filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The best 4K video editing software for you with powerful tools.
  • Support editing 4k videos shot by phone and other devices
  • Cut off your unwanted segments of a video file
  • Various filter and overlay effects to touch up your video

Software Editing Video 4K Terbaik Tahun 2022

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Dengan popularitas dari Kamera 4K dan action cams, sudah waktunya menggunakan software editing video profesional untuk menangani rekaman sensitif dari video 4k.

Ada banyak pilihan software untuk video editing, tetapi tidak semua buatannya sama. Dan yang terpenting dari zaman ini, masih banyak yang tidak mendukung editing 4K. Jangan ketinggalan - di bawah ini kamu akan menemukan sepuluh dari aplikasi terbaik dan terpercaya yang mendukung video editing video 4K terbaik; karena teknologi ini semakin marak dipergunakan di kalangan komunitas pembuat film.

(Semua fitur sampel tergantung pada waktu.)

Perbandingan dari Video Editor 4K Terbaik

Saat kamu memilih software video editing, kamu harus selalu mempertimbangkan apakah komputermu memenuhi syarat pemasangan dan menggunakan video editor profesional, serta kegunaan dari software video editing dan anggaranmu. Kami telah buatkan daftar faktor di bawah ini untuk pemeriksaan kilat kamu.

Dan dari daftar software video editing terbaik ini, kami telah memilih kedua software video editing 4K gratis dan berbayar sebagai pilihan kamu . Harap diingat bahwa daftar berikut ini tidak berada dalam urutan peringkat tertentu, dan harga akan bisa berubah dari waktu ke waktu.

Nama Software Platform yang didukung Harga Mudah digunakan Persyaratan Sistem
Wondershare Filmora X Windows, Mac Premium, $49.99-$79.99 Mudah Intel i3 processor +; 8GB untuk 4K
iMovie OS X El Capitan Gratis Mudah 4GB RAM; sebuah kartu grafis OpenCL-capable
CyberLink PowerDirector 19 Ultra Windows 7/8/10 $99.99 Menengah Intel Core™ i-series atau AMD Phenom II atau versi terbaru; 8GB RAM
Vegas Pro Windows 7/8/10 $399.99 Cukup Sulit 2.5 GHz 4-core processor; 8 GB RAM
Vegas Movie Studio 17 Windows 7/8/10 $32.99 Mudah 2GHZ processor, 8GB RAM
Adobe Premiere Pro Windows & Mac $20.99/bulan. Cukup Sulit Multicore processor dengan dukungan 64-bit; 8 GB of RAM
Final Cut Pro macOS 10.13.2 atau versi terbaru $299.99 Cukup Sulit 8GB RAM; Intel HD Graphics 3000 atau versi terbaru
Magix Movie Edit Pro Windows 7/8/10 $69.99 Mudah 2.4 GHz processor; 8 GB of RAM atau lebih tinggi

Software Video 4KEditing Terbaik di 2021

Kami telah membuat daftar video 4k editing software terbaik untuk pemula dan profesional berdasarkan fitur, kelebihan, kekurangan dan harganya. Mari lihat secara seksama.

1. Wondershare Filmora Video Editor

Versi terbaru video editor Filmora adalah pilihan yang sederhana untuk editor video yang tidak menginginkan kerumitan, fitur yang canggih, dan biaya tambahan dari software video editor profesional. Aplikasi ini memiliki tampilan yang telah dirancang agar mudah digunakan, tetapi ada juga pilihan mode Expert atau mode cepat, tergantung pada tingkat keahlian dan kebutuhan yang kamu perlukan.

 Filmora 9 4K video Editing

Efek menarik termasuk seperti efek dari gaya Hollywood, efek suara, dan templat yang menakjubkan. Fitur baru dan pilihan menarik lainnya termasuk Green Screen dan opsi Scene Detection. Software ini juga bisa secara otomatis memperbaiki rekaman dengan masalah pencahayaan atau warna yang bisa memberikan hasil akhir yang jauh lebih terpoles.

Action Cam Tool fitur yang baru ditambahkan juga bisa untuk menggabungkan, memotong dan edit rekaman 4k videos dengan action camera-mu, ponsel, atau kamera 4k lainnya hanya dalam beberapa menit.

Download Versi WinDownload Versi Mac

Filmora memiliki fitur kemampuan untuk impor dan edit video 4K secara mudah. Setelah buka Filmora, buat project baru dengan klik New Project di jendela Get Started dan kemudian pergi ke Project Settings untuk mengganti resolusi ke 3840 x 2160 (16:9 4K UHD) atau 4096 x 2160 (DCI 4K) sesuai kebutuhanmu.

 Filmora9 4K pengaturan project

Jika tidak yakin dengan perbedaan dari kedua pilihan berikut ini, baca panduan kamu mengenai Apa itu 4K untuk mendapatkan jawabannya.

