filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best YouTube Audio Editing Software
  • Stylized video filters and overlays for YouTube videos
  • Easy to fade in and fade out audio
  • Export and share videos to YouTube directly

Cara Rip Audio dari YouTube dengan 3 Cara [Gratis dan Aman]

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Download Versi WindowsDownload Versi Mac

Banyak sekali ceramah, debat dan musik populer yang dapat kalian temukan di YouTube. Tapi menonton semuanya itu dapat memakan waktu. Karenanya banyak orang yang ingin rip audio dari video YouTube. Kemampuan untuk mengekstrak audio dari YouTube akan membantu mereka mendengarkan audio ini di mana saja dan kapan saja.

Banyak situs web online yang terkenal yang dapat membantu untuk mengekstrak audio dari videoYouTube. Anda bisa memilih format audio yang tersedia seperti MP3, WAV, dll. Lalu, Anda dapat mendownload file yang dikonversi di perangkat Anda. Dan bagian terbaiknya adalah semuanya ini sepenuhnya gratis.

Di sini, kami akan menunjukkan kepada Anda 3 cara rip audio dari YouTubemenggunakan situs web yang 'gratis dan aman':

Metode 1: Rip Audio dari YouTube Online dengan Ytmp3

Salah satu program yang praktis untuk rip audio dari YouTube adalah Ytmp3. Fitur ini 'gratis dan aman' dan mudah digunakan. Anda dapat mengonversi video YouTube ke format mp3 dan mp4. Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk memudahkan Anda:

Langkah 1: Salin URL video YouTube dan Tempel ke Ytmp3

Pertama, salin URL video YouTube yang ingin Anda konversi. Lalu, buka situs web Ytmp3 dan tempel URL ke dalam kotak yang ditampilkan di halaman beranda.

Langkah 2: Pilih format dan konversi

Kedua, Anda dapat memilih format yang tersedia. Situs web ini menawarkan dua format; mp3 (audio) dan mp4 (video). Karena Anda ingin me-rip audio dari YouTube, pilihlah format mp3. Setelah itu, klik tombol konversiuntuk memulai proses.

Langkah 3: Download file yang dikonversi

Terakhir, Anda bisa mengklik tombol Download atau Dropbox. Klik tombol tersebut untuk mendownload file Anda. Selain itu, Anda dapat memilih untuk mengonversi file yang lainnya lagi. Jika tidak, Anda dapat mengakses file yang sudah didownload.

Metode 2: Ekstrak Audio dari YouTube Menggunakan Software Desktop

Kadang, saat menonton video YouTube, Anda bisa saja kebetulan menyukai audionya tetapi tidak menyukai videonya. Untuk hanya mendengarkan audio dalam video, Anda perlu me-rip audio dari video YouTube. Untuk mencapai tujuan tersebut, 4K Video Downloader ini merupakan software desktop terbaik untuk me-rip audio. Software ini dapat mengekstrak audio dari video YouTube dan mengubahnya menjadi file mp3. Software ini tersedia secara gratis maupun berbayar. Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk memudahkan Anda:

Langkah 1: Buka 4K Video Downloader dan tempelkan URL

Pertama, buka softwarenya. Lalu, salin URL YouTube. Sekarang, klik opsi Tempel Tautandi pojok kiri atas. Lalu, pop-up akan muncul dan Anda harus memilih opsi Ekstrak Audio.

Langkah 2: Pilih kualitas

Setelah itu, Anda harus memilih kualitas file yang akan diekstrak.

Langkah 3: Pilih format lalu ekstrak

Terakhir, pilih format (MP3, M4A, OGG) file Anda. Setelah itu, tekan tombol Ekstrakuntuk mengekstrak audio dari video YouTube. Setelah proses selesai, Anda dapat mengakses file tersebut.

Peringatan Legalitas untuk Rip Audio dari YouTube

Apakah mengunduh video YouTube dan me-rip audio dari video YouTube juga termasuk perbuatan yang legal? Di sini, kita akan melakukan diskusi singkat tentang legalitas mengunduh dan mengonversi video YouTube.

MenurutPersyaratan Layanan YouTube, mengunduh, mengonversi, atau membagikan video tanpa mendapatkan izin yang sesuai dari pemiliknya merupakan perbuatan yang ilegal.

Tapi, ada beberapa jenis video yang legal untuk diunduh, dan Anda dapat mengekstrak audio dari video YouTube yang termasuk dalam kategori ini:

  • Domain Publik: Hak cipta video ini sudah kedaluwarsa atau telah ditinggalkan. Jadi, karena tidak ada pemiliknya, publik dapat menggunakan video tersebut untuk tujuan apa pun.
  • Creative Commons:Video ini dimiliki oleh para artis, tetapi mereka mengizinkan publik untuk mereproduksi ulang dan membagikan kontennya.
  • Copyleft: Video ini diberikan hak bebas untuk diubah, dibagikan, dan diproduksi ulang selama hak yang sama berlaku untuk konten turunan.

Bonus: Cara Mengedit Audio ke Video Anda Sendiri

Download Filmora9 Versi Windows Download Filmora9 Versi Mac

Terkadang, audio di dalam video Anda mungkin tidak jernih. Terkadang latar belakang musik videonya mengganggu dan Anda ingin menggantinya. Intinya adalah Anda ingin mengedit dan meningkatkan kualitas trek audio video Anda. Semua perubahan ini dapat dicapai dengan menggunakan Filmora.

Wondershare Filmora merupakan aplikasi pengeditan video yang dilengkapi dengan banyak fitur. Sama dengan opsi pengeditan videonya, aplikasi ini juga sangat cocok untuk pengeditan audio. Software ini memungkinkan Anda untuk memangkas, menambahkan efek, atau mengganti trek audio dari video Anda. Berikut langkah-langkah praktis untuk memudahkan Anda:

Langkah 1: Impor media

Pertama, setelah mendownload dan menginstal software. Klik Files, lalu pilih impor file media.

Langkah 2: Tambahkan Audio dari Tab Audio

Lalu, klik tab Audio untuk menambahkan audio atau musik ke dalam video Anda.

Langkah 3: Atur Kecepatan dan Durasi

Untuk mengatur kecepatan dan durasi, klik kanan pada timeline audio atau tekan CTRL+R. Sekarang Anda dapat mengubah pengaturannya.

Langkah 4: Mengatur audio

Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan pengaturan audio dengan mengklik dua kali pada timeline audio. Anda dapat memodifikasi Pitch, Fade in/Fade out, dll.

Langkah 5: Tambahkan suara Anda sendiri melalui Voiceover

Anda juga dapat menambahkan suara Anda sendiri. Cukup klik pada ikon voiceover di sisi kanan untuk merekam audio Anda.

Langkah 6: Ekspor media tersebut

Yang terakhir, klik tombol Ekspor untuk menyimpan project Anda di tempat yang Anda inginkan.

Download Versi WindowsDownload Versi Mac

author
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.