filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The best editor helps you easily edit Facebook video with powerful features.
  • Royalty-free audio to use
  • Create 1:1 square videos instantly
  • Upload video to social media directly

Perubahan Algoritma Facebook pada 2022: Apakah Anda Sudah Siap?

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Perubahan pada algoritma Facebook sudah biasa terjadi, perusahaan menyesuaikan bagaimana posting dipromosikan dan dilihat oleh basis penggunanya. Tetapi, pengumuman Mark Zuckerbergyang mengatakan bahwa algoritma Facebook akan fokus pada interaksi yang bermakna itu membuat para pemasar menjadi khawatir akan kemampuan mereka untuk menjangkau audiens yang ditargetkan pada tahun 2021.

Ada juga kekhawatiran tentang bagaimana Perubahan algoritma Facebookakan berdampak pada kemampuan para pebisnis untukbekerja sama dengan influencer di platform. Perubahan ini dilakukan dengan menunjukkan pada orang-orang bahwa akan lebih banyak konten dari teman dan keluarga, dan bukan postingan bisnis, sehingga perubahan di tahun 2021 akan sangat berbeda dari perubahan sebelumnya.

Dalam hal ini, sangat penting bagi para pemasar untuk mengetahui perubahan algoritma Facebook pada tahun 2021. Bagaimana para pekerja marketing mengatasi perubahan ini? Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut!


Pengedit video Facebook - Filmora

Perubahan algoritma Facebook membutuhkan waktu dan energi untuk dipahami, tetapi video berkualitas tinggi juga merupakan faktor penting untuk meningkatkan peringkat konten. Kami menyarankan untuk menggunakan Filmorauntuk dapat membantu Anda membuat video Facebook agar bisa menyesuaikan perubahan algoritma. Filmora mudah digunakan bagi pemula. Yang perlu Anda lakukan hanyalah seret dan lepaskan video-videonya. Musik bawaan bebas royalti juga dapat membuat video Anda lebih menyenangkan dan menarik. Download sekarang untuk coba (gratis)! Selain itu, Filmora Businessjuga tersedia untuk membuat video pendek di Facebook. Anda bisa dengan cepat membuat video dengan perpustakaan sumber daya yang terus berkembang, termasuk efek/audio/gambar.

  • Anda dapat menambahkan berbagai template teks/judul untuk digunakan
  • Crop/pangkas/potong video Facebook dengan mudah
  • Memiliki lebih dari 300 efek visual/overlay

Download Versi Windows Download Versi Mac

Bagian 1: Memahami Sinyal Perubahan

Interaksi yang bermakna pada tahun 2019 adalah hal pertama yang perlu dipahami pemasar. Intinya Facebook lebih peduli dengan kualitas penggunaan Facebook daripada hanya fokus pada jangka waktu pengunaannya. Biasanya, waktu yang dihabiskan itu adalah faktor utama untuk mengukur pertumbuhan Facebook, yang meningkatkan waktu pemakaian pengguna dengan segala upaya. Sekarang, hal itu sudah tidak sama lagi. Algoritma Facebook memutuskan berbagi dan berkomentar adalah simbol interaksi yang bermakna, ini berarti Facebook ingin Anda berinteraksi dengan teman kalian. Klik suka secara acak pada foto, artikel, atau video bukan lagi sinyal positif untuk algoritma.

Dulu pernah ada rumor bahwa Facebook hanya akan menampilkan 26 teman di feed Anda, padahal itu salah. Faktanya, algoritma Facebook itu dipecah menjadi empat komponen. Ada inventaris, sinyal-sinyal, prediksi dan skor keseluruhan. Sinyal-sinyal itu adalah bentuk pertimbangan tentang sebuah konten. Dan pemasar serta pebisnis harus fokus pada sinyal-sinyal itu saat mereka mempromosikan konten melalui feed berita di Facebook.

Sinyal-sinyal itu termasuk waktu rata-rata yang dihabiskan di konten, waktu posting, jenis cerita, berapa banyak komentar atau suka yang didapatkan, dan seberapa sering postingan dibagikan ke feed berita atau melalui Messenger.

Facebook berencana ingin mempromosikan konten yang mendapatkan lebih banyak interaksi, nah biasanya postingan seperti itu sebagian besar berasal dari keluarga dan teman. Nah, pemasar harus memastikan konten mereka menjadi sedikit personal dan bisa membuka percakapan!

Catatan: jika Anda ingin mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di feed Facebook, membuat video persegi adalah metode yang penting.

Bagian 2: Empat Faktor Algoritma Facebook Peringkat Teratas

Ada empat faktor penting dalam bagaimana proses pembuatan konten disampaikan dan ditampilkan di feed berita Facebook. Faktor peringkat ini termasuk komentar, berbagi, reaksi, dan interaksi. Mari pelajari lebih lanjut setiap faktor di bawah ini:

1. Komentar

Saat orang atau pebisnis membuat postingan yang tidak ditanggapi siapa pun - postingan tersebut akan jarang muncul di feed seseorang. Halaman yang mempromosikan percakapan dan mendapatkan banyak interaksi akan meningkat secara signifikan.

