalam faktor pencarian. Ini artinya anda harus memikirkan apa yang akan diketik penonton pada kolom pencarian saat mencari video anda, beserta dengan kata-kata yang akan bisa mendeskripsikan video anda dengan akurat.

Sebagai contoh, apabila anda punya klip video saat kucing Comel anda memanjat pohon, menyebut video anda dengan 'si Comel yang memanjat pohon' bukanlah ide terbaik. Tidak akan ada yang tahu siapa itu si Comel; penonton bisa saja mengira itu adalah kelinci, anjing, anak perempuan atau bahkan kemoceng anda, dan tidak ada yang menonton.

Judul yang bisa anda gunakan adalah 'kucing memanjat pohon', namun masih bisa ditingkatkan lebih lanjut. Bagaimana dengan 'kucing lucu memanjat pohon', tentu akan sampai ke penonton yang sedang mencari video kucing lucu. Atau, lebih baiknya lagi, 'kucing Persia lucu memanjat pohon', akan sampai ke penonton yang menyukai kucing ras Persia.

Anda bisa melihat bagaimana membuat judul YouTube yang menarik seperti ini secara terorganisir, namun hal ini juga akan setimpal saat anda melakukan penelitian anda. Kami telah mengumpulkan banyak alat Kata Kunci YouTube untuk tingkatkan meta YouTube anda, jadi periksalah saran dan mulailah dari situ.

Latihan terbaik

  • Risetlah kata kunci anda termasuk kata kunci yang sering dicari pada judul
  • Batasi penggunaan hanya maksimal 70 karakter pada judul
  • Merek, nomor episode, dan info yang tidak esensial harus ditaruh pada bagian akhir judul
  • Tinjau judul YouTube anda dari waktu ke waktu dan perbaharui dengan kata kunci terbaru seiring dengan perubahan tren
  • Hindari umpan klik atau judul yang tidak sesuai karena hal ini akan mempengaruhi jumlah penonton anda dan peringkat anda dalam pencarian

2. Deskripsi

Deskripsi adalah bagian terpanjang dalam meta YouTube, jadi anda bisa menulis banyak informasi dengan beragam kata kunci yang relevan disini. Anda memiliki 5,000 karakter untuk diisi, dan kami sarankan anda untuk memakai semua karakternya. Aplikasi ini adalah kesempatan emas, tidak hanya memotivasi orang untuk menonton semua video anda, hal ini juga akan mempengaruhi jumlah pencarian pada indeks kata kunci YouTube.

Anda mungkin belum sadar, pada halaman pencarian, hanya sebagian kecil dari deskripsi yang muncul; tepatnya hanya 120 kata. Hal ini tidak berpengaruh pada pengindeksan, tapi ini berarti bahwa anda harus merencanakan deskripsi YouTube anda dengan hati-hati untuk memancing orang agar klik video anda hanya berdasarkan pada satu atau dua kalimat saja.

Latihan terbaik

  • Buatlah satu atau dua kalimat yang menarik agar orang tertarik untuk klik video anda
  • Pelajari kata kunci terbaik untuk memastikan bahwa video anda terindeks dengan benar di YouTube
  • Pada bagian akhir deskripsi YouTube anda, tulislah aksi yang bisa mengarahkan penonton anda untuk bertindak lebih lanjut (mengikuti, klik situs web, cek produk, tonton video lainnya, dll.)
  • Apabila video anda berdurasi panjang, pertimbangkan untuk mengganti kode waktu di deskripsi agar bisa membantu penonton langsung menuju bagian yang mereka sukai
  • Tambahkan tautan untuk produk yang sedang ditampilkan, media sosial anda, atau situs web yang ingin anda tampilkan
  • Jangan lupa untuk memberikan kredit yang anda gunakan

Bagian 5: Cara untuk Menandai Tagar, Menulis Judul, Deskripsi YouTube

Jadi, sekarang kita telah ketahui dasar-dasarnya, mari lanjutkan ke beberapa cara agar metadata anda bisa berfungsi dengan benar:

  • 1. Jangan spam

Kata kunci yang tidak relevan tidak akan memiliki pengaruh yang baik. Memakai istilah populer seperti 'kucing lucu' saat konten video anda adalah tentang memakai suatu produk pertama kali tentu akan menjengkelkan penonton anda. Anda akan meraih banyak penonton, namun hanya dalam durasi singkat, dan itu tidak hanya akan berpengaruh pada peringkat namun juga reputasi anda. Orang-orang yang ingin dicapai oleh meta YouTube anda seharusnya adalah orang-orang yang tertarik dengan video anda secara tulus, karena orang-orang ini akan membagikan, memberikan komentar dan berinteraksi dengan anda.

  • 2. Jangan menaruh tagar pada deskripsi

YouTube telah memberikan anda tempat untuk menaruh tagar, dan itu bukanlah pada bagian deskripsi dari meta anda. Menaruh tagar pada area deskripsi akan berujung pada pengisian tagar hingga video anda bisa terhapus atau diberikan sangsi.

  • 3. Update secara reguler

Meta YouTube bukanlah sesuatu yang statis. Tren berubah, statistik pencarian fluktuasi, dan kebutuhan dari penonton anda akan berubah seiring dengan berjalannya waktu. Karena alasan ini, anda harus memperbaharui meta anda dari waktu ke waktu, setidaknya satu kali dalam setiap enam bulan. Riset ulang kata kunci anda dan optimalkan sesuai tren yang berlaku saat ini.

Kamu Mungkin Menyukai: Panduan Komplit SEO YouTube

Kesimpulan

Pergunakanlah waktu untuk sempurnakan meta anda di YouTube dan lihat seberapa banyak penonton yang bisa anda peroleh. Beritahu kami apabila anda punya cara lain untuk mengembangkan metadata, dan bagaimana caranya optimalkan meta yang telah terbukti sukses bekerja!

Download Versi Win Download Versi Mac

author
Richard Bennett
Richard Bennett is a writer and a lover of all things video.