filmora go
FilmoraGo

Video Editor yang Mudah Digunakan

appstore
Download di App Store
Dapatkan di Google Play
Best Video Editor for Making Reaction Videos for TikTok on Desktop
  • Convert YouTube video to 9:16 intelligently with Auto-Reframe
  • Plentiful filters, effects, overlays and elements for polishing TikTok video
  • Inbuilt aspect ratio pre-sets including 9:16, 1:1 and 4:3 for quick creation

2 Cara Membuat Video Reaksi TikTok dengan Mudah

author

Nov 25, 2022• Solusi yang sudah terbukti

Dari semua video dengan suasana hati dan kategori berbeda yang tersedia di platform, reaksi TikTok merupakan cara untuk membatu rekaman menjadi lebih menarik. Tersedia untuk platform iOS dan Android, TikTok memungkinkan Anda untuk merekam, mengedit, mengompilasikan video hingga 60 detik, lalu menerapkan sejumlah besar filter dan efek animasi ke dalamnya, serta menambahkan musik yang relevan untuk mengesankan para penonton Anda.

Mempertimbangkan hal ini, Anda akan belajar cara membuat video reaksi TikTok reaction secara mudah dari aplikasinya sendiri. Jika hal itu dirasa kurang, Anda juga dapat menggunakan salah satu program terbaik dan paling efisien di pasaran untuk menambahkan efek yang unik ke dalam video reaksi buatan Anda.

Bonus: Membuat Video Lebih Menarik dengan Human Segmentation Effect

Human Segmentation Effect dari AI Portrait memungkinkan Anda untuk memisahkan orang dari latar belakang video, bahkan tanpa Green Screen. Lalu, Anda dapat menggabungkannya dan membuat video reaksi dengan mudah. Tonton video tutorial di bawah untuk mempelajari lebih detail.

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac

Lebih ingin membaca tulisan daripada menonton video? Cek panduan lengkapnya di membuat video reaksi dalam 3 cara.


Bagian 1: Cara Membuat Video Reaksi TikTok

Setelah dibekali dengan semua pengetahuan umum tentang video reaksi TikTok, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk belajar cara bereaksi terhadap rekaman yang dibuat oleh orang lain:

1. Ketuk "Bagikan" dan Rekam Reaksi Anda

Buka aplikasi TikTok, putar video yang ingin Anda tanggapi, ketuk ikon Bagikan di bagian kanan bawah, dan ketuk opsi Reaksi dari menu Bagikan untuk. Ketuk Flip di sudut kanan atas layar Kamera untuk beralih antara kamera depan dan kamera belakang sesuai kebutuhan. Sebagai tambahan, ketuk ikon Mikrofon untuk mematikan atau menyalakan rekaman suara atau audio. Seret dan ubah posisi jendela Reaksi sesuai dengan rekaman sumber, lalu ketuk tombol Rekam dari bawah untuk mulai merekam reaksi TikTok Anda. Tunggu hingga proses klip sumber dan rekaman Anda selesai sebelum berpindah ke langkah berikutnya.

 Membuat video reaksi di tiktok

2. Terapkan Filter

Ketuk ikon Filter dari sudut kanan atas, ketuk untuk memilih filter yang tersedia di bagian bawah, lalu ketuk di mana saja pada layar untuk menyetujui filter yang Anda pilih dan kembali ke jendela sebelumnya.

Menambahkan Filter ke Video Reaksi Tiktok

3. Mengatur Audio

Ketuk ikon Volume di sudut kanan atas layar, sesuaikan Suara Saya dan Soundtrack Volume untuk mengatur suara rekaman dan audio internal, lalu ketuk Selesai untuk menyimpan perubahan setelah melakukan modifikasi. Kembali ke jendela sebelumnya, ketuk ikon selanjutnya di sudut kanan bawah.

 Menambahkan Musik ke Video Reaksi Tiktok

4. Publikasikan Video

Ketuk opsi siapa yang bisa melihat video ini untuk mengelola pengaturan visibilitas reaksi Anda (opsional). Ketuk bilah Simpan ke ponsel agar reaksi TikTok dapat tersimpan ke dalam penyimpanan ponsel Anda (opsional). Selanjutnya, ketuk tombol Kirim di sudut kanan bawah untuk mempublikasikan videonya ke TikTok.

Memposting Video Reaksi Tiktok

Trik kreatif lainnya untuk video TikTok: Kloning Diri Anda di TikTok

Bagian 2: Cara Membuat Video Reaksi dengan Filmora

Meskipun Anda dapat membuat video reaksi TikTok dengan menggunakan filter dan audio mixer bawaan aplikasi yang bekerja cukup ideal, tetapi jika Anda adalah seorang perfeksionis yang teliti dalam melakukan dan membuat sesuatu, maka Anda memerlukan program yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut.

