FilmoraGo

Aplikasi Edit Video yang Mudah Digunakan

appstore
Unduh di App Store
Dapatkan di Google Play

Peningkat Kualitas Video Terbaik Paling Top untuk Meningkatkan Resolusi Video Rendah [Gratis & Berbayar]

Jet

Apr 25, 2021• Solusi yang sudah terbukti

Saat ini, resolusi video memainkan peran besar dalam keseluruhan pengalaman menonton dan berbagi video. Tetapi, apa yang terjadi jika resolusi video buruk? Atau video itu terlalu gelap atau terlalu banyak bergoyang? Atau ada kebisingan di latar belakang yang terekam dalam video?

Secara keseluruhan, bagaimana cara meningkatkan kualitas video dalam kasus seperti itu? Sederhana saja - kita gunakan peningkat kualitas video yang ada di luar sana.

Ada begitu banyak software peningkat kualitas video di pasaran, sementara di artikel ini, kami telah memilih peningkat kualitas video terbaik [gratis dan berbayar] di Windows dan Mac yang cukup prima untuk menyempurnakan klip Anda. Kami akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara meningkatkan kualitas video.

Software Peningkat Kualitas Video Terbaik, Gratis & Berbayar untuk Meningkatkan Kualitas

1. Wondershare Filmora: Peningkat kualitas video terbaik untuk pemula dan semi-pro [Windows & Mac]

Unduh Versi Win Unduh Versi Mac

Harga: Gratis/Berbayar

Kompatibilitas: Windows, macOS

Wondershare Filmora jelas merupakan editor video terbaik di dunia yang ada di pasaran dan layak mendapatkan tempat no. 1 di daftar kami.

Filmora tersedia di Windows dan Mac, dan tangkapan layar di bawah ini berasal dari versi Windows. Selain itu, video yang diekspor di Windows juga dapat digunakan di Mac.

Di editor video Filmora, Anda akan menemukan beberapa alat profesional yang membantu Anda meningkatkan kualitas video, juga lebih dari 300 efek dan filter kreatif untuk membuat video Anda memiliki tampilan baru yang segar dan meningkatkan kualitas video tanpa banyak usaha. Selain fitur yang memungkinkan Anda mengubah rotasi video dengan mudah, program ini adalah salah satu yang paling andal saat ini di pasar.

Filmora dapat meningkatkan kualitas video dengan setidaknya 4 aspek berikut:

  • Filmora dapat meningkatkan kualitas video dengan setidaknya 4 aspek berikut:
  • Peningkatan Kualitas Video Otomatis dengan Menstabilkan Video yang Goyang
  • Penghapus Kebisingan Latar Belakang dengan sekali klik untuk meningkatkan kualitas audio pada video
  • Penyempurna Warna Video Profesional
  • Filter, Transisi, dan Efek Video Khusus

Cara meningkatkan kualitas video dengan Wondershare Filmora

Langkah1: Impor file video

Buka program dan tekan tombol 'Impor' untuk memuat file lokal ke media library. Anda juga dapat menarik dan melepas file Anda ke dalam program. Baik itu video, audio, atau gambar - Wondershare Filmora mampu meningkatkan kualitasnya.

meningkatkan kualitas video

Untuk meningkatkan kualitas video dengan menghilangkan goyangan, cukup klik kanan klip video di timeline dan pilih Stabilisasi.

 Peningkat Kualitas Video Filmora

Panel pengeditan video akan terbuka di pojok kiri atas, dan Filmora akan menganalisisnya secara otomatis. Anda juga dapat menyesuaikan Smooth Level untuk mendapatkan hasil terbaik.

 Peningkat Kualitas Video Filmora

Untuk informasi lebih detail tentang stabilisasi video, Anda bisa melihat panduan Penstabilan Video kami.

Langkah 2: Perbaiki kualitas video

Setelah mengunggah file media Anda ke program, tarik dan lepas ke timeline. Klik dua kali file media di timeline untuk membuka panel pengeditan video. Klik tab Warna. Di sini Anda dapat menyesuaikan white balance, tone, dan 3D LUT. Untuk audio, klik Audio, lalu Anda bisa mengatur volume output, fade in, fade out, dan pitch.

peningkat kualitas video

Untuk memperbaiki warna dalam video, Anda bisa dengan mudah mengubah kontras warna, saturasi, kecerahan, dan tint dengan cepat. Anda juga dapat mengklik tombol Lanjutanuntuk menerapkan lebih banyak penyesuaian warna, seperti white balance, cahaya termasuk highlights, shadows, whites and blacks, parameter HSL dan efek Vignette, dan menerapkan 3D LUT.

 Peningkat Kualitas Video Filmora

Untuk meningkatkan kualitas Audio di Video, Anda bisa menghilangkan kebisingan latar belakang dalam video. Beralih ke tab Audio, lalu klik Hapus kebisingan latar belakang.

 Peningkat Kualitas Video Filmora

Filmora juga dilengkapi Audio Mixer dan Audio Equalizer (EQ) agar Anda dapat meningkatkan suara audio. Untuk lebih banyak fitur pengeditan audio, Anda bisa melihat Panduan editing audio kami.

