filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Editor Video Terbaik Mudah Digunakan untuk YouTuber
  • Dukungan yang luas untuk format yang berbeda.
  • Antarmuka pengguna yang intuitif & fitur pengeditan video yang kuat.
  • 300+ efek menakjubkan untuk ceruk berbeda sesuai pilihan Anda.

Bagaimana Tambahkan Timestamps di Tautan Video YouTube?

author

Nov 28, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Sudah menjadi fakta bahwa pengguna internet cuma punya rentang minat yang singkat, hanya sekitar delapan detik. Rentang minat ini berlaku bagi semua platform internet termasuk YouTube. YouTube merupakan mesin pencari terbesar kedua dan yang paling banyak dikunjungi setelah Google. Memberikan pengguna informasi lewat video yang menarik dan menyolok. Namun, video tertentu cukup panjang serta hanya beberapa bagian dari video tersebut yang sampaikan informasi penting. Penonton cenderung lewati video panjang dan jika anda tidak ingin hal ini terjadi, anda bisa tautkan bagian tertentu dari video anda untuk tambahkan nilai bagi penonton saluran anda dengan tautan yang dikenal dengan tautan YouTube Timestamp.

Ketika anda punya tautan Timestamp di video anda, anda bisa bantu penonton anda secara langsung menuju waktu tertentu di video anda. Hal ini tujuannya menghindari penonton anda kehilangan minat atau mencari bagian penting dari video anda sendiri.

Di artikel ini, kami akan jelaskan tautan Timestamp, bagaimana tambahkan Timestamps di tautan video YouTube, dan apa kelebihan dari Timestamp.

Bagian 1: Apakah Itu Tautan YouTube Timestamp

Di dunia yang serba cepat ini dimana penonton hanya punya waktu yang terbatas, tautan YouTube Timestamp sangatlah membantu. Tautan ini adalah teks jangkar atau hyperlink video yang ditemukan pada deskripsi di bawah video atau di bagian akhir tautan video.

 youtube timestamp di google serp

Tautan timestamp membantu anda untuk tempatkan tautan ke momen penting di video YouTube sehingga penonton dan pelanggan bisa tonton video tersebut di waktu yang telah ditentukan secara tepat. Video YouTube anda mungkin berdurasi setengah jam atau pengguna anda tidak punya waktu sekarang atau lupa menonton video anda nanti, tetapi ketika anda tambahkan Timestamp ke tautan YouTube, anda berikan mereka solusi peroleh konten dengan cepat untuk tingkatkan pengalaman pengguna.

Ditambah lagi, anda juga bisa memberikan referensi pada hitungan menit dan jam jika dibutuhkan. Tautan YouTube Timestamp bertugas sebagai pemandu yang arahkan penonton secara langsung ke bagian di video, yang paling relevan bagi mereka tanpa harus menonton video secara lengkap.

Bagian 2: Bagaimana Tambahkan Timestamps ke Tautan Video YouTube di Desktop?

Pada bagian ini, saya akan tunjukkan caranya tambahkan timestamp ke tautan video YouTube lewat beberapa cara.

Gunakan fitur YouTube's Share

Pergunakan YouTube's Share adalah cara yang termudah untuk tambahkan Timestamp ke video YouTube. Berikut ini langkah-langkah yang mudah untuk diikuti saat melakukannya.

  1. Buka video YouTube di desktop anda pada bagian yang ingin anda bagikan.
  2. Putar video atau navigasikan linimasa dan berhenti di bagian penting yang ingin anda berikan timestamp.
  3. Sekarang klik tombol Berbagi, notifikasinya akan muncul. Dibawah URL, anda akan lihat kotak kecil yang menunjukkan Mulai dari. Timestamp dibuat secara otomatis, tetapi anda bisa menyesuaikannya.

 tautan YouTube timestamp

  1. Salin URL yang telah diperbaharui dengan Timestamp untuk berbagi video atau klik di ikon berbagi sosial.
  2. Ketika penonton anda klik URL ini, video akan dimulai pada Timestamp yang telah ditentukan.

Gunakan Peramban URL untuk tambahkan Timestamp secara manual

Anda juga bisa tambahkan Timestamp secara manual. Ikuti panduan langkah demi langkah dibawah ini untuk tambahkan Timestamp secara manual.

  1. Buka video YouTube di peramban pada desktop anda dan temukan URL di bagian alamat peramban.
  2. Masukkan waktu spesifik yang anda inginkan agar penonton bisa tonton video dari akhir URL video.

Anda bisa tambah waktu secara manual lewat dua cara tergantung pada URL.

?t=As or

&t=As

“youtu.be/” Format

Jika format tautan video YouTube anda adalah youtu.be, maka cukup tambahkan ?t=As dibagian akhir dari tautan video. A menunjukkan detik dimana anda ingin penonton akan menonton video anda. Waktu juga bisa ditentukan dalam menit dan detik dan saat anda ingin melakukannya, cukup tambahkan ?t=AmBs. Misalnya, ?t=2m40s.

“youtube.com/” Format

Ketika tautan video YouTube anda punya format youtube.com, setelannya dimulai dengan ampersand. &t=As or &t=AmBs akan bisa anda gunakan. Jika anda ingin tambahkan Timestamp di 2m40s, cukup tambahkan “&t=2m40s di bagian akhir video URL.

Setiap kali seseorang pergunakan URL dengan Timestamp, video itu akan dimulai dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Namun, saat tambahkan Timestamp secara manual, selalu sertakan dengan bilangan bulat. Contohnya, jika waktu dimulai di 4m, maka gunakan 4 dan bukan 04.

Salin URL video saat ini

Anda bisa pergunakan fitur bawaan YouTube untuk berbagi bagian penting dari video YouTube anda. Ikutilah langkah berikut ini.