Brand harus membuat konten yang dapat mengajak orang berkomentar dan kemudian berkomunikasi satu sama lain melalui rantai komentar. Seperti momen yang tepat ataupun topik yang relevan akan membuat orang langsung berinteraksi!

perubahan algoritma facebook komentar 2019

2. Berbagi

Tahukah Anda, saat tautan dibagikan di Messenger oleh pengguna Facebook, itu dapat berdampak pada bagaimana post itu muncul di feed? Facebook peduli dengan interaksi yang dilakukan orang melalui konten yang diposting pada situs. Dan itu berarti fokus pada konten yang dibagikan melalui Messenger.

Misalnya sebuah perusahaan membuat postingan yang disukai banyak pengikut. Mereka menyukai ataupun mengomentari postingan tersebut. Tetapi mereka juga menyalin tautan dan membagikannya dengan teman-temannya melalui Messenger, dan bukan membagikannya secara publik di feed mereka.

Berbagi seperti itu sama pentingnya dengan berbagi ke publik. Banyak perusahaan akan fokus pada aspek publik dengan konten sebelumnya. Tetapi sekarang mereka dapat fokus untuk membuat orang berbagi artikel melalui obrolan pribadi di Messenger.

3. Reaksi

Orang-orang yang bereaksi terhadap konten Anda menjadi semakin penting. Saat seseorang bereaksi terhadap komentar melalui emoji yang tersedia, postingan akan naik di sebagian besar feed pengikut.

Jenis reaksi yang mereka buat juga tidak kalah penting. Misalnya ketika seseorang mengklik ikon hati, itu akan memiliki dampak yang sedikit lebih bagus dibandingkan dengan ikon suka di dalam algoritma.

Facebook ingin melihat orang-orang memiliki reaksi yang aktif dan unik terhadap postingan tersebut. Bahkan ikon Wow, Sedih, Marah, dan Haha memiliki hasil yang lebih positif dibandingkan dengan ikon suka biasa.

perubahan algoritma facebook Reaksi

4. Interaksi

Facebook selangkah lebih maju dalam hal pemicu interaksi pada algoritma. Dulu, postingan yang dibagikan oleh pengguna yang berbeda sudah cukup untuk mendapatkan peningkatan yang positif dalam algoritma.

Meskipun membagikan postingan itu termasuk masih berguna, tapi dampaknya tetap kecil. Yang benar-benar dibutuhkan adalah reaksi terhadap postingan yang dibagi followers Anda.

Katakanlah perusahaan Anda membuat postingan dan dibagikan oleh 50 orang. Jika ada banyak reaksi oleh pengikut dari 50 orang tersebut saat mereka membagikan postingan Anda, maka postingan aslinya akan meningkat secara signifikan dalam algoritma.

Bagian 3: Arti Perubahan Algoritma Bagi Pemasar

Perubahan algoritma Facebook ini akan lebih menantang para pebisnis untuk membuat postingan yang bisa menjangkau orang-orang.

Perusahaan akan membutuhkan audiens yang sangat aktifjika mereka ingin mendapatkan interaksi di feed mereka melalui cara organik. Dan itu berarti postingan yang dibagikan, dikomentari, ditanggapi, dan lebih populer di kalangan audiens Facebook. Beberapa halaman akan mulai memposting sesuatu yang tidak relevan dengan bisnis mereka. Tetapi selalu penting untuk membangun konten yang kuat seperti yang dikatakan Facebook.

Bagian 4: 6 Solusi untuk Menyesuaikan dengan Algoritma Facebook

1. Perhatikan video

Video cenderung menarik interaksi secara alami jika videonya cukup bagus. Tapi, apakah Anda pernah mempertimbangkan untuk live video? Facebook secara resmi mengatakan bahwa live video bisa mendapatkan interaksi 6 kali lipat lebih banyak daripada video biasa. Itu benar. Dalam perubahan algoritma Facebook ini, live video penting. Semakin banyak pemilik bisnis mencoba hal baru seperti live video, dan mereka melakukannya dengan cukup baik. Jika Anda belum pernah melakukan live video, sekarang Anda harus mulai mencari metode baru ini untuk meningkatkan komentar dan berbagi.

Seperti yang dilakukan Facebook pada 2 Mei. Ini menunjukkan inti pembukaan Mark tentang teknologi dan inovasi terbaru Facebook. Sekarang, live video ini telah mendapatkan lebih dari seribu komentar dan dibagikan. Jika Anda ingin membuat video Facebook, coba Filmora. Aplikasi ini memiliki berbagai judul/template teks, efek visual dan audio untuk membuat video pemasaran Anda lebih sempurna.