Pengaturan project bawaannya adalah 1920 x 1080 (16:9 Full HD), jika kamu tidak mengatur projectnya dari awal, Filmora akan memunculkan jendela untuk menanyakan apakah ingin mengganti pengaturan project sesuai resolusi video 4K. Kamu bisa klik Match to Media untuk mengganti pengaturan project dengan cepat.

 pengganti pengaturan project Filmora 9

Edit video 4K membutuhkan perfoma komputer yang tinggi, agar komputermu tidak terbebani, Filmora bisa membuat file proxy untuk memuat video di resolusi yang lebih rendah saat editing, tapi untuk hasil resolusi rending ekspor video terakhir akan tetap berkualitas original. Kamu juga bisa menyesuaikan kualitas pemutaran video 4K menjadi setengah kualitas atau bahkan 1/6 dari kualitasnya untuk pengeditan yang lebih lancar.

 Filmora 9 membuat file proxy

Saat mengekspor ke 4K Ultra High Definition Quality, cukup klik tombol Pengaturan di jendela Ekspor untuk masuk ke jendela Pengaturan saat menyesuaikan resolusi menjadi 3840 x 2160 atau 4096 x 2160. Selain itu, kamu juga bisa mengubah frame rate dan bit rate.

 Filmora 9 Ekspor video 4K

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac


2. iMovie

Jika kamu pengguna Mac dan memiliki iMovie 10.1 atau versi di atasnya, kini Anda akan bisa edit video 4K di Mac memakai iMovie secara gratis. iMovie adalah software editing video 4K yang gratis untuk Mac. Kamu juga bisa mengimpor film dan cuplikan dari iMovie ke iPhone dan iPad.

 Tampilan Project Editing iMovie

Dengan iMovie untuk iOS dan macOS, kamu bisa menikmati video tidak seperti yang pernah dilihat sebelumnya. Sangat mudah untuk menelusuri klipmu dan membuat trailer bergaya Hollywood dan film beresolusi 4K yang menakjubkan. Kamu bahkan bisa mulai mengedit di iPhone atau iPad, lalu menyelesaikannya di Mac-mu. Dan ketika sudah siap untuk menayangkan film di setiap perangkatmu, iMovie Theater akan mempersiapkan karpet merah untukmu.

Perlu diingat bahwa editing video 4K memerlukan versi Mac dari 2011 atau lebih baru dengan RAM setidaknya 4GB. Untuk memutar video 4K dalam resolusi penuh, iMac memerlukan layar Retina atau Mac Pro yang tersambung ke layar 4K.

3. CyberLink PowerDirector Ultra

Pembuat video yang menginginkan program editing video tingkat profesional yang sangat canggih kadang terkejut dengan label harganya. Namun, mereka menemukan bahwa CyberLink PowerDirector Ultra, dengan tampilan yang lebih mudah untuk pemula dan lebih mudah digunakan, memiliki segala fitur yang dimiliki oleh program dengan harga yang lebih tinggi.

Tampilan Editing CyberLink PowerDirector

Sulit untuk mengabaikan PowerDirector Ultra jika kamu membutuhkan dukungan 4k, dan jika kamu tidak ingin mengorbankan fitur-fitur canggih yang bisa membuat kamu membuat video jadi terlihat profesional, walaupun kamu seorang pemula atau memiliki pengalaman yang sedikit dalam editing video.

PowerDirector edisi terbaru ini mendukung prosesor 64-bit untuk pengeditan yang lebih cepat, dan tentu saja, dukungan baru untuk video resolusi 4K. Dengan harga di bawah $100, CyberLink PowerDirector 19 Ultra hampir menyamai program yang memiliki software canggih yang harganya berkali-kali lipat dari itu; dan menjadikannya pilihan ideal untuk penyuka editing video dengan budget pas-pasan.

4. Vegas Pro

Salah satu pilihan software editing video kelas atas adalah non-linear editor (NLE) Magix Vegas Pro yang sangat terkenal. Sekarang sudah di versi 18, software ini digunakan oleh para profesional dan amatir. Vegas Pro 18 hadir dengan dukungan asli untuk video 4K, dengan ukuran frame maksimum hingga 4096 x 4096. Ada dukungan asli untuk file XAVC dan XAVC S, ditambah file dari Red Epic dan Red One. Ada sejumlah tambahan dan pengaya yang disertakan dalam Vegas Pro, termasuk DVD Architect Pro.

Tampilan Editing Vegas Pro

Dukungan lengkap untuk editing 4K menempatkan Vegas Pro sebagai software terdepan dalam genre ini, sementara kamu juga bisa mengedit video SD, HD, 2K, dan 3D, menggunakan tampilan seret dan lepas yang intuitif dari Sony. Ada sejumlah besar alat dan efek yang tersedia, tersedia bagimu untuk pengaturan lengkap, kreativitas, dan fleksibilitas dalam suasana editing yang mudah diakses oleh pemula yang mungkin baru dalam hal mengedit video di aplikasi NLE.

Software ini tersedia dengan biaya $399 (obral)/ $599,99 (biasa); dan harganya akan tetap sama walaupun kamu memilih versi download, atau versi paket fisik.

