filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Edit 4K Videos Smoothly and Easily
  • Support editing 4k videos shot by cameras, phones and other devices.
  • Support 9:16 and 1:1 aspect ratio video editing
  • Color Correction Tool for tuning up your videos.
  • Over 300 effects at your choice.

GRATIS 10 Kamera Ponsel 4K Terbaik [2022]

author

Nov 28, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Download versi WinDownload versi Mac

Anda akan semakin sering melihat teknologi 4K dimana-mana. Walaupun Anda mungkin pernah mendengar sebelumnya tentang hal ini yang terkait televisi, fakta lainnya adalah teknologi baru ini sudah bisa digunakan di beberapa ponsel cerdas terbaik di pasaran. Meskipun akan terdengar aneh untuk memiliki definisi tersebut bagi perangkat kecil yang bisa masuk ke kantong Anda, kenyataannya tidak ada yang bisa menandingi video 4K ini. Jika Anda memikirkan selama sesaat, ponsel generasi pertama bahkan tidak memiliki kamera sama sekali. Tetapi, awalnya banyak orang berpikir bahwa tren baru ini sama sekali tidak akan populer, karena yang Anda lihat adalah orang yang swafoto, memotret makanan mereka, pergunakan ponsel cerdas mereka untuk abadikan momen terbaik di kehidupan mereka.

Semakin banyaknya orang menggunakan ponsel cerdas untuk ambil foto dan merekam video, merk terbaik di pasaran hanya perlu memastikan bahwa fitur ini akan disertakan ke model ponsel termahal mereka. Anda bisa membeli ponsel cerdas yang bisa memotret foto "mentah" dan hanya Anda yang bertanggung jawab untuk seluruh pemrosesan gambar.

Jadi, manakah ponsel kamera 4K terbaik di pasaran? Manakah yang harus Anda pilih? Di artikel berikut ini, kami akan pilihkan 10 kamera ponsel 4K terbaik.

Anda juga mungkin akan menyukai:

Fitur Kamera iPhone X Terbaru Yang Harus Anda Ketahui
10 Tips dan Trik iPhone X yang Perlu Anda Perhatikan


Dengan ponsel cerdas 4K paling tangguh di tangan, Anda bisa buat video terlihat memukau dengan beberapa software mengedit video 4k. Berikut ini kami rekomendasikan pada Anda editor video Wondershare Filmora karena aplikasi ini dukung pengeditan video dengan resolusi 4K tertinggi dan juga bisa tambahkan efek visual, filter dan overlay yang keren. Perangkat lunak ini tersedia di PC Windows dan komputer Mac, dan sekarang Anda juga bisa buat dokumen proxy, ubah kualitas pemutaran ke resolusi yang lebih rendah (tidak akan pengaruh di kualitas video akhir) di Filmora untuk dapatkan pengalaman mengedit video yang lebih baik. Dan jika Anda lebih suka edit video di ponsel Android anda atau iPhone, Anda bisa coba FilmoraGo, yang merupakan aplikasi pengedit video gratis untuk iOS dan Android.


1. Sony Xperia XZ Premium

Ponsel 4K Sony Xperia XZ Premium

Cek Xperia XZ Premium di Amazon

Dalam dunia fotografi, Sony merupakan merk yang terpandang di industri ini. Sony Xperia XZ Premium hadir dengan kamera depan kualitas 13MP dan kamera belakang 19MP. Salah satu hal terbaik tentang kamera mereka adalah kualitas potretnya yang terlihat seperti menggunakan kamera asli. Secara umum, kamera Sony Xperia XZ Premium mudah dipergunakan dan juga tawarkan pengalaman yang bagus pula. Akan tetapi, kami juga perhatikan ada beberapa hal yang termasuk tidak masuk akal. Salah satunya yaitu fakta meskipun mereka telah sertakan teknologi 4K dan ini merupakan fitur terbaik yang hanya dimiliki oleh ponsel cerdas ternama, 4K ini muncul sebagai mode khusus seperti efek kreatif atau AR. Kameranya punya fitur luar biasa yang kami sukai: mampu merekam video slo-mo dengan hanya 980 bingkai per detik. Dengan kamera seperti ini, Anda bahkan bisa buat film dokumenter alam karena kemampuannya dalam memotret setiap hal secara terperinci. Tetapi, kami akan memberitahu Anda satu hal: Anda tetap perlukan sumber cahaya yang bagus.