2. Buat Peluang Interaksi

Saat banyak orang-orang memulai percakapan di postingan Anda, itu berarti postingan tersebut akan berada di peringkat yang lebih tinggi di feed. Facebook peduli dengan interaksi orang-orang dengan konten, karena mereka ingin penggunanya menghabiskan lebih banyak waktu di platform.

Banyak perusahaan yang sering menggunakan Facebook untuk mengeluarkan berita utama tentang perusahaan, produk baru, atau diskon. Meskipun postingan ini menarik, tapi itu tidak bisa memulai sebuah percakapan. Semua ini tergantung para pemilik bisnis untuk memastikan bahwa mereka membuat konten yang dapat memulai sebuah percakapan yang lebih bermakna dengan orang-orang di platform.

Berbagi berita yang terkait dengan industri adalah salah satu cara untuk melakukannya. Perusahaan tidak selalu harus mempromosikan bisnisnya sendiri melalui postingan di Facebook. Berbagi pendapat tentang hal yang pengikut Anda tertarik seperti perubahan dalam industri, adalah cara yang baik untuk meningkatkan interaksi, sehingga membuat peluang interaksi adalah metode yang tepat untuk mengikuti perubahan algoritma Facebook.

3. Manfaatkan Grup Facebook

Tahukah Anda bahwa sekitar 1 miliar orang menggunakan Grup Facebook? Dan sekitar 100 juta orang mengatakan bahwa ketika mereka berada di Facebook, mereka terutama menggunakan Grup untuk berinteraksi dengan orang lain dan melihat konten.

Grup adalah cara yang tepat untuk membangun komunitas yang aktif dan tertarik pada topik tertentu. Jika sebuah bisnis dapat membuat grup yang menargetkan komunitas, ceruk pasar, atau segmen pasar, itu akan membantu mereka meningkatkan engagement. Postingan yang dibagikan dalam grup tersebut akan meningkatkan interaksi, karena diisi dengan pengguna yang tertarik dengan kontennya.

Dampaknya bukan hanya terlihat dari peningkatan interaksi dalam grup tersebut, tetapi juga dalam peringkat postingan tersebut di feed umum.

perubahan algoritma facebook 2019

4. Batasi Fokus pada Iklan Facebook

Perubahan yang dilakukan Facebook pada algoritmanya dilakukan dengan mempertimbangkan masa depan perusahaan. Facebook ingin menghasilkan lebih banyak uang dan mendorong pertumbuhan. Mereka tidak menginginkan basis pengguna yang jarang menggunakan platform ataupun berinteraksi dengan konten.

Saran terbaik yang dapat kami berikan kepada pemasar dan pemilik bisnis adalah mengabaikan iklan Facebook. Perusahaan ini telah membuat perubahan sehingga Anda akan beralih ke iklan dan cukup membayar agar postingan Anda muncul di bagian atas feed.

Tapi tidak seharusnya begitu. Anda dapat sepenuhnya mengabaikan iklan dan fokus pada upaya organik yang telah kami sebutkan di atas. Itu akan memberi Anda tingkat interaksi yang lebih tinggi yang Anda butuhkan untuk tetap relevan dengan algoritma baru. Tapi Anda masih bisa membuat iklan dengan pengedit video Facebook.

perubahan algoritma facebook 2019

5. Tetap miliki konten yang kuat

Bisa dimengerti jika banyak perusahaan merasa seolah-olah perubahan menakutkan ini sudah terjadi di Facebook. Postingan yang diprioritaskan di feed sudah berbeda dengan sebelumnya. Facebook mengklaim ini agar postingan keluarga dan teman dekat ke berada di bagian atas feed.

Tetapi seperti perubahan algoritma lainnya, pemasar dapat bereaksi untuk memastikan konten yang mereka promosikan dilihat oleh orang sebanyak mungkin. Meningkatkan interaksi dan mempromosikan konten yang layak untuk dibicarakan bisa membantu mewujudkannya.

6. Pakai influencer Facebook

Pernahkah Anda memiliki pengalaman memposting sebuah foto tanpa mendapatkan interaksi atau bahkan like? Jika itu terjadi, Anda harus mengubah strategi posting Anda. Saat ini, influencer Facebook menunjukkan kemampuan mempengaruhi yang kuat. Anda harus mencari influencer yang memiliki audiens yang sama dengan yang Anda inginkan dan bersedia berinteraksi dengan brand Anda. Tapi, Anda harus berhati-hati karena beberapa influencer mungkin memiliki penggemar palsu demi mendapatkan like. Seperti perubahan algoritma Facebook baru ini, like bukanlah faktor yang paling penting, jadi Anda perlumembedakan penggemar palsu dan penggemar asli.

perubahan algoritma facebook influencer

Kesimpulan

Kami harap panduan ini akan membantu para pebisnis atau pemasar yang ingin menggunakan Facebook untuk promosi di tahun 2021. Jika Anda ingin video Facebook Anda terlihat lebih bagus, coba gunakanFilmorauntuk mengedit video dengan mudah dan cepat. Cek video ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Download Versi WindowsDownload Versi Mac

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.