filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Lebih dari Hanya Anda
Platform pengeditan video kreatif untuk semua kreator!

10 Alternatif Adobe Premiere Teratas untuk Linux (Diperbarui)

author

Nov 18, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Sementara produk Adobe mendominasi pasar komersial, bagi mereka yang memiliki anggaran kecil atau menginginkan sesuatu yang sedikit berbeda, terdapat banyak produk berkualitas tinggi yang tersedia untuk Linux. Banyak alternatif Adobe Premiere untuk linux yang beroperasi melalui sistem lisensi umum GNU dan dengan demikian mereka dapat digunakan secara gratis!

Di bawah ini adalah alternatif terbaik untuk Adobe Premiere, jika Anda menggunakan Windows atau pun Mac, Anda dapat memulai dengan alternatif Adobe Premiere

Berikut ini adalah daftar 10 alternatif Adobe Premiere pada Linux

    1. Open Shot
    2. Pitivi
    3. Shotcut
    4. Avidemux
    5. Cinelerra
    6. Kdenlive
    7. LiVES
    8. Lightworks
    9. Flowblade
    10. Open Movie Editor

10 Alternatif Adobe Premiere Teratas untuk Linux

1. Open Shot

Mungkin merupakan proyek open source yang paling aktif dikembangkan di dunia pengeditan video, Openshot memiliki serangkaian fitur yang mengesankan termasuk cara sederhana untuk menggabungkan elemen yang lebih canggih seperti efek Ken Burns untuk memasukkan foto ke dalam film, pengedit judul berfitur lengkap dan mendukung berbagai format video.

Dirancang untuk video HD dari awal, Openshot memiliki kekurangan dalam beberapa elemen yang lebih teknis yang mungkin dibutuhkan oleh seorang profesional, tetapi secara keseluruhan, sebagai produk yang mudah digunakan, ia mewakili sebagai produk terbaik di luar sana bagi sebagian besar pengguna.

alternatif adobe premiere untuk linux

2. Pitivi

Proyek open source lainnya adalah Pitivi yang merupakan proyek berbasis komunitas yang sedang dikembangkan secara aktif. Ia berfokus pada fungsi dan menonjolkan proses pengembangan yang mengarah pada desain yang menawarkan sebuah antarmuka pengguna yang unik dan intuitif yang cocok baik bagi pengedit video pemula maupun profesional.

Terdiri dari berbagai macam transisi dan efek, serta mengutamakan pemangkasan real time dan manajemen aset, juga peralatan penghemat waktu lainnya. Dibangun di sekitar sebuah framerate-independent timeline, Pitivi tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga memiliki fitur luar biasa di balik tampilan antarmukanya yang apik.

alternatif adobe premiere untuk linux

3. Shotcut

Pengedit video non-linear lain yang sedang dalam pengembangan aktif, Shotcut saat ini memiliki serangkaian fitur yang bagus dengan sesuatu yang bahkan lebih impresif direncanakan untuk implementasi, dan semuanya dibangun pada antarmuka pengguna yang mudah digunakan sehingga membuat program khusus ini menyenangkan untuk digunakan.

alternatif adobe premiere untuk linux

4. Avidemux

Menawarkan sebuah peralatan dasar, Avidemux tidak diperuntukkan semua orang, namun untuk paket footprint kecil yang dirancang untuk mengatasi berbagai format impor dan ekspor, Avidemux menawarkan cara efisien untuk melakukan pengeditan dasar bahkan untuk mereka yang lebih berpengalaman.

alternatif adobe premiere untuk linux

5. Cinelerra

Salah satu proyek open source terlama yang tersedia di luar sana, dan paket pengeditan video paling matang pada Linux, Cinelerra pertama kali dirilis pada tahun 2002, dan dengan pengembangan yang konstan telah bertahan di garis terdepan dalam teknologi pengeditan video.

Cinelerra terbukti sebagai paket profesional berfitur lengkap yang sepenuhnya mendukung HD, Ultra HD dan format audio berkualitas tinggi. Dalam hal penggunaan, mungkin ia tidak semudah beberapa aplikasi lain yang terdapat di luar sana, tetapi tidak kekurangan apa pun dalam hal fitur, dan dengan yakin ditampilkan sebagai sebuah paket profesional bagi mereka yang memiliki beberapa pengalaman di bidang pengeditan video. Bagi mereka yang dapat mengakses beragam kelebihannya, Cinelerra memiliki kemampuan yang sama dengan paket apa pun di pasaran dan terutama patut diperhatikan untuk kemampuannya saat dipasangkan dengan paket animasi Blender.

alternatif adobe premiere untuk linux

6. Kdenlive

Sebuah paket pengeditan video open source non-linear, pertama kali dirilis di waktu yang hampir bersamaan dengan Cinelerra, ia fokus pada rangkaian fitur dan kompatibilitas yang mengesankan.

