filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
The Best Alternative to Final Cut Pro for Beginners
  • Enjoy the simple editing with clicks.
  • Unleash creativity with various effects.
  • Find more stunning packages in Filmstock.

Panduan Lengkap: Bagaimana Cara Menambahkan Efek Menghaluskan Kulit dengan Final Cut Pro

author

Nov 24, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Cukup lumrah bagi para vlogger untuk mencoba menunjukkan keadaan terbaik mereka. Namun, riasan, cuaca, dan peralatan pemotretan bisa saja menolak untuk bekerja sama. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

menghaluskan-kulit

Untungnya, kami memiliki solusi terbaik untuk memperbaiki masalah warna kulit dengan menggunakan alat bawaan FCPX atau plugin penghalus kulit. Di sini Anda akan belajar bagaimana cara menyesuaikan tampilan rekaman Anda secara strategis supaya stylish dan membuat penonton Anda terkesan dengan keterampilan mengedit video Anda. Sekarang, mari kita pahami apa itu efek menghaluskan kulit sebelum mempelajari cara menambahkannya di FCPX.

Bagian 1: Bagaimana Cara Menambahkan Efek Menghaluskan Kulit Tanpa Plugin di Final Cut Pro?

Menghaluskan kulit di Final Cut Pro sangatlah sederhana. Cukup pilih video, pilih Efek video yang akan diterapkan, dan sesuaikan persentasenya di panel Inspector. Anda akan mendapatkan kulit bebas kerutan dengan tampilan yang memukau. Walaupun ada beberapa plugin yang tersedia untuk menerapkan efek menghaluskan kulit, tapi Anda juga dapat menggunakan fitur bawaan Final Cut Pro untuk menghaluskan kulit dan mengurangi tingkat kecerahan suatu video.

Beginilah cara melakukannya:

Langkah1Pilih gambar untuk memulai, lalu edit klip tersebut ke dalam timeline. Tekan Opsi dan buat salinan klip yang terhubung dengan menyeretnya ke atas. Titik awal dan akhir harus cocok untuk sinkronisasi. Di Browser Efek, seret Blur > Gaussian Blur untuk menerapkan efek blur pada klip yang ada di atas.

Efek_Menghaluskan_Kulit_1

Langkah2 Buka panel Inspector dan pilih Penggabungan yang ada di bagian bawah. Ganti Mode Blend ke Penerangan dan atur slider Opasitas sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya, yang ideal ada di antara 40 sampai 45%.

Efek_Menghaluskan_Kulit_2

Langkah3Sekarang, pergi ke bagian atas panel Inspector dan nyalakan kotak centang biru di sebelah Gaussian. Sesuaikan efek blur hingga Anda mendapatkan tingkat penghalusan kulit yang diinginkan. Sangat disarankan melakukan pemburaman dengan menggunakan pengaturan horizontal saat melembutkan kulit sambil tetap menjaga ketajaman mata. Di sini, cahaya dikendalikan oleh Opasitas sementara pelembutan kulit dikendalikan oleh Blue Amount.

Efek_Menghaluskan_Kulit_3

Untuk hasil yang lebih baik, tambahkan Vignette dengan memilih dan menggabungkan dua klip menjadi satu Klip Gabungan. Dari Browser Efek, pilih Gaya> Vignette dan sesuaikan vignette dengan menyeretnya. Sekarang, sesuaikan pengaturan klip gabungan di panel Inspector hingga Anda mencapai tampilan yang diinginkan. Kemudian bandingkan hasil antara dua gambar sebelum dan sesudah diedit

Bagian 2: Di mana Menemukan Plugin untuk Menghaluskan Kulit?

Plugin memudahkan pemula dan pengguna dengan keahlian terbatas untuk menambahkan efek menghaluskan kulit di Final Cut Pro X. Anda dapat menemukan plugin menghaluskan kulit baik yang gratis maupun berbayar untuk FCPX online. Di bawah ini tertera beberapa plugin menghaluskan kulit yang populer untuk Final Cut Pro X.