Terkait: Ulasan Ponsel 4K Sony Xperia XZ Premium

2. Huawei P10

Huawei P10

Cek P10 di Amazon

Salah satu kerjasama terbaik yang dilakukan Huawei baru-baru ini adalah dengan Leica. Saat ini, Anda bisa memanfaatkan kamera mereka yang menakjubkan. Huawei P10 hadir dengan 8Mp kamera depan dan dua kamera belakang: satu dengan kualitas 12MP dan satunya lagi 20MP. Sama halnya dengan model Huawei terdahulu, Anda bisa gunakan kamera dengan kualitas 20MP untuk memotret foto hitam-putih. Tetapi, saat Anda gunakan kedua kamera belakang, hasil foto Anda akan mempunyai tingkat kejernihan yang lebih baik. Meskipun Huawei P10 hadir dengan fitur untuk merekam video 4K, faktanya mereka tidak tawarkan stabilisasi apapun saat Anda merekam dengan resolusi ini. Tidak cukup begitu saja, jika Anda gunakan Windows, Anda tidak akan bisa membuka dengan pergunakan aplikasi foto Windows 10, dan tidak bisa unggah secara langsung ke YouTube. Hal lain yang kami perhatikan yaitu kamera Huawei P10 tidak bekerja cukup baik dengan saat pencahayaannya minim. Meskipun Anda telah bersenang-senang dengan beragam mode kamera Huawei P10, kenyataannya ada banyak kamera ponsel cerdas yang lebih baik di pasaran saat ini.

Terkait: Ulasan Huawei P10

3. Samsung Galaxy S8

Samsung Galaxy S8

Cek Galaxy S8 di Amazon

Samsung telah jadi pemimpin dengan kamera yang mereka miliki di ponsel cerdasnya. Jadi, kami tidak mengharapkan sesuatu yang kurang dari fiturnya. Samsung Galaxy S8 hadir dengan kamera depan 8Mp dan 12Mp kamera belakang. Untuk hal menu itu sendiri, meskipun Anda hanya akan bisa melihat ikon utama di layar, disana memiliki banyak fitur yang bisa Anda pergunakan. Kamera Samsung Galaxy S8 bekerja sangat baik di luar ruangan. Fotonya sangat tajam dan juga tampilkan hasil yang jernih dan bertekstur. Salah satu alasan utama mengapa mereka bisa meraih sukses adalah karena kameranya menggunakan kualitas HDR sebagai standar. Selain itu, mereka juga sertakan stabilisasi elektronik, ini akan memastikan foto Anda tetap terlihat bagus walau agak goyang atau cahayanya redup. Jika Anda ingin serius merekam video beresolusi 4K, perlu Anda ketahui bahwa kualitas suaranya tidak begitu bagus di pasaran dan Anda mungkin juga akan bermasalah dengan beberapa sistem stabilisasi hibridanya. Tetapi, kamera Samsung Galaxy S8 masih tetap menjadi salah satu yang terbaik di pasaran.

Terkait: Ulasan Ponsel 4K Samsung Galaxy S8

4. Google Pixel XL

Ponsel 4K Google Pixel XL

Cek Google Pixel XL di Amazon

Meski Google Pixel XL sudah berumur satu tahun, merk sudah memiliki salah satu kamera terbaik di pasaran saat ini. Google Pixel XL sertakan 8Mp untuk kamera depan dan 12.3Mp kamera belakang. Meskipun Anda temukan beberapa tingkat ketajaman yang berlebih di beberapa foto, tapi kebanyakan orang justru menyukainya. Alasan Google Pixel XL masih menjadi sebagai salah satu yang terbaik di pasaran hingga saat ini adalah fitur dari Snapdragon 821 yang dimilikinya. Dan karena fitur ini sangat tangguh, Google Pixel XL bisa dengan mudah dioperasikan ke HDR+ setiap saat. Hal lain yang kami sukai tentang kamera Google Pixel XL adalah kemampuannya dalam kombinasikan foto "mentah" dan produksikan JPG yang berkualitas tinggi tanpa ghosting atau blur. Di video 4K, Anda bisa menghitung beberapa video bagus dan jernih meskipun tidak disertakan dengan stabilisasi optik. Perbedaan ialah Google memilih pergunakan stabilisasi yang berbasis Gyro. Kamera Google Pixel XL juga bekerja cukup baik tidak hanya pada saat cahaya minim tetapi juga saat swafoto yang berikan hasil jernih.