Langkah 3: Tambahkan transisi, filter, dan overlay untuk meningkatkan kualitas video

Jika Anda ingin menambahkan efek yang luar biasa pada video Anda, Anda bisa menerapkan filter, overlay, dan transisi yang berbeda. Ada lebih dari 300 efek video bawaan Filmora, dan masih banyak lagi di Filmora Effect Store.

 Peningkat Kualitas Video Filmora

Langkah 4: Simpan atau bagikan video Anda

Setelah itu, Anda hanya perlu menyimpan video dengan mengklik tombol Ekspor dan memilih lokasi tempat Anda ingin menyimpannya. Anda dapat menyimpan video Anda dalam berbagai format - atau membagikannya langsung ke YouTube, Vimeo, dan media populer lainnya. Ini pasti menghemat waktu dan tenaga Anda, juga mengintegrasikan semua proses secara sederhana.

cara meningkatkan kualitas video

Dengan Wondershare Filmora, Anda juga dapat menambahkan filter, elemen, transisi, dan bidang teks yang menarik pada video Anda. Anda tidak hanya dapat meningkatkan kualitas video, tetapi juga membuatnya menarik untuk ditonton.

Wondershare Filmora memungkinkan Anda menikmati beberapa alat pengedit paling canggih. Program ini dikemas dengan berbagai fitur dan mampu mengubah video Anda dengan cara yang hebat. Dengan alat seperti rotate, crop, dan cut, Wondershare Filmora juga memungkinkan Anda menggunakan filter untuk video Anda atau menambahkan transisi dan intro di dalamnya.

2. Windows Movie Maker: peningkat kualitas video bawaan untuk pengguna Windows 7

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows 7

Kami tahu bahwa Windows Movie Maker sudah berhenti memberikan update, tetapi banyak orang masih menggunakannya untuk meningkatkan kualitas video. Movie Maker standar dari Windows telah menjadi Go-To app kami untuk merekam video. Windows Movie Maker memungkinkan Anda untuk tidak hanya menyempurnakan, tetapi juga membuat video baru dan langsung mempublikasikannya di YouTube.

Sederhananya, Windows Movie Maker memungkinkan Anda mengimpor video dan mengeditnya dengan cara yang mudah. Ada juga berbagai efek dan transisi yang dapat membantu Anda beralih antar adegan. Selain itu, Anda dapat menambahkan judul beranimasi dengan teks dan membuat video Anda lebih menarik. Tidak diragukan lagi, Windows Movie Maker adalah salah satu standar peningkat kualitas video terbaik di pasaran.

peningkat kualitas video Windows Movie Maker

3.iMovie: Peningkat Kualitas Video Bawaan untuk Pengguna Mac

Harga: Gratis

Kompatibilitas: macOS, iOS

Alih-alih menghabiskan ratusan dolar untuk software pengeditan video profesional, pemilik Mac dapat mencoba mengedit video mereka di iMovie. Bagian terbaiknya adalah software ini dapat digunakan di iPhone dan iPad, juga di komputer Apple, sehingga Anda dapat mengedit rekaman Anda segera setelah Anda meng-capture-nya.

iMovie menawarkan dukungan untuk video 4K, dan membuat proses pengeditan menjadi menyenangkan dan mudah. Anda hanya perlu mengatur klip Anda di timeline, memilih musik latar, membuat opening title dan end credit, atau menambahkan beberapa efek visual yang keren, dan Anda pun siap untuk membagikan video Anda kepada publik. iMovie memungkinkan Anda membagikan video 4k Anda ke YouTube, Facebook atau Vimeo, langsung dari menu Ekspor. Jadi, Anda tidak perlu membuang waktu menunggu video Anda dirender dan kemudian diunggah ke akun media sosial Anda.

peningkat kualitas video iMovie

4. Avidemux

Harga: Gratis

Kompatibilitas: Windows, Mac, dan Linux

Avidemux adalah program pengedit video open source dan gratis yang memiliki antarmuka yang jelas, sehingga meningkatkan kualitas video menjadi mudah dengan Avidemux.

Hal terbaik pada Avidemux ketika menyangkut peningkat kualitas video paling top adalah program ini mendukung banyak format file. Dari FLV to MKV, AVI, WMV, MOV, OGM, MPEG, dan MP4, Avidemux memungkinkan Anda meningkatkan kualitas file dengan format apa pun dengan mudah. Opsi multithreading juga merupakan fitur hebat - dan mungkin keuntungan terbaik program ini.

Namun, tidak ada timeline, efek kreatif, atau transisi untuk menyempurnakan video.

peningkat kualitas video avidemux

5.Adobe Premiere Pro CC

Harga: Lisensi bulanan: $20,99

Kompatibilitas: Windows, macOS

Selama beberapa dekade terakhir, merek Adobe telah menjadi identik dengan pengeditan gambar. Software milik perusahaan untuk mengedit gambar diam dan bergerak ini dianggap sebagai yang terbaik, jika bukan yang terbaik menurut sebagian besar fotografer, desainer, dan pembuat film kontemporer.