Masih dalam pengembangan aktif, Kdenlive menawarkan software terkini dan mendukung berbagai format. Kdenlive merupakan pilihan yang tepat sebagai sebuah paket menengah yang walaupun tidak memiliki beberapa fitur profesional tetapi masih cukup luas untuk memenuhi sebagian besar permintaan, dan juga sedikit lebih mudah untuk dipahami daripada yang lain.

alternatif adobe premiere untuk linux

7. LiVES

LiVES adalah produk gratis, tetapi jangan biarkan label harga membodohi Anda, ini adalah produk tingkat profesional sesungguhnya yang menggabungkan performa video real time dengan pengeditan non-linear dalam satu paket. Ia dapat digunakan baik oleh para video editor maupun VJ. Ia memungkinkan penggunanya untuk mencampur klip menggunakan shortcut keyboard secara real time, dan mempersembahkan pengedit multitrack canggih untuk menyatukan klip dan membentuk sebuah trek tunggal yang fungsional, termasuk kemampuan untuk merekam secara real time dan kemudian mengedit rekaman, atau render secara langsung.

alternatif adobe premiere untuk linux

8. Lightworks

Software ini sedikit berbeda dengan yang lainnya yang ada di sini, di mana ia memiliki dua versi, yaitu yang benar-benar gratis dan paket komersial yang disebut 'Pro'. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa versi gratis dibatasi hanya untuk mengeluarkan arsip miliknya dan web/YouTube (pada resolusi 720p), sedangkan versi pro memungkinkan output pada full HD atau lebih, DVD, Bluray dan juga sekumpulan jenis file lainnya. Versi Pro juga menyertakan dukungan untuk Blackmagic dan AJA, tetapi bagi sebagian besar dari kita, batasan output akan menjadi perbedaan yang mencolok. Kedua versi memiliki fitur lengkap dalam hal pengeditan, dengan serangkaian fitur ekstensif yang mampu memenuhi apa pun yang diperlukan oleh aplikasi profesional, dan digunakan secara luas oleh industri film Hollywood.

alternatif adobe premiere untuk linux

9. Flowblade

Pendatang yang benar-benar baru dengan pengembangan yang hanya 12 bulan, Flowblade adalah proyek open source lainnya yang telah memberi pengaruh di bidangnya. Perpaduan cerdas antara kesederhanaan sebagai pendatang baru dan pengeditan multitrack membuat Flowblade menjadi prospek menarik yang mungkin sedikit kurang bagi pengguna profesional tetapi memiliki lebih dari cukup untuk banyak orang, dan fiturnya yang menonjol adalah kecepatannya.

alternatif adobe premiere untuk linux

10. Open Movie Editor

Terakhir, kami memiliki Open Movie Editor, yang walaupun memiliki cakupan yang terbatas tapi merupakan produk yang sangat baik. Software ini telah dikembangkan agar mudah digunakan, sehingga tidak memiliki beberapa fitur yang lebih canggih dibandingkan fitur lain yang ditampilkan di sini. Tetapi bagi mereka yang hanya mencari paket pengeditan video dasar, dan mungkin tidak membutuhkan peralatan yang lebih canggih, ini merupakan permulaan yang ideal.

Pengembangan tampaknya telah terhenti beberapa tahun yang lalu, namun ia menunjukkan langkah pertama yang ideal dalam dunia pengeditan video dan merupakan paket termudah untuk digunakan di luar sana, oleh karena itu kami merasa ia memiliki tempat di daftar ini.

alternatif adobe premiere

Kesimpulan

Jika Anda ingin memilih sebuah pengedit video di Windows dan Mac, mengapa tidak memilih Wondershare Filmora? Software pengeditan video profesional ini dapat meningkatkan cerita Anda baik untuk profesional maupun semi profesional. Mudah digunakan dibandingkan pengedit profesional lainnya. Anda akan memiliki kontrol lebih banyak atas efek dan transisi video. Koreksi warna otomatis dan sinkronisasi audio otomatis dapat membantu Anda menghemat banyak waktu. Jadi, jika Anda ingin merasakan cara baru untuk mengedit video, download Wondershare Filmora sekarang!

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.