5. Vegas Movie Studio

Hanya dengan $39,99, Studio 17 Platinum hanyalah sebagian kecil dari biaya editor berfitur lengkap Sony, Vegas Pro. Magix Movie Studio 17 Platinum adalah aplikasi editing video yang berfitur dasar, cocok bagi pemula dan kebutuhan pribadi. Bertujuan memberikan pengguna kemampuan untuk membuat dan membagikan video mereka di situs media sosial secara mudah, atau membuat DVD sendiri, proses pengerjaan dan tampilannya telah dirancang secara sederhana dan intuitif untuk dipergunakan, tanpa kemampuan kelas atas yang ekstensif dan kompleks seperti Sony Vegas Pro.

Fitur utama termasuk cara mudah untuk memilih format output terbaik dengan dialog Make Movie, pilihan menggunakan Mode Edit Sederhana atau Mode Edit Menengah, unggah secara cepat ke YouTube 4K, pengaya Pencocokan Warna, dan masih banyak lagi.

6. Adobe Premiere Pro

Aplikasi video editing lain yang dipertimbangkan menjadi editor kelas atas adalah Adobe's Premier Pro. Seperti kebanyakan software Adobe, Premiere Pro sekarang menjadi bagian dari kerangka Creative Cloud. Dibutuhkan versi berlangganan untuk menggunakan aplikasinya melalui layanan Adobe's cloud.

Beraneka ragam fitur yang sangat luas dari Premiere Pro CC. Namun versi terbarunya telah dirancang untuk menyediakan proses pengerjaan yang lebih cepat saat editing, fitur ini diapresiasi oleh pengguna yang baru maupun berpengalaman. Fitur baru yang layak diperhatikan dalam versi CC termasuk templat teks langsung, terintegrasi secara sempurna dengan After Effects, dukungan untuk berbagai format baru, back up otomatis ke Cloud, peningkatan masking dan tracking, dan kemampuan untuk ekspor ke dalam format standar industri baru.

Harga termurah untuk akses plan CC yang termasuk Premiere Pro adalah $20.99 per bulan. Tapi banyak pengguna yang akan lebih tertarik untuk memilih plan $52.99 per bulan yang sudah termasuk Premiere Pro dan After Effects, serta Photoshop dan masih banyak lagi.

7. Apple Final Cut Pro X

Aplikasi editing video profesional untuk Mac adalah Apple Final Cut Pro X yang sangat terkenal. Dipergunakan secara umum di industri film profesional, serta di kalangan amatir, versi terbaru hadir dengan dukungan penuh resolusi 4K ProRes di beragam stream (yang dibuat khusus agar bisa bekerja dengan sangat cepat di Mac Pro baru).

Ada ratusan fitur yang layak dilirik, namun beberapa yang terpenting dan menarik termasuk Magnetic Timeline yang telah dirancang untuk menghindari masalah sinkronisasi atau kesalahan kecil yang tidak diinginkan saat mengedit, pengaturan media yang mudah dengan kata kunci dan metadata, editing klip multicam, berbagai saluran editing audio.

8. MAGIX Movie Edit Pro 2021

Movie Edit Pro 2021 adalah solusi editing video terjangkau lainnya untuk pengguna pribadi dan amatir yang kini sudah mendukung video 4K. Aplikasi ini tersedia dalam tiga versi: deluxe, Plus dan Premium, dengan versi Premium yang memiliki beraneka ragam fitur dan kemampuan lebih lainnya.

Wizard otomatis bawaan di versi dasar Movie Edit Pro memudahkan bagi yang belum pernah atau tidak berpengalaman dalam proses editing video yang akan menghilangkan semangat bekerja. Software ini memiliki lebih dari 1500 efek dan templat, mengedit sampai 99 track (dalam versi Plus dan Premium). Juga mendukung editing multicam, dan kemampuannya yang memudahkan untuk ekspor produkmu yang sudah selesai ke beragam media dan website video sosial.

Pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai 4K Video Editor

1. Apakah aplikasi editor video 4k yang terbaik untuk PC Windows?

Semua video editor yang berada dalam daftar di atas mempunyai kelebihannya masing-masing. Contohnya, jika kamu menggunakan Filmora untuk rekaman video 4K, kamu bisa membuat file proxy yang lebih kecil, dan meninjaunya dengan resolusi yang lebih kecil untuk membuat hasil editingmu jadi lebih efisien. Filmora memiliki transisi, efek, filter, dan elemen yang sudah terprogram, yang bisa membantu kamu membuat video yang jauh lebih baik dan lebih cepat.

2. Apakah ada aplikasi editor video 4k gratis?

Jika kamu menjalankan Windows10, kamu akan menemukan aplikasi Foto bawaan yang hanya bisa ekspor dari 540p, 720p, dan 1080p, tidak dengan 4K.

Untuk pengguna Mac, kabar baiknya adalah kamu bisa mengerjakan dengan 4k dan 60 frame per detik di editor video bawaan gratis iMovie.

Dan jika ada software editing video lainnya yang tidak ada di dalam daftar kami di atas silakan tinggalkan komentar dan beri tahu kami. Tetapi sebelum kamu pergi, jangan lupa untuk download dan cobalah software editor video terbaru dari Filmora kami untuk edit rekaman video 4K-mu.

Download Versi WinDownload Versi Mac

author
Max Wales
Max Wales is a writer and a lover of all things video.