Filmora
Filmora - AI Video Editor
Aplikasi Video Editor yang Canggih dan Sederhana
BUKA
Buat Video Secara Mudah dan Cepat Bersama dengan Filmora
  • Efek dan Filter Masif & Gratis tersedia untuk Digunakan
  • Personalisasi Area Crop Seperti yang Anda Inginkan
  • Modern & Cepat untuk Pemula dan Profesional

Bagaimana caranya mendapat lebih banyak penayangan dengan YouTube Shorts

author avatar

Dec 06, 2023• Proven solutions

Salah satu tantangan terbesar yang orang-orang hadapi ketika menggunakan YouTube Shorts adalah bagaimana caranya mendapat lebih banyak penayangan. Banyak pengguna baru bertanya apa yang harus mereka siapkan dan bagaimana cara menyiapkan sebuah video yang hanya berdurasi 15 sampai 60 detik, dan dalam waktu bersamaan, cukup menarik bagi penonton untuk menontonnya dengan antusias.

Dengan demikian, bagian berikut membahas beberapa praktik terbaik, dan membagikan beberapa tips untuk meningkatkan jumlah tontonan di video YouTube Shorts-mu.


Bagian 1: Dapatkan lebih banyak penayangan dengan menambahkan video Shorts ke bagian 'Featured'

Relatif berbeda dari video lain, yang berada di bagian 'Featured' akan direkomendasikan ke audiens melalui platform YouTube dengan basis algoritma yang akan secara otomatis menentukan klip mana yang akan disukai setiap individu.

Untuk menjelaskan, secara umum, YouTube menyarankan video padamu berdasarkan riwayat tontonanmu, statistik penjelajahan, dan informasi sejenis lainnya yang raksasa media streaming itu kumpulkan seiring berjalannya waktu. Di sisi lain, video 'Featured' disarankan berdasarkan apa yang YouTube 'kira' akan menarik perhatianmu, atau yang mungkin berguna untukmu.

Maka dari itu, ketika klip apapun ditambahkan sebagai video 'Featured', YouTube akan menyarankannya ke lebih banyak penonton dibandingkan yang dipublikasikan di kategori 'Rekomendasi'.

Catatan: Meskipun ada lebih banyak hal yang bisa dikupas pada bagian video dan saluran 'Featured' seperti pencitraan, iklan, dll., topik-topik tersebut sudah di luar lingkup artikel ini.

Menambahkan video YouTube Shorts di bagian 'Featured' cukup sederhana, dan instruksi yang diberikan di bawah menjelaskan bagaimana cara melakukannya:

Catatan: Diasumsikan bahwa kamu sudah memiliki beberapa video pendek yang kamu publikasikan di YouTube.

Langkah 1: Pergi ke bagian YouTube Studio

Pergi ke YouTube di browser web PC-mu, masuk ke akun Google-mu, klik Video-mu dari bar navigasi di sebelah kiri dan klik kustomisasi dari bar di sebelah kiri ketika halaman Studio terbuka.

 Pergi ke bagian YouTube Studio Customization

Langkah 2: Tambahkan YouTube Shorts

Klik TAMBAH BAGIAN dari tab Layout di jendela kanan, dan klik video Shorts dari daftar yang muncul di sebelah kategori tambah YouTube Shorts.

Tambahkan bagian di bagian Featured

Langkah 3: Tambah video Shorts ke bagian Featured dan simpan perubahan

Tahan bar video Shorts dari tuas yang bergerak di sebelah kiri, dan pindahkan tepat ke bawah segmen bagian Featured. Setelah kategori video Short berada di tempat yang tepat, klik PUBLISH dari pojok kanan atas halaman untuk menyimpan perubahan. Mulai dari titik ini, video YouTube Shorts apapun yang kamu publikasikan di saluranmu akan secara otomatis ditambahkan ke 'Featured' setelah disetujui.

Publikasikan bagian yang ditambahkan di bagian Featured

Bagian 2: Buatlah thumbnail yang menarik agar YouTube Shorts-mu lebih banyak ditonton

Thumbnail merupakan wajah dari video yang kamu publikasikan di manapun secara daring. Maka dari itu, sangatlah penting untuk tidak menggunakan thumbnail bawaan yang ditambahkan secara otomatis oleh YouTube dan tambahkan gambar milikmu sendiri yang sudah dikustomisasi.

Agar memiliki thumbnailmu sendiri, kamu bisa memilih bingkai manapun dari video tersebut, atau kamu bisa mengunggah foto terpisah dari PC-mu, dan mengganti yang sudah ada dengannya.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuat thumbnail yang menarik

Ketika menggunakan gambar kustom sebagai thumbnail untuk video YouTube Shorts-mu, beberapa hal yang perlu kamu ingat adalah:

  • Relevansi

Pastikan foto yang baru yang kamu akan gunakan sebagai thumbnail relevan dengan video pendekmu. Gambar apapun di luar konteks dapat membuat penonton bingung, dan kamu dapat kehilangan audiens serta pelangganmu selamanya.