Premiere Pro CC memungkinkan Anda mengubah rekaman mentah yang ditangkap oleh kamera apa pun dalam format apa pun menjadi video yang menakjubkan. Selain menawarkan opsi pengeditan video luar biasa yang mencakup alat koreksi warna yang kuat dan efek yang luar biasa, software ini juga menawarkan sejumlah opsi pengeditan audio yang layak.

Satu-satunya kekurangan adalah, Premiere Pro CC kurang cocok untuk editor video yang belum berpengalaman dan perlu beberapa waktu untuk menguasai semua fiturnya.

6.Vegas Pro

Harga: $599,00

Kompatibilitas: Windows

Meskipun Vegas Pro tidak pernah sepopuler Premier Pro, opsi pengeditan video yang ditawarkannya tidak kalah hebat dari yang disediakan oleh peningkat kualitas video seterkenal Adobe. Software Vegas Pro dilengkapi dengan alat yang membuat proses pengeditan video lebih cepat, sambil tetap menjaga kualitas tinggi dari rekaman yang diproses.

Versi terbaru Vegas Pro juga dilengkapi plug-in Picture-in-Picture dan Crop OFX yang memungkinkan Anda menambahkan overlay atau bereksperimen dengan beberapa gambar dalam satu bingkai.

Paket Filter 5 Ultimate Blue FX berisi 26 efek yang memungkinkan Anda untuk memanipulasi warna dalam video atau mengubah cahaya, sehingga setiap video yang Anda buat dengan Vegas Pro bisa memiliki gaya visual yang Anda inginkan.

7.Lightworks

Harga: freemium, lisensi bulanan $24,99

Kompatibilitas: Windows, Linux, macOS

Quentin Tarantino, Martin Scorsese, atau Danny Boyle hanyalah beberapa sutradara film terkenal di dunia yang filmnya diedit di Lightworks. Terlebih lagi, pada 2017 software ini memenangkan Penghargaan Emmy untuk perintis pengeditan digital non-linier. Selama hampir tiga puluh tahun, Lightworks sudah menjadi salah satu peningkat kualitas video terbaik di industri, karena menawarkan fitur-fitur inovatif yang disukai para profesional di bidang sinema.

Software pengeditan video ini memungkinkan Anda melakukan hampir semua hal jika Anda tahu bagaimana melakukannya. Pengeditan multicam, pilihan efek yang kaya, atau dukungan untuk beragam format file video menjadikan Lightworks pilihan yang sangat baik untuk para profesional di bidang pengeditan video.

Terlepas dari kenyataan bahwa versi gratis dari software ini tersedia, membeli lisensi bulanan atau tahunan masih merupakan pilihan yang jauh lebih baik jika Anda ingin mengerjakan project Anda berikutnya secara profesional.

8.Final Cut Pro X

Harga: $299,99

Kompatibilitas: macOS

Kemungkinan yang ditawarkan Final Cut Pro hampir tidak terbatas. Software ini mendukung hampir semua format file video, timeline non-liniernya memungkinkan Anda mengatur semua jenis file media secara bebas, dan roda warna memungkinkan Anda untuk meningkatkan warna dalam video, hanya dengan menarik kursor mouse. Selain memberikan dukungan untuk video 360 derajat, Final Cut Pro juga menawarkan grafik dan efek 360 derajat.

Editor video ini dibangun di atas arsitektur 64-bit, yang memungkinkan penggunanya untuk mengerjakan project yang sangat menuntut. Meskipun demikian, yang terbaik adalah memeriksa persyaratan sistem sebelum menginstalnya di komputer Mac Anda. Final Cut Pro tidak cocok untuk pendatang baru di dunia pengeditan video karena penggunaan sebagian besar fiturnya membutuhkan keterampilan yang agak tinggi.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara meningkatkan kualitas video Anda? Software peningkat kualitas video mana yang menjadi favorit Anda?

Memilih software pengedit video yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda bukanlah tugas yang mudah karena ada begitu banyak opsi berbeda yang tersedia di pasaran.

Namun, jika Anda belum siap untuk benar-benar mulai mengembangkan keterampilan pengeditan video Anda, tidak ada alasan untuk menghabiskan banyak uang untuk software seperti Final Cut Pro, Adobe Premiere Pro, atau Lightworks. Anda bisa menggunakan editor video gratis seperti iMovie atau Windows Movie Maker, tetapi Anda mendapatkan apa yang Anda bayarkan. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk Filmora, tetapi Anda masih dapat menghasilkan video yang mengesankan.

Videografer dan editor video yang menggeluti proses pembuatan film dengan lebih serius bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan software pengeditan video kelas atas karena semua program itu membuka kemungkinan kreatif yang tak terbatas.

Tinggalkan komentar di bawah dan beri tahu kami software pengedit video mana yang Anda gunakan untuk menyempurnakan video Anda.

Unduh Versi WinUnduh Versi Mac

Jet
Jet is a writer and a lover of all things video.