  1. Skin Smoother 2

Skin Smoother 2 adalah plugin yang canggih dan mudah digunakan, yang mana memungkinkan Anda menghaluskan detail kulit yang tidak diinginkan dan meningkatkan penampilan wajah Anda.

Harga: $19.99 (Sekali Bayar)

Syarat Software: FCP 10.2 atau versi di atasnya

Fitur:

  • Pengaturan lebih lanjut untuk penyesuaian wajah dengan penyempurnaan yang memberikan hasil yang lebih alami;
  • Pengambilan sampel warna yang tepat, tanpa perlu menyesuaikannya dengan warna kulit saat ini; dan
  • Proses rendering yang 3 hingga 5 kali lipat lebih cepat.
  1. Color Finale

Color Finale adalah plugin bit yang mudah digunakan dan bertujuan untuk menghaluskan kulit secara profesional serta berfitur lengkap untuk FCP.

color-finale-2

Harga: $152

Syarat Software: FCP 10.4.8 - 10.5.1

Fitur:

  • Roda warna, kurva, dan kegunaan LUT;
  • Perangkat warna profesional yang lengkap untuk videografer, pewarna, serta editor; dan
  • Memungkinkan preferensi pribadi pada tampilan antarmuka.
  1. Universe

Alat FCP komprehensif dengan total 89 plugin individual yang dapat menerapkan efek perataan kulit generasi masa depan dan juga perbaikan wajah.

Harga: $199/per tahun

Syarat Software: FCP 10.5 atau versi di atasnya

Fitur:

  • Transisi dan efek lanjutan serta alat grafik gerak;
  • Berbagai efek keren yang siap pakai dan generator teks; dan
  • Penghitung angka, aberasi chromatic, tampilan VHS, goyangan kamera, efek glitch.

Bagian 3: Bagaimana Cara Mengadopsi Plugin Penghalus Kulit ke FCPX?

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan Plugin Skin Smooth 2 untuk Final Cut Pro X:

  1. Beli dan download plugin Skin Smoother 2. Buka download, unzip folder yang berisikan plugin dan instal di komputer Anda.
  2. Buka FCPX, buka Effects, dan klik Skin Smoother 2. Selanjutnya, daftar opsi akan muncul. Impor gambar atau video yang ingin Anda edit.Efek_Menghaluskan_Kulit_4
  3. Untuk menerapkan efek penghalus kulit, klik Tambah Masker Warna, dan pilih area wajah mana yang akan ditambahkan dengan masker warna.Efek_Menghaluskan_Kulit_5
  4. Sesuaikan Penghalus Kulit, Campuran Penghalus, dan Kelembutan masker warna sesuai kebutuhan Anda.Efek_Menghaluskan_Kulit_6
  5. Terakhir, klik Tambah Bentuk Masker untuk memunculkan dua lingkaran pada gambar. Sesuaikan area yang ditutupi kedua lingkaran untuk efek Bentuk Masker 1 guna menambahkan wajah tersenyum.Efek_Menghaluskan_Kulit_7

Bagian 4: Bagaimana Cara Menghaluskan Kulit di Filmora?

Wondershare Filmora memiliki fitur peralatan penyesuaian yang canggih dan berbagai filter video serta overlay. Pelajari cara menghaluskan kulit atau mempercantik wajah Anda yang ada di dalam video dengan software pengedit video canggih ini.