5. LG G6

Ponsel 4K LG G6

Cek LG G6 di Amazon

Memiliki fitur kamera depan dengan kualitas 5Mp dan dua kamera belakang dengan kualitas 13Mp, Anda bisa ambil foto dari sudut normal atau sudut yang lebih lebar. Selain itu, Anda bisa merekam video 4K dengan salah satu pilihan Anda. Salah satu hal terbaik terkait LG G6 adalah fakta ini ponsel yang tahan air. Jadi jika Anda menyukai aktivitas di luar ruangan, Anda bisa ambil foto dan video saat hujan atau di sekitar kolam. Akan tetapi, LG G6 tidak mudah di rawat dan tidak cukup kuat, sehingga agak sulit dipergunakan jika dibandingkan dengan ponsel lain di pasaran. Secara menyeluruh, kamera ponsel LG G6 tidaklah buruk. Walaupun Anda bisa ambil foto bagus dengan cahaya yang terang dan sistem fokus otomatisnya cukup akurat dan cepat, Anda tidak akan peroleh efek lain yang lebih mendalam. Jadi mungkin Anda akan selalu melihat pengaburan di sisi latar belakang. Jika Anda memutuskan untuk pergunakan lensa yang lebih lebar, maka Anda akan melihat adanya beberapa jenis distorsi. Namun, yang tidak begitu kami sukai adalah kurangnya kejernihan di foto. Namun jika Anda ambil foto di lingkungan dengan cahaya yang redup, kualitas foto yang dihasilkan akan cukup mengesankan. Meskipun Anda akan lihat ada beberapa noise, tapi hasilnya cukup baik. Jika terkait video 4K, maka bisa dibilang ponsel ini hanya biasa saja. Meski kualitas audionya sangat baik, tidak ada stabilisasi di ponsel LG G6. Jadi, jika Anda merekam sesuatu yang bergerak sangat cepat, Anda tidak akan dapatkan hasil video 4K yang bagus.

6. OnePlus 5

Ponsel 4K OnePlus 5

Cek OnePlus 5 di Amazon

OnePlus 5 punya kamera belakang ganda - satu dengan 16Mp dan lainnya dengan kualitas 20Mp, serta kamera depan dengan 16Mp. Ketika Anda mengambil foto dengan pencahayaan minim, foto nya akan terlihat tajam dan jernih. Walaupun OnePlus 5 tidak mempunyai stabilisasi, selama Anda mengambil foto dari objek yang tidak bergerak dan tangan Anda tetap stabil, Anda akan memperoleh hasil yang bagus. Meski kekurangan stabilisasi tidak akan berefek pada foto, kenyataannya hal itu akan sangat berpengaruh pada kualitas video 4K Anda. Memang, hal ini merupakan kelemahan utama dari OnePlus 5. Terkait dengan kamera depan, OnePlus 5 berikan tampilan resolusi tertinggi dari semua yang kami lihat sejauh ini di pasaran. Jadi, jika Anda berencana untuk memotret banyak swafoto, maka OnePlus 5 adalah pilihan yang terbaik bagi Anda. Salah satu yang paling kami sukai dari kamera OnePlus 5 adalah aplikasi antarmuka yang mereka miliki. Sederhana, intuitif, dan mudah dipergunakan. Anda bisa melihat bagian pengaturan dengan mudah. Kelemahannya hanya di video.