Meskipun ada beberapa program tersedia di pasaran yang dapat diunduh dan digunakan secara mudah, tetapi yang terbaik di antaranya adalah Filmora dari Wondershare. Wondershare Filmora adalah program produksi dan pasca-produksi standar industri untuk PC Mac dan Windows, yang lebih disukai sebagian besar pengguna dibandingkan pesaingnya, seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro X, dll. Hal ini dikarenakan Filmora menawarkan antarmuka pengguna yang sederhana, lebih hemat sumber daya, dan mampu memberikan output yang lebih cepat secara signifikan.

Anda dapat belajar cara membuat video reaksi TikTok reaction videos dengan Wondershare Filmora melalui langkah-langkah berikut ini:

Catatan: Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah menyalin video sumber (dan video reaksi) dari ponsel ke komputer Anda.

1. Buat Proyek Baru dan Atur Preferensi

Jalankan Wondershare Filmora di PC Windows atau Mac, akses File > Proyek Baru dan klik 9:16 (Portrait) dari sub-menu yang muncul.

Klik Pisahkan layar dari toolbar standar di bagian atas, arahkan mouse ke preset jenis layar yang ingin Anda gunakan, klik ikon + (Tambahkan proyek) yang muncul di sudut kanan bawah thumbnail, lalu klik OK di sudut kanan bawah setelah preset ditambahkan ke Timeline.

Preset layar terpisah mode potret Filmora9

2. Impor dan Tambahkan Video Pratinjau/Timeline

Klik tombol Media dari toolbar standar, klik di mana saja dalam jendela Media di sudut kiri atas. Ketika kotak Buka muncul, pilih dan impor file video yang ingin Anda sertakan ke dalam video reaksi TikTok. Anda juga dapat mengeklik Rekam dari bawah toolbar standar dan memilih salah satu opsi untuk merekam video atau suara Anda langsung dari Wondershare Filmora.

Selanjutnya, klik dan seret setiap video yang diimpor ke bagian layar yang dikehendaki di jendela Pratinjau di area kanan atas. Perhatikan bagaimana file akan ditambahkan secara otomatis ke Timeline di bagian bawah.

3. Tambahkan Elemen dan Judul

Klik Elemen dari toolbar standar, arahkan tetikus ke elemen yang ingin ditambahkan ke dalam reaksi, klik ikon + yang muncul di tengah thumbnail dan ubah posisi elemen di Timeline agar cocok dengan durasi dari reaksi yang Anda buat.

Filmora9 membuat video reaksi dengan preset dan elemen layar terpisah

4. Ekspor Video Reaksi

Opsi ekspor Filmora9

Klik EKSPOR dari bagian tengah atas antarmuka, buka tab Lokal dari atas kotak Ekspor yang muncul setelahnya. Pilih format yang Anda inginkan dari panel kiri, lalu pilih folder tujuan di jendela kanan. Klik PENGATURAN untuk menyempurnakan preferensi output sesuai kebutuhan (opsional) dan klik EKSPOR dari sudut kanan bawah untuk mengekspor video reaksi TikTok. Anda juga dapat menyimpannya dalam pengaturan yang sempurna untuk iPhone atau perangkat lainnya.

Berikut adalah contoh video reaksi yang dibuat dengan Filmora, Anda dapat membuatnya jauh lebih baik daripada itu untuk akun TikTok Anda:

Selain memakai Filmora untuk mengedit video reaksi dengan preset split-screen, Anda juga dapat menggunakan beberapa perangkat lunak pengeditan video untuk membuat video reaksi lainnya. Filmora dapat memberdayakan lebih banyak kreativitas dalam pembuatan video Anda, tonton video di bawah dan unduh Filmora untuk mencobanya.

Download Filmora9 Versi Win Download Filmora9 Versi Mac

Kesimpulan

Video reaksi TikTok memungkinkan Anda untuk membuat video sumber menjadi lebih menyenangkan dan menghibur. Untungnya, aplikasi TikTok juga memiliki tombol "Reaksi" yang dapat membantu Anda membuat video reaksi TikTok hanya dengan beberapa ketukan saja. Namun, jika Anda merasa opsi bawaan masih kurang memuaskan, program pihak ketiga seperti Wondershare Filmora pasti akan menjadi program yang Anda sukai. Program ini bukan hanya mudah digunakan, ukurannya juga ringan dan tidak membebani perangkat keras komputer Anda.

author
Shanoon Cox
Shanoon Cox is a writer and a lover of all things video.