Download Versi Windows Download Versi Mac

  1. Buka Filmora, buka Proyek Baru dan klik Impor untuk memuat video Anda ke timeline.
  2. Klik dua kali pada video untuk membuka jendela pengeditan. Buka panel Warna dan sesuaikan parameter sesuai keinginan Anda seperti white balance, tone, dan 3D LUT, dll.
  3. Buka menu toolbar, klik ikon Penyetelan Warna Lanjutan, buka jendela penyetelan warna lanjutan, lalu sesuaikan white balance, color tint dan suhu, HSL, 3D LUT, Vignette, dan Cahaya. Jika Anda seorang pemula, coba terapkan template yang sudah tersedia.
  4. Untuk mengatur tone tertentu atau mempercantik video Anda, buka tab Alat dan klik opsi Koreksi Warna untuk mengubah tone warna.
  5. Buka Efek dan Transisi, lalu pilih filter menghaluskan kulit. Arahkan kursor ke filter dan klik ikon tambah yang ada di tengah untuk menambahkan efek tersebut. Anda juga dapat menerapkan efek ke seluruh klip dengan menyeret dan melepasnya langsung ke klip video.

Bagian 5: Bagaimana Cara Menghaluskan Kulit di Adobe Pro?

Di bawah ini adalah langkah-langkah sederhana untuk membuat face matter, mengontrol penghalus kulit, menyesuaikan koreksi warna, dan memperbaiki kilau kulit di Adobe Pro dengan menggunakan Efek Studio Kecantikan:

  1. Menerapkan efek Studio Kecantikan akan menghaluskan semua bagian gambar termasuk latar belakang. Namun, itu akan membuat rekaman Anda terlihat tidak alami, yang mana tidak diinginkan. Karenanya, aktifkan Pemilih Pixel, lalu pilih dua warna dengan menggunakan alat eye dropper. Warna A untuk area yang lebih gelap dan Warna B untuk area yang lebih terang.
  2. Di bawah Mocha Matte, gunakan alat eye dropper untuk memilih warna kulit pada subjek dalam footage Anda.
  3. Sekarang, klik Lihat Matte/Masker untuk memvisualisasikan area gambar di mana Anda menerapkan efek penghalus kulit. Studio Kecantikan akan mempengaruhi efek penghalus di area putih sedangkan area hitam akan dibiarkan saja.
  4. Sesuaikan kelembutan Saturasi, Hue, dan Luma untuk menyempurnakan tampilan kulit, mata, dan juga mulut.
  5. Untuk mencegah sisa gambar terpengaruh, buat topeng Mocha di sekitar wajah dengan mengklik logo Mocha dan menggambar topeng dengan alat X-Spline. Pastikan topeng bergerak saat subjek dipindahkan setelah Anda memajukan dan memundurkan trek.
  6. Studio Kecantikan menawarkan empat tingkat kehalusan kulit. Anda dapat menyesuaikan level ini sesuai situasi Anda dengan menurunkan tingkat kehalusan pada setiap level. Untuk hasil yang lebih baik, sesuaikan level di 70 atau lebih rendah.
  7. Untuk sentuhan akhir, atur penajaman gambar di antara 10-20 poin, tambahkan saturasi antara 3 hingga 8 poin untuk mengoreksi warna, dan tambahkan cahaya 5 hingga 10 poin. Gambar Anda sudah siap, Anda sekarang bisa membandingkan hasil sebelum dan sesudah menerapkan efek.

Kesimpulan

Kulit halus dengan ekspresi wajah yang jelas akan terlihat menarik bagi semua orang. Anda dapat menerapkan efek menghaluskan kulit di video Anda dengan menggunakan alat pengeditan video canggih seperti Final Cut Pro, Adobe Premium, dan Wondershare Filmora.

Ada dua metode untuk menambahkan efek menghaluskan kulit dengan FCPX: Dengan menggunakan pengaturan software bawaan, atau dengan menggunakan plugin seperti Skin Smoother 2, Color Finale, dan Universe. Gunakan Efek Studio Kecantikan dalam Adobe Pro untuk menghaluskan kulit dan meningkatkan penampilan wajah. Terakhir, Anda dapat mempercantik wajah di video Anda dengan menambahkan transisi, membuat penyesuaian warna, dan menerapkan berbagai efek menggunakan Wondershare Filmora.

author
Liza Brown
Liza Brown is a writer and a lover of all things video.