7. HTC U11

Ponsel 4K HTC U11

Cek HTC U11 di Amazon

Saat Anda sedang mencari ponsel dengan kualitas kamera yang bagus, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah foto yang akan dihasilkan dengan pencahayaan yang minim. Dan untuk hal ini, sudah jelas HTC U11 keluar sebagai pemenangnya. Tampilkan kamera depan dengan 16Mp dan kamera belakang 12Mp, HTC U11 merupakan pilihan terbaik bagi Anda jika ingin ambil foto "biasa". Karena ponsel ini sertakan fitur "dual-pixel" (sama seperti Samsung S8) yang bisa membuat Anda fokus dengan cepat, Anda bisa melihat ke ukuran layar apa saja dam semua foto akan terlihat memukau. Terkait dengan video, walaupun standarnya diatur ke 1080p, Anda bisa dengan mudah pilih opsi 4K. Salah satu hal baiknya ialah HTC U11 sertakan stabilisasi foto, hal buruknya adalah tidak bisa bekerja dengan maksimal jika Anda pergunakan resolusi 4K (baru bekerja dengan baik jika Anda gunakan resolusi bawaan - 1080p). Secara umum, HTC U11 sama sekali tidak mengecewakan. Ya, memang bisa lebih baik, apalagi jika terkait dengan rekaman video 4K. Tetapi, kualitas foto dengan cahaya yang redup sudah cukup mengesankan.

8. Xiaomi Mi6

Ponsel 4K Xiaomi Mi6

Salah satu hal yang paling menarik tentang Xiaomi Mi6 adalah harganya. Harganya setengah dari ponsel cerdas yang telah kami bahas tetapi untuk fiturnya sama sekali tidak kalah bagusnya. Banyak orang berkata bahwa Xiaomi Mi6 merupakan replika dari iPhone 7 Plus. Hal itu bisa dikatakan demikian karena hasil kamera yang identik dari kedua ponsel tersebut. Sama halnya dengan iPhone 7 Plus, Xiaomi Mi 6 memiliki 8Mp kamera depan dan dua kamera belakang dengan kualitas 12Mp. Kamera yang tidak punya kemiripan sama sekali dengan iPhone yaitu kamera depannya. Memang, karena memiliki beberapa fitur yang berbeda. Anda bisa gunakan mode tilt-shift yang bisa dikonfigurasi, contohnya, yang akan membuat segalanya terlihat seperti mode miniatur. Berkaitan dengan kamera belakang, Xiaomi Mi 6 bisa menghasilkan foto yang bagus jika ada pencahayaan yang bagus. Fotonya jernih dan sangat terperinci. Akan tetapi, yang harus dibuat sebagai standar ialah HDR. Anda perlu aktifkan dahulu saat ingin digunakan yang menjadikan ini ribet. Terlebih lagi, perangkat keras Xiaomi Mi 6 tidak punya kemampuan untuk jalankan mode itu terlalu sering karena aplikasinya akan jadi macet. Semua efek kedalaman dan lensa pembesar terlihat bekerja dengan baik jika ada pencahayaan yang bagus pula. Satu hal yang mengejutkan adalah kualitas foto yang terlihat bagus dengan pencahayaan yang relatif rendah. Hal ini serupa pada HTC U11 yang merupakan sebuah pujian yang bagus. Tetapi, ketika berurusan dengan video, Xiaomi Mi 6 sayangnya bisa dibilang gagal sepenuhnya. Xiaomi Mi 6 tidak mempunyai stabilisasi sama sekali dan rekamannya tidak begitu tajam atau jernih. Tambahan, suaranya tidak begitu bagus. Jika disimpulkan, walaupun Xiaomi Mi 6 mungkin bisa hasilkan foto yang bagus dengan cahaya yang terang dan redup, kenyataannya Anda tidak boleh mempertimbangkannya jika berencana untuk merekam video 4K.