  1. Kunjungi YouTube dan buka video yang ingin ditambah tautan Tampstamp.
  2. Putar video atau navigasikan linimasa untuk capai bagian tertentu yang ingin anda gunakan di Timestamp.
  3. Sekarang tekan Ctrl + klik atau klik kanan dimana saja di video. Notifikasi akan terbuka dimana anda bisa lihat berbagai tulisan, klik pada Salin URL video saat ini dan bagikan tautannya.

 dapatkan tautan youtube timestamp

  1. Siapapun yang klik pada tautan itu akan langsung dibawa ke bagian yang tepat dari video YouTube anda.

Bagian 3: Cara Bagikan Bagian Tertentu dari Video dengan Vibby dan Dapatkan Tautan YouTube dengan Timestamp

Metode yang disebutkan diatas untuk tambah dan kirim tautan YouTube dengan timestamp itu cepat dan mudah, tapi punya beberapa batasan. Jika anda perlukan lebih banyak kendali dan berbagi bagian sorotan dari video YouTube tanpa memotong video, anda perlu pergunakan alat pihak ketiga yang dikenal sebagai Vibby.

Vibby membantu anda tidak hanya berbagi bagian video tertentu dari YouTube tetapi juga dari platform lainnya seperti Vimeo dan Twitch. Dengan alat ini, anda bisa clip beberapa bagian dari video dan berbagi dengan orang lain.

  1. Untuk memulainya, daftar dengan akun mail, Google, Twitter, Facebook, atau Twitch.
  2. Setelah masuk, buka Create vib di sudut kiri atas dan kemudian tempel URL video YouTube yang ingin anda bagikan dan lalu klik pada tombol Mulai.

Bagikan bagian dari video YouTube

  1. Video anda akan dimuat di editor Vibby, sekarang klik Sorot bagian yang ingin dibagikan.
  2. Disini anda akan melihat tombol Mulai sorot, opsi lompat 5 detik, opsi untuk ubah kualitas video antara HD dan SD, dan tombol kontrol suara. Navigasikan ke bagian yang ingin anda bagikan dan klik Mulai sorot.

buat vib dengan video YouTube

  1. Ketika anda telah mencapai pada bagian akhir, klik di sorotan Selesai. Ulangi proses untuk menyorot beberapa bagian dari video. Semua bagian yang disorot akan muncul pada daftar di sisi kanan layar.
  2. Tambahkan deskripsi di setiap bagian dan format, anda akan punya opsi melihat ke pratinjau sebelum menekan tombol Simpan vib.
  3. Beri nama vib dan tentukan kategorinya lalu publikasikan ke Vibby atau bisa dibuat menjadi vib pribadi.
  4. Anda akan diberi tautan khusus untuk vib dengan fungsi yang bisa diselipkan pada situs atau blog anda.

Dengan cara ini, anda bisa berbagi sorotan dari video YouTube atau video Vimeo dengan mudah.

Bagian 4: Bagaimana Dapatkan Tautan YouTube Timestamp di iPhone dan Android?

Tautkan YouTube Timestamp tertentu lewat suatu tautan sangat mudah di iPhone dan Android.

  1. Masuklah ke YouTube dan pilih video yang ingin anda bagikan.
  2. Pindah melalui bilah hasil dari video untuk mencapai bagian kunci dan klik tombol Bagikan.
  3. Muncul menu notifikasi, sorot URL dan klik tombol Salin.
  4. Tempel URL dan tambahkan Timestamp secara manual dengan gunakan langkah yang telah disebutkan saat tambah Timestamp secara manual.

Bagian 5: Apakah Timestamp Bermanfaat untuk Video Anda?

Timestamp di video YouTube anda bisa persingkat waktu tonton, tapi juga tingkatkan pengalaman pengguna, dan mereka ingin tonton lebih banyak video anda. Selain itu, tambahkan Timestamp di video anda akan buat video anda bisa ditemukan melalui pencarian Google. YouTube dan Google akan menghadiahi video anda dalam bentuk mesin peringkat tertinggi dalam pencarian.

Bonus: Cara tambahkan tautan YouTube Timestamp di deskripsi video YouTube

Tambahkan tautan Youtube Timestamp di deskripsi video anda itu mudah. Berikut ini adalah langkah untuk melakukannya.

  1. Buka saluran YouTube anda dan pilih video yang ingin anda tambahkan Timestamp dan navigasikan ke deskripsi dibawahnya.
  2. Edit deskripsi dengan klik tombol Edit Video.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman rincian video. Disini tulis 0:00 di bagian pertama kode waktu, dan kemudian lanjutkan dengan bagian waktu yang penting dari video yang ingin anda tambahkan Timestamp dengan format 2:40. Anda bisa tambahkan lebih banyak Timestamp dan klik tombol Simpan.

Tambahkan bab di deskripsi YouTube

  1. Muat ulang halaman video dan anda akan lihat Tautan Timestamp yang dibuat secara otomatis di waktu tertentu yang anda berikan di deskripsi.

Catatan: Anda perlu tambahkan setidaknya tiga Timestamp untuk 10 detik atau lebih lama agar Timestamp bisa berhasil ditambahkan.

Kesimpulan

Sebisa mungkin pembuat konten YouTube ingin membuat video pendek yang padat dan jelas. Namun, jika video perlu lebih panjang, anda tetap bisa bantu navigasikan pengguna untuk menemukan apa yang penting bagi mereka lewat tambah Timestamp ke tautan YouTube atau Timestamp di deskripsi YouTube. Akan bisa membantu penonton anda langsung lompat ke bagian menarik dari video, daripada tonton keseluruhan video yang bisa hemat waktu mereka dan meningkatkan pengalaman dari penguna.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.