  • Kejelasan

Selalu gunakan gambar dengan konten yang jelas dan tulisan yang besar (jika ada). Hal ini dapat memudahkan penonton untuk menentukan apakah video tersebut menarik minat mereka.

  • Ketepatan

Kamu harus menghindari menggunakan gambar yang menyesatkan sebagai thumbnail. Meski foto seperti itu mulanya dapat menarik lebih banyak penonton, orang-orang semakin lama akan kehilangan kepercayaan pada saluranmu ketika mereka tidak menemukan apa yang mereka harapkan berdasarkan apa yang mereka lihat di thumbnail.

Bagian 3: Optimalkan YouTube Shorts untuk mendapat lebih banyak jumlah tontonan

Faktanya, video YouTube Shorts tidak begitu berbeda dengan video lain yang kamu publikasikan di platform itu. Maka dari itu, proses mengoptimalkan baik video pendek maupun video biasa sangatlah mirip.

Beberapa hal yang sangat penting, dan memegang peran besar dalam mengoptimalkan video YouTube Shorts-mu termasuk:

  • Thumbnail yang menarik

Seperti yang disebutkan di atas, thumbnail sebuah video adalah wajahnya, dan semakin bagus dan menarik wajah itu akan semakin banyak pula audiens yang tertarik, dan video-mu akan semakin terkenal. Maka dari itu, pastikan untuk membuat thumbnail video pendekmu semenarik mungkin.

  • Judul yang menarik

Judul menunjukkan segalanya. Video pendekmu akan berkesempatan untuk menarik lebih banyak perhatian dan popularitas jika video-mu memiliki judul yang menarik dan impulsif yang dapat memberi para penonton rangkuman tentang apa yang bisa mereka nantikan di klip tersebut.

  • Deskripsi mendetail

Deskripsi video pendekmu harus lengkap, dan harus menjelaskan tema, genre, dan sifat dari klip tersebut. Dengan deskripsi mendetail, penonton akan dapat menilai apakah video tersebut dapat berguna untuk mereka.

  • Label

Pastikan untuk menambahkan label tanda yang relevan dengan video pendekmu. Misalnya, menambahkan '#Shorts' pada judul atau deskripsi video akan memberitahu YouTube kalau klip tersebut diciptakan untuk YouTube Shorts. Demikian juga, label tanda lain yang terkait dengan genre dan/atau tema dari video pendek membantu YouTube untuk menyarankan mediamu ke audiens yang relevan di penjuru situs web.

Bagian 4: Bagaimana cara menganalisa performa YouTube Shorts

YouTube Shorts adalah video panjangnya tidak lebih dari 60 detik. Ketika ditambahkan di kategori 'Featured', kamu dapat melihat peningkatan yang signifikan dari popularitasnya, maka dari itu jumlah penayangan dan durasi pemutaran dari saluran YouTube-mu akan terpengaruh secara langsung.

Hanya saja, karena video pendek ini tidak dapat di monetisasi, kadang kamu akan menyadari meski total durasi pemutaran dan jumlah penayangan saluran YouTube-mu tinggi, pendapatanmu mungkin tidak sebanyak apa yang bisa kamu dapatkan jika klip-klip tersebut dipublikasikan sebagai video biasa.

SSD: Akankah performa YouTube Shorts mempengaruhi statistik YouTube yang lain?

Ya. Seperti yang telah disebutkan di atas, jumlah penayangan dan durasi pemutaran video YouTube Shorts-mu ditambahkan ke statistik saluranmu. Maka dari itu, dengan jumlah penayangan yang video pendekmu dapatkan, performa keseluruhan statistik YouTube-mu akan terpengaruh.

author avatar
Richard Bennett
Richard Bennett adalah penulis dan pencinta video.
Anda mungkin berminat
Cara Cepat Menemukan Niche Market di YouTube

Menemukan niche akan membedakan saluran Anda dari saluran-saluran lainnya di YouTube. Jika Anda hanya meniru YouTuber lain, saluran Anda akan sulit untuk berkembang karena konten Anda akan berada dalam bayang-bayang YouTuber lainnya.

by Richard Bennett Dec 05, 2023 15:14 PM

Panduan Utama Video Kategori Beauty di YouTube - Perlengkapan, Tutorial Makeup, dan Lainnya

Dari kerja sama dengan berbagai merek hingga ring light - pelajari cara mengembangkan saluran beauty di YouTube.

by Richard Bennett Dec 05, 2023 15:14 PM

Cara Mendapatkan Musik Bebas Royalti untuk Video YouTube Anda

Ada banyak tempat untuk mencari musik bebas royalti. Berikut adalah daftarnya

by Richard Bennett Dec 05, 2023 15:10 PM

author avatar

Richard Bennett

staff Editor