9. iPhone 7 Plus

Ponsel 4K iPhone 7 Plus

Memiliki kamera depan 7Mp dan dua kamera belakang 12Mp, iPhone 7 Plus merupakan ponsel Apple pertama yang sertakan 2 kamera di bagian belakang. Fitur yang ditambahkan ke kamera iPhone 7 Plus merupakan fitur lensa potret jarak jauh. Fitur ini bisa perbesar secara optik 2x dan bekerja dengan sangat baik. Akan tetapi, fitur ini juga telah ditambahkan ke semua versi iPhone yang sebelumnya, jadi hal ini bukanlah sesuatu yang spesial. Salah satu yang kami tidak suka ialah pengaturan resolusi video yang tidak pada tempatnya. Sebaliknya, Anda harus membuka aplikasi Pengaturan di ponsel dan harus geser layarnya hingga Anda bisa temukan Foto & Kamera. Selain hal ini, kami cukup senang dengan pengalaman dari iPhone. Foto kamera utama sangat bagus jika dilihat dari akurasi warna, kejernihan, fokus dan kontrasnya. Karena, HDR juga diaktifkan secara bawaan dan bisa bekerja dengan baik. Terkait video 4K, dengan senang hati kami katakan kualitas videonya tajam dan jernih, sama dengan foto yang telah kami sebut sebelumnya. Audionya berkualitas tinggi dan stabilisasinya juga cukup mengesankan. Tetapi tidak semuanya bagus dengan kamera iPhone 7 Plus. Foto dengan cahaya redup akan menunjukkan kualitas yang tidak bagus, apalagi jika dibandingkan dengan ponsel papan atas ini. Hasilnya akan terlihat sangat buram.

10.MOTO Z2 Play

Ponsel 4K MOTO Z2 Play

Cek MOTO Z2 Play di Amazon

Memiliki 5MP kamera depan dan 12Mp kamera belakang, bisa kami katakan foto yang diambil dengan MOTO Z2 Play memiliki kualitas biasa. Kamera belakang memiliki deteksi autofokus, dual-pixel autofokus, autofokus laser, dan dual-tone lampu kilat LED, ini cukup untuk tunjukkan bahwa foto bercahaya rendah juga bisa punya kualitas yang baik pula. Namun, hal ini tidak selalu berlaku karena terkadang Anda harus terus ketuk area yang ingin difokuskan. Salah satu hal yang kami sadari dari perbedaannya saat Anda lihat foto di dalam ponsel dan di perangkat lain. Kenyataannya ialah foto tersebut akan terlihat lebih baik di layar AMOLED MOTO Z2 Play. Saat Anda ingin ambil foto dengan pencahayaan rendah, mode malamnya akan otomatis diaktifkan. Sekali lagi, hasilnya tidak selalu baik atau buruk. Hasilnya selalu berubah. Terkait dengan kemampuan video, MOTO Z2 Play memungkinkan Anda untuk merekam dengan Full-HD atau 4K. Walaupun videonya bisa jadi lebih baik, hasilnya cukup mengesankan. Terlebih, salah satu hal yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah dengan gunakan mode Go Live dan siaran langsung di YouTube.

Cek Ulasan Komplit Ponsel 4K MOTO Z2 Play>>

Rekomendasi Aplikasi Editor Video untuk Ponsel Kamera 4K Terbaru Anda

Setelah membuka kotak ponsel kamera 4K favorit Anda, kini saatnya untuk instal beragam aplikasi. Tidak masalah jika Anda sedang mencari aplikasi untuk buat video lucu atau membuat kolase foto yang estetis, sangat penting untuk instal editor video yang akan mudah dipergunakan dan serbaguna. Untungnya, Wondershare FilmoraGomerupakan pilihan yang bagus dengan fitur yang mengesankan dan beragam efek video sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Antarmuka yang sangat intuitif
  2. 1000+ musik keren
  3. 6000+ stiker yang modis, filter dan efek
  4. Templat yang memukau diperbaharui setiap minggu
Download versi WinDownload versi Mac

Kesimpulan

Jadi, ponsel mana yang harus Anda inginkan? Manakah yang mempunyai kamera terbaik? Manakah yang bisa merekam video 4K terbaik? Tidak ada satu model pun yang bisa ambil foto dan merekam video 4K dengan sangat baik. Secara sederhana, Anda harus prioritaskan kebutuhan Anda, apa yang paling Anda apresiasi, dan pilih ponsel terbaik untuk Anda sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Tetapi, yang bisa kami katakan, berdasarkan opini kami, jika Anda mencari ponsel yang menghasilkan foto bagus dengan pencahayaan yang rendah, pilihan terbaik Anda ialah HTC U11. Tetapi jika Anda ingin ambil foto dengan pencahayaan yang bagus, maka Anda harus memilih Samsung Galaxy S8. Jika kebutuhan utama Anda adalah video 4K, maka pilihan terbaik untuk Anda saat ini ialah Google Pixel.


Tips untuk potret rekaman sinematik dengan ponsel Anda [video tutorial]

Download versi WinDownload versi Mac

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.